silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : SAROAMAN ZANDROTO
    NIM : 823158984
    Prodi : S1 PGSD

    Salam untuk kita semua, dan tetap semangat. Mohon izin untuk menyampaikan tanggapan/komentar.
    Pertama-tama, saya senang sekali bisa menonton dan mengamati video tentang “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” dapat menambah pengetahuan dalam perbaikan pembelajaran ke depan. Dan benar sekali apa yang ditampilkan di video, terlihat jelas ekspresi yang dilakukan oleh anak-anak di kelas bahwa tidak menyukai pelajaran matematika, nanti kita bisa bahas apa yang menjadi penyebabnya. Seterusnya, terlihat diawal pembelajaran guru belum melakukan kegiatan awal, apersepsi, guru belum melakukan pendekatan-pendekatan dan langsung pada kegiatan inti sehingga terkesan serius dan dikejutkan, guru belum ada media pembelajaran/alat peraga, guru belum melakukan dan memberi penguatan-penguatan serta motivasi, guru belum melakukan variasi dan strategi pembelajaran yang menarik, guru belum mengaitkan pembelajaran dalam kehidupan nyata sehari-hari, guru belum melibatkan siswa dalam pembelajaran, apalagi kalau pembelajaran dilakukan pada jam terakhir/siang yang membuat suasana semakin gerah, mengantuk, dan tidak fokus pada pembelajaran.

    Penyebab/alasan “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran matematika” :
    1. Siswa menganggap pelajaran matematika itu, sulit, menyusahkan.
    2. Sebagian siswa menganggap pelajaran matematika tidak penting.
    3. Gaya belajar dan cara berpikir anak yang kurang baik.

    Cara mengatasi masalah :
    1. Perhatikan masalah yang dihadapi oleh siswa.
    2. Segera mencari strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik.
    3. Mendatangkan Nara Sumber dapat memotivasi belajar siswa.
    4. Menanamkan rasa percaya diri serta memberikan kenyamanan belajar kepada siswa.
    5. Memberikan motivasi, variasi metode mengajar menyenangkan, dan latihan yang cukup dan berulang.
    6. Menerapkan pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari.
    7. Mengubah gaya belajar dan cara berpikir anak menjadi lebih baik.
    8. Mencari tahu pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    9. Memberi tantangan yang menarik kepada siswa sehingga menambah minat dan kreatifitasnya.
    10. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

    Demikian saja tanggapan dan komentar saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.
    Salam kembali, dan terimakasih.

  2. Nama: Ida Ayu Made Sri Kerti
    Nim: 859032755
    UPBJJ Denpasar
    Pokjar SDN 3 kerobokan Kuta Utara
    dari pengamatan saya pada video tersebut siswa tidak memperhatikan guru saat menerangkan pembelajran, ribut dikelas,kurangnya motivasi siswa,karena guru saat menerangkan hanya satu arah,guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. seharusnya dalam menjelaskan bangun ruang guru bisa menggunakan media yang ada dilingkungan sekitar misalnya menggunakan kardus, dadu, dan media lainnya,sehingga menciptakan suasana belajar yang aktif,kreatif,iovatif dan tentunya menyenangkan
    terimakasih.

  3. berdasarkan analisis saya, ,saya berpendapat bahwa:
    Siswa tampak tidak suka dengan materi matematika,karena mereka bepikir bahwa
    pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang sangat membosankan,sulit,susah dan
    pusing.sehiangga menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus didalam kelas.

    Pembelajaran yang di lakukan guru pada video gpo terdapat kelemahan dan kelebihan saat melaksanakan pembelajaran di kelas.

    *Kelemahan
    a.berdasarkan analisis saya, ,saya berpendapat bahwa:
    a. seorang guru memberikan pembeljaran yang sangat monoton yang gitu-gitu saja
    tidak menarik,sehingga suasana kelas tidak kondusif.
    b. Seorang guru belum melakukan kegiatan awal pada proses pemblejaran didalam
    kelas sehingga siswa tidak semngat.
    c. Seorang guru belum mempersiapkan alat bantu berupa media

    *Kelebihan
    berdasarkan analisis saya, ,saya berpendapat bahwa:
    beliau menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari
    matematika dengan menghadirkan seorang narasumber yang memotivasi
    siswa.Sehingga siswa mulai semangat dan siap belajar matematika.

  4. Nama : Yurika Septiyaningrum
    NIM : 857763935
    Program Studi : PGSD

    Menurut pendapat saya, masalah yang dihadapi siswa dalam video tersebut antara lain :
    1.Siswa terlihat tidak antusias dan tidak memiliki minat terhadap pembelajaran matematika.
    2.Guru tidak memberikan apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran.
    3.Penjelasan dari guru tidak menarik karena guru hanya memberikan penjelasan materi (ceramah) tanpa contoh yang jelas.
    4.Guru tidak menggunakan alat peraga/ memberikan demonstrasi materi yang membuat siswa tidak paham dan bosan sehingga siswa tidak memperhatikan dan memilih bermain/bicara dengan teman disampingnya.

    Strategi yang dapat membuat pembelajaran menarik :
    1.Guru dapat mengawali pembelajaran dengan memberikan apersepsi seperti ice breaking/ mini games bersama siswa untuk membuat siswa lebih fokus.
    2.Guru dapat menggunakan alat peraga/ media pembelajaran seperti proyektor untuk menampilkan video pembelajaran singkat agar siswa lebih tertarik dengan materi yang diajarkan.
    3.Guru melakukan tanya jawab bersama siswa dan memberikan apresiasi berupa pujian kepada siswa yang bersedia menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar. Jika ada jawaban yang salah, guru bisa menjelaskan bagian yang kurang tepat.

    Pada video tersebut, mendatangkan narasumber dapat memotivasi belajar siswa karena siswa akan mendapatkan pengalaman baru dari cerita, pengalaman, dan hasil karya yang diperlihatkan sang narasumber sehingga memacu siswa untuk belajar lebih tekun.

  5. Nama :Septalia Rahma dhany
    Nim : 858185156
    Prodi : PGSD Bi
    Menurut analisis saya, video itu menceritakan seorang guru yang mempunyai murid yang kurang menyukai pelajaran matematika, sehingga membuat suasana kelas menjadi gaduh, sehingga anak anak yang awalnya tidak menyukai pelajaran Matematika maka akan semakin tidak suka. Seharusnya sebagai seorang guru apa bila kita menghadapi masalah seperti itu kita harus mempunyai cara dan trik agar anak anak menjadi suka, mungkin dengan cara mengajak mereka dengan menghitung dengan media yang ada di kelas, contoh soal seperti hitunglah banyak buku yang ada di dalam tas mu, atau bisa juga dengan mengajak anak anak bermain sambil berhitung dan masih banyak cara yang lainya.
    Dengan cara seperti itu akan memotivasi anak anak akan berfikir bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang asik dan menyenangkan, sehingga pelajaran matematika menjadi pelajaran yang paling di tunggu.

  6. Nama : erma rahmawati
    Nim : 859142103
    Program studi : SI PGSD
    1.reaksi siwa terhadap pembelajaran matematika adalah penolakan hal ini di tandai dengan sorokan dari siswa
    2. kelemahan guru
    a.kurangnya kreatifitas dari guru dalam pembelajaran matematika
    b.di perlukan orang dalam membantu pembelajaran
    c.kurangnya media pembelajaran dan faktor pendukung pembelajaran lainya
    c.tidak membangun rasa ingin tahu siswa
    3.kelebihan guru
    a.membawah contoh keberhasilan dari pembelajaran matematika
    4. hal unik dalam pembelajaran
    siswa yang melakukan penolakan ketika mendegar pembelajaran matematika
    5. upaya yang bisa dilakukan
    a.guru harus bisa sekereatif mungkin membangun rasa ingin tahu siswa akan pembelajaran matematika
    b.guru bisa menganti suasana kelas,misalnya pembelajaran di luar kelas
    c. jika ingin memberikan contoh keberhasilan seseorang akan ilmu matematika guru bisa memperlihatkan di media pembelajaran

  7. Nama Mahasiwa : Firosatun
    NIM : 857704211
    Mata kuliah : PKM
    Masa registrasi : 2023.1

    A. Tema/judul : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika

    B. Diskripsi
    Uraian kegiatan pembelajaran dari pendahuluan – penutup dari video di GPO
    Dari video yang saya lihat, siswa tidak tertarik atau tidak bersemangat mengikuti
    pembelajaran matematika mungkin dikarenakan cara guru tersebut dalam mengajar
    terlalu monoton dan menegangkan, sehingga tidak ada ketertarikan siswa untuk
    mengikuti kegiatan pembelajaran.
    Menurut saya guru tersebut harus bisa membuat suasana kelas yang nyaman dan
    menyenangkan. Mungkin guru tersebut bisa menggunakan alat peraga sebagai media
    untuk pembelajaran sehingga siswa dapat tertarik dan semangat untuk mengikuti
    pembelajaran dikelas.
    Tindakan guru dengan cara mendatangkan seorang narasumber sudah sangat tepat
    dikarenakan dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa belajar matematika itu
    sangat menarik dan sangat penting diajarkan atau dipahami sejak usia dini, karena
    matematika juga sangat penting didalam kehidupan sehari-hari

    C. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru.
    Ketika diawal pembelajaran siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, Tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan seorang
    Narasumber yang telah sukses karena dengan maksimal menggunakan ilmu matematika yang pernah dipelajarinya, Siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika secara sungguh-sungguh.

    D. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk
    membangkitkan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai belajar matematika

    E. Hal -hala unik yang ditemuakan dalam pembelajaran:
    Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika berubah drastis sangai antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka.

    F. Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan guru yang anada amati, upaya apa saja untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut.
    Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan alat
    peraga yang menarik untuk menyampaikan materi pelajaran matematika agar motivasi
    dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap terjaga dan meningkat.
    Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih bersemangat dalam belajar
    matematika.

  8. Nama; ismaturrahmi
    nim :855885916
    program studi PGSD
    Dasil video yang telah saya nonton yaitu ‘ siswa tidak menyukai pelajaran matematika adala guru waktu menjelaskan tidak berupaya menggunaka bahasa yang sering di dengar anak sehingga mereka kurang paham dengan kata-kata yang diucapkan pada saat menjelaskan.
    guru tidak membawa media yang konkrit seperti miniatur bangunan rumah sakit, atau yang lainnya.

    kelemahan dari video tersebut menurut saya
    guru tidak membuat suasana kelas menjadi aktif dan ada sebagian siswa yang hanya duduk terdiam saja pada saat guru menjelasknna;

    hal yang bisa dilakukan seorang guru adalah, pembelajaran matematika tidak sepenuhnya tergantung di dalam kelas, anak-anak akan lebih menyenangkan jika pembelajaran dapat dilakukan di luar kelas.

  9. Nama : Lia Alfisah
    NIM : 856987047
    Kelas : 6 A
    Pokjar : Sidomulyo

    Reaksi Siswa
    Reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut adalah tidak suka atau bahkan menolak, hal ini ditandai dengan sorakan-sorakan siswa saat guru memberitahu mata pelajaran yang akan dipelajari adalah Matematika.

    Kelemahan
    1. Kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa.
    2. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan.
    3. Penjelasan guru yang monoton sehingga siswa merasa bosan.

    Kelebihan
    1. Sikap sabar guru dalam menghadapi situasi didalam kelas.
    2. Mendatangkan narasumber yang berhasil dalam belajar matematika, sehingga siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran tersebut dan termotivasi untuk belajar lebih giat.

    Keunikan
    Mendatangkan seorang narasumber

    Rekomendasi
    1. Guru lebih bersemangat lagi dalam menjelaskan materi belajar.
    2. Guru dapat menggunakan lebih banyak media-media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar.
    3. Ada sesi ice breaking agar siswa tidak bosan dalam belajar di kelas.
    4. Ada sesi tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi yang baru saja disampaikan.

  10. Nama : Zulfawati
    NIM : 857844876
    Prodi : S1 PGSD – BI

    Terimakasih atas kesempatannya. Izin menanggapi terkait dengan video ” Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”. Berdasarkan video tersebut, alasan siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pendahuluan sehingga siswa cenderung tidak memahami apa yang akan dipelajari dan tidak menumbuhkan motivasi belajar. Selain itu pada bagian penutup atau akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi terhadap pembelajaran.
    Disisi lain solusi yang diberikan pada video tersebut sudah bagus karena menghadirkan narasumber dari profesi yang berkaitan dengan peranan ilmu matematika dalam kehidupan. Hanya saja diawal guru tidak menyampaikan keterkaitan materi yang dipelajari dengan narasumber, semisal “hari ini kita belajar bangun ruang maka kita akan menghadirkan narasumber yang memanfaatkan ilmu matematika yaitu arsitektur”.

    Solusi:
    Agar guru melakukan pendahuluan dan penutup pada pembelajaran karena memiliki esensi pada langkah pembelajaran. Sebaiknya guru juga memberikan penjelasan narasumber dengan keterkaitan materi. Selanjutnya bisa memberikan waktu untuk siswa bersama dengan narasumber praktek bersama secara sederhana untuk menumbuhkan ketertarikan pada matematika dan sense of belonging pada matematika.

Leave a Reply