silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. NAMA : JELAS TARIGAN
    NIM : 822957421
    Setelah melihat video ini, saya menemukan bahwa sebelumnya siswa tidak menyukai pelajaran matematika. setelah melakukan refleksi pak guru berinisiatif mengundang narasumber lain untuk membantu menumbuhkan minat belajar siswanya. selain mengundang narasumber lain guru juga bisa menggunakan media pembelajaran yang menarik serta mengajak siswa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari seperti berdagang atau melakukan kegiatan jual beli untuk menumbuhkan minta belajar siswa pada mata pelajaran matematika .

  2. Nama : Verawaty Br Simanjuntak
    Nim : 837723589
    Program studi : PGSD
    Setelah saya melihat tayangan video tersebut, Bapak Guru mengundang insinyur sebagai Contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang dimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa penting nya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari. cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi pada diri siswa hinggaa mereka semangat belajar matematika. cara seperti ini juga dibuuhkan dalam mengajar dibidang studi yang lain.

  3. Nama : Wiwin Winarni
    Nim : 857565565
    Prodi : PGSD

    Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaiannya Pak guru sudah baik namun terlalu kaku jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.
    Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar sera meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.
    Terima kasih

  4. Nama : Wiwin Winarni
    Nim : 857565565
    Prodi : PGSD

    Setelah melihat tayangan video tersebut, Menurut saya Pak Guru sudah menyampaikan dengan baik, namun sayangnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus dalam mengikuti pelajaran. Penggunaan alat peraga atau video pembelajaran mungkin bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    Pada video, Pak Guru mendatangkan narasumber, hal ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat serta dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya Matematika dalam kehidupan. sehingga kedepannya siswa suka dan tidak meremehkan pelajaran matematika.
    Terima kasih

  5. Nama : Yayang Gading Arjuna
    NIM : 858817699
    Program Studi : PGSD

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, saya menemukan bahwa siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi gaduh dan tidak fokus di dalam kelas karena efek dari rasa malas mereka terhadap pelajaran Matematika. Posisi guru di dalam video tersebut juga nampak kurang menguasai kelas saat kondisi kelas gaduh. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat. Sehingga siswa mulai memiliki semangat dan siap untuk belajar Matematika.
    Terima kasih.

  6. Nama : Yulce Lambang
    NIM : 859647851
    Prodi : PGSD

    Setelah saya melihat video pembelajaran di atas,saya melihat bahwa karena banyaknya siswa di dalam kelas dan kurangnya penguasaan kelas oleh guru membuat kelas sangat gaduh.Untuk menarik perhatian siswa saat pembelajaran matematika yaitu dengan menggunakan media pembelajaran.Selain untuk menarik perhatian dan semangat siswa media pembelajaran juga akan sangat membantu siswa untuk mudah memahami materi yang disampaikan.
    Dengan mendatangkan narasumber (arsitek) juga akan menambah motivasi siswa untuk belajar matematika terutama bangun ruang.
    Semoga dengan cara ini siswa jadi bersemangat dan mau belajar matematika.
    Terima kasih.

  7. Nama : Irawati Sarfin
    Nim. : 859637306
    Prodi. : PGSD

    Tayangan video ini menggambarkan bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, dan cara mengatasinya guru mendatangi seorang insinyur dan memperkenalkan diri, memberikan apresiasi dan semangat untuk menyukai pelajaran matematika dengan gambaran gedung yang besar, setelah itu guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat balok, kubus, dan lain-lain, semuanya sangat baik, akan tetapi lebih baik guru memberikan pelajaran matematika yang mudah dipahami dan dimengerti siswa melalui teknik-teknik menarik sesuai kebutuhan siswanya.

    kelemahan,
    pembelajaran pendahuluan di ikuti dengan pembuka, salam, absen, membaca doa, refleksi sebelum pembelajaran matematika di mulai.
    sebagai alat media dapat menggunakan gambar, alat pembelajaran matematika yang mudah dipahami dan menarik perhatian siswa

    kelebihan
    guru memberikan aspirasi semangat mendatang kan seorang insinyur untuk. minat siswa dalam pembelajaran matematika.
    memberikan tugas kepada siswa, untuk meningkatkan aktivitas proses belajar
    mengajar pembelajaran matematika.

    perbaikan
    memberikan pembelajaran pendahuluan, awal, dan akhir, dan memberikan refleksi pada siswa meningkatkan aktivitas belajar, memberikan pembagian tugas dan kerja kelompok.

  8. Nama :Inna setia respati
    Nim : 857563697
    Program studi : PGSD

    Setelah melihat tayangan video diatas kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika, tetapi guru tersebut pintar karena mau membawa narasumber untuk menarik perhatian siswa, sehinggal narasumber tersebut dapat memberikan arahan dan menjelaskan tentang pentingnya belajar matematika untuk masa depan sehingga membuat siswa mampu berfikir lebih jauh lagi.

  9. Nama : Fazar Rahayu
    NIM : 858288623
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Banjarmasin

    Dalam video yang berjudul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” ada beberapa temuan-temuan seperti kelebihan dan kekurangan dari video tersebut. Kelebihan dari yang ada di video tersebut ialah guru terlihat sangat berinisiatif untuk mendatangkan narasumber seorang insinyur yangmana itu akan membuat siswa akan lebih menyukai pelajaran matematika.
    Kekurangan dari video tersebut ialah ketika akan memulai pelajaran guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu dan tidak menanyakan keadaan atau kabar para siswa. karena, dengan guru bertanya keadaan siswa maka itu akan memberikan semangat yang lebih untuk belajar dan siswa pun akan merasa lebih dipedulikan.

    Untuk solusi :
    Silusi pembelajaran y dpt dilskukan adalah:
    Guru dapat memulai kegiatan dengan melakukan pembukasn ysng berisi salam, ice breaking, dan memberi motivasi penyemangat sebelum kegiatan inti dilaksanakan.

  10. Nama : Siti Nurhaliza
    NIM : 856254595
    Program Studi : PGSD BI

    Setelah saya melihat vidio pembelajaran di atas tampak jelas sekali ketika bapak guru mengatakan akan belajar matematika anak-anak langsung memelas karena tidak menyukai pelajaran matematika. Hal tersebut tentu mengakibatkan situasi kelas menjadi gaduh. Dividio juga tampak anak-anak tidak fokus ketika belajar karena malas mengikuti pelajaran matematika tersebut. Bapak guru yang mengajar juga tampak tidak menguasai kelas. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk menarik perhatian anak-anak. Setelah guru menyadari akan situasi kelasnya dan menemukan cara mengatasinya dengan cara mendatangkan narasumber yang dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar matematika. Setelah anak-anak menyadari bahwa pelajaran matematika sangat bermanfaat maka anak-anak mulai termotivasi dan siap belajar Matematika.

Leave a Reply