silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Agusmiarti
Nim : 858056411
Semester : 6
Jawaban:
Dalam metode mengajar matematika yang menarik,guru masih banyak pr bagi para guru matematika ,mengigat banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran berhitung, maka metode pembelajaran matematika yang harus menjadi prioritas untuk segera di selesaikan , berdasarkan video yang saya lihat.
1 . Guru sedang mengawali pembelajaran dengan menginformasikan materi yang awal dengan kondisi kurang kondusif ,kurang memperhatikan semestinya
Di awal pelajaran guru mengkondisikan supaya siswa bisa tenang dan konsentrasi dan siap mengikuti pelajaran, dan setelah terkondisi maka guru mulai menyapaikan materi yang akan dipelajari sehingga siswa memperhatikan.
Siswa tampak kurang perhatian dengan pelajaran matematika, dan guru perlu melakukan pendekatan dengan mengundang narasumber dari pihak luar sekolah, agar menarik perhatian Siswa agar tertarik dalam video siswa memperhatikan bahkan bertanya. Pendekatan ini boleh di tiru untuk sesekali .
Dan untuk menarik perhatian siswa guru perlu mengajar dengan kreatif dan movatif . Menggunakan alat peraga atau gambar supaya siswa tidak bosan dan jenuh
Nama : Irma Kristiani
Nim : 858056278
Pokjar : melawi
hasil pengamatan saya dari video diatas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” adalah sebagai berikut :
1. ketika diawal pembelajaran saya melihat siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran, tetapi dikarenakan guru memberi tahu bahwa dikelas akan kedatangan seorang narasumber yg telah sukses karena dgn maksimal menggunakan ilmu matematika yg telah dipelajarinya, siswa dikelas tersebut mulai menjadi termotivasi untuk lebih giat belajar pelajaran matematika.
2. kekurangan guru tersebut ialah guru tersebut masih belum bisa menggunakan media pembelajaran secara bervariasi serta strategi pembelajaran yg belum cukup benar sehingga siswa tidak memiliki minat dan tidak fokus belajar.
3. kelebihan guru tersebut ialah guru dengan kreatifnya mampu menghadirkan narasumber yg sesuai dengan yg dibutuhkan untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa agar kembali menyukai belajar matematika.
4. perubahan sikap siswa yg awalnya tidak minat untuk belajar matematika berubah sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa pentingnya belajar matematika untuka masa depan mereka.
5. Menurut saya untuk kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menyampaikan pelajaran dgn menggunakan alat peraga yg menarik agar siswa kembali bersemangat dan termotivasi dalam mempelajari matematika.
Nama : ATIK MUKAROMAH
Nim : 858949486
Menurut pendapat saya, Sebaiknya guru tersebut memulai pembelajaran dengan salam, kemudian diawali dengan doa, apersepsi supaya anak-anak siap untuk menerima materi yang akan disampaikan. Selain itu supaya nantinya pembelajaran yang berlangsung tidak jenuh dan tidak membosankan sebaiknya guru menggunakan metode atau strategi yang bervariasi.
assalamualaikum wr wb
Nama : Resma Anjani
Nim : 856978395
Prodi : PGSD S1
Fakultas : FKIP
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Pokjar : Kalirejo
SISWA TIDAK MENYUKAI PELAJARAN MATEMATIKA
Pada video diatas terlihat ketidak antusiasan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika, bahkan siswa mnunjukannya secara terang terangan dengan cara bersorak, menurut saya hal ini dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya :
1. suasana belajar yang kurang menarik dan tidak menyenangkan
2. metode pembelajaran yang monoton
3. guru kurang bersemangat dalam mengajar
4. kurangnya pengetahuan guru terhadap minat peserta didik.
kehadiran ahli pada video tersebut tentu menjadi hal baru yang sangat membantu peserta didik dalam memusatkan perhatian dan juga dapat membantu peserta didik dalam menemukan motivasi belajar pada dirinya hari itu, namun tentunya kehadiran ahli atau semacamnya belum tentu dapat di lakukan pada pembelajaran selanjutnya, kehadiran ahli ini juga dapat membuka pandangan siswa untuk menemukan cita citanya.
Minat belajar atau dorongan untuk belajar didapat dari suasana pembelajaran yang akan memberikan motivasi dan kebebasan dalam mengeksplorasi atau menganalisis pengalaman belajar. Desain pembelajaran
yang kondusif akan memberikan kebebasan mengekspresikan ide dan motivasi belajar mandiri.
Ciptakan Kompetisi yang Positif,
Persaingan di dalam kelas tidak selalu hal yang buruk, bahkan bisa menjadi sesuatu yang positif jika diterapkan untuk sesuatu yang positif. Lebih dari itu kompetisi di dalam kelas juga mampu menumbuhkan motivasi peserta didik untuk bekerja lebih ekstra dan keras. Menciptakan suasana kelas agar bisa menumbuhkan persaingan positif, mungkin bisa melalui permainan kelompok yang terkait dengan materi atau suatu kesempatan yang bisa memamerkan pengetahuan mereka.
wassalamualaikum wr wb
GPO 1
Nama : Luh Putu Mega Paramita Sari
NIM : 859012635
Prodi : PGSD
MK : PDGK 4501
Seri Pengembangan Matematika SD
Judul Video : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Mengapa siswa tidak menyukai pelajaran Matematika?
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut mungkin dikarenakan guru yang kurang inovatif dalam memberikan pembelajaran sehingga siswa menjadi tidak bersemangat ketika mendengar pelajaran Matematika. Dalam mengajar matematika, guru harus berusaha mencari cara mengatasi siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah perspektif siswa terhadap pelajaran Matematika. Yakinkan siswa bahwa pelajaran Matematika bukan pelajaran sulit melainkan matematika itu mudah dan menyenangkan.
Bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
Mengajari matematika bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Metode mengajar matematika yang menarik sepertinya masih menjadi PR besar bagi para guru. Sejatinya pelajaran Matematika memiliki banyak manfaat dan dapat diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah mengasah kemampuan problem solving anak dan mengasah otak. Cara mengajar matematika agar siswa cepat mengerti tidak harus dengan suasana tegang dan hanya menghafal rumus-rumus saja. Belajar berhitung yang sederhana dan tidak terlalu rumit akan membuat siswa lebih menyukai pelajaran Matematika. Untuk menarik perhatian siswa, guru dapat menggunakan alat bantu atau media belajar yang berfungsi mengkonkritkan materi yang sedang dipelajari seperti penggunaan alat peraga yang juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak. Guru juga dapat membuat permainan-permainan yang dapat dilakukan di kelas secara kelompok atau individual sebagai media mengajarkan konsep belajar Matematika. Ataupun guru dapat menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa jadi lebih mudah membayangkan cara menghitungnya sekaligus siswa mengetahui manfaat nyata belajar pelajaran Matematika. Dengan demikian akan meningkatkan motivasi mereka mempelajari Matematika. Banyak jalan menuju Roma, begitupun dengan mempelajari pelajaran Matematika. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa menyukai pelajaran Matematika.
Nama : Elak Anggraini
Nim : 856948489
Semester 8
Tutor : Dr. ADE IMELDA FRIMAYANTI, M.Pd
Kekurangan : Saat awal video siswa terlihat sama sekali tidak tertarik untuk belajar matematika, suasana kelas juga sangat gaduh, karena guru kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Kelebihan : Setelah melakukan refleksi, guru mengundang narasumber yang merupakan seorang arsitek. Siswa sangat berantusias dalam mendengarkan cerita narasumber tersebut, karena narasumber tersebut memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat dalam mempelajari matematika. Karena matematika sangat penting dalam kehidupan. Setelah itu siswa tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Nama : Warih Kusuma Dewi
Nim : 856948117
Semester 8
Tutor : Dr. ADE IMELDA FRIMAYANTI, M.Pd
Kekurangan : Saat awal pembelajaran siswa sama sekali tidak tertarik untuk belajar matematika, suasana kelas juga sangat tidak kondusif, karena guru kurang melakukan persiapan dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Kelebihan : Setelah melakukan refleksi dengan mengundang narasumber, Siswa menjadi sangat antusias dalam mendengarkan cerita narasumber karena narasumber tersebut memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat dalam mempelajari matematika. Setelah itu siswa tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
1. Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran dalam video.
Kelebihan :
– Menghadirkan seseorang sebagai motivator dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar matematika.
Kekurangan :
– Tidak ada kegiatan pembuka
– Tidak ada kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat peraga.
– Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
– Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari kasus pembelajaran pada video tersebut adalah permasalahan membuat siswa menjadi menyukai dan berminat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD semester 1.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah dengan mengajar matematika sambil bermain ulartangga. Dimana ulartangganya akan saya rancang sendiri sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan sesuai dengan karakteristik siswa.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan menyengangi pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan menarik dan menyenangkan tanpa harus membuat siswa bosan mendengarkan guru mendengarkan.
NAMA : ELDAWATI
NIM : 825971825
PRODI : S1 PGSD
1. Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran dalam video.
Kelebihan :
– Menghadirkan seseorang sebagai motivator dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar matematika.
Kekurangan :
– Tidak ada kegiatan pembuka
– Tidak ada kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat peraga.
– Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
– Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari kasus pembelajaran pada video tersebut adalah permasalahan membuat siswa menjadi menyukai dan berminat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD semester 1.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah dengan mengajar matematika sambil bermain ulartangga. Dimana ulartangganya akan saya rancang sendiri sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan sesuai dengan karakteristik siswa.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan menyengangi pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan menarik dan menyenangkan tanpa harus membuat siswa bosan mendengarkan guru mendengarkan.
St Kamaria says:
April 27, 2023 at 1:43 pm
NAMA : St Kamaria
NIM : 859551222
PRODI : S1 PGSD
1. Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran dalam video.
Kelebihan :
– Menghadirkan seseorang sebagai motivator dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar matematika.
Kekurangan :
– Tidak ada kegiatan pembuka
– Tidak ada kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat peraga.
– Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
– Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari kasus pembelajaran pada video tersebut adalah permasalahan membuat siswa menjadi menyukai dan berminat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD semester 1.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah dengan mengajar matematika sambil bermain ulartangga. Dimana ulartangganya akan saya rancang sendiri sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan sesuai dengan karakteristik siswa.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan menyengangi pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan menarik dan menyenangkan tanpa harus membuat siswa bosan mendengarkan guru mendengarkan