silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,128 Comments

  1. Nama : Siti rosmilan hasibuan
    Nim : 878252323
    Menurut video yang saya tonton dan amati guru kurang bersemangat dalam mengajar dan tidak melakukan pendekatan terhadap siswa dahulu,guru langsung memulai pelajaran tanpa memberikan semangat untuk siswa supaya tidak mengantuk di dalam pembelajaran misalnya seperti,harusnya guru ketika masuk kedalam kelas,menyapa siswanya dahulu,melakukan pengecekan siapa yang tidak hadir,melakukan ice breaking bersama siswa,agar siswa tidak mudah lelah,jenuh dan merasa bosan

  2. Nama : Ariati
    NIM : 856067282
    Pokjar : Tebing Tinggi
    UPBJJ : Medan

    Setelah menonton video di atas, menurut saya kelebihannya Guru cukup baik dalam menentramkan kelas, para siswa bisa tertib. tapi di satu sisi kelemahannya adalah Guru tidak memberikan ice breaking, yang dimana itu salah satu pembangkit semangat belajar anak.

    Selain itu, hendaknya menggunakan media yang real, karena anak-anak lebih menangkap apabila sesuatu itu nyata.

  3. Nama : Devita Tudang
    Nim : 859499289
    Mahasiswa: Universitas Terbuka
    Upbjj: Majene
    Ijinkan saya menanggapi video Tersebut.
    Berdasarkan video di atas sangat perlu dilakukan media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siang hari. dengan kegiatan mengukur panjang meja di kelas.Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat pembukaan pembelajaran. Maka dari itu kelas sangat penting dilakukan oleh guru dan siswa baik dari mengawali, pelaksanaan maupun menutup pembelajaran seperti melakukan pertanyaan pemantik, menggunakan media pembelajaran yang menarik, melakukan umpan balik serta melakukan kegiatan refleksi. Kelebihan dari video diatas menurut saya adalah Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan membuat penyampaian materi lebih menarik dan menyenangkan, misalnya dengan mengadakan ice breaking atau kegiatan pembuka yang interaktif. Dengan pendekatan ini, siswa dapat lebih fokus dan belajar dengan semangat.
    Sekian dari saya di ucapkan banyak terima kasih.

  4. Nama: Rosdiana Harahap
    Nim: 878251052
    Jurusan : PGSD
    menurut saya, dalam proses pembelajaran matematika disiang hari kadang memang terlihat membosankan karna padaa umumnya sebagian siswa sudah ada yang capek, mengantuk, dan lain sebagainya .Tetapi sebagai seorang guru kita tetap dituntut untuk menyegarkan siswa walaupun sudah pembelajaran siang. Di dalam vidio tersebut saya melihat guru mengkondisikan kelas nya dengan baik, guru juga memberikan motivasi terhadap siswa nya dengan melibatkan cita cita setiap peserta didik, dimana semua cita cita tetap harus belajar matematika. Guru tersebut juga menggunakan media gambar sebagai media ajar nya. Dan murid akan senang jika ada media yang digunakan oleh gurunya. Oleh sebab itu kita sebagai seorang guru harus bisa dan harus paham bagaimana cara menyegarkan siswa ketika pembelajaran disiang hari, salah satu contoh dengan menggunakan ice breaking, ada ice breaking ini akan menyegarkan kembali pandangan siswa akan pembelajaran nya. Oleh sebab itu semangat untuk guru yang mengajar matematika disiang hari.

  5. Berdasarkan video pembelajaran tersebut menurut saya kelebihannya adalah guru terlebih dahulu memberikan motivasi pentingnya belajar matematika untuk kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat bersemangat untuk mengikuti dan fokus meskipun pembelajaran dilakukan di siang hari.
    Sedangkan kelemahan dari pembelajaran tersebut adalah kurangnya keaktivan guru terhadap siswa sehingga saat pelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang tidak membawa perlengkapan seperti buku dan alat tulis.

  6. Nama : Setiawani Hura
    Nim : 85t852158
    Pokja : Idanogawo
    Setelah menonton video Pembelajaran Matematika diatas sebenarnya ada baik dan kurang nya cara mengajarnya, mengapa karena dia saat guru di dalam video mengajar masih banyak siswa yg tidak fokus untuk belajar dikarenakan kurangnya kreatifitas seorang guru dan juga media mengajar ya sehingga siswa tidak fokus dalam mengikuti pelajaran, krn di dalam matematika itu butuh ice breaking dan juga kedekatan dan media yg mudah di pahami siswa agar pelajaran tersebut dapat sukai siswa.
    Dan di video di atas pembuka dan penutup masih blom di terapkan semoga bisa menjadi pengalaman dan motivasi bagi Bapak dan ibu guru lainnya. Terimakasih🙏

  7. Nama : Sindy Indriani
    Nim : 856063855
    Prodi : S1 PGSD

    “ Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    Menurut pendapat saya setelah saya menonton video tersebut adalah setiap guru mempunyai gaya dan cara mengajarnya sendiri sendiri, apalagi dalam pembelajaran matematika sering kali terjadi kesulitan berkonsentrasi pada siang hari atau jam pelajaran terakhir. Menurut saya untuk membangkitkan semangat dan konsentrasi peserta didik kita sebagai seorang guru harus bisa menyiapkan berbagai media dan cara mengajar kita lebih menarik agar siswa lebih tertarik dengan apa yang kita sampaikan dan ajarkan. Caranya kita dapat melakukan news breaking dan Bercerita dan berdiskusi tentang pelajaran yang bersangkutan agar pikiran siswa menjadi stres kembali dan bersemangat. Penggunaan media yang berwarna juga akan meningkatkan minat belajar siswa. Memang betul tidak mudah memberikan pelajaran matematika di jam pelajaran terakhir atau di siang hari karena akan membuat pikiran mereka mudah jenuh dan lambat akan berpikir mungkin metode pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan banyak siswa agar berperan aktif akan membangkitkan motivasi siswa kembali untuk mengikuti pelajaran matematika pada jam tersebut, terimakasih.

  8. Nama : Sindy Indriani
    Nim : 856063855
    Prodi : S1 PGSD

    “ Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    Menurut pendapat saya setelah saya menonton video tersebut adalah setiap guru mempunyai gaya dan cara mengajarnya sendiri sendiri, apalagi dalam pembelajaran matematika sering kali terjadi kesulitan berkonsentrasi pada siang hari atau jam pelajaran terakhir. Menurut saya untuk membangkitkan semangat dan konsentrasi peserta didik kita sebagai seorang guru harus bisa menyiapkan berbagai media dan cara mengajar kita lebih menarik agar siswa lebih tertarik dengan apa yang kita sampaikan dan ajarkan. Caranya kita dapat melakukan news breaking dan Bercerita dan berdiskusi tentang pelajaran yang bersangkutan agar pikiran siswa menjadi stres kembali dan bersemangat. Penggunaan media yang berwarna juga akan meningkatkan minat belajar siswa. Memang betul tidak mudah memberikan pelajaran matematika di jam pelajaran terakhir atau di siang hari karena akan membuat pikiran mereka mudah jenuh dan lambat akan berpikir mungkin metode pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan banyak siswa agar berperan aktif akan membangkitkan motivasi siswa kembali untuk mengikuti pelajaran matematika pada jam tersebut, terimakasih

  9. Nama;Nopita anani
    Nim:856821489
    Prodi:PGSD S1

    Media dalam sebuah pembelajaran sangatlah penting karena dengan adanya media kegiatan pembelajaran dapat hidup dan siswa akan lebih aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran, apalagi jika media pembelajarannya berupa benda yang kongkrit/ nyata. Dengan menggunakan media yang nyata materi yang disampaikan akan mengena, mudah difahami oleh siswa dan pastinya tujuan pembelajaran akan tercapai. Oleh karena itu perencanaan adanya media dalam pembelajaran perlu diperhatikan. Media yang digunakan tidak harus berupa media yang modern atau yang mahal tetapi bisa saja mengguanakan media yang ada dilingkungan sekitar yang sesuai dengan materi pembelajaran. Seorang guru dituntut untuk kreatif dalam menentukan media yang akan digunakan. Misalnya kita akan menjelaskan materi bagian-bagian tumbuhan. Guru bisa menggunakan media berupa tumbuhan yang asli yang ukurannya tidak terlalu besar yang bagian-bagianya bisa langsung dilihat dan diamati oleh siswa.
    Refleksi video pembelajaran di “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”
    Kelebihan :
    1. pada pertengahan pembelajaran guru sudah mulai membuat pertanyaan pemantik,sehingga siswa mulai berfikir kritis dan mulai percaya diri untuk menjawab pertanyaan guru
    2. suara guru yang cukup lantang dan keras bisa menutupi siswa-siswa yang asik sendiri sehingga mereka akan kembali fokus kepada sang guru
    3. media pembelajaran yang di siapkan menjadikan siswa mulai terkondisikan dengan baik,karena hal itu membuat siswa penasaran.
    Kekurangan :
    1. pada saat awal guru membuka pelajaran siswa masih banyak yang belum siap,bahkan guru terlihat langsung menuju ke inti pembelajaran tanpa ada kalimat atau pertanyaan pemantik untuk mengasah pola kritis anak.
    2. matematika seharus nya menggunakan media pembelajaran yang konkret untuk menarik minat anak-anak dalam mempelajari mata pelajaran tersebut.
    3. sebenarnya mata pelajaran apapun tidak berpengaruh di letakkan di waktu apapun baik waktu pagi atau siang,tinggal bagai mana kita sebagai guru menyediakan media dan alat peraga bisa menarik perhatian siswa. sehingga siswa akan lebih konsentrasi.

Leave a Reply