silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : ETTY SETIAWATI
NIM : 857013427
POKJAR : KOTAAGUNG
SEMESTER : 6
Dari video yg saya amati kekurangan dr video ini adalah guru tidak membuka pelajaran dengan mengucap salam, tidak mengecek kehadiran siswa tetapi langsung masuk ke materi pembelajaran, tidak mengkondisikan kelasnya terlebih dahulu dan d akhir pembelajaran guru tidak menutup pembelajaran.
Kelebihan dari video tersebut guru menghadirkan seorang arsitek yang profesinya membutuhkan pelajaran matematika dan dengan penjelasan dr arsitek tersebut siswa lebih fokus dan bersemangat untuk belajar matematika.
Nama : Fauziah Izzati
NIM : 856022004
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ-UT : Medan
Pokjar : Asahan
Setelah mengamati video di atas, beberapa hal yang saya petik adalah sebagai berikut.
1. Guru tidak dapat memusatkan perhatian siswa. Bisa jadi karena gaya mengajarnya yang monoton sehingga siswa tidak tertarik dengan materi pelajarannya.
2. Mendatangkan seorang narasumber untuk meningkatkan motivasi siswa merupakan terobosan yang bagus. Akan tetapi, seorang narasumber haruslah mampu menyesuaikan diri dengan siapa ia berbicara. Dalam video ini narasumber terlihat kaku dalam berbicara.
3. Untuk dapat menarik perhatian siswa, guru selain harus menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat, tetapi juga bisa menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung dalam menjelaskan materi sehingga siswa bisa lebih mudah dalam mencerna materi.
Nama : KARIN ALIFTA RIYADI
NIM : 858901678
POKJAR : WULUHAN
UPPJB : JEMBER
Berdasarkan dari hasil analisa saya terhadap video pembelajaran tersebut ,bahwasanya tidak mungkin semua siswa tidak memiliki minat dan bakat dalam bidang matematika .hanya saja ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kurang nya minat siswa terhadap pelajaran matematika yaitu :
1. karena guru yang belum menguasai bidang study tersebut
2. tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik
3. metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat
4.pendekatan yang di pakai tidak sesuai
Namun dari kasus dalam video pembelajaran tersebut dapat juga sebagai pembelajaran bahwasanya menarik minat belajar siswa dapat dengan mendatangkan sebuah narasumber yang mana dapat meningkatkan minat, kepercayaan diri dan juga sebagai motivasi bagi siswa untuk maju dan berkembang dan juga memupuk semangat siswa.
Nama : Eka Syafitri
NIM : 856024473
Prodi Studi : S1-PGSD
Kebanyakkan siswa tidak suka matematika karna menurut mereka matematika adalah pelajaran yg sulit, padahal kalau di amati dan diteliti lebih jelas matematika adalah ilmu yg mudah karna memiliki jawaban yg pasti. Pada Vidio tersebut guru mendatangkan seorang motivator yaitu insinyur yg bekerja sebagai arsitek. Dia memberi tahu padaa peserta didik bahwa jika matematika itu ilmu yg akan digunakan dimna mna, apalagi saat ingin melakukan sesuatu atau membuat sesuatu agar hitungannya sesuai
Nama : Eka Syafitri
NIM : 856024473
Prodi Studi : S1-PGSD
Kebanyakkan dari siswa tidak menyukai matematika karna menurut mereka matematika adalah pelajaran yg sulit, padahal kalau di amati dan diteliti lebih jelas matematika adalah ilmu yg mudah karna memiliki jawaban yg pasti. Pada Vidio tersebut guru mendatangkan seorang motivator yaitu insinyur yg bekerja sebagai arsitek. Dia memberi tahu padaa peserta didik bahwa jika matematika itu ilmu yg akan digunakan dimna mna, apalagi saat ingin melakukan sesuatu atau membuat sesuatu agar hitungannya sesuai
Nama : Muhammad Nasyrudin
Nim : 857705134
Semester : 6
*بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم*
*السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*
Dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati ijinkan kami menghaturkan ….
*_Selamat Idul Fitri_*
*1 Syawal 1444 H / 2023 M*
تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ
كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَاءِدِيْنَ وَالفَاءِزِيْنَ
*Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami baik salah kata, salah ucap, salah sikap*
Semoga Allah SWT menerima *Amal Ibadah kita*,
آمين يارب العالمين 🤲🤲
#naser_bsr🙏🙏🙏
Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu:
Biasanya terjadi karena :
1. Gurunya
Biasanya sering ketemunya guru matematika itu monoton (membosankan),dari penyampaian materinya.dan lain”
2. jam pembelajaran
Biasanya jam pelajaran matematika itu terjadi di siang hari,jadi biasanya murid menjadi bosan,udah waktunya siang hari, pembelajaran matematika lagi kan jadi bosan wkwkwk
Melihat vidio diatas siswa kurang berminat dalam pembelajaran matematika yang menjadikan ketika pembelajaran matematika siswa menjadi kurang fokus dan lebih memilih untuk bermain sendiri,didalam vidio tersebut seharusnya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk dapat meningkatkan minat siswanya untuk belajar,juga guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih bersemangat dan mengetahui bahwa matematika itu menyenangkan bukan membosankan,dan matematika sangat dibutuhkan dikehidupan sehari hari.
Nama : Julia Mayang Sari
Nim : 856710814
pokjar : Pali
Program : PGSD
Semester : 8
Pada awal pembelajaran kelas tidak terkondisi dengan baik karena tidak terpusat perhatiannya kepada guru. Hal ini karena sebagian besar siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Langkah awal yang harus dilakukan dalam tiap pembelajaran adalah memusatkan perhatian kepada guru agar pelajaran dapat diterima dengan baik oleh tiap siswa, dengan selalu memperhatikan minat siswa agar ada interaksi saat pembelajaran dan kelas menjadi hidup tapi tetap terpusat dalam 1 pembelajaran dan kebutuhan siswa.
Masalah yang membuat siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat diatasi dengan menghadirkan contoh real yang menyadarkan siswa akan pentingnya pelajaran matematika untuk kecakapan hidup siswa kedepannya. Sikap guru memunculkan narasumber memotivasi anak untuk berusaha untuk menguasai pelajaran matematika sudah baik, sebisa mungkin motivasi ini dijadikan acuan agar guru juga memperbaiki cara mengajar serta sarana pembelajaran, sehingga matematika tak lagi menjadi momok mengerikan dan membosankan melainka kebutuhan yang harus dikuasai dengan baik bagi kehidupan siswa.
NAMA : MILAWARDANI
NIM : 859890395
POKJAR : LABUHANBATU RANTAU PRAPAT
S1 MASUKAN SARJANA
JUDUL VIDEO
SISWA TIDAK MENYUKAI PELAJARAN MATEMATIKA.
1. Identifikasi masalah yang ada divideo tersebut : Guru terlihat monoton dan membosankan dalam menyampaikan pelajaran sehingga membuat siswa acuh atas pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru. Dan tidak adanya alat peraga yang digunakan guru sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang begitu gitu saja dan tidak ada hal yang menyenangkan didalamnya.
2. Solusi atas masalah tersebut adalah menurut saya guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk menyampaikan pelajaran matematika sehingga membuat siswa gemar mempelajari matematika. Guru juga harus mencari strategi pelajaran yang dapat dipadukan dengan pelajaran matematika sehingga peljaran jadi menyenangkan.
3. Kekurangan didalam video tersebut adalah : Guru saat memulai pelajaran tidak menerapkan tehnik membuka pelajaran dengan baik misalnya tidak melakukan ice breaking sehingga siswa menjadi malas diawal. Kemudian tidak ada teknik menutup pelajaran dengan baik.
4. Kelebihan didalam video tersebut adalah : mendatangkan narasumber yang tepat sehingga siswa mulai bisa menerima pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang penting dan harus di pelajari.
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN PADA GPO (GURU PINTAR ONLINE)
Nama : Seva Rahyayati Z.
NIM : 858743642
Prodi : S1 – PGSD
Permasalahan : Siswa tidak menyukai pelajaran matematika
Tujuan : Agar siswa dapat menyukai pelajaran matematika
Setelah melakukan pengamatan terhadap video diatas, analisis yang dapat saya simpulkan adalah sebagai berikut :
• Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
Terlihat adanya reaksi penolakan atau rasa tidak suka terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang dapat kita dengar dari sorakan-sorakan siswa pada saat guru memberitahu mata pelajaran yang akan dipelajari pada hari ini adalah matematika. Dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang tampak tidak menyukai pelajaran matematika. Siswa terlihat tidak antusisas dan ramai sendiri. Hal ini terjadi karena sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran matematika itu susah dan dianggap tidak penting.
• Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut hasil analisis saya kelemahan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu untuk menarik perhatian para siswa.
• Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Menurut hasil analisis saya kelebihan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yaitu guru mendatangkan narasumber ahli di bidangnya, dimana pekerjaannya membutuhkan keahlian salah satunya dalam bidang matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Kelebihan berikutnya yaitu sikap sabar guru dalam menghadapi situasi di dalam kelas yang tidak kondusif.
• Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
Menurut saya solusi yang dapat diberikan agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
1) Guru harus dapat menggunakan lebih banyak lagi media-media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam mempelajari matematika.
2) Guru melakukan ice breaking agar siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung.
3) Guru juga dapat melakukan sesi tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi yang baru saja disampaikan.
4) Serta guru harus lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan serta menjelaskan materi pembelajaran.
• Cara mengatasi siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika
a. Perhatikan masalah yang dihadapi siswa
– Ketahui alasan siswa tidak menyukai matematika
– Ubah perspektif siswa tentang pelajaran matematika
b. Segera cari strategi pembelajaran yang menarik
– Mengajar matematika dengan cara yang berbeda
– Menggunakan media belajar yang menarik
– Menggunakan metode yang mudah dan menyenangkan
c. Mendatangkan narasumber agar dapat memotivasi belajar siswa
– Kaitkan dengan kehidupan nyata
Nama : Cintai Khurniawati Br Silitonga
Nim : 856024387
Prodi : S1-PGSD
Hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yaitu :
Menurut pendapat saya, Sebaiknya guru tersebut memulai pembelajaran dengan salam, kemudian diawali dengan doa, apersepsi supaya anak-anak siap untuk menerima materi yang akan disampaikan. Selain itu supaya nantinya pembelajaran yang berlangsung tidak jenuh dan tidak membosankan sebaiknya guru menggunakan metode atau strategi yang bervariasi.
Menurut hasil analisis saya kelebihan yang dimiliki guru dalam melakukan pembelajaran dalam video di atas yakni
Guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat.