silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Mega Novita Sari
NIM : 857694934
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Semarang
Pembelajaran matematika yang menarik merupakan tantangan bagi para guru. Mengingat banyak siswa yang tidak suka hitungan, tantangan menemukan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan harus menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. Sejatinya pelajaran Matematika memiliki banyak manfaat dan dapat diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari -hari. Berdasarkan video yang saya amati :
A. Guru sedang mengawali pembelajaran dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari. Dalam tahap ini ini para siswa dalam kondisi ramai dan kurang memperhatikan guru, sehingga semestinya :
1) Pada awal pelajaran guru mengkondisikan siswa supaya bisa tenang, duduk rapi, konsentrasi dan siap melakukan pelajaran
2) Saat kondisi kelas sudah tenang maka guru mulai menyampaikan materi apa yang akan dipelajari sehingga siswa mau memperhatikan keterangan guru
B. Para siswa tampak kurang perhatian dengan pelajaran matematika. sehingga guru perlu untuk melakukan pendekatan pembelajaran:
1) guru telah melakukan pendekatan pembelajaran matematika dengan mengundang nara sumber dari pihak luar sekolah / wali murid. hal ini merupakan cara yang baik untuk membuat siswa tertarik dengan pelajaran karena ada orang baru yang menjelaskan matematika kepada mereka. dan dalam video para siswa mau memperhatikan bahkan bertanya tentang pelajaran. namun pendekatan ini jika sekali atau dua kali tidak mengapa. namun jika sering maka itu bisa merepotkan guru itu sendiri untuk mencari orang yang bersedia menjadi nara sumber.
2) untuk menarik perhatian siswa pada pelajaran matematika dan meningkatkan prestasi mereka maka juga bisa digunakan pendekatan yang lain, misalnya pendekatan dengan menggunakan alat peraga matematika yang menarik, video matematika yang menarik, gambar-gambar yang menarik, maupun pendekatan lain yang berupa metode belajar seperti metode tematik dalam pembelajaran.
Nama : Dina Asriyani Pohan
Nim : 859884148
Pokjar : Padangsidimpuan
Upbjj : Medan
Prody: PGSD
Semester: 2
Assalamualaikum, dari video tersebut saya melihat seorang gurunya kurang menggunakan media, terlalu monoton dalam pembelajaran, sehingga membuat anak tidak menyukai matematika dan anak2 jadi ribut saat proses pembelajaran, anak2 kurang konsentrasi dalam pembelajaran, tetapi setelah datangnya tamu yg di undang oleh gurunya seorang insinyur, bapak ini membawa media untuk dapat menarik perhatian siswa, dan akhirnya siswa bisa tertarik dan dapat fokus pada pembelajaran tersebut. Karena pada hakikatnya seorang anak SD itu akan lebih menyukai pembelajaran dengan adanya media pembelajaran. Terimakasih..
NAMA : NINGSIH ASTUTI
NIM : 856814326
UPPJB : BENGKULU
POKJAR : KOTA ARGA MAKMUR
Menurut analisis saya video pembelajarannya adalah:
Kekurangan :
1.guru tidak mempersiapkan awal pembelajaran dengan baik berada dalam kelas atau saat akan memulai pembelajaran.
2.guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.guru menyajikan materi pembelajaran terlalu cepat sehingga siswa sulit menelaah dan mengerti isi pembelajaran.
4.guru menggunakan media pembelajaran asinh bagi anak yang menyebabkan peserta didik bingung dalam proses pembelajaran.
5.guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang berani menyampaikan pendapatnya.
Kelebihan :
1.adanya penggunaan media pembelajaran walaupun masih kurang efektif
2.mengajak siswa tanya jawab dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi dan menyampaikan pendapatnya masing-masing.
Solusi dan upaya :
1.sebaiknya guru mempersiapkan awal pembelajaran terlebih dahulu dengan membukukan pembelajaran dengan memberikan salam, berdoa dan bertanya terletak dahulu pelajaran sebelumnya.
2.sebaiknya menyampingkan tujuan pembelajaran sebelum memulai pembelajaran.
3.sebaiknya guru menyajikan materi dengan jelas dan lambat sehingga siswa mudah mengerti isi materi pembelajaran.
4.sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran.
5.sebaiknya guru menggunakan metode diskusi dan kelompok.
Nama : Agustina Rahmawati
Nim : 856734419
Pokjar : Baturaja
Kelemahan pembelajaran dalam vidio:
1.Kegiatan pembelajarannya dilakukan disiang hari.
2. Suara guru kurang keras dan guru hanya berdiri ditempat.
3. Guru tidak terlihat memberikan penguatan kepada siswa.
4. Alat peraga yang digunakan kurang menarik.
Kelebihan Pembelajaran dalam vidio:
1.Memperkenalkan matematika kepada siswa dengan mencontohkan berbagai profesi kepada siswa dikelas untuk menarik minat belajar siswa.
2. Penggunaan strategi dan metode sudah cukup baik .
3.Pemberian motivasi didalam pembelajaran sudah baik.
4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
NAMA : VIVI OKTAVIA
NIM : 856982546
PRODI : S-1 PGSD
POKJAR : banjar agung
UPJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Juduo vidio :
Pada video diatas terlihat ketidak antusiasan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika, bahkan siswa mnunjukannya secara terang terangan dengan cara bersorak, menurut saya hal ini dapat terjadi karena beberapa hal di antaranya :
1. suasana belajar yang kurang menarik dan tidak menyenangkan
2. metode pembelajaran yang monoton
3. guru kurang bersemangat dalam mengajar
4. kurangnya pengetahuan guru terhadap minat peserta didik.
dari vidio di atas guru yang tidak kreatif dan inovatif dalam mencari alat dan media dalam mengajarkan matimatika. Seharusnya guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari media dan hal-hal pembelajaran matimatika sehingga membuat anak lebih tertarik dalam pelajaran matimatika seperti mengajak anak murid belajar berhitung menggunakan media gambar, mengghitung melalui gambar dan mengurangkan melalui gambar apel, kalau guru sudah menggunakan alat dan media yang tepat untuk dalam pelajaran matimatika pasti menarik, dan minat anak mau belajar akan lebih tinggi lagi kerna apa? kerna mereka tertarik dan penasaran.
Nama : Millenia Kusuma Dewi
NIM : 857695019
Jurusan : PGSD
Pokjar : Boja
UPJJ : Semarang
1. Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran dalam video.
Kelebihan :
– Menghadirkan seseorang sebagai motivator dengan bidang profesi yang berhubungan dengan materi pelajaran untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar matematika.
Kekurangan :
– Tidak ada kegiatan pembuka
– Tidak ada kegiatan penutup
2. Faktor yang menyebabkan permasalahan pembelajaran pada video :
– Guru tidak menggunakan alat peraga.
– Pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan.
– Tidak adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika menjadi menarik sehingga siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
3. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dari kasus pembelajaran pada video tersebut adalah permasalahan membuat siswa menjadi menyukai dan berminat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD semester 1.
4. Alternatif pemecahan masalah yang akan saya lakukan adalah dengan mengajar matematika sambil bermain ulartangga. Dimana ulartangganya akan saya rancang sendiri sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan sesuai dengan karakteristik siswa.
5. Manfaat perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan adalah siswa akan menyengangi pelajaran matematika karena pembelajaran matematika dilakukan dengan menarik dan menyenangkan tanpa harus membuat siswa bosan mendengarkan guru mendengarkan.
,saya berpendapat bahwa:
Siswa tampak tidak suka dengan materi matematika,karena mereka bepikir bahwa
pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang sangat membosankan,sulit,susah dan
pusing.sehiangga menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus didalam kelaa
*Kelemahan
a. seorang guru memberikan pembeljaran yang sangat monoton yang gitu-gitu saja
tidak menarik,sehingga suasana kelas tidak kondusif.
b. Seorang guru belum melakukan kegiatan awal pada proses pemblejaran didalam
kelas sehingga siswa tidak semngat.
c. Seorang guru belum mempersiapkan alat bantu berupa media
*Kelebihan
beliau menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari
matematika dengan menghadirkan seorang narasumber yang memotivasi
siswa.Sehingga siswa mulai semangat dan siap belajar matematika.
saya berpendapat bahwa: Siswa tampak tidak suka dengan materi matematika,karena mereka bepikir bahwa pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang sangat membosankan,sulit,susah dan pusing.sehiangga menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus didalam kelaa *Kelemahan a. seorang guru memberikan pembeljaran yang sangat monoton yang gitu-gitu saja tidak menarik,sehingga suasana kelas tidak kondusif. b. Seorang guru belum melakukan kegiatan awal pada proses pemblejaran didalam kelas sehingga siswa tidak semngat. c. Seorang guru belum mempersiapkan alat bantu berupa media *Kelebihan beliau menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari matematika dengan menghadirkan seorang narasumber yang memotivasi siswa.Sehingga siswa mulai semangat dan siap belajar matematika.
NAMA : RESA AGWIN T
NIM : 857918582
POKJAR : PARAKAN
saya berpendapat bahwa: Siswa tampak tidak suka dengan materi matematika,karena mereka bepikir bahwa pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang sangat membosankan,sulit,susah dan pusing.sehiangga menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus didalam kelaa *Kelemahan a. seorang guru memberikan pembeljaran yang sangat monoton yang gitu-gitu saja tidak menarik,sehingga suasana kelas tidak kondusif. b. Seorang guru belum melakukan kegiatan awal pada proses pemblejaran didalam kelas sehingga siswa tidak semngat. c. Seorang guru belum mempersiapkan alat bantu berupa media *Kelebihan beliau menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari matematika dengan menghadirkan seorang narasumber yang memotivasi siswa.Sehingga siswa mulai semangat dan siap belajar matematika.
nama : ilham juian putra
nim : 856808931
POKJAR : kota bengkulu
pada vidio di atas tanpa di awali dengan pendahuluan seperti apresepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran ,sehingga siswa akan terkejut atau terkesan takkut dan akhirnya mereka malas belajar matematika .dari video ini juga kita belajar betapa besarnya perananan seorang guru dalam membangkitkan semangat siswa dalam belajar matematika .
seperti pada video di atas bahwa kita dapat meakukan berbagai cara agar anak dapat tertarik dengan pembelajaran matematika dengan cara mengundang narasumber dari provesi insinyur yang mana hal ini akan mengubah pola fikir anak bahwasanya matematika itu sulit dan tidak berguna ,selain dari pada itu anak akan dapat menangkap bahwa matematika itu ternyata keren dan dekat dengan kehidupan sehari-hari meraka bahkan matematika adalah salah satu syarat dari cita-cita yang ingin meraka gapai kedepannya sehingga siswa akan menumbuhkan motivasi di dalam diri mereka.