silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Tonny Asenah
NIM : 856997388
Pokjar : Way Tenong
Setelah melihat video” Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” diatas saya mendapati hal berikut ini :
Kelebihan:
1. Pemateri dari profesi yang relevan (arsitek) memberikan contoh nyata penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, membantu siswa memahami konsep dengan lebih jelas.
2. Kehadiran pemateri dari profesi terkait dan contoh penerapan matematika dalam kehidupan nyata dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk belajar matematika.
Kekurangan
1. Metode pembelajaran yang terpusat pada guru (teacher-centered) membuat siswa kurang terlibat aktif dalam proses belajar.
Kurangnya persiapan dan evaluasi: Tidak ada sapaan di awal dan akhir pembelajaran, serta media evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
2. Terlihat dari video, beberapa siswa tidak fokus dan mengobrol saat pembelajaran berlangsung.
Saran
1. Gunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi, eksperimen, atau pemecahan masalah.
2. Lakukan sapaan di awal dan akhir pembelajaran, serta sediakan media evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa.
Menciptakan suasana kelas yang kondusif: Guru perlu menegakkan disiplin dan memastikan semua siswa fokus saat pembelajaran berlangsung.
3. Berikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan memiliki kontribusi dalam proses pembelajaran.
4. Menyediakan LKPD yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan mengukur tingkat pemahaman mereka.
Melakukan parenting di awal pembelajaran: Libatkan orang tua untuk mendukung proses belajar anak di sekolah
5. Akhiri pembelajaran dengan kesimpulan dan penutup
Nama : ROHMAINI
Nim : 856969325
Pokjar : WAY TENONG
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
Setelah melihat video diatas yang berjudul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” saya mendapati beberapa hal yaitu:
Kelebihan:
1. dengan kehadiran arsitek dalam kelas tersebut dapat memberikan motivasi tambahan kepada siswa, agar siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan kehadiran arsitek tersebut dapat menambah variasi dalam pembelajaran.
2. ketika arsitek menyampaikan materi arsitek sebagai contoh sebuah profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat membuat siswa lebih pahan dan jelas mengenai materi konsep bangun ruang.
Kekurangan:
1. Tidak ada apersepsi atau ice briking pada awal pembelaran
2. Metode pembalajaran yang digunakan masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan jenuh.
2. pada awal pembelajaran tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa
3. pada akhir pembelajaran tidak terdapat evaluasi atau kesimpulan dalam pembahasan materi tersebut.
berdasarkan hal tersebut saran saya yaitu:
1. ketika awal pembelajaran hendaknya diberi apersepsi atau ice briking agar anak menjadi semangat dan fokus ketika akan memulai pembelajaran
2. sebelum memulai pembelajarn hendaknya mengecek kehadiran siswa
3. metode yang digunakan bisa diperluas lagi dan diubah agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, seperti menggunakan metode diskusi atau kerja kelompok yang dimana dapat membuat siswa menjadi lebih aktif.
4. ketika di bagian akhir pembelajaran diadakan evalusi/ menarik kesimpulan agar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi yang disampaiakan
Nama: Verti Gusiq Ayu
NIM: 877605774
Pokjar: Prabumulih
Dari Video yang sudah saya tonton bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Guru tersebut hanya berpusat pada Guru, sehingga siswa di dalam kelas kurang memperhatikan guru.
Kelebihan: Menurut saya Guru menghadirkan narasumber di kelas sebagai perwujutan jika menguasai materi bangun ruang kita bisa merancang bangunan dll. Siswa jadi tau kalau belajar matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari
Kekurangan: Menurut saya, guru melupakan apersepsi di awal dan kurang adanya motivasi. Guru juga kurang melibatkan siswa karena siswa hanya monoton duduk di tempatnya masing-masing. Seharusnya disediakan Lembar Kerja siswa bisa dibentuk dalam kelompok membuat salah satu bangun ruang dari karton, sehingga siswa lebih antusias dan tidak bosan. Guru kurang menghidupkan suasana, sebaiknya guru menggunakan strategi menggunakan media dan melalukan Ice Breaking.
Nama : YOGI PRANDESKA PUTRA
Nim : 856969371
Assalamualaikum Wr. Wb
Menurut saya dari vidio yang telah sya tonton kurang dapat menumbuhkan minat belajar siswa di karenakan durasi yang kurang, akan tetapi dengan memunculkan narasumber yang berkompeten merupakan salah satu hal yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam matematika ini. saran saya menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan salah satu tips dan trik hitung cepat dimana ketika siswa sudah antusias dalam pembelajaran matematika guru baru dapat memulai materi materi yang akan di berikan, sekian terima kasih
Wassaslamualaikum, Wr. Wb
Nama : ROHMAINI
Nim : 856969325
Pokjar : WAY TENONG
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
Setelah melihat video diatas yang berjudul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” saya mendapati beberapa hal yaitu:
Kelebihan:
1. dengan kehadiran arsitek dalam kelas tersebut dapat memberikan motivasi tambahan kepada siswa, agar siswa menjadi lebih tertarik dengan pelajaran matematika dan kehadiran arsitek tersebut dapat menambah variasi dalam pembelajaran.
2. ketika arsitek menyampaikan materi arsitek sebagai contoh sebuah profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat membuat siswa lebih pahan dan jelas mengenai materi konsep bangun ruang.
Kekurangan:
1. Tidak ada apersepsi atau ice briking pada awal pembelaran
2. Metode pembalajaran yang digunakan masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan jenuh. 2. pada awal pembelajaran tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa
3. pada akhir pembelajaran tidak terdapat evaluasi atau kesimpulan dalam pembahasan materi tersebut.
berdasarkan hal tersebut saran saya yaitu:
1. ketika awal pembelajaran hendaknya diberi apersepsi atau ice briking agar anak menjadi semangat dan fokus ketika akan memulai pembelajaran
2. sebelum memulai pembelajarn hendaknya mengecek kehadiran siswa
3. metode yang digunakan bisa diperluas lagi dan diubah agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, seperti menggunakan metode diskusi atau kerja kelompok yang dimana dapat membuat siswa menjadi lebih aktif.
4. ketika di bagian akhir pembelajaran diadakan evalusi/ menarik kesimpulan agar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi yang disampaiakan
Nama : Lulu anggun sartika
Nim. : 856969239
Pokjar: Way Tenong
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
Setelah melihat video di atas saya mendapati :
Strategi guru dalam mengajar pada video tersebut sudah sangat baik karena dengan mendatangkan narasumber yang berhubungan dengan mata pelajaran yang di sampaikan oleh guru akan menarik perhatian dan minat siswa akan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika karena berkaitan dengan kehidupan sehari hari
Nama : YULIANA
NIM : 856969396
Setelah melihat video anak-anak diatas tidak menyukai pelajaran matematika.
Kelebihan:
– Penyampaian materi oleh arsitek sebagai contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai konsep bangun ruang untuk siswa.
– guru menjelaskan bahwa belajar matematika sangat penting bagi kehidupan sehari hari.
– guru mengundang wali siswa yang berprofesin sebagai insiyur dan memperlihatkan hasil gambar nya,sehingga siswa mengerti manfaat dari belajar matematika.
Kekurangaan vidio tersebut.
1. Tidak terdapat pengenalan atau sapaan kepada siswa sebelum materi disampaikan yang dapat membuat siswa lebih tenang dan nyaman.
2. Metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat terpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif.
3. Pada vidio tersebut tidak ada sapaan pada awal pelajaran,
4. Siswa kurang aktif pada pembelajaraan ini
5. Tidak adanya penutup pada pembelajaraan.
Saran
pada saat awal pembelajaran harus ada kata sapaan terhadap siswa agar siswa bersemangat , sehingga ada semangat siswa untuk belajar dan membangun siswa semangat belajar. Harus adakan parenting di awal pembelajaran, harus ada lkpd agar guru mengetahui tingkat kemampuan siswa. Dan di akhiri dengan kesimpulan dan penutup.
Nama : Lisnawati
Nim :856969221
Pokjar : Way Tenong
UPBJJ: Bandar Lampung
Menurut saya, setelah melihat video tersebut, memiliki kekurangan yaitu dimana anak – anak tidak menyukai pelajaran matematika karena tidak adanya apersepsi yang dilakukan guna untuk meningkatkan semangat memulai pembelajaran bagi siswa, serta metode pembelajaran juga sebaiknya tidak menggunakan (teacher-centered) karena akan lebih baik jika siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran yang tengah dilakukan.
Dalam video tersebut juga ada kelebihan dalam pembelajaran seperti guru mendatangkan langsung seorang Arsitek, guna memotivasi siswa dan menarik minat siswa dalam menyukai pembelajaran matematika, serta memberikan contoh dalam lingkungan sehari-hari bahwa setiap bangunan yang ada harus adanya perhitungan yang tepat serta teliti.
Nama: Kristina
Nim: 856969199
Pokjar: Way Tenong
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
setelah melihat video pembelajaran diatas saya mendapati bahwa,
kelemahan:
1. ketika awal pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu seperti berdoa, mengecek kehadiran, menanyakan kabar, dan melaksanakan ice breaking untuk membangkitkan semangat dan minat belajar siswa..
2. untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru sebaiknya menggunakan alat peraga/media yang pas agar anak tertarik dan belajar tidak monoton. strategi dan metode pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh untuk menambah semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai..
kelebihan:
1.terlihat bahwa semangat anak belajar matematika masih rendah,, tapi ketika datang narasumber semangat anak meningkat, karena narasumber menggunakan alat peraga yang membangkitkan keaktifan siswa dan minat siswa, minat siswa..
Dari vidio di atas strategi yang di lakukan guru sudah baik, dengan mendatangkan profesi lain yang berhubungan dengan mata pelajaran yang di sampaikan oleh
guru akan membangkitkan minat belajar siswa, dan dapat mengetahui tujuan pembelajaran matematika dan menunjukkan materi yang dipelajari selama disekolah akan berguna dimasa yang akan datang. guru juga bisa membuat media yang berhubungan dengan pembelajaran. Dengan ada nya media pembelajaran yang menarik besar kemungkinan keinginan belajar siswa lebih menikmat bahkan bisa jadi mereka malah menyukai pelajaran tersebut yang sebelumnya siswa tidak memperhatikan guru mengajar menjadi lebih baik. Terimakasih