silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Perayanti Butar Butar
NIM : 856092967
Mata Kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
Pokjar : Toba Samosir
Setelah saya menonton video nya
Video tersebut menceritakan, ketidaknyamanan atau ketidaksukaan sebagian siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh banyak guru dalam membantu siswa menemukan minat dan motivasi dalam mempelajari subjek ini.
Komentar tentang video tersebut:
* Memahami Akar Permasalahan: Penting untuk memahami penyebab di balik ketidaknyamanan siswa terhadap matematika. Mungkin ada faktor-faktor seperti kurikulum yang kurang sesuai, guru yang kurang pandai untuk menghidupkan suasana seperti membuat ice breaking diawal pembelajaran dan membuat game yang berhubungan dengan pelajaran matematika disela-sela pembelajaran, pendekatan pengajaran yang tidak menarik, atau rasa tidak percaya diri siswa terhadap kemampuan matematika mereka.
* Mencari Solusi Terbaik: Dengan memahami akar permasalahan, guru dapat mencari solusi yang sesuai untuk membantu siswa mengatasi ketidaknyamanan mereka terhadap matematika. Ini bisa melibatkan penggunaan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif, penerapan materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, atau memberikan dukungan tambahan bagi siswa yang kesulitan.
* Mendorong Pengembangan Keterampilan Belajar: Mengatasi ketidaknyamanan terhadap matematika juga melibatkan pengembangan keterampilan belajar siswa. Ini termasuk membantu siswa membangun rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan mengajarkan strategi belajar yang efektif.
*Menjaga Motivasi dan Minat: Penting untuk terus merangsang minat siswa terhadap matematika dengan menyoroti aplikasi praktis dari konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari dan menampilkan sisi yang menarik dari subjek tersebut.
*Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Mendukung: Guru perlu menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan mendukung di mana siswa merasa nyaman untuk mengajukan pertanyaan, berbagi pemikiran, dan melakukan kesalahan tanpa takut dihakimi.
Nama : Radiatul Syafa’ah
NIM : 825993211
UPBJJ : UT Palangka Raya
Hasil analisis terhadap video pembelajaran yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” dapat saya simpulkan bahwa proses pembelajaran tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan.
Kelemahan yang ada pada video pembelajaran yaitu tidak adanya kegiatan pembuka yang baik karena tidak ada salam, do’a, absensi, apersepsi, serta motivasi untuk memulai proses pembelajaran dengan semangat tidak dilaksanakan. Kegiatan menyenangkan seperti menyanyi ataupun ice breaking pun tidak dilaksanakan sehingga terlihat dengan jelas bahwa siswa tidak semangat dan tidak tertarik untuk belajar. Proses pembelajaran langsung dimulai ke kegiatan inti yaitu proses penyampaian materi pelajaran. Siswa pun belum kondusif tapi guru tetap langsung memulai proses penyampaian materi sehingga penjelasan guru diabaikan oleh siswa, seharusnya guru mengkondisikan kelas terlebih dahulu. Selain pengelolaan kelas seorang guru yang kurang, guru juga tidak menggunakan alat peraga ataupun media ajar sehingga siswa lebih sulit untuk menerima materi pembelajaran. Kegiatan penutup seperti menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari juga tidak ada.
Kelebihan yang ada pada video pembelajaran yaitu guru mampu memanfaatkan relasi terhadap orang tua murid yang memiliki profesi yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Guru dapat memikirkan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dapat menyukai matematika dengan cara mendatangkan seorang narasumber. Dengan adanya seorang narasumber, siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk menyukai pelajaran matematika. Terlebih lagi dengan adanya gambar yang digunakan oleh narasumber tersebut dapat membuat siswa lebih mudah untuk memahami maksud dari penjelasan yang disampaikan. Siswa menjadi paham alasan mengapa siswa harus bisa menguasai pelajaran matematika.
Nama : Rama Satria Hasibuan
Nim: 855858356
Pokjar : Labuhan Batu Utara
Upbjj: Medan
Yang saya dapat masalah dari video tersebut adalah guru hanya menggunakan metode belajar yang monoton, misalnya hanya menggunakan metode ceramah, yang mana sudah pasti siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran. karena kurangnya interaksi dan pendekatan dari guru ke siswa yang menyebabkan siswa sibuk sendiri dengan kegiatan yang mereka lakukan masing-masing seperti bermain dan bercerita bersama teman sebangku, menyoret-nyoret buku, serta mengobrol sehingga kelas menjadi tidak kondusif dan semakin membuat siswa menjadi tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Sephia Oktari
Nim : 856472451
Prodi : PGSD
Pokjar Dumai – UPBJJ Pekanbaru
Judul video : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
Sumber video : Portal Guru Pintar Online
Ringkasan isi video : Video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Menurut hasil analisis video pembelajaran yang saya amati ini adalah sebagai berikut :
Terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran pada video “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”,yakni
1. Guru tidak melakukan keterampilan dalam membuka pembelajaran secara efektif seperti memulai pelajaran dengan membaca doa,menanyakan kabar siswa serta mengabsen terlebih dahulu.
2. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran matematika pada hari itu.
3. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang bisa membangkitkan semangat siswa seperti bernyanyi, atau ice breaking sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika.
4. Guru kurang menguasai kondisi kelas, baik kendala apa yang dialami oleh murid sehingga membuat mereka tidak senang mengikuti pelajaran matematika yang dianggap sulit tersebut.
5. Guru belum melakukan kegiatan pembuka salah satunya menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.
6. Tidak adanya media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat menjelaskan pembelajaran matematika, sehingga membuat para murid sulit untuk memaknai apa maksud dari pembelajaran tersebut.
7. Guru kurang menerapkan keterampilan bertanya sehingga pembelajaran terlihat monoton dan tidak terlalu melibatkan keaktifan peran siswa dalam proses pembelajaran.
Sementara itu,terdapat pula beberapa kelebihan dalam pembelajaran dari video “ Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”, yakni
1. Guru mengundang narasumber untuk berbagi pengalaman menjadi arsitek yang menyenangkan, hingga membuat para murid termotivasi dan semangat dalam menerima pembelajaran matematika.
2. Penyampaian narasumber tersampaikan secara jelas dan mudah diterima oleh siswa.
3. Penggunaan media berupa gambar bangunan oleh arsitek sehingga membuat murid senang,tertarik dan mengerti maksud dari penjelasannya.
4. Guru sudah baik dalam menerapkan keterampilan bervariasi dalam proses pembelajaran yakni dengan mendatangkan langsung narasumber sebagai alternatif dalam fasilitator pembelajaran.
Nama : Ita Ermawati
NIM : 858540804
Dari tayangan vidio “Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika” dapat dilihat bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang menarik minat anak untuk belajar matematika, guru masih menggunakan media papantulis dan metode berceramah, maka untuk menarik minat anak dalam belajar matematika guru harus mempunyai strategi agar anak menyukai pembelajaran matematia, mungkin slah satu contoh dalam vidio tersebut dengan mendatangkan pakar seperti arsitek atau lainnya, selain itu guru juga bisa menggunakan bahan alam dan benda benda konkrit dalam pembelajarana agar lebih menarik minat anak dalam belajar.
Nama : Dewi Puspita Sari
NIM : 856977433
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Kotaagung
UPBJJ : Bandar Lampung
Menurut saya, setelah menonton video tersebut saya dapat menganalisis Kekurangan dalam video “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
1) Dalam video guru tidak memulai pelajaran dengan membaca doa dan mengbsen terlebih dahulu.
2) Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pelajaran matematika pada hari itu.
3) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang seru seperti bernyanyi, sehingga mmebuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika.
4) Guru kurang menguasai kondisi kelas, baik kendala apa yang dialami oleh murid sehingga membuat mereka tidak senang mengikuti pelajaran matematika yang dianggap sulit tersebut.
5) Guru bisa menggunakan alat pengeras suara jika memang dirasa memungkinkan para murid bisa mendengar penjelasan guru didepan kelas.
6) Tidak nampaknya fasilitas dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat menjelaskan pembelajran matematika, sehingga membuat para murid sulit untuk memaknai apa maksud dari penjelsan guru tersebut.
Kelebihan dalam video “ Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
1) Guru mengundang narasumber untuk berbagi pengalaman menjadi arsitek yang menyenangkan, hingga membuat para murid terkagum melihat dan mendengarnya dan menimbulkan rasa penasaran mau mempelajari matematika.
2) Siswa terlihat faham tentang penjelasan yang disampaikan oleh seorang arsitek tersebut.
3) Arsitek tersebut menggunakan media berupa gambar bangunan yang ia buat kepada murid sehingga membuat murid senang dan mengerti maksud dari penjelsan itu.
4) Siswa sangat antusias mendengar penjelsan dari arsitek tersebut, mereka tampak mendengarkan penjelsan yang disampaikan olehnya.
Solusi dan saran untuk memperbaiki pembelajaran tersebut adalah:
Pembelajaran matematika memang dikenal sulit namun guru hendaknya dapat mengemas pembelajaran agar dapat menarik dan disukai siswa, serta tidak monoton, dan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik seperti permainan, diskusi, ataupun kelompok serta menggunakan bahan bahan seperti origami, kardus sehingga dapat membuat anak senang dalam belajar . Sebaiknya guru saat membuka pembelajaran melakukan ice breaking atau yel-yel yang dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar matematika, guru juga perlu mengelola kelas agar kelas menjadi efektif dan kondusif seperti penuh kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan anak dan keantusiasan dalam mengajar, dapat menggunakan kata-kata atau tindakan yang dapat membangkitkan partisipasi anak menggunakan berbagai variasi yang dapat menghilangkan kebosanan, selain dari pengelolaan kelas dan variasi membuka dan menutup pembelajaran hal yang terpenting dalam pembelajaran adalah memilih metode yang tepat agar Pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa serta penggunaan media pembelajaran yang efektif dan menarik agar dapat memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran.
Nama : Sephia Oktari
NIM : 856472451
Prodi : PGSD
Pokjar Dumai-UPBJJ Pekanbaru
Judul video : “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika”
Sumber video : Portal Guru Pintar Online
Ringkasan video : Video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Hasil analisis video :
Menurut saya terdapat beberapa kekurangan dari pembelajaran pada video tersebut,yakni :
1. Guru tidak menerapkan keterampilan membuka pembelajaran seperti mengajak untuk berdoa, menanyakan kabar serta mengabsensi siswa.
2. Guru kurang dalam mengelola kelas, sehingga proses pembelajaran terlihat monoton dan tidak membuat siswa menjadi semangat.
3. Tidak adanya media pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memaknai pembelajaran tersebut.
4. Guru kurang dalam melakukan keterampilan bertanya, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
5. Tidak adanya kreasi dalam mengajar untuk membangkitkan semangat siswa seperti mengajak bernyayi, bermain game atau ice breaking.
Sementara itu, terdapat pula beberapa kelebihan dalam pembelajaran dari video tersebut,yakni :
1. Guru berinisiatif tinggi untuk mengundang narasumber untuk berbagi langsung pengalaman menjadi arsitek kepada siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan timbul ingin tahu untuk mempelajari matematika.
2. Penyampaian arsitek yang cukup jelas dan mudah diterima dan dipahami oleh siswa.
3. Guru sudah melakukan keterampilan bervariasi yang cukup baik, yakni dengan mendatangkan langsung narasumber sebagai alternatif fasilitator pembelajaran.
Nama : Sephia Oktari
NIM : 856472451
Prodi : PGSD
Pokjar Dumai-UPBJJ Pekanbaru
Judul video : “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika”
Sumber video : Portal Guru Pintar Online
Ringkasan video : Video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Hasil analisis video :
Menurut saya terdapat beberapa kekurangan dari pembelajaran pada video tersebut,yakni :
1. Guru tidak menerapkan keterampilan membuka pembelajaran seperti mengajak untuk berdoa, menanyakan kabar serta mengabsensi siswa.
2. Guru kurang dalam mengelola kelas, sehingga proses pembelajaran terlihat monoton dan tidak membuat siswa menjadi semangat.
3. Tidak adanya media pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memaknai pembelajaran tersebut.
4. Guru kurang dalam melakukan keterampilan bertanya, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
5. Tidak adanya kreasi dalam mengajar untuk membangkitkan semangat siswa seperti mengajak bernyayi, bermain game atau ice breaking.
Sementara itu, terdapat pula beberapa kelebihan dalam pembelajaran dari video tersebut,yakni :
1. Guru berinisiatif tinggi untuk mengundang narasumber untuk berbagi langsung pengalaman menjadi arsitek kepada siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan timbul ingin tahu untuk mempelajari matematika.
2. Penyampaian arsitek yang cukup jelas dan mudah diterima dan dipahami oleh siswa.
3. Guru sudah melakukan keterampilan bervariasi yang cukup baik, yakni dengan mendatangkan langsung narasumber sebagai alternatif fasilitator pembelajaran.
NAMA : Novi Susilawati
NIM : 857465348
UT BANDUNG
Assalamu’alaikum Wr Wb
dari hasil analisis video, saya dapat simpulkan :
Pada video SD6 – Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika, Guru berupaya meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menghadirkan narasumber yang profesional. Tujuannya agar siswa termotivasi untuk menyukai pelajaran matematika.
Namun banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai pendidik utuk meningkatkan minat belajar siswa, yaitu dengan cara guru menjadi kreatif dalam memilih metode, sumber belajar, dan media belajar tanpa perlu selalu menghadirkan narasumber dalam setiap pembelajaran.
Dalam video tersebut guru juga tidak mengkondisikan siswa pada tahap awal pembelajaran, dan tidak melakukan apersepsi.
Nama : Riffa Luqiana M
NIM : 867466751
UT Bandung
Assalamualaikum,
dari hasil analisis video, saya dapat menyimpulkan bahwasanya guru berupaya meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran matematik dengan menghadirkan narasumber yang profesional tujuannya untuk menarik minat siswa dan membuat siswa termotivasi untuk belajar matematika dengan giat dan tekun. namun, banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai pendidik untuk meningkatkan minat belajar siswa, yaitu dengan cara guru menjadi lebih kreatif dalam memilih metode, sumber belajar, media belajar tanpa selalu menghadirkan narasumber. dalam video tersebut guru juga tidak mengkondisikan siswa pada tahap awal pembelajaran dan tidak melakukan apersepsi.