silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Rosaria Indah Riana Sari
    NIM : 857154395
    UPBJJ : UT Jakarta
    Setelah menyimak Video tersebut, saya teringat waktu mendapat jadwal mengajar kelas siang. banyak siswa yang tidak bersemangat saat masuk sekolah siang karena rasa kantuk mereka atau kondisi cuaca yang membuat mereka tidak bersemangat sehingga kurang konsentrasi. Namun ini bisa menjadi suatu tantangan bagi guru dalam meningkatkan semangat siswa. Saat pembelajaran dimulai guru bisa memulainya dengan ice breaking sehingga siswa merasa lebih segar dan berenergi. guru juga bisa menggunakan metode pengajaran seperti diskusi kelompok, pembelajaran yang dibungkus dengan game atau pembelajaran berbasis teknologi yang menarik sehingga membuat siswa tidak jenuh.

  2. Nama saya Julirman Hura
    NIM : 856062649

    Video ini menyoroti masalah umum yang sering dihadapi guru, yaitu menurunnya konsentrasi siswa, terutama saat pelajaran matematika pada siang hari. Masalah ini tentu saja berdampak pada efektivitas proses pembelajaran.

    Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    setelah menonton video tersebut pembelajaran yang dilakukan menunjukkan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada tingkat konsentrasi siswa saat belajar Matematika pada siang hari ( media yang digunakan oleh guru pada video yaitu media gambar berupa mengukur tinggi,panjang atau lebar suatu bangunan). dan saya rasa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah membangun hubungan dan kepercayaan si anak untuk tampil ke depan . terdapat beberapa kelemahan di saat guru dalam memberi pelajaran antara lain Memperkuat pemahaman konsep yang diajarkan namun secara keseluruhan kelebihan guru sudah bisa mengajak siswa untuk mencoba secara langsung bagaimana cara mengukur suatu benda dalam gambar maupun meja secara langsung dan menghindari kebosanan dalam kelas sudah terbukti dengan adanya siswa yang fokus dalam pelajaran walaupun siang hari.
    hal unik yang saya tau pada video tersebut yaitu ketika guru memperlihatkan gambar sambil bertanya lebih spesifik tentang gambar tersebut.

    upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    menurut saya sendiri kegiatan yang saya lakukan adalah
    1. melakukan Variasi Metode Pembelajaran:
    Kombinasikan metode: Jangan hanya mengandalkan satu metode, seperti ceramah. Kombinasikan dengan diskusi kelompok, proyek, atau permainan edukatif
    untuk menjaga minat siswa.
    Sesuaikan dengan gaya belajar siswa: Kenali gaya belajar siswa (visual, auditori, atau kinestetik) dan sesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar
    mereka.
    2.Memanfaatkan teknologi: Gunakan teknologi seperti video, simulasi, atau aplikasi pembelajaran untuk membuat pembelajaran lebih interaktif.
    Fokus pada Keterlibatan Siswa:

    Ajukan pertanyaan terbuka: Dorong siswa untuk berpikir kritis dan memberikan jawaban yang beragam.
    Berikan kesempatan untuk berpartisipasi: Libatkan siswa dalam diskusi, presentasi, atau demonstrasi.
    Buat suasana kelas yang nyaman: Ciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung.
    3.Gunakan Media Pembelajaran yang Relevan:
    Pilih media yang sesuai dengan materi: Pastikan media yang digunakan dapat memperjelas konsep yang sedang dipelajari.
    Gunakan media yang menarik: Pilih media yang visual, interaktif, dan relevan dengan kehidupan siswa.
    Variasikan penggunaan media: Jangan terlalu bergantung pada satu jenis media saja.
    Berikan Umpan Balik yang Konstruktif:

    4.Lakukan refleksi diri: Evaluasi setiap kegiatan pembelajaran untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan.
    Minta masukan dari siswa: Tanyakan pendapat siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
    Modifikasi rencana pembelajaran: Sesuaikan rencana pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi.

    sekian dan terimakasih banyak

  3. NAMA IBEZISOKHI HALAWA
    NIM : 855836232
    MAHASISWA : It Pokjar Idanogawo
    Kab. Nias
    SEMESTER : 8
    Izin menanggapi video tersebut diatas.
    Berdasarkan video tersebut, pembelajaran yang dilakukan itu menunjukkan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada konsentrasi siswa saat belajar Matematika pada siang hari. Sebagai guru perlu kreatif dalam memilih salah satu media yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Selain itu, interaksi didalam kelas sangat penting dilakukan oleh guru dan siswa baik dari mengawali, pelaksanaan maupun menutup pembelajaran seperti melakukan pertanyaan menggunakan media pembelajaran yang menarik, melakukan pertanyaan balik serta melakukan kegiatan refleksi. Kelebihan dari video tersebut adalah menyadari tingkat konsentrasi siswa pada siang hari saat belajar matematika, menggunakan media yang cukup menarik bagi siswa sehingga siswa tidak bosan untuk pelajaran tersebut.
    Sekian dan terimakasih.

  4. Nama Mahasiswa : Ajeng Eka Safitri
    NIM : 877966058
    Prodi : PGSD
    Berdasarkan video tersebut menunjukkan bahwa penting bagi seorang guru untuk selalu menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seperti halnya pelajaran matematika pada video tersebut sudah sangat bagus dalam penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk digunakan pada pembelajaran matematika pada siang hari. Pentingnya penggunaan media yang tepat akan membuat peserta didik memperhatikan dan meningkatkan konsentrasi anak terhadap materi yang disampaikan terlebih pada waktu siang hari, karena biasanya konsentrasi anak pada siang hari sudah menurun. Selain itu guru juga harus aktif untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran agar lebih memahamkan siswa selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana anak memahami materi yang sudah disampaikan. Kelebihan pada video tersebut adalah sangat menarik sekali media yang digunakan untuk pembelajaran matematika pada siang hari karena menyadari bahwa tingkat konsentrasi anak menurun ketika jam siang. Adapun hal yang perlu diperbaiki adalah dengan meningkatkan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan lebih meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa sehingga hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri dan semangat pada anak.

  5. Nama: Arini Ulfah,
    NIM: 857579588
    Prodi: PGSD-S1, UPBJJ : UT Purwokerto, Pokjar: SMP MUH 3 PURWOKERTO, Semester 8.

    Baik saya akan memberikan tanggapan terkait permasalahan yang ada pada vidio yaitu siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari.
    Konsentrasi belajar siswa merupakan salah satu hal yang menentukan ketercapaian tujuan dalam sebuah pembelajaran. Tetapi permasalahan demikian tidak dapat terhindarkan dalam proses KBM. Solusinya sebagai guru yaitu harus memiliki strategi-strategi yang bisa membangkitkan semangat dan konsentrasi dalam pembelajaran. Salah satunya dengan mengawali kegiatan pembelajaran dengan ice breaking lebih dulu sehingga diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa. Apalagi untuk mata pelajaran matematika yang menyandang pembelajaran yang dianggap susah. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan ragam pembelajaran. Salah satu yang dapat digunakan adalah aktivitas interaktif, seperti gamifikasi atau mengintegrasikan elemen permainan ke dalam pembelajaran dapat membuat suasana kelas lebih hidup. Bisa juga dengan kuiz atau tantangan matematika yang menarik seperti menggunakan kahoot, wordwall dsb. Diharapkan melalui kegiatan tersebut siswa dapat lebih tertantang dan bersemangat dalam menyelesaikan kuiz yang tersedia. Selain itu penting juga guru menerapkan pendekatan diferensiasi, di mana guru menyesuaikan pengajaran sesuai kebutuhan siswa. Selanjutnya umpan balik yang konstruktif oleh guru juga menjadi sangat krusial. Ketika siswa merasa dihargai dan mendapatkan dukungan, mereka lebih termotivasi untuk terlibat dalam pelajaran. Dengan semua pendekatan ini, saya yakin pengalaman belajar matematika bisa menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
    Terimakasih

  6. Nama : Gadi Ikhda Lail
    NIM : 857819073
    UPBJJ: Surakarta

    Setelah menonton video tersebut, terlihat bahwa reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah tidak memperhatikan guru, bercanda dengan temannya, dan ada yang bermain sendiri.
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di video tersebut adalah guru kurang baik dalam memotivasi siswa di awal kegiatan pembelajaran.
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di video tersebut adalah guru cukup sigap dapat mengatasi masalah atau kesulitan yang dialami siswa dengan menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran berupa beberapa gambar yang menarik perhatian, sehingga siswa dapat berkonsentrasi dan dapat menerima pelajaran yang diberikan.
    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, guru harus dapat memotivasi siswa di awal pembelajaran.

    Sekian dan terima kasih.

  7. NAMA : FETRONELLA
    NIM : 856084368
    PRODI : S1-PGSD

    Dari video tesebut, kita semua pasti memahami bahwa seorang pendidik haruslah bijak melihat kondisi peserta didik. kesiapan mereka untuk menerima pelajaran yang akan diberikan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik apalagi pembelajaran matematika yang dilakukan di siang hari.
    Ketika waktu sudah menunjukkan siang hari, kebanyakan peserta didik sudah merasakan lelah setelah sekian jam melaksanakan pembelajaran sebelumnya. Disisni, kita sebagai pendidik haruslah bijak menyikapi hal tersebut. Kegaduhan yang ada dalam video menunjukkan bahwa peserta didik tidak tertarik untuk melaksanakan pembelajaran yang akan berlangsung karena pendidik serta merta meminta anak mengeluarkan buku matematika. Semestinya hal ini tidak dilakukan oleh seorang pendidik. Berikan apersepsi atau ajak bicara yang terkait dengan materi pembelajaran yang akan diberikan, namun jangan langsung tentang materi tersebut, umpamakan pada kehidupan sehari-hari peserta didik ataupun contoh yang ada di lingkungan sekitarnya.
    Pelajaran matematika yang dilakukan di siang hari sebaiknya dilaksanakan dengan kegiatan yang banyak melibatkan siswa. Bentuk interaksi yang bermakna, seperti pemanfaatan media pembelajaran yang harus dilakukan oleh peserta didik. Dengan adanya media yang digunakan, peserta didik akan melihat dan memahami secara langsung makna dari materi pembelajaran yang akan diperolehnya. Jangan biarkan peserta didik menerka-nerka makna dari pembelajarannya karena itu akan menyulitkan peserta didik sekaligus menimbulkan persepsi yang salah. Oleh sebab itu, seorang pendidik harus memiliki berbagai cara agar siswa siap untuk belajar dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan demi terlaksananya proses belajar mengajar yang menyenangkan.
    Sekian dari saya dan terimakasih.

  8. Nama : Siti rosmilan hasibuan
    Nim : 878252323
    Menurut video yang saya tonton dan amati guru kurang bersemangat juga dalam mengajar dan tidak melakukan pendekatan terhadap siswa dahulu,guru langsung memulai pelajaran tanpa memberikan semangat untuk siswa supaya tidak mengantuk di dalam pembelajaran misalnya,seperti harusnya guru ketika masuk ke dalam kelas menyapa siswanya,dan melakukan pengecekan siapa yang tidak hadir, bisa melakukan ice breaking sama-sama siswa,agar siswa tidak mudah merasa bosan dan jenuh.

  9. Nama : serinawati Mendrofa
    Nim. :856061052
    Pokjar. : idanogawo kab.nias

    Menurut pendapat saya, saat menganalisis video tersebut dimana seorang guru berusaha mengatasi masalah ketidak konsentrasi siswa saat belajar matematika di siang hari,saya melihat sudah cukup efektif.guru tersebut mengunakan berbagai metode pengunaan media gambar dan eksperimen langsung, serta mengajarkan kepercayaan diri kepada siswa dgn kegiatan mengukur panjang gambar didepan kelas.meskipun demikian, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat membuka mata pelajaran . seringkali siswa mengalami dalam berkonsentrasi ,terutama pada jam-jam terakhir pembelajaran atau diakhiri pembelajaran atau pada siang hari untuk mengatasi hal ini,guru dapat mempertimbangkan penjadwalan ulang mata pembelajaran konsentrasi yg tinggi seperti matematika di pagi hari, saat energi fokus siswa masih optimal.selain itu metode ceramah yg menjadi standar strategi pembelajaran.
    Dengan pendekatan ini,siswa dapat lebih fokus dan belajar dengan semangat dan serta keceriaan.
    Sekian dari saya, terimakasih

  10. Nama : Ariati
    NIM : 856067282
    Pokjar : Tebing Tinggi

    Setelah menonton video di atas, menurut saya kelebihannya Guru cukup baik dalam menentramkan kelas, para siswa bisa tertib.

    tapi di satu sisi kelemahannya adalah Guru tidak memberikan ice breaking, yang dimana itu salah satu pembangkit semangat belajar anak. Selain itu, hendaknya menggunakan media yang real, karena anak-anak lebih menangkap apabila sesuatu itu nyata.

Leave a Reply