silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

739 Comments

  1. WENI WIDIA
    857317721
    UPBJJ UT-BOGOR

    Setelah menonton video yang berjudul Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika terlihat bahwa di awal pembelajaran banyak siswa yang belum dapat fokus pada apa yang disampaikan guru, siswa hanya dapat memerhatikan guru pada saat pembelajaran berlangsung namun belum semuanya dapat konsentrasi hal itu dapat memperlambat pemahaman siswa dalam materi matematika dan membuat siswa menjadi tidak menyukai pelajaran tersebut.
    Suatu hal yang telah dilakukan guru pada video tersebut sudah cukup baik yaitu dengan mendatangkan ahli atau narasumber terkait pembelajaran matematika dengan begitu akan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Cara lain yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menumbuhkan minat belajar matematika adalah dengan penggunaan alat peraga dan suasan yang menyenangkan pada setiap pembelajaran matematika dengan melakukan itu pembelajaran akan lebih bermakna dan siswa dapat menyukai pelajaran matematika.

  2. Nama: jihan agung setiawan
    Nim: 855736205
    Upbjj: bandar lampung

    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya melihat video di atas,menurut saya anak anak di kelas tersebut belum begitu mengerti dengan mendatangkan seorang arsitek guna menjelaskan pelajaran matematika itu begitu penting untuk jadi seorang arsitektur,secara mereka kan masih duduk di sekolah dasar,yang terpenting bagi anak sekolah dasar kan terutama mereka itu senang belajar matematika,karena yang saya lihat mereka itu kurang minat dalam belajar matematika,mungkin sebagai guru itu harus mengajarkan matematika dengan metode yang lebih menyenangkan lagi,misalnya kalo kita belajar mengerti rumus sebuah persegi,kita ibaratkan kolam ikan,rumus persegi panjang kita ibaratkan lapangan sepak bola,rumus kubus kita ibaratkan kardus,dan lain sebagainya.itu kalau kita akan mengajarkan pelajaran bangun ruang.terimakasih

  3. Nama : Alda Safitri
    Nim : 856757992
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Gelumbang
    Setelah saya mengamati video tersebut, upaya seorang guru untuk membuat siswa menyukai pelajaran matematika sudah baik dengan mendatangkan seorang wali murid seorang arsitek. Dengan tujuan supaya siswa bisa tertarik untuk belajar matematika dan dikasih tau manfaat dari belajar matematika tersebut. Dan sebaiknya juga guru tersebut sebelum memulai pelajaran mengucapkan salam terlebih dahulu, dilanjutkan dengan doa terlebih dahulu. Guru tersebut sebaiknya melakukan kesiapan kelas terlebih dahulu dengan mengondusifkan kelas supaya kelas siap untuk belajar. Seperti mengalihkan perhatian siswa dengan melakukan ice breaking. Setelah siap dan tidak ada lagi siswa yang ribut dikelas baru mulai pelajaran matematika tersebut. Dan guru tersebut juga bisa mencari metode belajar yang baik agar siswa bisa lebih tertarik untuk belajar matematika.

  4. Nama : Haula Fitria
    Nim : 877317489
    Pokjar : UPBJJ UT- Kab.Blitar
    setelah mengetahui dari video singkat tersebut, dan ada siswa yang tidak merespon saat mengajar, sikap dan saran yang tepat kita sebagai seorang pendidik sebagai berikut :
    1. Jangan segera menarik kesimpulan negatif, tapi ajak bicara siswa untuk memahami masalahnya.
    2. Berikan dukungan tambahan seperti bimbingan belajar jika dibutuhkan.
    3. Komunikasikan dengan orang tua siswa untuk memperoleh pemahaman lebih lanjut.
    4. Variasikan metode pengajaran untuk melibatkan siswa lebih aktif.
    5. Perhatikan isu kesehatan mental dan tawarkan dukungan sesuai kebutuhan.
    6. Berikan umpan balik yang positif dan dorong partisipasi aktif.
    7. Kolaborasi dengan rekan guru untuk mendapatkan saran tambahan.
    Intinya, tetap terbuka, empatik, dan fleksibel dalam membantu siswa dalam mengatasi tantangan yang mereka sedang hadapi.

  5. Nama : Ilham Firdaus
    NIM : 857112001
    UPBJJ : UT Jakarta

    Setelah saya menyaksikan video yang berjudul Tidak Menyukai Mata Pelajaran Matematika. Saya sangat setuju dengan langkah yang diambil oleh guru tersebut, yaitu dengan mengundang guru tamu seorang arsitek yang dimana besar kaitannya pembelajaran matematika dengan profesi arsitek tersebut. Sehingga siswa mendapatkan gambaran betapa pentingnya harus menyukai pembelajaran matematika terhadap masa depannya.

    Selain itu para siswa juga termotivasi untuk lebih giat belajar, dan dapat mengetahui tujuan pembelajaran matematika dan menunjukkan materi yang dipelajari selama disekolah akan berguna dimasa yang akan datang.

    Cara lain seorang guru untuk menumbuhkan minat belajar para siswa di SD yaitu dengan cara menggunakan alat peraga (metode demonstrasi) dan menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas sehingga pembelajaran matematika akan lebih bermakna dan siswa akan menyukai pembelajaran matematika.

  6. Nama :Mutiah Maidarani Sitorus
    Nim. : 855857401
    UPBJJ : UT Medan
    POKJAR: LABURA
    Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatu…
    setelah saya menonton video di atas dengan judul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” dari vidio tersebut kelihatan siswa tidak semangat untuk belajar matematika ini mungkin karna mereka memanggap bahwa matematika ini adalah monster yg penuh dengan pemahaman dan hafalan rumus.Saya juga sangat terkesan dengan apa yg dilakukan guru tersebut yang telah mendatangkan seorang arsitek yang menjelaskan dan menggambarkan betapa pentingnya Matematika dalam pendidikan dan kehidupan nyata. ada hal yang perlu juga diketahui bahwa pentingnya bagi seorang guru untuk memahami setiap karakter anak dengan memiliki gaya belajar yang berbeda. alangkah baiknya kita menyesuaikan pendekatan-pendekatan yang tepat dengan kebutuhan individu tiap anak.

  7. Nama : IMA ZAIMATATI
    Nim : 856995764
    Pokjar : KOTAAGUNG

    Setelah saya telaah dan perhatikan video ini didalam ruangan kelas tersebut hal yang dapat saya lihat banyak sekali murid yang tidak fokus belajar disaat pembelajaran di mulai dan yang saya lihat seorang guru tersebut mengundang narasumber untuk meningkatkan keaktifan belajar dan setelah saya analisis mengundang narasumber lain belum tentu bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa ,jadi sebagai seorang guru yang profesional kita lebih harus memberikan motivasi bahwa pelajaran matematika itu sangat menyenangkan dengan memberikan motivasi membuat anak perlahan demi perlahan menyukai pelajaran matematika tersebut ,dan sebagai seorang guru kita harus mampu menciptakan suasana yang nyaman dan aman dengan dimulainya kelas akan menjadi kondusif tidak seperti yang terlihat di dalam video ini,serta ketika kita menjelaskan materi kita harus mampu menguasai materi secara jelas dan mudah dipahami oleh murid-murid tersebut , selain itu kita juga bisa menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan permainan seperti tentang cerita yang mengenai matematika,teka teki dan tidak hanya itu memadukan matematika dengan dunia nyata akan membuat pembelajaran anak-anak tersebut lebih menyenangkan dan mudah dipahami dengan mulai anak akan menyukai pelajaran matematika.

  8. NAMA : TRI SETYOWATI
    NIM : 857698773
    POKJAR : KEBONAGUNG

    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya melihat video diatas, memang benar terlihat siswa awalnya mayoritas bahkan hampir semua siswa tidak minat seperti tidak menyukai pelajaran Matematika, mungkin mereka merasa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Sehingga siswa punya motivasi untuk mengikuti pelajaran Matematika. Oleh karena itu guru dituntut agar aktif dan kreatif memikirkan cara bagaimana mengembangkan minat rasa suka terhadap pelajaran Matematika. Yaitu salah satunya mendatangkan narasumber yang berkaitan langsung dengan pelajaran Matematika, sehingga siswa termotivasi belajar da mengikuti pelajaran dengan senang. mereka akan berfikir dan bersemangat dalam belajar Matematika untuk mewujudkan impian dan cita-citanya sebagaimana yang mereka impikan.

  9. Nama: Yuli Ayunda
    Nim: 855856789

    Salah satu cara untuk membuat peserta didik tidak bermalas-malasan dalam belajar matematika adalah dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi atau mendatangkan ahli terkait pembelajaran matematika dengan begitu akan menumbuhkan motivasi belajar siswa.

  10. Nama:Sabilla Dinda Buana
    Nim:856050074
    Salut:Asahan

    Setelah menonton video tersebut sangat terlihat jelas bahwa banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran mate matika di awal pembukaan pembelajaran saja sangat terlihat bahwa siswa sangat riuh dan tidak peduli akan pelajaran tersebut.Maka dari itu sebagai guru hendak lah kita memunculkan ide ide kreatif dengan mencari jenis pembelajaran menggunakan media yang mungkin lebih menarik perhatian dan keinginan belajar mereka.Dengan ada nya media pembelajaran yang menarik besar kemungkinan keinginan belajat siswa lebih menikmat bahkan bisa jadi mereka malah menyukai pelajaran tersebut.dan sebagai guru kita jangan terlalu keras mendidik mereka terkhusus nya pada pelajaran mate matika ini

Leave a Reply