silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Yuni Kartika
NIM :858066358
UPBJJ : PONTIANAK
POJKAR : SINTANG
Mata kuliah : PKM
Dari video yg saya tonton,masih ada siswa yang tidak menyukai matematika.
Karena, matematika adalah pelajaran yang tidak di sukai oleh banyak siswa di indonesia,karena menurut siswa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit,susah,dan terlalu banyak rumus dan pelajaran matematika berhubungan dengan hitungan dan angka. Kebanyakan siswa tidak mengikuti pelajaran matematika dan ada juga yang mengikuti pelajaran tersebut hanya dengan terpaksa saja karena, siswa tidak berminat belajar pelajaran matematika sehingga siswa tidak memahami pelajaran tersebut.
Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa di indonesia,namun mata pelajaran matematika juga sebagai mata pelajaran yang sangat di takuti oleh siswa. Masalah berfikir,masalah kerajinan,masalah menghitung dan sebagainya sehingga membuat siswa jadi malas belajar ketika siswa berhadapan dengan rumus, hal itu yang sering terjadi sehingga membuat siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika. Banyak siswa – siswi yang daya berfikir mereka kurang efektif,karena mereka merasa bosan dan malas ketika mereka di suruh mengerjakan tugas matematika.
Bagi siswa matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit di pahami dan rumusnya pula sulit sehingga siswa tidak bisa menghafal ataupun menghitung. Ketika dalam proses belajar mengajar,siswa kadang tidak berfokus pada pelajaran matematika.Itulah masalah-masalah yang sering terjadi,sehingga siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.
Alasan utama mengapa kebanyakan dari siswa tidak menyukai matematika yakni karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode pembelajaran seperti ini. karena matematika adalah pelajaran logika sementara sistem pendidikan dititik beratkan pada doktrin dan hapalan. jadi hasilnya hapal rumus tapi tidak memahami konsep dasar dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi soal yang lebih rumit lagi ,maka jadi frustasi pantas siswa jadi malas dengan pelajaran matematika.
Harapan saya kepada para peserta didik di indonesia agar merubah kemalasan mereka,sebab pelajaran matematika sangat penting bagi siswa untuk di pelajari.Kemudian harapan saya kepada para orang tua ,peserta didik dan guru agar sama-sama berpartisipasi dalam mendorong siswa serta kemajuan pendidikan di indonesia terutama dalam bidang matematika.
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Nama : Anggun Puspita
NIM : 856055983
POKJAR Siantar Simalungun
Pada video tersebut terdapat siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika.
Matematika adalah pelajaran yang tidak di sukai oleh banyak siswa di indonesia,karena menurut siswa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit,susah,dan terlalu banyak rumus dan pelajaran matematika berhubungan dengan hitungan dan angka.Kebanyakan siswa tidak mengikuti pelajaran matematika dan ada juga yang mengikuti pelajaran tersebut hanya dengan terpaksa saja karena, siswa tidak berminat belajar pelajaran matematika sehingga siswa tidak memahami pelajaran tersebut.
Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa di indonesia,namun mata pelajaran matematika juga sebagai mata pelajaran yang sangat di takuti oleh siswa. masalah berfikir,masalah kerajinan,masalah menghitung dan sebagainya sehingga membuat siswa jadi malas belajar ketika siswa berhadapan dengan rumus, hal itu yang sering terjadi sehingga membuat siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.Banyak siswa – siswi yang daya berfikir mereka kurang efektif,karena mereka merasa bosan dan malas ketika mereka di suruh mengerjakan tugas matematika.
Alasan utama mengapa kebanyakan dari siswa tidak menyukai matematika yakni karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode pembelajaran seperti ini. karena matematika adalah pelajaran logika sementara sistem pendidikan dititik beratkan pada doktrin dan hapalan. jadi hasilnya hapal rumus tapi tidak memahami konsep dasar dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi soal yang lebih rumit lagi ,maka jadi frustasi pantas siswa jadi malas dengan pelajaran matematika.
Cara mengatasi:
1.Beri Waktu Berpikir Saat Anak Menjawab Pertanyaan. 2.Bagi anak yang tidak bisa menjawab secara cepat jika diberi pertanyaan terkait matematika, hal itu akan membuatnya malu dan semakin cemas. …
Aplikasikan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. …
3.Ubah Gaya Belajar. …
4.Beri Motivasi pada Anak.
Nama : Yusuf Zainal Effendi
NIM : 858867195
Dari video yang telah saya tonton, terlihat para siswa tidak tertarik dan kurang menyukai pelajaran matematika. Hal itu menunjukan bahwa mereka merasa sulit terhubung, merasa jenuh dengan materi matematika.
Melalui pendekatan yang beragam dan perhatian yang mendalam terhadap kebutuhan individu siswa, diharapkan bahwa mereka akan dapat menemukan minat dan motivasi dalam mempelajari matematika. Beberapa strategi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini:
1. Variasi dalam pembelajaran
Guru bisa mencoba berbagai metode pembelajaran lainnya seperti permainan, diskusi kelompok, atau kegiatan praktis yang melibatkan manipulasi benda-benda fisik untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret.
2. Penggunaan teknologi
Memanfaatkan teknologi seperti aplikasi matematika, video pembelajaran, atau perangkat lunak interaktif dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa.
3. Hubungkan dengan kehidupan sehari-hari
Guru dapat mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya, mengajarkan konsep perbandingan dan proporsi dengan contoh-contoh dari dunia nyata seperti memasak atau berbelanja.
4. Berikan dukungan dan dorongan
Penting bagi guru untuk memberikan dukungan emosional kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Dorong mereka untuk tetap berusaha dan jangan ragu untuk memberikan bantuan tambahan saat diperlukan.
5. Kolaborasi dengan orang tua
Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran juga penting. Guru dapat berkomunikasi dengan orang tua siswa untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh anak-anak di rumah dan mencari solusi bersama untuk membantu mereka mengatasi kesulitan dalam belajar matematika.
Nama : Krisma Paula
Nim : 858067675
Siswa tidak menyukai Pelajaran Matematika.
Dari video yang saya tonton,
1.terlihat ketika di awal pembelajaran saya melihat siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran, tetapi dikarenakan guru memberi tahu bahwa dikelas akan kedatangan seorang narasumber yang telah sukses, karena belajar giat dan dengan maksimal menggunakan ilmu matematika yang telah di pelajari nya, siswa dikelas tersebut mulai menjadi termotivasi untuk belajar matematika secara bersunguh-sungguh.
2.Guru tersebut masih belom bisa menggunakan media pembelajaran secara bervariasi dan strategi pembelajran yg belom cukup benar sehingga siswa tidak berminat dan tidak fokus belajar.
3. Guru mampu mengadakan narasumber yang sesuai dengan yg dijatuhkan untuk membangkitkan semangat belajar siswa agar kembali menyukaii belajar matematika.
4.Perubahan sikap siswa yg awalnya tidak berminat untuk belajar matematika berubah sangat antusias untuk belajar matematika karena siswa mengetahui betapa pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka.
5. Menurut saya untuk kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menyampaikan pelajaran dengan menggunakan alat peraga yg menarik agar siswa bersemangat dan teropsesi dalam mempelajari matematika.
Terimakasih🙏
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yang mana siswa mungkin menjadi tidak tertarik atau tidak fokus saat guru mengajar matematika yang mana mereka mungkin mulai berbicara dengan teman atau bermain dengan benda lain sebagai bentuk mengalihkan perhatian dari pelajaran yang mereka anggap membosankan dan juga beberapa siswa mungkin menunjukkan sikap negatif terhadap pembelajaran matematika, seperti menolak untuk berpartisipasi, menyuarakan ketidaksetujuan, atau bahkan menunjukkan sikap menentang terhadap guru
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran pada materi matematika sering kali dianggap kering dan membosankan oleh sebagian siswa sehingga guru sering kali sulitnya menemukan strategi pembelajaran yang tepat untuk memomotivasi siswa aktif dalam pemebalajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran guru sering kali menggunakan kreativitas mereka dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan inovatif, sehingga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran diantaranya:
Hal-hal yang ditemukan dalam pembelajaran tersebut dia antaranya, guru harus senantiasa menemukan atau memperhatikan permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran, dengan demikian kita harus dapat menemukan strategi yang tepat untuk memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran, serta ditemukan juga bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru tersebut mendatangakan naras umber yang ahli di bidangnya.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu penting bagi guru untuk memahami bahwa setiap siswa memiliki preferensi dan kebutuhan belajar yang berbeda. Jika seorang siswa tidak menyukai matematika, penting bagi guru untuk mencari cara yang kreatif dan memotivasi untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan relevan bagi siswa tersebut.
Nama : RENITA AYU KUSUMAWATI
NIM :855739683
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Dari video yang saya lihat diatas bahwa banyak murid yang kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran matematika. Hal itu menyebabkan siswa menjadi gaduh dan tidak fokus didalam kelas karena efek pelajaran matematika yang membuat mereka takut sehingga menjadi malas.
Menurut saya sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkat minat siswa dengan cara ajak bernyanyi atau alat peraga yang berhubungan dengan matematika sehingga tidak membuat anak menjadi takut. Metode guru yang digunakan terlalu monoton dan jangan terus menerus menggunakan metode ceramah sehingga membuat anak tidak tertarik
NAMA : RENITA AYU KUSUMAWATI
NIM : 855739683
MATKUL: Pemantapan Kemampuan Mengajar
DISKUSI : 1
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
POKJAR: SIDOMULYO
Dari video dapat dilihat bahwa para siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari raut wajah siswa yang tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika. Untuk itu guru harus mencari strategi pembelajaran yang menarik sehingga siswa bisa tertarik dengan pelajaran matematika. Misal pada saat pelajaran menghubungkan dengan peristiwa atau benda-benda di sekitar kita yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Atau guru menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa dan bisa memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Bisa juga guru mendatangkan narasumber seperti dalam video dimana narasumbernya adalah salah seorang wali murid yang berprofesi sebagai arsitek.
Nama : Bertha Sari
NIM
Nama : Bertha Sari
NIM : 857000294
Dari video yang saya tonton,terlihat sekali bahwa peserta didik sangat tidak bersemangat dalam pembelajaran dan cenderung mengabaikan guru.hal ini menunjukkan bahwa peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru.
guru sebaiknya melakukan refleksi terhadap pembelajaran ini,karena pembelajaran matematika akan sangat membosankan jika hanya disampaikan secara monoton.Refleksi bisa dilakukan dengan mencari penyebab apa dan mengapa peserta didik bisa merasa bosan bahkan tidak menyukai pembelajaran matematika.
dari video diatas pula terlihat jika guru melakukan suatu perubah dalam penyampaian materi salah satunya dengan mendatangkan guru atau motivator dari luar akan memberikan angin segar dan pengalaman yang berbeda bagi peserta didik dan bisa membangun semangat belajarnya kembali.
terimakasih.
Nama : Ulya Khoirunisa
Kelas : 857729964
UPBJJ : Semarang
POKJAR : Kedungwuni
Dari video yang telah saya tonton, kebanyakan anak tidak memiliki minat dan semangat dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari sikap dan raut wajah mereka yang kurang suka ketika guru menyampaikan bahwa pelajaran pada hari itu adalah pelajaran matematika. Sehingga dalam seketika kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif. Banyak siswa dan siswi yang asyik mengobrol, bermain, dan bercanda sendiri dengan teman sebangkunya. Maka solusinya guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan mengasyikkan bagi siswa. Dan dari video di atas solusi yang digunakan oleh guru tersebut adalah dengan mendatangkan bantuan profesional. Namun, menurut saya pembelajaran akan lebih menarik jika di selingi dengan nyanyian, permainan, atau alat peraga yang biasa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.