silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Liya Chaidir
NIM : 859880441
Pokjar : MEDAN
P.Studi : PGSD BI
Kelas : 2C
Menurut saya mengapa siswa tidak menyukai pelajaran Matematika karena biasanya pada guru menmberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi jenuh.
Dari video di atas dapat terlihat bahwasanya keadaan di dalam kelas sangat tidak kondusif, guru kurang kreatif dan berinovatif, dan tidak di dukung dengan media pembelajaran sehingga anak tidak tertarik dengan pelajaran matematika. Jadi seharusnya yang guru lakukan adalah guru harus memberikan metori yang beragam dan menarik, guru juga harus menjadi kreatif dan menyenangakan agar bisa membuat siswa menjadi nyaman dan suka dengan pelajaran Matematik.
Nama : Kholib Firmansyah
Nim : 856982704
Pokjar : Bumi Ratu Nuban
Upbjj : Bandar Lampung
Prody: PGSD
Semester: 6
Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh, menurut saya dari video tersebut saya melihat seorang guru kurangnya menggunakan media, terlalu monoton dalam pembelajaran, sehingga membuat anak tidak menyukai matematika dan anak2 tidak tertarik saat proses pembelajaran, anak2 kurang konsentrasi dalam pembelajaran, tetapi setelah datangnya tamu yg di undang oleh gurunya seorang insinyur, bapak ini membawa media untuk dapat menarik perhatian siswa, dan akhirnya siswa bisa tertarik dan dapat fokus pada pembelajaran tersebut. Karena pada hakikatnya seorang anak SD itu akan lebih menyukai pembelajaran dengan adanya media pembelajaran. Terimakasih..
Wasalam mualaikum warohmatulohi wabarakatuh
Nama : RITA NUR’AIN HARAHAP
Nim : 859890578
Pokjar : Pargarutan
pada vidio di atas ada kelemahan dalam vidio tersebut yaitu tanpa di awali dengan pendahuluan seperti apresepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan kelas menjadi gaduh dan siswa tidak fokus terhadap pelajaran Matematika
dan kelebihannya yang ada di video tersebut ialah guru terlihat sangat berinisiatif untuk mendatangkan narasumber seorang arsitek yangmana itu akan membuat siswa akan lebih menyukai pelajaran matematika.
Nama : ani riska putri
Nim : 856813743
Pokjar : rejang lebong
Upbjj : bengkulu
Semester : 6
Prodi : PGSD
Jadi setelah saya lihat guru nya kurang ada media dalam pembelajaran dan tidak kreatif dalam menyampaikan kepada siswa tentang pembelajaran matematika tersebut, karena pembelajaran matematika ini yang sangat membosankan apalagi bagi anak SD karna itu berhitung jadi membuat anak kurang bersemangat dan tidak mau belajar seharusnya nya guru mampu menarik perhatian lebih dalam menyampaikan materi pembelajaran ini agar siswa memperhatikan dan fokus siswa juga menyukai pembelajaran matematika ini.
Nama : Adila Utami Wahyu Syahputri
NIM : 856020483
Kelas : 6A-AKPMM
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Tutor : Siti khayroiyah, S.Pd, M.Pd
Merefleksi Video
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
Jawab
Seri Pembelajaran : Matematika di SD
Judul : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Link :
https://drive.google.com/file/d/1lHnR8Oy4vb0XYZ7bxYY4TxaMkd5RUo3_/view?pli=1
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru menurut analisis dari saya berdasarkan video diatas yaitu adanya reaksi penolakan atau kurang berminat terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, hal ini dapat kita lihat dari potongan video pada saat siswa bersorak-sorak pada saat guru memberitahu mata pelajaran Matematika yang akan dipelajari pada saat itu. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa siswa tidak suka berhitung, Matematika dianggap sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan.
2. Menurut pengamatan saya berdasarkan video diatas kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakan kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu untuk menarik perhatian para siswa.
3. Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dari tayangan tersebut adalah guru dapat mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Serta sikap sabar guru dalam menghadapi situasi di dalam kelas yang tidak kondusif.
Hal ini menjadi gambaran bagi siswa untuk melakukan hal menakjubkan/ hal keren yang dapat mendesain bangunan secara kokoh. Dan untuk menjadi seorang insinyur maka harus menyukai dan menguasai pelajaran Matematika.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, narasumber dapat mengejar cita-citanya menjadi seorang insinyur karena ia menyukai dan terus belajar matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, hal ini bisa menggugah dan mengubah pola pikir siswa mengenai pembelajaran Matematika yang sulit dan membosankan. Karena di balik gedung-gedung kokoh nanindah ada insinyur hebat dan matang dalam memperkirakan setiap detail bangunan.
5. Dari tayangan video di atas upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan cara guru harus dapat menggunakan lebih banyak lagi media-media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam mempelajari matematika. Selanjutnya guru juga harus melakukan ice breaking agar siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung. Dan guru juga dapat melakukan sesi tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi apa yang baru saja disampaikan. Serta guru harus lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan serta menjelaskan materi pembelajaran yang di sampaikan.
Assalamualaikum
Nama : Adila Utami Wahyu Syahputri
NIM : 856020483
Kelas : 6A-AKPMM
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Tutor : Siti khayroiyah, S.Pd, M.Pd
Merefleksi Video
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
Jawab
Seri Pembelajaran : Matematika di SD
Judul : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Link :
https://drive.google.com/file/d/1lHnR8Oy4vb0XYZ7bxYY4TxaMkd5RUo3_/view?pli=1
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru menurut analisis dari saya berdasarkan video diatas yaitu adanya reaksi penolakan atau kurang berminat terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, hal ini dapat kita lihat dari potongan video pada saat siswa bersorak-sorak pada saat guru memberitahu mata pelajaran Matematika yang akan dipelajari pada saat itu. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa siswa tidak suka berhitung, Matematika dianggap sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan.
2. Menurut pengamatan saya berdasarkan video diatas kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakan kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu untuk menarik perhatian para siswa.
3. Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dari tayangan tersebut adalah guru dapat mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Serta sikap sabar guru dalam menghadapi situasi di dalam kelas yang tidak kondusif.
Hal ini menjadi gambaran bagi siswa untuk melakukan hal menakjubkan/ hal keren yang dapat mendesain bangunan secara kokoh. Dan untuk menjadi seorang insinyur maka harus menyukai dan menguasai pelajaran Matematika.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, narasumber dapat mengejar cita-citanya menjadi seorang insinyur karena ia menyukai dan terus belajar matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, hal ini bisa menggugah dan mengubah pola pikir siswa mengenai pembelajaran Matematika yang sulit dan membosankan. Karena di balik gedung-gedung kokoh nanindah ada insinyur hebat dan matang dalam memperkirakan setiap detail bangunan.
5. Dari tayangan video di atas upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan cara guru harus dapat menggunakan lebih banyak lagi media-media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam mempelajari matematika. Selanjutnya guru juga harus melakukan ice breaking agar siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung. Dan guru juga dapat melakukan sesi tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi apa yang baru saja disampaikan. Serta guru harus lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan serta menjelaskan materi pembelajaran yang di sampaikan.
Nama : Adila Utami Wahyu Syahputri
NIM : 856020483
Kelas : 6A-AKPMM
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Tutor : Siti khayroiyah, S.Pd, M.Pd
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru menurut analisis dari saya berdasarkan video diatas yaitu adanya reaksi penolakan atau kurang berminat terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, hal ini dapat kita lihat dari potongan video pada saat siswa bersorak-sorak pada saat guru memberitahu mata pelajaran Matematika yang akan dipelajari pada saat itu. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa siswa tidak suka berhitung, Matematika dianggap sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan.
2. Menurut pengamatan saya berdasarkan video diatas kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti memberi salam, menyapa dan menanyakan kabar siswa atau tanya jawab agar ada suatu komunikasi yang baik antara guru dan siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu untuk menarik perhatian para siswa.
3. Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran dari tayangan tersebut adalah guru dapat mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Serta sikap sabar guru dalam menghadapi situasi di dalam kelas yang tidak kondusif.
Hal ini menjadi gambaran bagi siswa untuk melakukan hal menakjubkan/ hal keren yang dapat mendesain bangunan secara kokoh. Dan untuk menjadi seorang insinyur maka harus menyukai dan menguasai pelajaran Matematika.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru mendatangkan narasumber yang berhasil dalam bidang pelajaran matematika, narasumber dapat mengejar cita-citanya menjadi seorang insinyur karena ia menyukai dan terus belajar matematika, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, hal ini bisa menggugah dan mengubah pola pikir siswa mengenai pembelajaran Matematika yang sulit dan membosankan. Karena di balik gedung-gedung kokoh nanindah ada insinyur hebat dan matang dalam memperkirakan setiap detail bangunan.
5. Dari tayangan video di atas upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan cara guru harus dapat menggunakan lebih banyak lagi media-media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam mempelajari matematika. Selanjutnya guru juga harus melakukan ice breaking agar siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung. Dan guru juga dapat melakukan sesi tanya jawab, sehingga guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi apa yang baru saja disampaikan. Serta guru harus lebih bersemangat lagi dalam menyampaikan serta menjelaskan materi pembelajaran yang di sampaikan.
Nama:khoirotun nisa
Nim:856032574
Kelas:6b
Mata kuliah:pemantapan kemampuan mengajar.
Menurut saya tentang vidio pembelajaran matematika diatas,pertama siswa sangat tidak menyukai tentang pelajaran tersebut,mereka sangat malas ketika mendengar mata pelajaran tersebut tetapi gurunya pun berinisiatif mengundang seseorang yang berhasil atas kerjanya selama ini,lalu seseorang tersebut pun menceritakan apa yang dia gapai selama ini buah dari kerja atau belajar dia selama ini,karena dia menyukai peljaran matematika,dari itu pun siswa tersebut semangat mendengar kejelasan bapak yang berhasil tersebut.oleh karena itu kita sebagai guru harus pintar dalam menghadapi siswa yang seperti itu.
Nama : Agung Erlangga
Nim : 858685382
Prodi : PGSD
Menurut pengamat saya tentang vidoe diatas tadi bapak guru sudah benar dapat mengundang seorang insinyur arsitek pembangunan untuk memotivasi anak terhadap ketidak sukaan terhadap pelajaran matematika karena didalam belajar arsitek perlu pengetahuan matematika yang baik.jadi guru bisa mengunakan segala cara untuk menumbuhkan motivasi terhadap anak agar siswa dapat senang belajar matematika.
Nama : DEWI ANANDA FITRIATUS SAMSIYA
NIM : 858908165
PRODI : PGSD-S1
SEMESTER : 6 (ENAM)
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : UT JEMBER
Setelah saya melihat tayangan video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” berikut tanggapan saya :
Saat melihat pada bagian awal pembukaan pembelajaran terlihat bahwa pembelajaran matematika di kelas tersebut terasa tidak menyenangkan dikarenakan tidak dimulai dengan pembukaan yang baik dan mencuri perhatian mereka. Posisi guru yang langsung meminta murid untuk mengeluarkan alat tulis mereka, justru membuat siswa gaduh dan kurang merasa tertarik. Tanpa stimulus yang tepat siswa akan merasa bosan dan memiliki memori bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Kondisi berbeda terjadi ketika guru bisa memberikan narasumber yang memiliki kemampuan praktis yang dapat menunjukkan manfaat dari matematika dimana hal ini juga dapat memberikan motivasi kepada mereka.
Jadi pada kasus ini dalam menunjukkan narasumber yang berprofesi sebagai Arsitek berhasil mematahkan stigma negatif dari pembelajaran matematika. Penjelasan beliau mengenai manfaat matematika dalam praktik perhitungan ditambah dengan contoh rancangan desain terbukti mempermudah siswa memahami materi dan membangun sekaligus mendorong semangat mereka. Hal ini terlihat dari respon mereka yang terlihat bersemangat dan juga meyakini bahwa matematika bisa menjadi bekal yang efektif bagi kemampuan mereka di masa depan. Berdasarkan hal tersebut, saya menyimpulkan pembelajaran akan selalu menyenangkan selama guru bisa memahami keinginan siswa dan berani memberikan metode baru yang lebih segar dan akomodatif.
Seharusnya guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari media dan hal-hal pembelajaran matematika sehingga membuat anak lebih tertarik dalam pelajaran matematika seperti mengajak peserta didik belajar berhitung menggunakan media gambar, mengghitung melalui gambar, kalau guru sudah menggunakan alat dan media yang tepat dalam pelajaran matematika pasti menarik, dan minat anak mau belajar akan lebih tinggi lagi karena mereka tertarik dan penasaran. Peserta tidak mau belajar matematika karena bagi mereka matematika itu sulit dan rumit, nah kita sebagai guru cara mengajarkannya cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara mengudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika. karena guru sangat berperan penting dalam pembelajaran di kelas jadi kita sebagai guru jangan malas terhadap tugas untuk mengajarkan kepada siswa . Dan media yang pas akan memudah kan kita mengajarkan matematika kepada anak lebih menyenangkan ,kita juga bisa belajar matematika menggunakan lingkungan di sekitar kita kalau media sulit di dapat, banyak media yang bisa membantu kita dalam mengajarkan matematika kalau kita sebagai guru memnag betul- betul mau membuat muridnya lebih bersemangat belajar.
Kesimpulannya ada beberapa masalah belajar yang di alami siswa, sebagai berikut :
1. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit.
2. Siswa kurang tertarik mempelajari matematika karena guru tidak menggunakan alat peraga/media yang bisa menarik perhatian siswa untuk mempelajari matematika.
3. Siswa mempelajari matematika dengan hal-hal yang tidak konktit, guru hanya menjelaskan dan guru yang lebih aktif sedangkan siswa pasif.
4. Siswa tidak semangat mempelajari matematika karena dari awal pembelajaran guru tidak memberikan motivasi, serta mengecek kesiapan siswa yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa.
5. Siswa tidak fokus mendengarkan guru menjelaskan materi karena guru tidak melibatkan ke aktifan siswa ketika proses pembelajaran.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa belajar matematika, sebagai berikut :
1. Guru bersemangat ketika mengajar matematika sehingga siswa juga jadi bersemangat.
2. Perhatikan celah materi yang tidak dipahami siswa.
3. Temukan pola atau cara khusus.
4. Memberi tantangan kepada siswa.
5. Memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, belajaran dengan hal-hal yang konkrit.
6. Menggabungkan teknologi dalam kegiatan belajar/ menggunakan media.
7 Guru melaksanakan seluruh kegiatan awal pembelajaran.
8. Guru melaksanakan kegiatan inti yang dapat mengaktifkan siswa atau pembelajaran yang berfokus pada siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif.
9. Guru menggunakan media pembelajaran yang unik dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa, seperti video pembelajaran.