Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

877 Comments

  1. Nama : Santi Ria Ananda
    NIM : 856980202
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Baradatu
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Saya sangat setuju dengan kak Nurhasanah, menurut saya dalam pembelajaran tersebut guru tidak menerapkan keterampilan dasar dalam mengajar di kelas tidak adanya keterampilan membuka menutup pembelajaran, menjelaskan, mengelola kelas dan media pembelajaran yang tidak ada digunakan, Pembelajaran yang diberikan guru sangat monoton sehingga siswa kurang suka dalam pembelajaran matematika. Pengelolaan kelas yang tidak baik menyebabkan anak banyak yang ribut,mengobrol bahkan bermalas-malasan dalam belajar ,tidak adanya penggunaan media pembelajaran juga membuat siswa bosan dan sulit untuk memahami.

  2. Nama : Nurul Aini
    NIM : 857698963
    Semeseter : 8
    Pokjar : Kebunagung
    Menurut vidio berjudul “siswa tidak menyukai matematika” yang telah saya tonton. Siswa terlihat sekali memberikan respon yang memang tidak suka dengan pelajaran matematika. Bahkan ada beberapa siswa yang bersorak tidak suka. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembuka pembelajaran dan juga apersepsi, sehingga siswa tidak ada motivasi atau dorongan untuk belajar matematika. Siswa terlihat gaduh atau enggan untuk memperhatikan. Hal tersebut, bisa disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru tidak menarik dan juga tidak adanya media pembelajaran yang mendukung agar siswa suka dan semangat akan pelajaran matematika.
    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru memberikan motivasi dengan cara mendatangkan seorang narasumber insinyur arsitektur. Ketika narasumber tersebut memasuki kelas dan memulai untuk berargumentasi, siswa langsung berinisiatif untuk diam dan memperhatikan, juga sesekali menjawab atau mengajukan pertanyaan oleh narasumber. Dari video tersebut kita bisa melihat bahwa dalam pembelajaran hendaknya guru melakukan pembelajaran sesuai tahapan mulai dari pembuka,isi maulun penutup pembelajaran, menggunakan model dan media pembelajaran yang mendukung dan menarik. Dengan begitu siswa akan suka dengan matematika.

  3. Nama : Melati F. sihaloho
    NIM : 856054412
    Pokjar : samosir
    UPBJJ : medan

    Menurut saya, kegiatan belajar dan mengajar pada vidio di atas sangat tidak kondusif. Guru kurang menguasai kelas dan kurang tegas terhadap siswa.
    Adapun saat guru mengundang tokoh yaitu insinyur untuk menarik minat siswa tetap saja seharus nya mengundang tokoh yang dapat menguasai interaksi dengan anak SD yaitu percakapan yang menarik dan interaktif.
    Sekian dan terimakasih.

  4. Nama : Melati F. sihaloho
    NIM : 856054412
    Pokjar : samosir
    UPBJJ : medan
    Menurut saya, kegiatan belajar dan mengajar pada vidio di atas sangat tidak kondusif. Guru terlihat kurang menguasai kelas dan kurang tegas terhadap siswa.
    Adapun saat guru mengundang tokoh yaitu insinyur untuk menarik minat siswa tetap saja seharus nya mengundang tokoh yang dapat menguasai interaksi dengan anak SD yaitu percakapan yang menarik dan interaktif.
    Sekian dan terimakasih.

  5. Nama : WIWIN WINARTI
    NIM : 857332953
    Pokjar : Bogor – Selatan
    UPBJJ : Bogor
    Menurut saya setelah menonton dan memperhatikan video pembelajaran tersebut, guru belum bisa mengkondisikan kelas dengan baik, dalam membuka kelas terlalu monoton sehingga peserta didik tidak tertarik dalam belajar matematika. belum dapat menciptakan suasana kelas dan belajar yang menyenangkan. metode yang diberikan tidak menarik sehingga peserta didik tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik sangat kurang sehingga pembelajaran tidak berpusat pada murid. tidak adanya media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik sulit memahami materi yang diberikan.
    saran perbaikan :
    membuat suasana kelas yang menyenangkan sehingga peserta didik semangat untuk mengikuti pembelajaran
    menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami peserta didik
    membangun motivasi belajar peserta didik dalam belajar matematika.

  6. NAMA : RAHMA YANA HASIBUAN
    NIM : 856025253
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : LABUHANBATU SELATAN
    UPBJJ : MEDAN

    Setelah saya Mengamati Vidio Pembelajaran dengan Judul : “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di dalam vidio tersebut memang benar banyak siswa yang kurang atau tidak menyukai pelajaran matematika, dan kurang konsentrasi dalam pembelajaran. Kita sebagai guru harus peka terhadap sikap dan perilaku siswa walaupun dalam pembelajaran kita sudah menerapkan atau menggunakan media pembelajaran alternatif seperti papan tulis dan alat tulis yang bisa membantu kita saat mengajar agar siswa memahami pembelajaran.
    * Adapun Kelemahan dari vidio dengan Judul : “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” adalah:
    1). Di dalam vidio tersebut Tidak ada pembuka dan penutup pelajaran seperti salam dan sapa sehinggan kesiapan anak-anak kurang
    2). Jumlah siswa di kelas tersebut terlalu banyak, sehingga konsentrasi belajar siswapun berkurang dan tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi
    3). Guru kurang memotivasi siswa
    4). Guru kurang tegas terhadap siswa sehingga ada beberapa siswa yang bermain-main saat guru sudah memulai pembelajaran
    5). Pembelajaran monoton, Guru kurang kreatif dan tidak menyiapkan media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa
    * Adapun Kelebihan dari vidio dengan Judul : “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” adalah:
    1). Guru Mendatangkan Narasumber/ insinyur seorang arsitek untuk membantunya memberikan penjelasan dan pemahaman sehingga memotivasi siswa
    2) Narasumber atau Arsitek tersebut menggunakan media berupa gambar bangunan yang ia buat sendiri dan memperlihatkannya kepada siswa sehingga
    membuat siswa senang dan mengerti.
    * Keunikan Vidio tersebut adalah : Guru mendatangkan seorang insinyur yang merupakan wali murid disekolah tersebut.
    * Solusi untuk mengatasi permasalahan terhadap siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika yaitu dengan cara :
    1). Guru harus mengubah gaya belajar, memotivasi siswa, membuat media dan metode baru yang bervariasi sehingga pembelajaran tidak monoton yang
    membuat siswa cepat bosan dalam pembelajaran matematika.
    2). Guru memulai pembelajaran dengan kegiatan yang seru seperti bernyanyi, Melakukan Ice Breaking atau kegiatan pembuka lain yang menyenangkan
    sehingga membuat siswa bersemangat mengikuti pelajaran matematika.

  7. Nama : Irfanni Hutasoit
    NIM : 877527323
    Prodi : PGSD
    UPBBJ : MEDAN
    1. Masalah yang dihadapi siswa pada video tersebut adalah siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenaan karena metode atau cara pengajaran yang dilakukan guru masi terlihat monoton yaitu hanya metode ceramah yg bisa mengakibatkan siswa merasa bosan dan tidak menyukai pelajaran tersebut. Hal yang menyulitkan siswa dalam belajar adalah terkait materi pembelajaran.Banyak siswa yang merasa tidak puas dengan materi yang dipelajarinya, terutama materi yang berkaitan dengan operasi hitung seperti pembagian dan perkalian .Namun ada juga siswa yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran selain operasi aritmatika, misalnya mata pelajaran yang berkaitan dengan rumus geometri.
    2. Strategi yang perlu dibuat adalah dengan cara memberikan materi secara menari misalnya seperti Metode Gasing, yaitu suatu metode yang sering disebut gampang, asyik, menyenangkan yang bisa membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Bisa juga dengan Berikan siswa kesempatan untuk memilih cara mereka belajar matematika dan kecepatan yang paling sesuai dengan kemampuan mereka.Jika ada perbedaan antara seorang anak dan rata-rata siswa di kelas, berikan mereka materi yang berbeda dan pertanyaan yang berbeda.Hal ini memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan atau memantapkan dasar matematika anak melalui perhatian khusus.Ketika rasa percaya diri siswa meningkat dan siswa mulai menguasai pelajaran, maka guru dapat secara bertahap mengurangi perhatian dan meningkatkan kadar pelajaran. Guru sebagai pelopor proses belajar mengajar hendaknya berupaya meningkatkan mutu pembelajaran agar tidak monoton dan membosankan.Salah satu kemungkinannya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang berbeda serta penggunaan media pembelajaran yang berbeda.

    3. Mendatangkan narasumber dapat memotivasi belajar siswa karena dengan mendatangkan narasumber ke dalam kelas bukan hanya sebagai cara untuk memperkaya materi yang diberikan guru, namun juga sebagai cara untuk memperluas wawasan siswa, memperdalam pemahaman, dan mengenalkan pada lingkungan. Selain itu, pengenalan narasumber akan merangsang motivasi dan minat siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan adanya narasumber siswa dapat pengetahuan baru dari pengalaman yang telah diceritakan, sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk tetap semangat belajar dan mencapai cita cita.

  8. Nama : Melly Nursyawalia
    NIM : 859403874
    UPBJJ : Makassar
    Nama Tutor : Unga Utami, S.Pd, M.Pd

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : Reaksi anak pada video yang saya simak yaitu mereka menjadi riuh dan tidak fokus kepada pelajaran yang dipelajari yaitu matematika karena mereka rata-rata tidak menyukai pelajaran matematika, karena dirasa membosankan dan sulit untuk dipahami. Namun, saat diberitahukan tentang seorang arsitek mereka memperhatikan kelas karena mereka termotivasi karena arsitek tersebut mampu menyampaikan pelajaran dengan baik.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Kelemahan yang ada pada video tersebut yaitu cara memotivasi siswa yang harus menghadirkan pakar matematika dari berbagai profesi untuk membangun semangat siswa yang apabila di suatu sekolah berada di daerah yang tidak mampu menghadirkan pakar matematika, apakah siswa di daerah tersebut akan selamanya tidak menyukai matematika? tentu saja hal tersebut bukanlah suatu solusi untuk membuat siswa menyukai matematika.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Kelebihan yang ditunjukkan oleh guru adalah dengan membawa pakar matematika yaitu seorang arsitek untuk memotivasi siswa agar menyukai matematika, karena profesi seorang arsitek merupakan profesi yang keren menurut para siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab: Hal yang unik yang dapat ditemukan dalam video tersebut adalah dengan menghadirkan pakar matematika sehingga siswa bersemangat belajar karena langsung diajarkan oleh orang yang paham cara menyampaikan matematika dan memotivasi mereka untuk juga bisa menjadi orang yang hebat karena menguasai matematika.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab : Setelah memperhatiakn kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada pada video, hal yang dapat saya usulkan yaitu seorang guru hendaknya memiliki kemampuan untuk membuat siswanya menyukai matematika tanpa perlu harus mengajak seorang pakar untuk menyelesaikan solusi kepada siswa yang tidak menyukai matematika.

  9. Nama dona Larasati
    856982854
    Upbjj bandar Lampung
    Setelah mengamati vidio saya tau bahwa masalah dalam pembelajaran dikelas ini adalah siswa kurang tertarik jika penjelasan belajar matematika ini tanpa, adanya motivasi dari orang lain selain guru yang mengajar, makan dari itu kita sebagai guru harus bisa memberikan motivasi belajar siswa dengan cara memberi arahan mengenai hal-hal menarik.

  10. Nama: Anisa Desrianingsi
    Nim: 859403541
    Pokjar: Wajo
    UPBJJ: Makassar
    Menurut saya setelah mengamati video pembelajaran yang berjudul “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika” terdapat beberapa kekurangan dalam mengelola kelas, yang pertama yaitu tidak ada pembuka sebelum memasuki materi. Contohnya saat memasuki kelas hendaknya menyapa siswa dengan ramah dan sambut dengan senyum, kemudian mengecek kehadiran siswa untuk memastikan semua siswa hadir. Selanjutnya Memulai kelas dengan pembukaan yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Setelah berjalannya materi sebaiknya diselingkan dengan permainan-permainan sehingga siswa tidak bosan, itu salah satu upaya untuk membuat kelas tetap hidup dan menyenangkan.
    Adapun kelebihan dalam video tersebut adalah dengan mendatangkan narasumber, sehingga dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/