silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Ayu Dwi Lestari
    NIM : 877313854

    Dari video tersebut, menunjukkan bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika. Kebanyakan anak tidak memperhatikan gurunya dan cenderung mengobrol dengan temannya, hal ini kemungkinan karena para siswa bosan dan tidak memahami apa yang dipelajari sehingga membuat suasana kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif.
    Sebaiknya guru melakukan beberapa refleksi pembelajaran. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya :
    – Menemukan penyebabnya
    Langkah pertama adalah memahami mengapa anak tidak menyukai dan tidak tertarik dengan matematika. Apakah karena siswa kesulitan memahami konsep, atau bosan dengan gaya mengajar guru maupun dengan suasana kelas.

    – Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan
    Menjadikan pembelajaran matematika menyenangkan dan menarik. Guru bisa menggunakan permainan, media pembelajaran interaktif, atau bisa mengambil contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka

    – Memberikan pujian dan reward kepada anak
    Memberikan pujian pada setiap usaha yang dilakukan siswa, kemudian memberinya reward atas keberanian siswa dalam mencoba
    Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka.

    – Bekerjasama dengan Orang Tua
    Guru juga bisa melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Selalu komunikasikan dengan orang tua siswa mengenai tantangan yang dihadapi anaknya di rumah dan bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi kesulitan dalam belajar matematika.

  2. NAMA : NURFITRI
    NIM : 858072534
    MAKUL : PKM – SEMESTER 6
    DISKUSI 1

    Menurut saya dari vidio yang saya tonton menunjukkan bahwa masih banyak siswa siswi yang tidak menyukai pelajaran matematika. Hal tersebut karena pelajaran matematika dianggap pelajaran yang sangat membosankan dan juga monoton. Dari hal tersebut membuat anak tidak memperhatikan gurunya dan tidak menyimak pembelajaran, malahan mereka lebih asik sendiri.

    – kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalahkurangnya kepercayaan siswa terhadap kemampuan mengajar guru.
    – kelebihan guru dalam melakukan pembalajaran ini adalah siswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika, lebih aktif dan bersemangat.
    – hal unik yang ditemukan dalam vidio yaitu kadang siswa jenuh belajar bersama satu guru yang itu-itu saja, sehingga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, dengan menghadirkan seorang narasumber siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar matematika.

  3. Nama: Satrio Dwi Kuncoro Adi
    NIM. : 857108287
    PRODI : PGSD AKPMM
    Matkul : PKP
    Semester : 8

    setelah melihat tayangan video secara utuh, saya menarik kesimpulan bahwa, cara agar hasil belajar matematika dapat meningkat yaitu dengan memperbaiki cara penyajian materi. di video tersebut telah diberikan salah satu solusi yaitu mendatangkan seorang profesional dalam bidang yang memiliki keterkaitan dengan. matematika yang di dalam video tersebut adalah seorang insinyur.
    Namun, menurut saya hal itu sangat tidak efektif karena kita memerlukan waktu untuk mencari orang yang bersedia menjadi narasumber. saran saya coba menggunakam alat peraga yang seorang insinyur di dalam video. yang krusial bukan insinyurnya, melainkan apa yang insinyur itu bawa.yaitu alat peraga/media belajar.

    hal unik yang ditemukan dalam video tersebut, siswa yang sebelumnya merasa tidak senang dan jenuh, dengan kedatangan seorang narasumber membuat suasana baru yang berdampak pada meningkatnya motivasi siswa dalam menerima materi matematika.

  4. Nama :Trisna Ramadhani
    Nim :855856725
    Prodi :PGSD AKPMM
    Matkul: pkm
    Semester: 6

    Menurut saya dari vidio tersebut yang dapat saya tonton, dimana menunjukkan bahwa masih banyak sekali siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika karena siswa merasa bosan dan tidak mau tau, dimana dalam hal ini dapat dianggap bahwa pelajaran matematika sangat membingungkan dan juga terlihat menonton, dimana dapat terlihat dapat membuat anak tidak dapat memperhatikan guru nya saat mengajar, malahan kebanyakan siswa asik cerita sendiri sama teman daripada melihat guru menjelaskan.
    Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalah kurang minat nya siswa dalam kemampuan mengajar guru

    Adapun kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah siswa lebih menjadi termotivasi dalam pembelajaran matematika dengan lebih bersemangat, agar siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar matimatika

  5. Nama : Dinda Ratu Yuniza
    Nim : 855856005
    Prodi : PGSD
    Matkul : PKM
    Semester : 6

    Setelah saya melihat video ini, menurut saya video pembelajarannya sangat bagus, cara guru menyampaikan materinya sudah baik.

    murid memang cenderung kurang tertarik untuk belajar matematika, oleh karna itu kita harus mencari solusi agar murid lebih nyaman dan mudah memahami materi belajar.

    berikut cara agar siswa menyukai pelajaran matematika:

    – Menggunakan metode pengajaran yang bervariasi, seperti permainan, teka-teki, dan aktivitas hands-on.
    – Menghubungkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa.
    – Mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

  6. Menurut saya sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkat minat siswa,Untuk itu guru harus mencari strategi pembelajaran yang menarik sehingga siswa bisa tertarik dengan pelajaran matematika sperti belajar sambil nyanyi dan menggunakan media yang ada disekitar sekolah,biar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran

  7. NAMA : MISDAHLIA
    NIM : 855751555
    PRODI : PGSD
    SEMESTER 8

    Menurut saya setelah saya menyimak vidio di atas dapat saya simpulkan bahwa masih banyak siswa siswi yang tidak menyukai pelajaran matematika. Hal tersebut karena pelajaran matematika dianggap pelajaran yang sangat membosankan dan juga monoton. Dari hal tersebut membuat anak tidak memperhatikan gurunya dan tidak menyimak pembelajaran, malahan mereka lebih asik sendiri.

    – kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini adalahkurangnya kepercayaan siswa terhadap kemampuan mengajar guru.
    – kelebihan guru dalam melakukan pembalajaran ini adalah siswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika, lebih aktif dan bersemangat.
    – hal unik yang ditemukan dalam vidio yaitu kadang siswa jenuh belajar bersama satu guru yang itu-itu saja, sehingga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, dengan menghadirkan seorang narasumber siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar matematika.

  8. NAMA : MISDAHLIA
    NIM : 855751555
    PRODI : PGSD
    SEMESTER 8

    Menurut saya setelah saya menonton vidio di atas saya dapat menyimpulkan bahwasanya dapat saya analisa masalah yaitu sebagian besar anak anak tidak menyukai pelajaran matematika karna mareka mengangap itu sulit secara praktik dan tugas.
    Tapi dalam video ini sangat bagus sekali karna mempunyai stategi yang menarik untuk mengenalkan kepada anak anak bahwa pelajaran matematika tidak selalu sulit karna ada cara mempelajari nya dengan menarik ,nah untuk menjelaskan itu sangat bagus sekali dengan menghadirkan narasumber sebagai inovasi dan memotifasi siswa bahwa pelajaran matematika samgat berguna dan jika kita mempelajarinya dengan sunguh sungah maka matematika sangat berguna sebagai dasar dalam pekerjaan dimasa depan kita nanti dan sangat keren.
    Kita juga bisa menganjarkan kepada anak anak didik cara berhitung yang tidak membosankan sperti mncari referensi pelajaran di di youtube agar matematika yang tadinya sulit bisa dikerjaan dengan begitu manarik misalnya menggunakan alat peraga ataupun trik matematika cepat yang membuat siswa tidak akan cepat bosan dan menggangap matematika itu sulit terimkasih🙏🏻

  9. Nama : Anggun Puspita
    NIM : 856055983
    POKJAR Siantar Simalungun

    Pada video tersebut terdapat siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika.
    Matematika adalah pelajaran yang tidak di sukai oleh banyak siswa di indonesia,karena menurut siswa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit,susah,dan terlalu banyak rumus dan pelajaran matematika berhubungan dengan hitungan dan angka.Kebanyakan siswa tidak mengikuti pelajaran matematika dan ada juga yang mengikuti pelajaran tersebut hanya dengan terpaksa saja karena, siswa tidak berminat belajar pelajaran matematika sehingga siswa tidak memahami pelajaran tersebut.

    Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa di indonesia,namun mata pelajaran matematika juga sebagai mata pelajaran yang sangat di takuti oleh siswa. masalah berfikir,masalah kerajinan,masalah menghitung dan sebagainya sehingga membuat siswa jadi malas belajar ketika siswa berhadapan dengan rumus, hal itu yang sering terjadi sehingga membuat siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika.Banyak siswa – siswi yang daya berfikir mereka kurang efektif,karena mereka merasa bosan dan malas ketika mereka di suruh mengerjakan tugas matematika.

    Alasan utama mengapa kebanyakan dari siswa tidak menyukai matematika yakni karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti halnya guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan jenuh dengan metode pembelajaran seperti ini. karena matematika adalah pelajaran logika sementara sistem pendidikan dititik beratkan pada doktrin dan hapalan. jadi hasilnya hapal rumus tapi tidak memahami konsep dasar dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi soal yang lebih rumit lagi ,maka jadi frustasi pantas siswa jadi malas dengan pelajaran matematika.
    Cara mengatasi:
    1.Beri Waktu Berpikir Saat Anak Menjawab Pertanyaan. 2.Bagi anak yang tidak bisa menjawab secara cepat jika diberi pertanyaan terkait matematika, hal itu akan membuatnya malu dan semakin cemas. …
    Aplikasikan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. …
    3.Ubah Gaya Belajar. …
    4.Beri Motivasi pada Anak.

  10. Nama : Baiq Humaira Arsyadi
    NIM : 856082411
    Matkul : PDGK4209 – Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Dari video diatas, rendahnya minta belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Siswa dapat ditunjukan dengan kurangnya rasa suka siswa terhadap mata pelajaran matematika dan beranggapan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Salah satu faktornya adalah cara guru dalam mengajar masih monoton dan jarang menggunakan media pembelajaran pada saat pembelajaran matematika, sehingga membuat siswa jenuh dengan situasi kelas. Menurut saya, mengatasi hal tersebut adalah guru dapat menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik, menantang dan tidak kaku. Dan guru dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan.
    Sebagaimana kita ketahui bahwa proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil kemampuan siswa, oleh sebab itu perlu suatu pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa.

Leave a Reply