silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : okky shafira s
    Nim 857109526

    Tak banyak siswa yang menyukai pelajaran matematika dan menganggap mapel matematika tidak penting, maka dari itu guru trsbt mendatangkan arsitek lalu arsitek tersebut menceritakan pekerjaannya yang dimana dia bercerita pekerjaannya berkaitan dengan matematika membuat gedeng dengan perhitungan, dgn cerita arsitek tersebut siswa pun mulai tertarik dengan pelajaran matematikaa

  2. MAMA:SATRIANI
    NIM:859768607
    PRODI:BI PGSD
    POKJAR:WUNDULAKO
    Setelah melihat video ini tanpak jelas bahwa siswa tidak bersemangat dalam mengituti pelajaran, sehingga mengakibatkan kelas menjadi gaduh.hal ini disebabkan karna guru pada saat mengajar hanya menggunakan metode ceramah yang monoton sehingga siswa tidal tertarik mengikuti pelajaran. Namun setelah mendatangkn insyinyur terlihat bahwa siswa langsung tertarik Dan bersemangat mengikuti pelajaran.sehingga dapat saya simpulkan bahwa memang kita sebagai guru harus mempunyai strategi mengajar yang baik, Dan menggunakan media yang menarik supaya siswa penasaran Dan tertarik dalam mengikuti pelajaran.

  3. Nama : MUHAMAD SAKHUM
    NIM : 857670641
    Program Studi : S1- PGSD
    Pokjar : Kedungwunj

    Sesudah melihat video pembelajaran tersebut, sayamengamati bahwa siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi rame dan juga kurang fokus di dalam kelas karena efek dari rasa malas mereka terhadap pelajaran Matematika. sedangkan guru di dalam video tersebut juga terlihat kurang menguasai kelas saat kondisi kelas rame. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa dengan belajar arsitek karna semua berasal dari matematika dan agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat. Sehingga siswa mulai memiliki semangat dan siap untuk belajar Matematika,Dan kekurangan guru dan narasumber itu terlalu kaku tidak di imbangi dengan senyum supaya kesannya matematika itu menyenangkan bukan menakutkan.
    Matursywun…

  4. Nama : MUHAMAD SAKHUM
    NIM : 857670641
    Program Studi : S1- PGSD
    Pokjar : Kedungwuni

    Sesudah melihat video pembelajaran tersebut, sayamengamati bahwa siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi rame dan juga kurang fokus di dalam kelas karena efek dari rasa malas mereka terhadap pelajaran Matematika. sedangkan guru di dalam video tersebut juga terlihat kurang menguasai kelas saat kondisi kelas rame. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa dengan belajar arsitek karna semua berasal dari matematika dan agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat. Sehingga siswa mulai memiliki semangat dan siap untuk belajar Matematika,Dan kekurangan guru dan narasumber itu terlalu kaku tidak di imbangi dengan senyum supaya kesannya matematika itu menyenangkan bukan menakutkan.
    Matursywun…

  5. NAMA : NOVIYANTI
    NIM : 856976037
    PRODI : PGSD-S1

    Pembelajaran matematika yang menarik merupakan tantangan bagi para guru. Mengingat banyak siswa yang tidak suka hitungan, tantangan menemukan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan harus menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. Sejatinya pelajaran Matematika memiliki banyak manfaat dan dapat diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari -hari. Berdasarkan video yang saya amati :
    A. Guru sedang mengawali pembelajaran dengan menginformasikan materi yang akan dipelajari. Dalam tahap ini ini para siswa dalam kondisi ramai dan kurang memperhatikan guru, sehingga semestinya :
    1) Pada awal pelajaran guru mengkondisikan siswa supaya bisa tenang, duduk rapi, konsentrasi dan siap melakukan pelajaran
    2) Saat kondisi kelas sudah tenang maka guru mulai menyampaikan materi apa yang akan dipelajari sehingga siswa mau memperhatikan keterangan guru
    B. Para siswa tampak kurang perhatian dengan pelajaran matematika. sehingga guru perlu untuk melakukan pendekatan pembelajaran:
    1) guru telah melakukan pendekatan pembelajaran matematika dengan mengundang nara sumber dari pihak luar sekolah / wali murid. hal ini merupakan cara yang baik untuk membuat siswa tertarik dengan pelajaran karena ada orang baru yang menjelaskan matematika kepada mereka. dan dalam video para siswa mau memperhatikan bahkan bertanya tentang pelajaran. namun pendekatan ini jika sekali atau dua kali tidak mengapa. namun jika sering maka itu bisa merepotkan guru itu sendiri untuk mencari orang yang bersedia menjadi nara sumber.
    2) untuk menarik perhatian siswa pada pelajaran matematika dan meningkatkan prestasi mereka maka juga bisa digunakan pendekatan yang lain, misalnya pendekatan dengan menggunakan alat peraga matematika yang menarik, video matematika yang menarik, gambar-gambar yang menarik, maupun pendekatan lain yang berupa metode belajar seperti metode tematik dalam pembelajaran.

  6. Nama : Sutri Wulandari Br Sitepu
    NIM : 857108524
    Pokjar : makasar

    Assalamualaikum Wr Wb. Izin memberikan tanggapan pada video ini.

    Setelah melihat video ini,saya memiliki beberapa cacatan atas kurangnya kualitas pengajaran yang diberikan oleh guru ke siswa,yaitu sebagai berikut:

    Pada saat pembelajaran akan berlangsung,guru datang dan langsung memulai pembelajaran. Tidak ada sapa,salam,doa dan apersepsi yang diberikan oleh guru sehingga dalam pembelajaran terlihat siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran dan merasa bosan. Pembelajaran yang diberikan juga tampak monoton dan tidak menyenangkan,hal ini menjadi alasan kedua siswa semakin malas belajar.

    Disaat keadaan siswa semakin tidak terkontrol,guru mendatangkan seorang narasumber ke kelas,narasumber itu adalah seorang arsitek yang memberikan semangat sekaligus hiburan ke siswa agar semakin semangat dalam belajar matematika. Karena untuk menjadi seorang arsitek harus pandai matematika katanya. Hal ini membuat beberapa siswa menjadi semakin semangat belajar dan ada juga yang tidak peduli dengan apa yang disampaikan oleh narasumber. Padahal sebenarnya untuk menghibur siswa tidak perlu mendatangkan narasumber karena kita bisa sebagai guru bisa memilih alternatif lain.

    sekian tanggapan saya mengenai video ini. Terima Kasih..

  7. Nama : Moch Hadiwinanto
    NIM : 857154901
    PRODI : PGSD S1

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Izin menanggapi Vidio tersebut

    Setelah menyimak vidio tersebut yang mana gurumengejarakan belum ada persiapan, diantaranya belum menyiapkan strategi pembelajaran, merode pembelajaran bahkan medid belajar, terlihat guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah, dan kurang menguasai kelas. setelah guru berpikir dengan hal itu guru mendatangkan salah satu pakar yang mana menunjang materi yang akan dibahas, pakar tersebut bisa dari profesi wali murid. imbas dengan mendatangkan pakar dalam proses pembelajaran siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan belajar dan belajar matematika terlihat terkesan menyenangkan.

  8. Assalamualaikum
    Nama : istiqomah
    NIM : 856807639
    Pokjar : Curup
    UPBJJ -UT : BENGKULU

    Dari video yang saya lihat di atas memang siswa banyak tidak menyukai pelajaran matematika karena pembelajaran tersebut dirancang kurang menarik oleh guru di samping itu juga pada saat memulai pembelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa, mengucapkan salam, tidak mengulang pembelajaran sebelumnya, tidak berdoa sebelum belajar dan pembelajaran yang diberikan tampak tidak menyenangkan dan monoton sehingga menyebabkan siswa malas untuk menyimak dan malas belajar.
    Dan dengan mendatangkan seorang narasumber ke dalam kelas itu adalah salah satu cara untuk memotivasi siswa untuk semangat belajar matematika karena sebagai seorang arsitek pembelajaran matematika itu sangat penting dan dengan adanya narasumber tersebut terlihat siswa mulai tertarik dan terlihat mulai semangat untuk belajar akan tetapi masih ada juga siswa yang tidak peduli dengan apa yang disampaikan oleh narasumber.
    Sebagai seorang guru kita dituntut untuk dapat kreatif inovatif sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Sebagai seorang guru juga harus dapat mengelola kelas, RPP yang kita gunakan pada saat kita mengajar harus kita rancang dengan baik menggunakan metode media ataupun model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.
    Terimakasih

  9. NAMA: AGUS INDRA MAULANA

    NIM: 856598775

    POKJAR: TUNGKAL ILIR

    Diawal pembelajaran guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media ini membuat siswa merasa bosan
    Kelebihan guru pada video kali ini, guru mampu membuat proses pembelajaran yang awalnya membosankan menjadi menyenangkan dengan mendatangkan seorang insinyur yang berprofesi sebagai arsitek. Tampak sekali perbedaan perilaku siswa sebelum dan sesudah kedatangan arsitek dikelas. Siswa menjadi lebih fokus dengan adanya nara sumber langsung

  10. NAMA: HAPSAH

    NIM: 856600452

    Pada kondisi awal keadaan kelas tidak kondusif, banyak anak yang tidak memperhatikan gurunya saat menjelaskan.
    Pembelajaran hanya menngunakan papan tulis, kemudian menggambar persegi panjang. Ini tentunya akan membuat anak tidak berminat dengan pembelajaran matematika
    Guru memiliki ide kreatif dalam proses pembelajaran matematika dengan cara mendatangkan langsung seseorang dari salah satu orang tua siswa yang berprofesi sebagai arsitek. Sehingga anak dapat melihat langsung manfaat pembelajaran matematika.

Leave a Reply