silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : ni putu silvia ningtias
    Nim : 856948353
    Pokjar : sidomulyo
    Kelas : 8b

    dari vidio di atas guru yang tidak kreatif dan inovatif dalam mencari alat dan media dalam mengajarkan matimatika.

    seharusnya guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari media dan hal-hal pembelajaran matimatika sehingga membuat anak lebih tertarik dalam pelajaran matimatika seperti mengajak anak murid belajar berhitung menggunakan media gambar, mengghitung melalui gambar dan mengurangkan melalui gambar apel, kalau guru sudah menggunakan alat dan media yang tepat untuk dalam pelajaran matimatika pasti menarik, dan minat anak mau belajar akan lebih tinggi lagi kerna apa? kerna mereka tertarik dan penasaran. anak murid tidak mau belajar matimatika kerna bagi mereka matikamatika itu sulit dan rumit, nah kita sebagai guru cara mengajarkannya cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara menggudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika. kerna guru sangat berperan penting dalam pembelajaran di kelas jadi kita sebagai guru jangan malas terhadap tugas untuk mengajarkan kepada siswa . Dan media yang pas akan memudah kan kita mengajarkan matimatika kepada anak lebih menyenangkan ,kita juga bisa belajar matimatika menggunakan lingkungan di sekitar kita kalau media sulit di dapat sperti daun bisa kita gunakan dalam matimatika bahan-bahan yang tidak di pakai lagi yaitu botol air minum tutup botol air minum saya rasa banyak media yang bisa membantu kita dalam mengajarkan matimatika kalau kita sebagai guru memnag betul- betul mau membuat muridnya lebih bersemangat belajar.

  2. Nama : Ika Pertiwi
    Nim : 856028352
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya menyimak vidio pembelajaran di atas saya ingin memberikan tanggapan analisis dan solusi dari masalah yang terdapat pada video tersebut yakni :
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut hasil analisis saya adanya reaksi penolakan atau rasa tidak suka terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa yang dapat kita dengar dari sorakan-sorakan siswa pada saat guru memberitahu mata pelajaran yang akan dipelajari pada hari ini aalah matematika.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut hasil analisis saya kelemahan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yakni kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu untuk menarik perhatian para siswa.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut hasil analisis saya kelebihan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yakni
    – guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat.
    – Serta sikap sabar guru dalam menghadapi situasi di dalam kelas yang tidak kondusif.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Menurut hasil analisis saya hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yakni guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya solusi yang dapat saya berikan agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yakni
    – Guru harus dapat menggunakan lebih banyak lagi media-media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam mempelajari matematika.
    – Guru melakukan ice breaking agar siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung.
    – Guru juga dapat melakukan sesi Tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami mater apa yang baru saja disampaikan.
    – Serta guru harus lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan serta menjelaskan materi pembelajaran.

  3. NAMA : Achmad Nur Hasan
    NIM : 857750115
    PRODI : S1 PGSD BI

    Saya pernah mengalami kesulitan tersebut ketika saya mengajarkan tentang materi Bangun ruang .siswa kurang bisa memahami materi karena saat itu saya tidak menggunakan alat peraga. Saya mengatasi kesulitan tersebut dengan membenahi pembelajaran menggunakan media dan alat peraga, perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran matematika perlu dilakukan oleh guru karena siswa akan lebih mudah memahami materi matematika, apa lagi siswa SD itu butuh pembelajaran yang konkrit. Guru perlu memberikan motivasi serta pemahaman bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah.

  4. Nama : Dwi Budiarti Fatma
    Nim : 857979906

    1. Metode Pembelajarannya Sangat Membosankan
    Alasan utama mengapa siswa tidak menyukai mata pelajaran ini yaitu tentu karena metode pembelajarannya terlalu membosankan.
    Mereka beranggapan bahwa mata pelajaran ini sangatlah membosankan, sulit untuk masuk ke dalam otak, perhitungannya terlalu rumit, serta bikin pusing.
    Menurut mereka juga, matematika tentu akan mudah apabila dalam pembelajarannya hanya ada metode pertambahan – pengurangan, atau pembagian – perkalian saja.
    2. Gurunya Terlalu Serius, Bikin Jenuh
    Menurut mereka, mempelajari matematika sangat membosankan apabila seorang guru hanya menerangkan tentang rumus angka saja.
    Terlebih lagi apabila gurunya terlalu serius hingga tidak memperhatikan muridnya.
    Coba saja kalau guru tidak selalu memberikan asupan rumus dan angka kepada muridnya, melainkan mengobrol atau bersenda gurau walau hanya sedikit waktu saja.
    Dengan demikian siswa tidak akan terlalu stress lagi akibat kebanyakan memakan rumus hitung-hitungan dari guru mata pelajaran matematika.
    3. Butuh Penjabaran Lebih Lanjut
    Jika mengerjakan soal dari mata pelajaran lain hanya butuh waktu sedikit saja, lain halnya matematika butuh waktu sedikit lebih lama.
    Ini dikarenakan pr
    Biasanya banyak siswa ketika menjawab soal-soal matematika itu teliti banget, ya itu karena pada saat kita mengerjakannya sangat butuh ketelitian mendalam.oses penjabarannya harus kompleks dilanjut dengan mengharuskan kita melalui langkah sistematis sesuai rumus tertentu bahkan hanya untuk soal sederhana sekali pun.

  5. Nama : YUNI FITRIANA
    NIM : 857761354
    Prodi : PGSD BI
    UPBJJ : SEMARANG
    Pokjar : BKPP KUDUS

    VIDEO : SISWA TIDAK MENYUKAI PELAJARAN MATEMATIKA

    Pada tayangan video diatas terlihat hampir sebagian besar siswa sama sekali tidak tertarik mengikuti pelajaran matematika,
    Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya :
    1. Tidak ada pembukaan
    2. Guru terlihat kurang menarik dan kurang bersemangat
    3. Suasana belajar yang gaduh dan tidak menyenangkan
    4. Tidak adanya interaksi yang menarik antara guru dan siswa
    5. Guru kurang menguasai kelas

    Dengan mendatangkan narasumber, dapat menjadikan pengalaman baru bagi siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Siswa menjadi fokus dan lebih banyak berinteraksi aktif di kelas.
    Kehadiran narasumber ini juga dapat membuka pandangan siswa terhadap pentingnya belajar matematika, untuk masa depan. Terlihat jelas dalam video, mereka sangat aktif memberikan pujian dan bertanya.

    Penguasaan kelas dan materi merupakan hal penting bagi seorang guru. Jika guru tidak dapat meguasai kedua hal tersebut, maka tidak bisa dihindari akan terjadi situasi kelas seperti pada tayangan video di atas.
    Penggunaan media pembelajaran yang menarik juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

  6. Nama : Umriyah
    NIM : 857697449
    Program Studi : S1 PGSD
    Semester : 6

    Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu:

    dari awal pembelajaran sudah sangat terlihat bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, kemungkinan karena cara mengajar guru tersebut dalam menyampaikan materi kurang menarik antusias siswa. Dalam tayangan tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakn kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa. kurangnya media pembelajaran yang di gunakan oleh guri tersebut dalam menyampaikan pembelajaran.
    Akan tetapi, dari tayangan tersebut hal menarik yang bisa dijadikan contoh adalah dengan menghadirkan narasumber yang berprofesi sebagai insinyur. Dimana dalam pekerjaannya yang menerapkan konsep matematika, sehingga siswa termotivasi untuk giat belajar matematika agar kelak di masa depan dapat menjadi seorang insinyur seperti narasumber tersebut. hal tersebut sangat bagus karena memotivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar matematika.

  7. Nama : AL FAJAR
    NIM : 858033858
    Prodi : S1-PGSD

    Setelah saya melihat vidio tersebut, saya berkesimpulan bahwa sebenarnya setiap anak punya antusias terhadap pembelajaran matematika. Adapun penyebab ketidaktertarikan mereka pada pembelajaran matematika mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
    1. Guru kurang menguasai pembelajaran matematika
    2. Metode yang dipakai kurang menarik
    3. Guru tidak menggunakan media dan alat peraga
    4. Pendekatan pembelajaran yang dipakai kurang sesuai
    Dan masih banyak faktor lain.
    Jika ditemukan permasalahan seperti itu maka guru harus segera mencari solusi untuk meningkatkan motivasi peserta didik misalnya dengan menghadirkan narasumber seperti Vidio tersebut.

  8. Nama : Sukma Kasih Ramadhani
    Nim : 856948163
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu :

    Menurut pendapat saya, Sebaiknya guru tersebut memulai pembelajaran dengan salam, kemudian diawali dengan doa, apersepsi supaya anak-anak siap untuk menerima materi yang akan disampaikan. Selain itu supaya nantinya pembelajaran yang berlangsung tidak jenuh dan tidak membosankan sebaiknya guru menggunakan metode atau strategi yang bervariasi.

    Menurut hasil analisis saya kelebihan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yakni
    Guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat.

  9. Nama : Deva Ramadani Siregar
    Nim : 856024394
    Pokjar : Labusel

    Dari video yang saya lihat.
    Agar anak anak minat belajar matematika yaitu:
    1. Guru menggunakan alat peraga saat melakukan pembelajaran.
    2. Guru harus mampu menarik perhatian siswa agar minat untuk belajar matematika semakin kuat.
    3. Guru jangan hanya menjelaskan pembelajaran dipapan tulis, tanpa adanya praktek langsung atau alat yang dapat dilihat agar siswa lebih bersemangat.
    4. Guru melakukan tanya jawab ketika pembelajaran berlangsung kepada setiap siswa agar siswa lebih memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru.
    Dan kelemahan dari video diatas yaitu. Guru tidak menggunakan alat peraga saat melakukan pembelajaran. Dan pendekatan saat pembelajaran berlangsung kurang tepat.

  10. Nama : Pratiwi Hariyani
    Nim : 856031597
    Kelas : 6 C AKPMM LABURA

    Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu:

    dari awal pembelajaran sudah sangat terlihat bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, kemungkinan karena cara mengajar guru tersebut dalam menyampaikan materi kurang menarik antusias siswa. Dalam tayangan tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakn kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa. kurangnya media pembelajaran yang di gunakan oleh guri tersebut dalam menyampaikan pembelajaran.
    Akan tetapi, dari tayangan tersebut hal menarik yang bisa dijadikan contoh adalah dengan menghadirkan narasumber yang berprofesi sebagai insinyur. Dimana dalam pekerjaannya yang menerapkan konsep matematika, sehingga siswa termotivasi untuk giat belajar matematika agar kelak di masa depan dapat menjadi seorang insinyur seperti narasumber tersebut. hal tersebut sangat bagus karena memotivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar matematika.

Leave a Reply