silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Ratna army tanjung
Nim : 850055339
Video GPO tersebut berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas malasan untuk belajra matematika. dalam video GPO tersebut, guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika
nama : Anindtia Wulandari
NIM : 856576343
PRODI : PGSD
Dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang minat dalam pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas. siswa beranggapan Matematika itu sulit. bebra[pa anak bahkan membenci matematika, mulai dari banyak nya rumus yang harus dihafal sampai bangun ruang yang beraneka ragam, Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. membuat anak jenuh dan tidak memahami materi pembelajaran. maka, sebagai guru bisa menyiapkan pembelajaran dengan bantuan media atau permainan, mengkolaborasikan metode pembelajaran supaya lebih menyenangkan dan membuat siswa tertarik. guru mjuga bisa menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa mulai semangat dan siap untuk belajar Matematika.
Nama : Adek Saputra
NIM : 856572504
Menurut pendapat saya, Sebaiknya guru tersebut memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi terlebih dahulu supaya anak-anak siap untuk menerima materi yang akan disampaikan. Selain itu agar nantinya pembelajaran yang berlangsung tidak jenuh dan tidak membosankan sebaiknya guru menggunakan metode atau strategi yang bervariasi. Dalam video saya setuju dengan apa yang dilakukan guru tersebut, guru mengundang narasumber untuk memberi motivasi kepada siswa, dimana kebanyakan dari siswa tersebut banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika.
Nama : Nila Niamilah
NIM : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Matematika adalah pelajaran yang tidak di sukai oleh banyak siswa di indonesia,karena menurut siswa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit,susah,dan terlalu banyak rumus dan pelajaran matematika berhubungan dengan hitungan dan angka.Kebanyakan siswa tidak mengikuti pelajaran matematika dan ada juga yang mengikuti pelajaran tersebut hanya dengan terpaksa saja karena, siswa tidak berminat belajar pelajaran matematika sehingga siswa tidak memahami pelajaran tersebut.
Bagi siswa matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit di pahami dan rumusnya pula sulit sehingga siswa tidak bisa menghafal ataupun menghitung. Ketika dalam proses belajar mengajar,siswa kadang tidak berfokus pada pelajaran matematika.Itulah masalah-masalah yang sering terjadi,sehingga siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.
Alasan utama mengapa kebanyakan dari siswa tidak menyukai matematika yakni karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode pembelajaran seperti ini. karena matematika adalah pelajaran logika sementara sistem pendidikan dititik beratkan pada doktrin dan hapalan. jadi hasilnya hapal rumus tapi tidak memahami konsep dasar dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi soal yang lebih rumit lagi ,maka jadi frustasi pantas siswa jadi malas dengan pelajaran matematika.
Nama : Nila Niamilah
NIM : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Bagi siswa matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit di pahami dan rumusnya pula sulit sehingga siswa tidak bisa menghafal ataupun menghitung. Ketika dalam proses belajar mengajar,siswa kadang tidak berfokus pada pelajaran matematika.Itulah masalah-masalah yang sering terjadi,sehingga siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.
Alasan utama mengapa kebanyakan dari siswa tidak menyukai matematika yakni karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode pembelajaran seperti ini. karena matematika adalah pelajaran logika sementara sistem pendidikan dititik beratkan pada doktrin dan hapalan. jadi hasilnya hapal rumus tapi tidak memahami konsep dasar dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi soal yang lebih rumit lagi ,maka jadi frustasi pantas siswa jadi malas dengan pelajaran matematika.
Nama : Ahmad Zamzamiy M Z
NIM : 858810997
Pokjar Amanah Blitar
Menurut saya permasalahan anak yang tidak menyukai pembelajaran matematika memang sering terjadi dilingkup lembaga. Seperti halnya pengalaman yang pemah saya alami dimana anak-anak sangat sulit dalam merespon, menangkap, dan memahami materi matematika tersebut. Mereka akan merasa bosan sebelum memulai belajar dan akan berfikir itu sulit hanya saat baru mendengar akan belajar matematika. Dari video pembelajaran yang ada diatas.
Kelebihan yang saya tangkap adalah guru sudah mencoba melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan mendatangkan pihak lain yang diharapkan mampu memberikan motivasi kepada anak-anak bahwa belajar matematika itu penting dan berguna untuk berbagai hal dan bidang yaitu mendatangkan seorang arsitektur
Kekurangan dari video menurut saya, guru kurang dalam sapaan awal pembelajaran dimana semangat anak-anak belum terbakar dan terbangun. Guru langsung masuk ke inti dimana langsung menyampaikan bhawa akan belajar matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam RPP tidak diikuti dengan maksimal
Hal unik dalam video tersebut adalah anak-anak mengetahui bahwa dalam sebuah pembangunan diperlukan juga ilmu matematika
Dan menurut saya hanya sekedar saran bahwa sebelum masuk kedalam kelas guru dan pihak dari arsitek tersebut dapat berkomunikasi terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuka kelas agar semangat anak dapat memuncak sebelum langsung memulai ke inti, selain itu mungkin perlu juga menyiapkan alat peraga yang menarik
Nama : NIA ANGGRAENI
NIM : 858911962
Pokjar : Umbulsari
Saya sebagai guru , berpendapat jika anak – anak tidak begitu menyukai pelajaran Matematika dikarenakan sugesti. Anak – anak cenderung berfikir jika Matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga anak- anak kebanyakan menyerah sebelum berusaha. selain itu banyak sekali guru yang menerangkan atau menjelaskan dengan cara yang agak ribet sehingga anak – anak juga banyak mengalami kesulitan. Dari kedua hal diatas, maka maka sebagai guru kita harus bisa meningkatkan kepercayaan siswa jika Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan.
Dari video tersebut terlihat peserta didik kurang fokus dalam pembelajaran matematika ,mungkin metode/model yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang tepat dan tidak menarik.selain itu matematika dianggap pelajaran yang sulit karena cenderung lebih kepada hafalan
Nama : Nurma Dwiyanti
NIM : 856944618
Pokjar : Gisting
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut hampir semua siswa tidak begitu menyukai pelajaran Matematika, karena pembelajaran kurang menarik juga guru terlalu berbelit ketika menjelaskan
Jadi kesimpulannya dalam pembelajaran Matematika Guru harus pandai berkreasi dan berinovasi supaya praktek pembelajaran Matematika lebih meyenangkan.
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut ,saya menyimpulkan bahwa siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika.Hal tersebut terlihat dari siswa yang gaduh saat guru menjelaskan didepan kelas.Posisi guru juga kurang menguasai kelas,pada saat melakukan pembelajaran guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan do’a sebaiknya guru juga harus memberi motivasi dahulu sebelum pembelejaran di mulai agar siswa semangat dalam memulai pelajaran.Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar matematika.Namun guru tersebut akhirnya menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui betapa pentingnya matematika dalam kehidupan siswa mulai tertarik dan semangat untuk belajar matematika.