silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Eka Fajrina Haryati
    Nim : 857779858
    Makul : PKM – Semester 6
    Sesi 1 ..

    Dari video tersebut, terlihat bahwa beberapa siswa tidak begitu tertarik pada matematika. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya daya tarik dalam metode pengajaran yang digunakan.

    Dari video tersebut, terlihat guru mencoba mengatasi masalah ketidakminatan siswa terhadap pelajaran matematika dengan mengundang seorang arsitek sebagai narasumber tamu. Namun, tampaknya narasumber tersebut kurang mampu membangkitkan semangat dan minat siswa terhadap matematika. Ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih dinamis dan menarik agar pesan yang disampaikan narasumber dapat lebih efektif dalam memotivasi siswa.

    Untuk membuat siswa SD menyukai matematika, guru dapat menggunakan strategi seperti pembelajaran melalui permainan, mengaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari, dan menggunakan alat peraga. Memberikan pujian kepada siswa atas prestasi mereka dan memberi ruang untuk kreativitas juga penting. Selain itu, personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa dapat meningkatkan minat mereka dalam matematika.

  2. SINOPSIS
    Program ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai Pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program ini guru memberikan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika.
    Adapun hasil analisis terhadap video diatas :
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran awalnya kurang tertarik dan kurang focus memperhatikan guru, namun setelah ada narasumber diundang ke kelas siswa terlihat lebih menarik dan focus memperhatikan pembelajaran.
    2. Guru dalam melakukanpembelajaran ini adalah dengan didatangkannya seorang narasumber dapat menyebabkan berkurangnya rasa kepercayaan siswa terhadap kemampuan guru dalam menyampakan pembelajaran di dalam kelas pada saat Pelajaran matematika.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas terutama dalam Pelajaran matematika.
    4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yakni biasanya siswa akan jenuh mendapat materi dari guru yang itu saja tidak ada selingan sehingga motivasi belajarnya menurun, dengan dihadirkannya naras umber di kelas ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada Pelajaran matematika.
    5. Dengan diimbangi motivasi pembelajaran dan mendatangkan narasumber semoga menjadi upaya dapat meningkatkan kualaitas pembelajaran matematika.

  3. Nama : Novayana Kusumardiana
    NIM : 858540005
    PKM Tugas 1

    dari video yang berjudul SISWA TIDAK MENYUKAI PELAJARAN MATEMATIKA, terdapat cuplikan pertama seorang guru yang mengajar dengan cara biasa, sehingga siswa menganggap hal itu suatu yang membosankan. apalagi di pelajaran Matematika yang dari dulu sudah menjadi momok bahwasannya pelajaran matematika itu menakutkan dan membosankan. kemudian di cuplikan kedua, guru memiliki upaya supaya siswa menyukai pelajaran matematika dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan mendatangkan narasumber lain dari berbagai profesi. sehingga menumbuhkan rasa gembira dan tidak monoton dalam belajar matematika. karena selain siswa membutuhkan suasana yang baru dikelas, siswa juga senang apabila belajar dengan menggunakan alat peraga seperti yang digunakan sehari-hari. dengan itu siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.

  4. Nama : Vivianika Sarly
    NIM : 856278326
    MatKul : PKM – Semester 6
    Kelas : PKM 12
    Dosen : Nopiyanti, M.Pd
    Sesi : 1

    Dari vidio diatas terlihat sekali bahwa murid di kelas ini tidak menyukai pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai gurunya kurang menarik. Meskipun gurunya sudah mencoba mendatangkan seorang insinyur/arsitek namun tidak berhasil menarik minat siswa.

    Menurut saya, guru harus memiliki kemampuan untuk menarik minat siswa agar mereka tidak memiliki mindset bahwa matematika itu pelajaran yang susah. Bisa dibuat metode pembelajaran sambil bermain, menggunakan media pembelajaran yang menarik, banyak games, atau bisa juga memotivasi dengan mendatanggkan profesi seperti yang dilakukan oleh guru. Namun tamu yang diundang sebaiknya juga mempunyai kemampuan untuk menarik minat siswa dengan cara yang menarik tidak hanya dengan ceramah. Mungkin bisa memotivasi dengan hal-hal menarik atau menyenangkan yang mereka alami ketika bekerja dibidang ilmu mereka. Sehingga siswa bisa menggambarkan di pikirannya kalau matematika itu menyenangkan sehingga mereka tertarik dengan matematika. Atau bisa juga guru memberikan rumus atau trik mudah menjawab soal seperti yang lembaga bimbingan belajar lakukan. Karena bnyak pengalaman siswa yang mengatakan kalau guru disekolah memiliki cara menjawab soal yang terlalu panjang dan berbelit, namun ketika di bimbel tutornya memberikan trik sehingga mudah mereka mengerjakan soal.
    Demikian pendapat saya.
    Terima Kasih.

  5. Nama : Fina Gustina
    NIm : 856501459

    Dari vidio tersebut, menunjukkan kelebihanya guru menghadirkan narasumber untuk memotivasi siswa sebelum memulai pelajaran adapun kekurangan nya sebelum memulai pelajaran guru langsung membahas pelajaran sehingga membuat siswa tidak semangat.

  6. Fischa Monica Kuswandi
    859667355
    PKM SESI 1

    Dari tayangan video tersebut telihat bahwa anak-anak kurang menyukai pembelajaran matematika terbukti kelas yang tidak kondusif sementara guru malah asik sendiri tanpa memperhatikan keadaan siswa, seharusnya sebelum pembelajaran seorang guru harus menyiapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, misalnya dengan menayangkan video pembelajaran dengan aneka metode pembelajaran yang menyenangkan kalo hanya dengan metode ceramah saja siswa tidak akan memperhatikan guru karena dianggap bahwa metode ceramah itu membosankan dimana siswa hanya menerima pembelajaran, sementara siswa itu sendiri tidak dilibatkan, alhasil apa yang disampaikan guru sia-sia. Sebetulnya tanpa mendatangkan seorang ahli pun seorang guru harus mampu mencari ide atau metode pembelajaran bagaimana supaya siswa yang asalnya tidak menyukai matematika menjadi meyukai matematika. Dengan cara libatkan siswa dengan pembelajaran, mengajukan pertanyaan pemantik agar siswa bisa konsentrasi dalam pembelajaran matematika dan terakhir carilah media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa dipaksa untuk belajar matematika dan diharapkan hasilnya menjadi lebih baik.

  7. NAMA : HARDIANA
    NIM : 859424892
    UPBJJ : MAKASSAR
    MATA KULIAH : PKM
    SEMESTER : 6

    Dari video tersebut, terlihat ada beberapa siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika, disinilah seorang guru berupaya untuk mencari cara agar siswa dapat menyukai pembelajaran tersebut. Adapun cara yang dilakukan dari guru ini yaitu mendatangkan langsung narasumber yang berprofesi sebagai arsitek, dengan mendatangkan narasumber tersebut, siswa mulai termotivasi dalam pembelajaran terutama pembelajaran matematika.
    Dalam hal ini, guru mencari solusi agar dapat meningkatkan minat belajar siswa terutama pada pembelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika sebenarnya perlu menggunakan teknik pembelajaran yang dapat membuat siswa antusias dan merasa senang, misalnya saja penggunaan media, pembelajaran berbentuk perminan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

  8. Nama : Sinta Febrina | NIM : 856973855 | Menurut saya, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik sehingga siswa kurang menyukai pelajaran Matematika. Seharusnya Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, seperti : snowball throwing, talking stick, dll.

    Walaupun pada video tersebut guru sudah berusaha untuk mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek , namun hal yang disampaikan oleh arsitek tersebut tidak menyangkut pada materi pelajaran. Seharusnya guru memberi tambahan bagaimana pentingnya belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam membuat gedung dibutuhkan kemampuan matematika seperti menghitung luas dan keliling, mengubah satuan panjang, dan lain sebagainya.

    Selain penggunaan model pembelajaran, penyampaian materi yang lebih menarik. penggunaan media pembelajaran juga dapat menambah minat dan ketertarikan siswa akan materi yang akan disampaikan oleh guru

  9. ARI ANGGRAINI / 856982696/ SESI 1/ PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PDGK4501) / SMSTR 8 / POKJAR BUMIRATU NUBAN

    ∆ Identifikasi Masalah
    1) Apakah siswa tertarik mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Matematika?
    2) Apakah aktivitas pembelajaran menarik minat siswa?
    3) Apakah siswa memperhatikan secara baik dalam proses pembelajaran?

    ∆ Analisis Masalah
    1) Apakah guru melakukan kegiatan pembuka sebagai tindakan penyemangat siswa? dan memperkenalkan materi yang akan dibahas dalam pembelajaran sebagai permulaan?
    2) Apakah masalah tersebut disebabkan oleh media atau perangkat pembelajaran yang kurang tepat?
    3) Apakah bahan pembelajaran yang dipilih tidak sesuai dengan minat siswa?
    4) Apakah metode yang digunakan dalam pembelajaran tidak menarik minat siswa?
    5) Apakah model pembelajaran yang digunakan monoton?
    6) Apakah interaksi kelas kurang menyenangkan?

    ∆ Pengembangan Alternatif Tindakan
    Permasalahan pembelajaran berdasarkan video tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model konstektual.

    Pada pembelajaran matematika banyak sekali model inovatif yang dapat diterapkan antara lain model pembelajaran kontekstual.

    Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

    Contohnya saja misal dalam materi BANGUN DATAR yang terdiri dari berbagai bentuk yakni lingkaran, segiempat, dan segitiga. Guru dapat menggunakan MEDIA NYATA misalnya jam dinding yang berbentuk lingkaran, penggaris berbentuk segitiga, dan buku berbentuk segiempat. Kemudian GURU MEMINTA SISWA UNTUK menyebutkan contoh lainnya yang sering mereka lihat disekelilingnya.

    Setelah itu guru dapat mengajak siswa bermain GAME yakni MENENTUKAN BENDA SESUAI TEMPATNYA. Dengan cara guru membuat bentuk lingkaran, segiempat, dan segitiga yang besar dari kardus. Lalu guru mengumoulkan gambar secara acak dan diprint kemudian digunting satu persatu gambarnya dan diberikan secara acak pada siswa. Dan siswa diminta menempelkannya pada bentuk bangun datr yang sesuai. YANG SALAH akan mendapatkan hukuman berupa menyanyikan lagu daerah.

    Dengan model dan metode,serta media seperti itu akan menarik perhatian siswa untuk antusisas mengikuti pembeljaran matematika yang menyenangkan. Anak-anak yang tidak suka matematika perlahan lahan akan ikut menyukai juga.

    ∆ Tujuan Perbaikan
    Untuk siswa : dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan akan sangat berpengaruh pada hasil belajarnya yang makin membaik.

    Untuk guru ‘ dapat meningkatkan kualitas profesional nya dalam mengajar serta daoat meningkatkan interaksi bersama siswa, yang akan memudahkan guru lebih mengenal siswanya.

    JUDUL PTK YANG COCOK:

    EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL SERTA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  10. ARI ANGGRAINI / 856982696/ SESI 1/ PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PDGK4501)

    ∆ Identifikasi Masalah
    1) Apakah siswa tertarik mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Matematika?
    2) Apakah aktivitas pembelajaran menarik minat siswa?
    3) Apakah siswa memperhatikan secara baik dalam proses pembelajaran?

    ∆ Analisis Masalah
    1) Apakah guru melakukan kegiatan pembuka sebagai tindakan penyemangat siswa? dan memperkenalkan materi yang akan dibahas dalam pembelajaran sebagai permulaan?
    2) Apakah masalah tersebut disebabkan oleh media atau perangkat pembelajaran yang kurang tepat?
    3) Apakah bahan pembelajaran yang dipilih tidak sesuai dengan minat siswa?
    4) Apakah metode yang digunakan dalam pembelajaran tidak menarik minat siswa?
    5) Apakah model pembelajaran yang digunakan monoton?
    6) Apakah interaksi kelas kurang menyenangkan?

    ∆ Pengembangan Alternatif Tindakan
    Permasalahan pembelajaran berdasarkan video tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model konstektual.

    Pada pembelajaran matematika banyak sekali model inovatif yang dapat diterapkan antara lain model pembelajaran kontekstual.

    Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

    Contohnya saja misal dalam materi BANGUN DATAR yang terdiri dari berbagai bentuk yakni lingkaran, segiempat, dan segitiga. Guru dapat menggunakan MEDIA NYATA misalnya jam dinding yang berbentuk lingkaran, penggaris berbentuk segitiga, dan buku berbentuk segiempat. Kemudian GURU MEMINTA SISWA UNTUK menyebutkan contoh lainnya yang sering mereka lihat disekelilingnya.

    Setelah itu guru dapat mengajak siswa bermain GAME yakni MENENTUKAN BENDA SESUAI TEMPATNYA. Dengan cara guru membuat bentuk lingkaran, segiempat, dan segitiga yang besar dari kardus. Lalu guru mengumoulkan gambar secara acak dan diprint kemudian digunting satu persatu gambarnya dan diberikan secara acak pada siswa. Dan siswa diminta menempelkannya pada bentuk bangun datr yang sesuai. YANG SALAH akan mendapatkan hukuman berupa menyanyikan lagu daerah.

    Dengan model dan metode,serta media seperti itu akan menarik perhatian siswa untuk antusisas mengikuti pembeljaran matematika yang menyenangkan. Anak-anak yang tidak suka matematika perlahan lahan akan ikut menyukai juga.

    ∆ Tujuan Perbaikan
    Untuk siswa : dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan akan sangat berpengaruh pada hasil belajarnya yang makin membaik.

    Untuk guru ‘ dapat meningkatkan kualitas profesional nya dalam mengajar serta daoat meningkatkan interaksi bersama siswa, yang akan memudahkan guru lebih mengenal siswanya.

    JUDUL PTK YANG COCOK:

    EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL SERTA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Leave a Reply