silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Ria Lindra Kartik G.P
    NIM : 858739341
    Prodi : PGSD BI
    Dari video di atas jika siswa tidak menyukai pelajaran matematika, sebagai tenaga pendidik kita harus bisa merefleksikan diri, apa kita melakukan pembelajaran dengan monoton, tidak ada media pembelajaran, pengorganisasian kelas atau dari setrategi/metode pembelajaran yang digunakan. seperti video di atas guru mendatangkan nara sumber hal berikut menjadi salah satu faktor pemicu semangat peseta didik. karena pesera didik jika kedatangan narasumber baru dia akan merasa penasaran dengan narasumber berikut.

  2. nama : yuli sartika
    nim : 856799334
    prodi : PGSD S1
    UPBJJ : palembang
    pokjar : lawang wetan

    setelah melihat video ini guru kurang menggunakan media yang menarik sehingga siswa kurang memperhatikan guru menjelaskan materi.
    guru langsung kepada inti pembelajaran tanpa adanya apersepsi untuk menstimulus siswa tentang pelajaran hari ini atau yang akan diberikan.
    dalam berhitung guru harus mengajak siswa dalam menjelaskan materi.
    di dalam pembelajaran guru juga tidak mengecek absen dan kesiapan siswa.

  3. Berdasarkan video yang saya sudah observasi, dapat saya uraikan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa pada saat pembelajarn Matematika yaitu:
    1. Guru terlalu berfokus kepada materi. Banyak anak-anak sekarang yang masih takut terhadap pembelajaran matematika karena di dalam pikiran mereka, matematika itu sulit. Ada beberapa alasan kenapa anak-anak berpikir seperti itu. Salah satu alasannya adalah karena guru terlalu berfokus kepada materi sehingga anak-anak menjadi tegang saat pembelajaran berlangsung. Pembelajaran matematika harus mengasikan, dengan begitu anak-anak akan cepat mengerti materi yang diajarkan. Guru tidak harus memaksakan untuk menyelesaikan materi yang disampaikan kepada murid. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengajak mereka bermain game. Dengan begitu mereka akan lebih relax dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kurangnya media pembelajaran. Mengajar Matematika sangat memerlukan banyak media. Media pembelajaran akan membuat para siswa lebih memahami konsep matematika. Siswa sekolah dasar masih sulit untuk memahami pembelajaran yang abstrak, maka dari itu sangat penting bagi seorang guru untuk memiliki media pembelajaran di dalam mengajarkan Matematika.

  4. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    Prodi : S1- PGSD

    Dari video diatas pada awal pembelajaran terlihat siswa malas mengikuti pelajaran tersebut dan mereka tidak tertarik saat awal pembelajaran, Hal ini karena di awal pembelajaran guru langsung masuk ke inti pembelajaran tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu.
    Seharusnya guru tersebut melakukan alat peraga/vidio agar proses belajar mengajar menyenangkan.

  5. Nama : Nuraini
    NIM : 856470354
    Prodi : PGSD BI

    Ada beberapa hal yang bisa disimpulkan dari video tersebut. Menurut saya bapak guru tersebut mengajar terlalu kaku sehingga siswanya kurang bersemangat untuk belajar. Apalagi untuk pembelajaran matematika sebagai seorang guru kita harus interaktif dan komunikatif sehingga siswa tidak merasa bosan. Tetapi beliau juga sudah mencari cara agar siswanya tertarik dengan pembelajaran matematika, yaitu dengan mendatangkan seorang insinyur yang terkenal agar memberikan semangat untuk para siswanya. Menurut saya sebaiknya bapak guru tersebut membuat alat peraga yang bisa digunakan untuk siswanya, agar siswanya lebih tertarik dalam pembelajaran matematika atau dengan mengajak siswa bermain peran terlibat langsung dalam pembelajaran.

  6. Nama: Reza Dwi Putra
    Nim: 857046733
    Prodi:PGSD BI semester 2
    1. Masalah yang dihadapi adalah banyak anak yang gaduh saat pelajaran dimulai karena media yang digunakan guru dalam mengajar masih kurang menarik
    2. Strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah:
    a. Diawal pembelajaran guru harus
    membuat umpan supaya anak semangat dalam belajar. Seperti bernyanyi atau tepuk-tepuk supaya anak rileks dan tidak takut saat belajar
    b. Guru harus menyiapkan media penbelajaran yang menarik seperti media gambar agar membuat anak tertarik untuk mempelajarinya
    c. Dalam berhitung guru bisa mengajak anak dengan bermain sambil belajar supaya anak senang dan tidak bosan
    c. Mendatangkan narasumber bisa membuat anak belajar hal yang baru sehingga anak tertarik untuk mencoba dan menambah ilmu pengetahuan juga

  7. Nama : Astri Murdiasih
    NIM : 8557166336
    Prodi : PGSD BI, semester 2
    Setelah saya melihat tayangan vidio pembelajaran diatas, terlihat siswa yang kurang minat dalam mengikuti pembelajaran Matematika tsb, namun terlihat ada usaha guru dengan menghadirkan bpk insinyur sebagai alat yang diharapkan dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, siswa terlihat fokus mendengarkan apa yg di jelaskan oleh bpk insinyur dan melihat salah satu gambar gedung yang membuat siswa penasaran bagaimana cara dapat membuat gedung tsb, salah satunya dengan belajar matematika seperti menghitung dengan tepat/ benar, Namun mungkin tidak semua sekolah dapat menghadirkan seorang insinyur untuk dpt membantu meningkatkan motivasi belajar siswa, mungkin dengan pilihan lain dapat juga sebenarnya dengan guru menggunakan model atau metode pembelajaran lainya yang mungkin lebih menyenangkan agar siswa tidak terfokus hanya dengan mendengarkan, misalkan dengan alat peraga : kartu bilangan, poster , gambar – gambar dsb sesuai kebutuhan pada materi tema pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dan guru dapat melakukan pembukaan pada pembelajaran setelah doa dan absen misalkan mengajak siswa ice breaking terlebih dahulu agar siswa rileks dan tidak tegang.

  8. Nama : Astri Murdiasih
    NIM : 8557166336
    Prodi : PGSD BI, semester 2

    Setelah saya melihat tayangan vidio pembelajaran diatas, terlihat siswa yang kurang minat dalam mengikuti pembelajaran Matematika tsb, namun terlihat ada usaha guru dengan menghadirkan bpk insinyur sebagai alat yang diharapkan dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, siswa terlihat fokus mendengarkan apa yg di jelaskan oleh bpk insinyur dan melihat salah satu gambar gedung yang membuat siswa penasaran bagaimana cara dapat membuat gedung tsb, salah satunya dengan belajar matematika seperti menghitung dengan tepat/ benar, Namun mungkin tidak semua sekolah dapat menghadirkan seorang insinyur untuk dpt membantu meningkatkan motivasi belajar siswa, mungkin dengan pilihan lain dapat juga sebenarnya dengan guru menggunakan model atau metode pembelajaran lainya yang mungkin lebih menyenangkan agar siswa tidak terfokus hanya dengan mendengarkan, misalkan dengan alat peraga : kartu bilangan, poster , gambar – gambar dsb sesuai kebutuhan pada materi tema pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dan guru dapat melakukan pembukaan pada pembelajaran setelah doa dan absen misalkan mengajak siswa ice breaking terlebih dahulu agar siswa rileks dan tidak tegang

  9. Nama : Rina Safitri
    NIM : 858853703
    Pokjar : Pacitan
    UPBJJ UT Malang

    Berdasarkan observasi video tersebut diketahui bahwa :
    1. Anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika, hal tersebut terlihat dari ketika guru masuk kelas dan mengatakan bahwa akan belajar matematika anak-anak bersorak yang menandakan tidak suka. dalam kegiatan pembelajarannya pun anak-anak terlihat tidak bersemangat, malas mengikuti pembelajaran. Lalu guru berusaha meningkatkan minat belajar siswanya dengan mendatangkan narasumber dengan harapan dapat mengubah pola pikir anak-anak terhadap pelajaran matematika (menyukai matematika).

  10. 2. Kemungkinan penyebab anak-anak tidak suka terhadap pembelajaran matematika karena dalam menyampaikan materi pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi serta metode mengajar guru yang pasif, dan pembelajaran hanya berpusat pada guru saja.

Leave a Reply