silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama: Nelly Handayani
NIM: 856253515
Pokjar: Kubung
Program: PGSD
Semester: 2
Berdasarkan video diatas, dapat kita ketahui bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, sehingga terlihat siswa tidak begitu serius dan tertarik mendengarkan penjelasan dari guru.
Alangkah baiknya seorang guru dalam video tersebut memberikan kata-kata motivasi kepada murid bahwasanya pelajaran matematika itu sangatlah menyenangkan, menggunakan media dan metode yang menarik perhatian dan antusias siswa.
Dengan mengundang narasumber yang telah berkecimpung dalam perihal matematika dan menjelaskan fungsi matematika dalam kehidupan nyata, memberikan motivasi tersendiri bagi siswa karena telah melihat seorang insinyur berdiri dihadapan mereka karena tekun dalam belajar matematika.
Nama : Rindy Mailan Sari
Nim : 856020168
Pokjar : Labuhanbatu Utara
Program studi : PGSD-S1
Semester : 6
Setelah mengamati tayangan video Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika. Menurut saya, ada beberapa hal mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu sebagai berikut:
1. Siswa menganggap bahwa matematika pelajaran yang sangat sulit dan membosankan.
2. Guru tidak menggunakan media/alat peraga yang dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang tertarik dalam mempelajari matematika.
3. Siswa tidak semangat mempelajari matematika karena dari awal pembelajaran guru tidak mengecek kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran, guru tidak membangkitkan semangat siswa, dan guru tidak memberikan motivasi.
4. Siswa tidak fokus mendengarkan guru menjelaskan materi karena guru tidak melibatkan keaktifan siswa ketika proses pembelajaran.
Dengan demikian, untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa, guru dapat mengatur strategi pembelajaran, yaitu:
1. Guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan.
2. Guru dapat menanamkan pemahaman kepada siswa bahwa pelajaran matematika itu mudah dan menyenangkan.
3. Guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan benda-benda konkrit.
4. Mengaplikasikan matematika dalam dunia nyata di kehidupan sehari-hari.
5. Memperhatikan celah materi yang tidak dipahami/dimengerti siswa.
NAMA : MUHAMAD ALI
NIM : 857304639
UPBJJ-UT : BOGOR
POKJAR : BADAK PUTIH CIANJUR
PRODI : s-1 PGSD
SEMESTER : 8
Menurut pendapat Saya, proses pembelajaran matematika yang terdapat pada video tersebut terdapat beberapa kekurangan diantaranya :
1. Tidak adanya kegiatan pendahuluan (Cek kehadiran siswa, berdoa, dan lain sebagainya)
2. Tidak adanya kegiatan apersepsi / keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
3. Pembelajaran terkesan terlalu serius sehingga menyebabkan siswa tidak terlalu nyaman dan membosankan
4. Tidak menggunakan media / alat peraga pembelajaran
Berdasarkan pengamatan Saya maka proses pembelajaran seperti itu kurang efektif. Alangkah baiknya seorang pendidik harus kreatif dalam melakukan proses pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.
sekian dan terimakasih….
Nama : Siti Nur Ilmi
NIM : 858849989
Prodi : PGSD BI
Semester : 2
Pokjar : LP Ma’arif Pandaan
Setelah mengamati video di atas, ada beberapa masalah yang muncul di dalam kelas di antaranya:
1. Siswa menunjukkan ekspresi masam yang menandakan ketidaksukaan pada pelajaran matematika.
2. Siswa terlihat ramai dan tidak memperhatikan keterangan yang disampaikan oleh guru.
3. Siswa lebih banyak bermain sendiri dengan siswa lainnya.
4. Kelas tidak kondusif
Kemungkinan penyebab terjadinya masalah tersebut adalah:
1. Guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran siswa seperti:
a. Menanyakan kabar
b. Mengecek kehadiran siswa
b. Mengecek kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
c. Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
d. Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
e. Memberi motivasi untuk membangkitkan semangat dan minat siswa
f. Melakukan apersepsi untuk mengaktifkan siswa
2. Guru melaksanakan kegiatan inti yang hanya berfokus pada guru saja dan tidak ada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tersebut.
Alternatif tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah :
1. Guru melaksanakan seluruh kegiatan awal pembelajaran.
2. Guru sesekali memberi motivasi kepada siswa, salah satunya seperti yang ada di dalam video dengan mendatangkan seorang insinyur.
3. Guru melaksanakan kegiatan inti yang dapat mengaktifkan siswa atau pembelajaran yang berfokus pada siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif.
4. Guru menggunakan media pembelajaran yang unik dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa, seperti video pembelajaran.
NAMA : Siti Sa’diyatul Fitri
NIM : 859505479
PRODI : S1 BI PGSD
POKJAR : Pakisjaya
seharusnya guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari media dan hal-hal pembelajaran matimatika sehingga membuat anak lebih tertarik dalam pelajaran matimatika seperti mengajak anak murid belajar berhitung menggunakan media gambar, mengghitung melalui gambar dan mengurangkan melalui gambar apel, kalau guru sudah menggunakan alat dan media yang tepat untuk dalam pelajaran matimatika pasti menarik, dan minat anak mau belajar akan lebih tinggi lagi kerna apa? kerna mereka tertarik dan penasaran. anak murid tidak mau belajar matimatika kerna bagi mereka matikamatika itu sulit dan rumit, nah kita sebagai guru cara mengajarkannya cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara menggudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika.
Nama : Rizkina Hidayati Hasibuan
Nim : 856055532
Prodi : PGSD
Assalamu’alaikum Wr.Wb
– Dari video yang telah di lihat di atas kita dapat menari kesimpulan bahwa memang sebagian siswa tidak menyukai pelajaran Matematika. Ada beberapa alasan yang membuat para siswa mengapa mereka tidak suka pelajaran Matematika karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit , rumit, dan membosankan.
– Maka dari itu kita sebagai guru harus mencari solusi bagaimana caranya agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan senang, dan menarik agar siswa lebih semangat lagi mengikuti pelajaran tersebut. Contohnya dengan menggunakan media yang menarik.
– Belajar menggunakan media yang ada di halaman sekolah.
– Guru tersebut membawa nara sumber agar siswa tersebut bisa fresh lagi.
– Guru dapat mendatangkan semangat yang baru untuk siswa agar lebih semangat lagi belajar agar dapat mencapai cita-cita sebagai nara sumber yang ada.
– Untuk mengatasi masalah yang ada di dalam kelas guru harus dapat membuat strategi pembelajaran, yaitu dengan cara :
1. Guru dapat membuat media pembelajaran yang menarik dengan media pembelajaran
2. Dengan cara membuat kelompok belajar
3. Guru dapat membuat Ice breaking di sela-sela pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan.
4. Memberikan contoh matematika dalam kehidupan sehari-hari
5. Sebagai guru jika kita selesai memberikan sebuah materi hendaknya kita bertanya kepada murid apakah mereka sudah memahami pelajaran tersebut atau belum, jika belum siswa tersebut diberikan sebuah kesempatan untuk bertanya.
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam mengatasi masalah yang ada di dalam kelas ini, dan murid kita kedepannya agar lebih menyukai pelajaran Matematika.
Wa’alaikumsalam Wr.Wb
Nama : ALFINA
NIM : 858901488
Program Studi : S1 – PGSD
UPBJJ-UT : JEMBER
Pokjar : Wuluhan
Assalamualaikum wr.wb Berdasarkan Pemaparan video dengan judul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” yang terdapat dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam video tersebut yang dapat diuraikan sebagai berikut :
Kelemahan :
1. Tidak adanya kegiatan pendahuluan yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran (Cek kehadiran siswa, berdoa, dan lain sebagainya).
2. Tidak adanya kegiatan apersepsi / keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
3. Pembelajaran terkesan terlalu serius sehingga menyebabkan siswa tidak terlalu nyaman dan membosankan.
4. Penggunaan Alat peraga yang sangat kurang sehingga pembelajaran terlihat monoton.
5. Siswa tidak fokus mendengarkan guru menjelaskan materi karena guru tidak melibatkan keaktifan siswa ketika proses pembelajaran.
Kelebihan :
1. Guru sangat kreatif dalam memotivasi anak untuk mencintai pembelajaran matematika dengan cara mendatangkan pakarnya dengan seperti itu siswa dapat memiliki gambaran dan dapat berubah pola pikirnya mengenai matematik dan pemanfaatanya bagi masyarakat sekiar dan dunia.
2. Terdapat salah satu murid yang mau aktif dan bertanya ke pada pakarnya.
Ada pula cara agar siswa kita tertarik dan minat untuk menyukai dan belajar matematika :
1. Menanamkan rasa percaya diri kepada anak sejak dini.
2. Berilah dia motivasi dan ungkap fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika.
3. Selama proses pembelajaran, jangan pernah ada paksaan sama sekali.
4. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika, atau bisa sisipkan beberapa permainan dalam pembelajaran tersebut agar siswa tidak bosan dan pembelajaran semakin bervariasi.
NAMA: ICHI DYAH AYU NINGTYAS
NIM: 88163405
PRODI: S1 PGSD BI
POKJAR: TULANGAN
Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut, murid-murid terlihat kurang antuasias bahkan ada yang terilhat tidak suka pelajaran Matematika. Kita bisa lihat pada waktu pak gurunya masuk kelas semua kelas ramai seolah-olah bersorak tidak mau belajar Matematika. Tiba-tiba guru masuk kelas, meminta murid untuk mengeluarkan alat tulis.
Selain itu guru tersebut kurang bisa menguasai kelas dan langsung menjelaskan tentang materi matematika tanpa ada pendahuluan atau pertanyaan pemantik atau ice breaking atau bahkan memberikan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi agar murid dapat menjawab dengan senang sehingga suasana kelas terlihat lebih semangat.
Kelebihan dari video diatas, melihat motivasi anak2 kurang bersemangat ketika belajar matematika, guru tersebut langsung mendatangkan narasumber yang akan menjelaskan materi tersebut. Dengan kehadiran narasumber ke kelas, bisa menambah memotivasi murid agar lebih semangat dalam belajar matematika dan mengetahui bahwa belajar matematika itu sangat penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk saat ini maupun di masa yang akan datang
Nama : Nena
NIM : 858081977
Prodi : PGSD
Semester : 2
Izin untuk mengometari, setelah menonton vidio pembelajaran, Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika.
Ada beberapa masalah belajar yang di alami siswa,
1. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit.
2. Siswa kurang tertarik mempelajari matematika karena guru tidak menggunakan alat peraga/media yang bisa menarik perhatian siswa untuk mempelajari matematika.
3. Siswa mempelajari matematika dengan hal-hal yang tidak konktit, guru hanya menjelaskan dan guru yang lebih aktif sedangkan siswa pasif.
4. Siswa tidak semangat mempelajari matematika karena dari awal pembelajaran guru tidak memberikan motivasi, serta mengecek kesiapan siswa yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa.
5. Siswa tidak fokus mendengarkan guru menjelaskan materi karena guru tidak melibatkan ke aktifan siswa ketika proses pembelajaran.
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa, guru dapat mengatur strategi pembelajaran salah satunya adalah dengan mendatangkan narasaumber yaitu seorang arsitek. Dari awal bapak arsitek datang anak-anak sudah sangat antusias untuk mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan, dengan menghadirkan narasumber yang sesuai dengan materi yang di ajarkan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Selaian menghadirkan narasumber masih banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk menumbuhkan semangat belajar para siswa terutama pada mata pelajaran matematika.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa belajar matematika
1. Guru bersemangat ketika mengajar matematika sehingga siswa juga jadi bersemangat.
2. Perhatikan celah materi yang tidak dipahami siswa.
3. Temukan pola atau cara khusus.
4. Memberi tantangan ada siswa.
5. Memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, belajaran dengan hal-hal yang konkrit
6. Ceritakan sejarah terkait.
7. Menggabungkan teknologi dalam kegiatan belajar/ menggunakan media.
Nama : Brenda Mutiara Achika
NIM : 857317531
Prodi : PGSD S1
Semester : 6
Pokjar : Bogor Selatan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin memberikan komentar untuk video di atas. Sebagian besar anak-anak atau pun kita orang dewasa, sering menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Menurut saya hal ini sering terjadi karena banyak guru yang mengajar terutama di kelas bawah kurang memperhatikan cara mengajarnya. Contohnya guru kurang kreatif dengan tidak menggunakan alat peraga belajar, terkadang guru juga kurang memotivasi siswa untuk belajar matematika. Saya sangat setuju dengan video ini. Saya rasa ide untuk mengundang narasumber yang bisa memotivasi siswa untuk belajar matematika sangatlah cocok digunakan terutama untuk di kelas atas seperti kelas 6. Mungkin itu saja komentar dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.