silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

558 Comments

  1. Nama : Mia Audina Simanullang
    Nim: 877531015
    Prodi : PGSD
    UPBJJ: Medan

    Dari vidio di atas strategi yang di lakukan guru sudah baik, dengan mendatangkan profesi lain yang berhubungan dengan mata pelajaran yang di sampaikan oleh
    guru akan membangkitkan minat belajar siswa, dan dapat mengetahui tujuan pembelajaran matematika dan menunjukkan materi yang dipelajari selama disekolah akan berguna dimasa yang akan datang. guru juga bisa membuat media yang berhubungan dengan pembelajaran. Dengan ada nya media pembelajaran yang menarik besar kemungkinan keinginan belajar siswa lebih menikmat bahkan bisa jadi mereka malah menyukai pelajaran tersebut yang sebelumnya siswa tidak memperhatikan guru mengajar menjadi lebih baik. Terimakasih

  2. Nama : Lisa Oktavia
    Nim. : 856969214
    Pokjar: Way Tenong
    UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
    Setelah melihat video diatas saya mendapati hal berikut ini :
    Kelebihan:
    1. Penyampaian materi oleh arsitek sebagai contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai konsep bangun ruang untuk siswa.
    2. Kehadiran arsitek dalam kelas dapat menambah variasi pembelajaran dan memberikan motivasi tambahan untuk siswa agar lebih tertarik dengan pelajaran matematika.

    Kekurangan:
    1. Tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan yang dapat membuat siswa lebih tenang dan nyaman.
    2. Metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat terpusat pada guru (teacher-centered) dan kurang melibatkan siswa secara aktif.
    3. Tidak terdapat media evaluasi yang dapat memberikan kesimpulan dan pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan kepada siswa.

    Saran:
    1. Guru dapat memberikan pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan agar suasana kelas lebih nyaman dan siswa lebih siap untuk menerima materi pembelajaran.
    2. Metode pembelajaran yang digunakan dapat diperluas dan diubah agar lebih melibatkan siswa secara aktif, seperti dengan menggunakan metode diskusi atau metode eksperimen.
    3. Media evaluasi/penutup yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dapat disediakan agar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep yang telah disampaikan.
    4. Pembelajaran dapat dikembangkan menjadi lebih menekankan pada pengalaman belajar siswa (student-centered) sehingga siswa dapat lebih aktif dan memiliki kontribusi yang lebih besar dalam proses pembelajaran.

  3. Nama : Audiva Asfriandra
    NIM : 857725286
    Pokjar : Boja

    Setelah melihat video” Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” diatas saya mendapati hal berikut ini :
    Kelebihan:
    1. Penyampaian materi oleh arsitek sebagai contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai konsep bangun ruang untuk siswa.
    2. Kehadiran arsitek dalam kelas dapat menambah variasi pembelajaran dan memberikan motivasi tambahan untuk siswa agar lebih tertarik dengan pelajaran matematika.
    Kekurangan:
    1. Tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan yang dapat membuat siswa lebih tenang dan nyaman.
    2. Metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat terpusat pada guru (teacher-centered) dan kurang melibatkan siswa secara aktif.
    3. Tidak terdapat media evaluasi yang dapat memberikan kesimpulan dan pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan kepada siswa.
    Saran:
    1. Guru dapat memberikan pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan agar suasana kelas lebih nyaman dan siswa lebih siap untuk menerima materi pembelajaran.
    2. Metode pembelajaran yang digunakan dapat diperluas dan diubah agar lebih melibatkan siswa secara aktif, seperti dengan menggunakan metode diskusi atau metode eksperimen.
    3. Media evaluasi/penutup yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dapat disediakan agar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep yang telah disampaikan.
    4. Pembelajaran dapat dikembangkan menjadi lebih menekankan pada pengalaman belajar siswa (student-centered) sehingga siswa dapat lebih aktif dan memiliki kontribusi yang lebih besar dalam proses pembelajaran.

  4. Fitri handayani
    Nim 85700377
    Pokjar : pesisir barat pasar minggu

    Kelebihan vidio ini adalah
    – guru menjelaskan bahwa belajar matematika sangat penting bagi kehidupan sehari hari.
    – guru mengundang wali siswa yang berprofesin sebagai insiyur dan memperlihatkan hasil gambar nya,sehingga siswa mengerti manfaat dari belajar matematika.

    Kekurangaan vidio tersebut.
    – Pada vidio tersebut tidak ada sapaan pada awal pelajaran,
    – Siswa kurang aktif pada pembelajaraan ini
    -Tidak adanya penutup pada pembelajaraan.
    – TIdak adanya LKPD pada pembelajaran.

    Saran
    – pada saat awal pembelajaran harus ada kata sapaan terhadap siswa,sehingga ada semangat siswa untuk belajar.
    – di adakan parenting di awal pembelajaran
    – harus ada lkpd agar guru mengetahui tingkat kemampuan siswa.
    – Dan di akhiri dengan kesimpulan dan penutup.

  5. Nama : Yuni Kartika Purba
    NIM : 859891089

    Setelah melihat video” Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” diatas saya mendapati hal berikut ini :
    Kelebihan:
    1. Penyampaian materi oleh arsitek sebagai contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai konsep bangun ruang untuk siswa.
    Kekurangan:
    1. Tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan yang dapat membuat siswa lebih tenang dan nyaman.
    2. Metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat terpusat pada guru (teacher-centered) dan kurang melibatkan siswa secara aktif.

  6. Video tersbeut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita simak dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan.

  7. Dari vidio diatas guru mendatangkan langsung seorang Insinyur yang membuat siswa termotivasi dan menarik minat siswa terhadap matematika. Dengan memberikan contoh Matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, siswa akan lebih tergerak dan rasa ingin tahunya akan semakin meningkat. Insinyur tersebut memberikan contoh nyata bahwa membuat sebuah bangunan harus tepat perhitungannya, ini membuat siswa terdorong untuk menjadi teliti dan berhati-hati dalam menghitung.

  8. NAMA : YANIS KURNIA
    NIM : 858919627
    POKJAR :UMBULSARI
    Menurut saya setelah melihat video tersebut, memang banyak anak-anak yang tidak menyukai pelajaran matematika, mungkin bisa karena cara guru mengajar yang membosankan atau tidak ada alat peraga saat pembelajaran sehingga mereke merasa jenuh. Namun kita dapat membangkitkan atau memotivasi para siswa untuk menyukai pelajaran matematika dengan cara menyediakan alat peraga agar bisa lebih menarik perhatian siswa.

Leave a Reply