silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : FITRI HANDAYANI
    NIM : 856035057
    PROGRAM STUDI : PGSD

    1. Identitas video :
    tokoh : pak guru, siswa, pak krisna (arsitek)

    2. Sinopsis video : program video berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam video itu guru menggunakan narasumber dari profesi lain untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika.

    3. Kelemahan video : guru tidak menguasai kelas sehingga siswa cenderung berisik atau asik dengan kegiatannya masing-masing bahkan ada siswa yang mengganggu temannya yang sedang belajar. Bahkan guru tidak mencoba untuk menenangkan suasana kelas.

    4. Kelebihan video : adanya bintang tamu seorang arsitek membuat suasan belajar sedikit kondusif karena bintang tamu tersebut menarik perhatian siswa untuk mendengarkan materi yang disampaikan arsitek tersebut. Tetlebih lagi arsitek tetsebut membawa media pembelajaran berupa gambar / poster.

    Hal unik dalam video : kegiatan belajar menarik karena mendatangkan narasumber seorang arsitek, dan penggunaan alat peraga berupa poster cukup menjadi variasi metode mengajar.

    6. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan : guru seharusnya menguasai kelas sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kondusif serta guru menggunakan alat bantu mengajar untuk menarik perhatian siswa.

  2. Nama : Jogi Yofi Sitinjak
    Nim :856032915
    Program studi:S1 PGSD
    Menurut pendapat saya dari video yang saya tonton di atas adalah :
    1. Guru menggunakan alat peraga saat melakukan pembelajaran.
    2. Guru harus mampu menarik perhatian siswa agar minat untuk belajar matematika semakin kuat.
    3. Guru jangan hanya menjelaskan pembelajaran dipapan tulis, tanpa adanya praktek langsung atau alat yang dapat dilihat agar siswa lebih bersemangat.guru juga harus memperhatikan ini supaya menarik maka jangan melakukan hal ini yaitu
    – Guru tidak menggunakan alat peraga.
    – Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
    – Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.

    Demikian tanggapan saya tentang video di atas Sekian dan terimakasih.

  3. Nama : Febia Millda Priyandini
    NIM : 858890149
    Pokjar : Genteng.A
    Kelas : 8A

    Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
    sebelumnya mohon ijin untuk mengomentari, dari hasil pengamatan yang telah saya lakukan terdapat beberapa kekurangan yang terdapat dalam video tersebut.
    1. di awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan seperti salam atau menanyakan kabar kepada siswa.
    2. guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu supaya siswa siap menerima materi.
    3. ketika pembelajaran dimulai keadaan kelas tidak terkondisikan dengan baik karena para siswa ramai dikelas
    4. ketika pembelajaran berlangsung siswa banyak yang kurang paham karena guru tidak menggunakan alat bantu seperti media atau alat peraga.

    dari kekurangan tersebut sebaik guru membenahi pembelajaran yang dilakukan, mulai merencanakan menggunakan media dalam pembelajaran dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan. misalnya dalam video tersebut guru meningkatkan motivasi siswa yaitu dengan mendatangkan narasumber secara langsung.

  4. NAMA : ARI ANGGRAINI
    NIM : 856982696
    PRODI : PGSD S1/118

    Menurut pengamatan saya di dalam video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”
    Ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh guru tersebut yakni
    Pertama, tidak adanya kegiatan pembuka, yang mana kegiatan pendahuluan seperti menyapa siswa / menanyakan kabar siswa / menyiapkan kondisi siswa serta melakukan apersepsi.

    Padahal seharusnya itu menjadi kunci utama guru menerapkan pembeljaran yang menyenangkan. Jika hal tersebut diterapkan siswa akan merasa diperhatikan dihargai dengan penuh kasih oleh gurunya, selain itu akan membuat mental siswa lebih siap belajar dan siswa menjadi lebih penasaran pembelajaran apa yang akan dibahas.

    Ketika mental siswa siap belajar, mereka akan mencoba mengikuti proses pembelajaran dengan lebih enjoy (santai) walaupun mereka mungkin tidak menyukai mata pelajaran tersebut, siswa akan berusaha mengikuti dengan baik sampai akhir pembelajaran.

    Kedua, Selain itu guru tersebut tidak menyiapkan media pembelajaran. Yang mana dengan bantuan media, siswa akan menjadi lebih tertarik dengan materi pembelajaran. Terutama dalam mapel matematika yang mana guru seyogiyanya menciptakan sesuatu yang inovatif untuk mendukung pembeljaran agar lebih menarik.

    Ketiga, guru didalam video tersebut sepertinya sebelum pembeljaran tidak mengobservasi gaya belajar siswa dikelas. Gaya belajar setiap siswa pasti berbeda-beda. Maka dari itu guru harus pandai mengkombinasikan gaya belajar siswa melalui bantuan media yang sesuai, misalnya gaya belajar siswa (visual) berarti guru harus menyiapkan media video untuk menarik pembeljaran dan mengkombinasikan dengan permainan, agar siswa menjadi lebih aktif.

    Dengan menerapkan 3 hal tersebut, menurut saya siswa akan menjadi lebih enjoy dalam proses pembeljaran berlangsung bahkan mereka bisa menyukai pembeljaran matematika,

  5. Nama : Novriani sidiq
    Nim : 856022652
    Prodi : S1- PGSD

    Dari awal pembelajaran sudah sangat terlihat bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, kemungkinan karena cara mengajar guru tersebut dalam menyampaikan materi kurang menarik antusias siswa. Dalam tayangan tersebut guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakn kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa. kurangnya media pembelajaran yang di gunakan oleh guru tersebut dalam menyampaikan pembelajaran.
    Akan tetapi, dari tayangan tersebut hal menarik yang bisa dijadikan contoh adalah mendatangkan orang yang ahlinya

    Menurut hasil analisis saya kelebihan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yakni
    Guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat.

  6. Nama : Tri Widiyanti
    Nim : 856993595
    Pokjar : Sidomulyo
    Kelas : 6c

    Hasil pengamatan saya dari video diatas, yaitu:
    Siswa terlihat tidak tertarik dan bosan atau bahkan tidak menyukai pelajaran matematika, itu terlihat bahkan dari gurunya saat masuk kelas. Kemungkinan, itu terjadi adalah dari guru sendiri. Dalam video diatas, kitas saksikan bagaimana guru ternyata tidak melakukan kegiatan awal pada saat mengajar, seperi salam, menyapa, menanyakan sedikit tentang apa yang dapat menarik perhatian siswa terhadap guru itu. Tapi ketika guru itu masuk langsung kepada kegiatan inti yaitu langsung pada penyampaian materi, kegiatan awalnya tidak dilakukan. Sehingga siswa pun menjadi bosan dan mungkin tidak suka karena gurunya tidak ada menyapa terlebih dahulu sebelum dimulainya belajar.
    Nah, akan tetapi.. untuk mengatasi kebosanan, ketidaksukaan siswa pada pelajaran matematika itu dan supaya siswa dapat tertarik pada pelajaran matematika, guru menghadirkan narasumber yaitu seorang insinyur. Karena pekerjaan insinyur itu melibatkan atau menerapkan konsep matematika. Dan divideo itu insinyur juga memperlihatkan hasil rancangan gedung nya, yang itu menjadikan siswa tertarik untuk bisa dan mau belajar matematika.

  7. Nama : Ahmad Rofiul Ikhsan
    Nim : 858941514
    Pokjar : giri
    Program : PGSD BI
    Semester : 2
    Asalamualaikum wr.wb menurut pendapat saya setelah melihat vidio di atas siswa tidak menyukai pelajaran matematika di karenakan beberapa penyebab yaitu:
    1.pada awal pembelajaran / proses membuka pelajaran kita sebagai guru harus menarik minat siswa dan mengondisikan kelas
    2.pada waktu pembelajaran kita harus memilih model pembelajran hang sesuai sehingga membuat siswa aktif sehingga siswa tidak berbicara sendiri
    3.memilih alat peraga yang menarik sehingga siswa tidak bosan dengan pelajaran matematika

  8. NAMA : TIKA AYU HARIYATI
    NIM : 858687734
    Menurut saya dalam video tersebut sangat anak sangat tidak suka dengan pelajaran matematika.
    Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan seorang narasumber yang telah sukses karena dengan maksimal menggunakan ilmu matematika yang pernah dipelajarinya, siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika secara sungguh-sungguh.
    Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketergantungan kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu.
    Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk membangkitakan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai belajar matematika.
    Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika berubah drastis sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka.
    Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan alat peraga yang menarik untuk meenyampaikan materi pelajaran matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih bersemangat dalam belajar matematika.
    Demikian yang dapat saya sampaikan.

  9. NAMA : M.ARIF AMSYAR
    NIM : 856022082
    PRODI : S1 PGSD

    1. Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran dalam video.
    Kelebihan :
    – Menghadirkan seseorang sebagai motivator dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar matematika.
    Kekurangan :
    – Tidak ada kegiatan pembuka
    – Tidak ada kegiatan penutup

    2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
    – Guru tidak menggunakan alat peraga.
    – Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
    – Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
    3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari kasus pembelajaran pada video tersebut adalah permasalahan membuat siswa menjadi menyukai dan berminat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD semester 1.
    4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah dengan mengajar matematika sambil bermain ulartangga. Dimana ulartangganya akan saya rancang sendiri sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan sesuai dengan karakteristik siswa.
    5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan menyengangi pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan menarik dan menyenangkan tanpa harus membuat siswa bosan mendengarkan guru mendengarkan.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Kurniawati
    Nim : 856493201
    Prodi. : S1 PGSD
    Upbjj : Pekanbaru
    Dari Vidio yang saya tonton siswa tidak menyukai pelajaran matematika,saya menganalisis
    Bahwa pelajaran matematika sangat tidak diminati orang kebanyakan pelajar
    Analisis saya
    1. Bagaimana reaksi siswa tentang pembelajaran yang dilakukan guru?
    Yaitu pada awal pelajaran guru belum bisa membuat suasana kelas yang kondusif,dan kurang kreatif ,sehingga ketika menyebut kan pelajaran hari ini adalah matematika anak- anak menunjukkan sikap tidak baik yaitu sangat tidak menyukai pelajaran matematika,suasana kelas ribut dan anak tidak fokus belajar.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? Kelemahan nya yaitu,guru belum bisa mengkundusikan kelas dengan baik,appersepsi sebelum memulai pelajaran tidak ada,sehingga plajar tidak ada nya tanya jawab atau pun tugas sebelum memulai pelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan nya yaitu bisa mendatangkan narasumber ,sehingga bisa mengajak pelajar untuk bisa dan mau untuk belajar matematika.
    4. Hal- hal unik apa saja yang ditemukan dalam Vidio tersebut dari guru dalam pelaksanaan pembelajaran? Hal unik nya tidak ada,cuman dengan mendatang kan narasumber anak2 bisa terpancing untuk minat dengan matematika ,dan mau belajar matematika.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru harus kreatif,inovatif dan memiliki media pembelajaran yang nyata dan menarik bagi pelajar,sehingga bisa memunculkan minat pelajar dalam matematika.

Leave a Reply