silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Putri Eka Yuliani
NIM : 857002417
Menurut analisis saya pada video pembelajaran yang dianalisis tdi tentang “siswa tidak menyukai pembelajaran matematika”.
Menurut saya kelemahan dari cara guru mengajar yaitu kurangnya media yang digunakan untuk dalam pembelajaran. Begitupun dengan siswanya, mereka menganggap bahwa pelajaran matematika itu susah dan tidak penting sehingga mereka anggap sepele pelarajaran itu. Dan kelebihannya adalah, Guru mendatangkan narasumber dari luar untuk membangkitkan semangat siswa akan pelajaran matematika. Mereka antusias menyambut tamu dri luar, yaitu seorang arsitek. Arsitek ini membawa sebuah media untuk di perlihatkan kepada siswa, dia juga menjelaskan kalau membangun sebuah bangunan itu tidak boleh sembarang ukur, harus diukur dengan tepat sehingga bangunan tidak cepat rusak, hal ini menarik perhatian siswa sehingga siswa mulai tertarik dan mulai menyukai pelajaran matematika.
Nama : Resti Agustin
Nim : 857002488
Menurut analisis saya pada video pembelajaran tentang “Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika”. Menurut saya kelemahannya cara guru mengajar kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran. Begitu juga dengan siswanya, mereka menganggap bahwa pelajaran matematika susah dan tidak penting sehingga siswa menganggap sepele. Dan kelebihannya guru mendatangkan narasumber dari luar untuk membangkitkan semangat siswa dalam pelajaran matematika. Mereka antusias menyambut tamu dari luar, yaitu seorang arsitek. Arsitek itu membawa sebuah media untuk diperlihatkan kepada siswa dan juga arsitek itu menjelaskan bahwa membangun sebuah bangunan itu tidak boleh sembarang ukur, harus di ukur dengan tepat supaya bangunan tersebut tidak cepat rusak, hal ini menarik perhatian siswa, siswa mulai tertarik dan menyukai pelajaran matematika, bahwa matematika itu menyenangkan.
Fitriana (856241227)
Menurut pendapat saya ketika di awal pembelajaran siswa tidak merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan kedatangan narasumber yang sukses karena menggunakan ilmu matematika siswa termotivasi untuk semangat untuk belajar matematika
Dalam menyampaikan pembelajarannya guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan masih bergantung kepada sumber belajar
Dan kelebihannya guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk membangkitkan motivasi siswa supaya menyukai pembelajaran matematika
Nama: Nor Azirawati
NIM: 856234941
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Kelebihan:
Guru berusaha memperbaiki suasana para siswa dan berusaha membuat mereka tertarik untuk mempelajari pelajaran matematika .
Kelemahan:
✓ Siswa menganggap pelajaran matematika itu sulit dan sangat membosankan
✓ Penggunaan media oleh guru yang tidak maksimal
✓ Pada awal pembelajaran tidak adanya salam pembuka dari guru
Hal unik :
guru mendatangkan narasumber dari luar untuk membangkitkan semangat siswa dalam pelajaran matematika yaitu seorang arsitek
menurut analisis saya pada vidio pembelajaran yang ini,guru kurang menarik siswa untuk belajar matematika,karena guru minimnya alat peraga atau media pembelajaran, sehingga anak berpendapat matematika itu sulit dan sangat membosankan,
guru kurang mengajak anak berinteraksi ya itu dengan salam /ucapan /sapaan pada awal pembelajaran.
minim alat media yang guru gunakan ,
semangat anak bangkit setelah guru mendatangkan nara sumber dari luar yang sangat memotivasi anak untuk belajar matematika.
Nama : Bamelda Aulia Syafna
NIM : 856472168
Prodi : PGSD Pokjar Dumai-UPBJJ Pekanbaru
Judul Vidio : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
Sumber Vidio : Portal Guru pintar Online
Ringkasan vidio : Vidio ini berisi gambaran supaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Hasil analisis video : Menurut saya terdapat beberapa kekurangan dari pembelajaran pada video tersebut yakni: 1. Guru tidak menerapkan keterampilan membuka pembelajaran seperti mengajak untuk berdoa, menanyakan kabar serta mengabsensi siswa. 2 Guru kurang dalam mengelola kelas, sehingga proses pembelajaran terlihat monoton dan tidak membuat siswa menjadi semangat. 3. Tidak adanya media pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memaknai pembelajaran tersebut. 4. Guru kurang dalam melakukan keterampilen bertanya, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 5. Tidak adanya kreasi dalam mengajar untuk membangkitkan semangat siswa seperti mengajak bernyayi bermain game atau ice breaking. Sementara itu terdapat pula beberapa kelebihan dalam pembelajaran dari video tersebut,yakni : 1. Guru berinisiatif tinggi untuk mengundang narasumber untuk berbagi langsung pengalaman menjadi arsitek kepada siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan timbul ingin tahu untuk mempelajari matematika. 2. Penyampaian arsitek yang cukup jelas dan mudah diterima dan dipahami oleh sisws. 3. Guru sudah melakukan keterampilan bervariasi yang cukup baik, yakni dengan mendatangkan langsung narasumber sebagai alternatif fasilitator pembelajaran
nama: Riska Suci Sari Hidayah
nim: 857317667
Menurut analisis atau pendapat saya tentang video tersebut adalah sebelum guru memulai materi pembelajaran sebaiknya melakukan ice breaking agar anak bersemangat dan fokus saaat masuk ke materi pembelajaran. Sebelum mendatangkan narasumber seharusnya guru sudah menjelaskan tentang bangun ruang yang relevan dengan narasumber yang akan dating. Kelemahan guru juga yaitu pada media pembelajaran. Anak akan bingung jika tidak menggunakan alat peraga atau media. Di akhir video anak mulai termotivasi dengan adanya narasumber seorang arsitek tapi guru juga hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan ulang materi bangun ruang.
Nama: Bamelda Aulia Syafna NIM: 856472168 Prodi: PGSD Pokjar Dumai-UBJJ Pekanbaru Judul video: Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika Sumber video: Portal Guru Pintar Online Ringkasan video: Vidio ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunka narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika. Hasil analisis video: Menurut saya terdapat beberapa kekurangan dari pembelajaran pada video tersebut yakni: 1. Guru tidak menerapkan keterampilan membuka pembelajaran seperti mengajak untuk berdoa, menanyakan kabar serta mengabsensi siswa. 2 Guru kurang dalam mengelola kelas, sehingga proses pembelajaran terlihat monoton dan tidak membuat siswa menjadi semangat. 3. Tidak adanya media pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memaknai pembelajaran tersebut. 4. Guru kurang dalam melakukan keterampilan bertanya, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 5. Tidak adanya kreasi dalam mengajar untuk membangkitkan semangat siswa seperti mengajak bernyayi bermain game atau ice breaking. Sementara itu terdapat pula beberapa kelebihan dalam pembelajaran dari video tersebut,yakni: 1. Guru berinisiatif tinggi untuk mengundang narasumber untuk berbagi langsung pengalaman menjadi arsitek tepada siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan timbul ingin tahu untuk mempelajari matematika. 2. Penyampaian arsitek yang cukup jelas dan mudah diterima dan dipahami oleh siswa. 3. Guru sudah melakukan keterampilan bervariasi yang cukup baik, yakni dengan mendatangkan langsung narasumber sebagai alternatif fasilitator pembelajaran
Nama : Desy Risky Ana
NIM : 857102476
Setelah menonton Video pembelajaran tersebut, hal hal yang saya amati antara lain :
1. Guru belum mengkondisikan kelas
2. Tidak ada kegiatan berdoa daan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
3. Guru langsung meminta siswa mengeluarkan alat tulis untuk belajar Matematika
4. Tidak adanya penjelasan materi Matematika yang akan dipelajari
5. Guru mendatangkan seorang Insinyur untuk memotivasi siswa untuk menyukai pelajaran matematika, akan tetapi media yang bapak insinyur bawa kurang terlihat jelas oleh seluruh siswa,penjelasan yang disampaikan juga terlalu cepat
6. Tidak ada kegiatan penugasan, refleksi, dan penutup.
Nama : Siti Zulaikah
Nim : 858703538
Prodi: PGSD S1
Menurut saya pembelajaran diatas, Guru kurang melakukan interaksi kepada siswa seperti tanya jawab. Hal ini membuat siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Dan untuk media pembelajarannya kurang menarik, Mungkin lebih baik memakai media buah-buahan, kue, dll. Agar siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran. Contohnya buah Apel bisa digunakan untuk mengajar materi pecahan pada video tersebut.