silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Himatun Aliyah
NIM : 857585069
Dalam video tersebut, inisiatif guru sudah cukup bagus. Namun menurut pendapat saya, semangat siswa tidak akan bertahan lama. guru harus mencari cara lain agar dapat terus memupuk ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran Matematika. kita dapat menggunakan media pembelajaran yang variatif agar semangat siswa dapat terus tumbuh dan menghilangkan mindset bahwa Matematika itu sulit dan rumit, dan berganti menjadi Matematika itu menyenangkan. di sini kekreatifan guru sangat berperan untuk menghidupkan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan.
Upaya guru tersebut tersampaikan dengan jelas dalam video tersebut, namun menurut saya metode lain dapat digunakan oleh guru untuk mempertahankan minat siswanya terhadap mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, guru dapat lebih meningkatkan semangat siswa, menghilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit dan rumit, serta menjadikannya sesuatu yang menyenangkan. Kreativitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan.
Nama : Retno Juwita Ambarwati
NIM : 858686764
Pokjar : Bojonegoro
UPBJJ-UT : Surabaya
Upaya guru tersebut tersampaikan dengan jelas dalam video tersebut, namun menurut saya metode lain dapat digunakan oleh guru untuk mempertahankan minat siswanya terhadap mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, guru dapat lebih meningkatkan semangat siswa, menghilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit dan rumit, serta menjadikannya sesuatu yang menyenangkan. Kreativitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan.
Nama Saya : Mediana Marleni Faot
NIM : 501372358
Menurut saya upaya yang dilakukan oleh guru tersebut dalam video di atas sudah bagus, namun di sisi lain perlu di perhatikan agar siswa tidak bergantung pada narasumber yang di datangkan tetapi guru juga dapat berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai metode dan media konkret di sekitar untuk dapat menarik minat siswa dalam pelajaran Matematika.
Nama : Widiyaningrum Dewi
NIM : 501252762
UPBJJ : Semarang
Dalam video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”, menurut saya bahwa inisiatif guru untuk menghadirkan seorang arsitek sudah cukup bagus. Namun akan lebih bagus lagi apabila dalam pembelajaran matematika, Guru menggunakan media pembelajaran yang bervariatif agar semangat siswa dapat terus tumbuh dan menghilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit dan rumit, serta menjadikan matematika itu sesuatu yang menyenangkan. Kreativitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana kelas yang aktif, interaktif, dan menyenangkan.
Bedasarkan video yang sudah saya lihat terkait pembelajaran matematika yang tidak disukai siswa dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak bervariatif sehingga menimbulkan kesan bosan terhadap siswa, inisiatif mendatangkan para ahli atau insinyur sudah baik sekali siswa menjadi senang dan termotivasi atas apa yang telah dilakukan insinyur, namun sebaiknya selain itu metode pembelajaran juga lebih diperhatikan, gunakanlah metode pembelajaran variative dan menyenangkna, pakai media pembelajaran yang menunjang materi pembelajaran yang bersifat kontekstual, selain itu gunakan juga sosial media sebagai sarana belajara siswa.
NAMA : MEDIANA MARLENI FAOT
NIM : 501372358
UPBJJ : KUPANG
Dari video tersebut di atas guru kurang mengkondisikan kelas, kurangnya motivasi terhadap siswa sehingga siswa kurang antusias dalam belajar. Selain itu dengan mendatangkan Narasumber pada saat pembelajaran sangat bermanfaat bagi siswa dimana pengalaman-pengalaman baru dapat siswa mengetahui secara langsung, namun dalam video tersebut Narasumber yang didatangkan juga menyampaikan materi secara garis belsar dimana media dan metode yang digunakan menurut saya kurang lengkap sehingga membuat siswa kurang memahami apa yang di sampaikan oleh Narasumber tersebut. Selain itu jika Narasumber sering didatangkan maka siswa akan terbiasa dengan kehadiran Narasumber sehinggga suatu saat guru mereka yang mengajar mereka kurang menyukai dan sebagainya. Oleh karena itu sebagai guru harus memiliki kreativitas dan ide-ide baru untuk mempersiapkan pembelajaran dengan berbagai media dan model pembelajaran yang semesarik mungkin yang membuat siswa aktif dan dapat memahami apa yang di sampaikan oleh gurunya. Terima Kasih.
Nama: PUTRI KUSUMAWATI
NIM : 501200979
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut guru terlihat kurang kreatif dan inovatif dalam menyajikan pembelajaran matematika sehingga minat dan motivasi peserta didik pun sulit terbangun. Dalam pembelajaran matematika guru perlu menyiapkan strategi yang tepat dan metode pembelajaran yang menarik, dan itu bukan hanya mendatangkan narasumber saja, akan tetapi juga sebaiknya guru dalam memaparkan materi menggunakan contoh objek/benda konkrit ataupun alat peraga untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dsampaikan
Menurut saya kelemahannya cara guru mengajar kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran, Dan kelebihannya guru mendatangkan narasumber dari luar untuk membangkitkan semangat siswa dalam pelajaran matematika. Arsitek itu membawa sebuah media untuk diperlihatkan kepada siswa dan juga arsitek itu menjelaskan bahwa membangun sebuah bangunan itu tidak boleh sembarang ukur, harus di ukur dengan tepat supaya bangunan tersebut tidak cepat rusak, hal ini menarik perhatian siswa.
Dalam video tersebut, upaya guru mendatangkan nara sumber dapat menarik minat siswa dalam belajar,guru juga dapat menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi harapannya siswa akan terus termotivasi untuk belajar.