silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Pance Dede Putra
Nim : 856445572
Prodi : PGSD
Setelah memperhatikan video di atas, terlihat guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran untuk mencari perhatian siswa agar menyukai pembelajaran matematika, guru hanya menggunakan metode ceramah catatan di papan tulis sehingga murid bosan dan tidak terkontrol. setelah didatangkan narasumber, siswa mulai tenang dan perhatiannya mulai fokus. terlihat siswa mulai menyukai pelajaran matematika setelah melihat bukti langsung yang dihasilan oleh dari narasumber manfaat matematika. ini menandai bahwa pembelajaran matematika memerlukan berbagai metode. selain narasumber masih banyak metode lain yang bisa digunakan.
Nama : Paiqoh
NIM : 857104992
Pokjar : Taruma jaya
Upbjj : Jakarta
Setelah saya melihat video tersebut, saya dapat menyimpulkan bagaimana cara solusi agar membuat siswa menyukai pelajaran matematika, yaitu dengan cara Perhatikan masalah yang dihadapi siswa, mengapa anak-anak tidak menyukai, membuat sharing antara siswa dan guru kedua
Segera cari strategi pembelajaran yang menarik, seperti bermain sambil belajar, belajar kelompok, diskusi, tanya jawab dan menggunakan media belajar yang menyenangkan seperti gambar, atau belajar di luar ruangan. Ketiga
Mendatangkan narasumber yang dapat memotivasi belajar siswa, seperti pada video tersebut, seorang arsitek yang dapat memotivasi siswa agar mereka juga dapat menyukai matematika, karena dengan belajar matematika seorang dapat menjadikan seseorang bisa menjadi orang sukses di kedepannya
Nama : Siti Nur Laila
NIM : 858742862
Prodi : PGSD
Setelah melihat vidio diatas,
Saya mengamati atas permasalahan yang dihadapi siswa yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika.
Agar siswa suka dengan pelajaran matematika, guru mencari strategi pembelajaran yang menarik yaitu berinisiatif mendatangkan narasumber supaya dapat memotivasi belajar siswa.
Yaitu seorang insinyur yang menceritakan betapa pentingnya pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya motivasi tadi diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika.
Nama : Audinarta Trisna Sihaloho
NIM : 859877561
Setelah saya menonton video diatas, saya dapat memahami bahwa ketika ingin mengajar anak matematika, si guru haruslah membuat terlebih dahulu kata-kata motivasi atau yel-yel serta memberitahu tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari itu, dan juga harus menyediakan media atau alat peraga agar siswa tidak bosan atau monoton dalam mempelajari matematika. Salah satu contoh lain adalah sepeerti dalam video tersebut guru mendatangkan seorang Insinyur atau boleh profesi lain untuk memberikan motivasi yang berkenaan dengan pembelajaran matematika bagi siswa. Si Insinyur membawa hasil rancangannya yang sudah berhasil ia buat dengan memasukkan materi matematika kalau untuk membuat rancangan tersebut memerlukan ukuran yang tepat kalau tidak nanti miring. Kalimat itu serta alat peraga (gambar rancangan) yang dibawa oleh si Insinyur tersebut tentu dapat membangkitkan semangat anak-anak dalam belajar matematika, dan tidakk membuat mereka lagi mengeluh atau menghela nafas ketika mendengar pelajaran matematika terlebih ketika mau dipelajari .
Dari video diatas, bisa menjadi cerminan bagi saya seorang guru untuk memperbaiki apa yang kurang pada diri saya dalam pembelajaran dan mencari apa masalah/ketidaktertarikan anak-anak dalam pelajran Matematika.
NAMA : Fina Amalia Sholikhah
Nim : 858909894
Pokjar :Purwoharjo
Prodi :S1-PGSD
Judul : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Pada vidio tersebut pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak melaksanakan apersepsi,mengecek kehadiran siswa.Siswa kurang minat dan tidak suka dengan pelajaran matematika.Hal tersebut menjadi siswa gaduh serta tidak fokus didalam kelas karena faktor tidak suka pelajaran matematika.Pada vidio tersebut guru belum menguasai materi.Guru tidak menggunakan mediapembelajaran menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika.Guru mulai menemukan cara dengan mendatangkan nara sumber yang memotivasi siswa agar lebih semnagat dan memahami bahwa matematika sangat bermanfaat
Kelebihan vidio tersebut : Guru dapat memberikan strategi pembelajaran dengan cara mendatangkan nara sumber untuk memberikan pengetahuan atau wawasan serta memotivasi siswa untuk semangat belajar terhadap pelajaran matematika.
Kekurangan vidio : Kegiatan awal pembelajaran tidak adanya absen,membaca doa,apersepsi.Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan untuk belajar matematika
Rencana pembelajaran untuk berikutnya yaitu sebaiknya guru harus melakukan pembukaan yang berisi salam,apersepsi dan memberi motivasi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.Guru juga harus menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih suka pelajran matematika.
Nama : Eva Nur Fazriah
Nim : 857161985
Prodi : PGSD
pada video tersebut, menurut saya yang saya alami ketika masa sekolah tingkat dasar, belajar Matematika itu tergantung siapa gurunya, jika guru itu asyik matematika itu menyenangkan tapi kebalikan nya bisa terlihat didalam video tersebut ada anak – anak yang cuek ketika guru sudah mulai dan ada juga yang bengong dari semua itu yang terjadi karena pembawaan / penyampaian guru tersebut dalam memberikan pembelajaran terutama matematika. namun bagusnya guru tersebut mengundang insinyur kedalam kelas dengan tujuan memberikan apresiasi dalam belajar matematika yang menyenangkan
Nama : ANITA PUTRI
NIM : 856021675
PRODI : PGSD
Judul video : Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika.
Pada video tersebut dapat saya analisis bahwa solusi pada video tersebut sudah pas cuman alangkah baiknya lagi bahwa dalam pembelajaran tersebut harus menggunakan media yang lebih menarik lagi perhatian siswa agar siswa lebih tertarik dan senang mengikuti pelajaran Matematika tersebut.Dengan begitu siswa akan lebih menyukai pelajaran Matematika tersebut .karena pelajaran yang mereka dapat itu menyenangkan mereka tanpa membuat mereka bosan dalam mengikuti pelajaran Matematika tersebut.
Nama : ANITA PUTRI
NIM : 856021675
PRODI : PGSD
Judul video : Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika.
Dalam video tersebut dapat dianalisis bahwa dalam video tersebut sudah bagus solusi yang diberikan ketika siswa tidak menyukai pelajaran Matematika akan tetapi lebih bagus lagi jika menggunakan media yang menarik . Agar dapat menarik lagi perhatian siswa dan agar belajar matematika tersebut tidak membosankan dan membuat siswa jadi menyukai pelajaran Matematika tersebut.
Nama : Ruri Widyastutiek
NIM : 857156826
Prodi : PGSD BI (Masukkan Sarjana) – Pokjar Jelita Rawamangun
Judul Video : Siswa Kurang Menyukai Pelajaran Matematika
Pak guru memahami bahwa anak-anaknya kurang menyukai pembelajaran matematika sehingga pembelajaran di awal banyak yang sibuk dan asik dengan kegiatannya masing-masing. Kemudian guru mendatangkan narasumber yang berpotensial, wali murid yang berprofesi sebagai insinyur.
Wali murid tersebut :
1. Menceritakan pengalaman tentang profesinya seperti membangun gedung-gedung, rumah dan jembatan sehingga membuat siswa lebih terfokuskan dan membayangkan akan materi bangun ruang.
2. Memberikan motivasi yang baik kepada siswa dengan cara menceritakan manfaat menyukai pelajaran matematika.
Nama : Cindy Febrianti
Nim : 856948504
Judul Video ” Siswa Tidak Menyukai Pembelajaran Matematika”
1.Reaksi siwa terhadap pembelajaran matematika adalah penolakan hal ini di tandai dengan sorokan dari siswa
2. Kelemahan guru
a.kurangnya kreatifitas dari guru dalam pembelajaran matematika
b.di perlukan orang dalam membantu pembelajaran
c.kurangnya media pembelajaran dan faktor pendukung pembelajaran lainya
c.tidak membangun rasa ingin tahu siswa
3.Kelebihan guru
a.membawah contoh keberhasilan dari pembelajaran matematika
4. Hal unik dalam pembelajaran
siswa yang melakukan penolakan ketika mendegar pembelajaran matematika
5. Upaya yang bisa dilakukan
a.guru harus bisa sekereatif mungkin membangun rasa ingin tahu siswa akan pembelajaran matematika
b.guru bisa menganti suasana kelas,misalnya pembelajaran di luar kelas
c. jika ingin memberikan contoh keberhasilan seseorang akan ilmu matematika guru bisa memperlihatkan di media pembelajaran