silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Menurut saya cara penyampaian materi oleh guru tersebut sudah cukup jelas.namun hendaknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa semakin bersemangat dan tertarik untuk mempelajari pelajaran matimatika tersebut.Cara penyampaian pelajaran juga harus lebih bervariasi.sehingga murid bisa lebih lama fokus terhadap pembelajaran.Demikian pendapat saya.
upaya guru tersebut sudah baik, namun untuk membuat murid tetap semangat dan menyenangnya di saat pembelajaran guru harus dapat membuat berbagai metode dalam pembelajaran.
Assalammualaikum wr.wb.
Nama : Annisa Okta Rina
NIM : 856821235
Pokjar : Kota Bengkulu
UPBJJ-UT : Kota Bengkulu
Semester : 8
Judul video yang di analisis : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
Dalam video yang saya analisis yang bersinopsis :
Menurut saya setela melihat dan memahami vidio diatas upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan agar siswa tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program tersebut guru mengundang narasumber arsitek untuk menjelaskan manfaat dan membuat siswa menjadi aktif dalam belajar matematika.
Video tersebut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita lihat dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan. Dari keadaan tersebut guru mendatangkan seorang narasumber dari profesi lainnya yaitu seorang walimurid yang profesinya sebagai arsitek. Seorang arsitek tersebut menjelaskan dan menunjukkan karyanya dalam membuat bangun rumah dan Gedung kepada para murid dikelas itu. Para murid dikelas tersebut merasa terheran dan takjub dengan karya seorang arsitek tersebut. Kemudian ia menjelaskan bahwa jika kita ingin membuat bengunan maka keahlian yang harus kita ketahui dan kuasai dahulu adalah mengetahui ilmu menghitung suatu Panjang dan pendek benda dan itu harus menggunakan teori matematika. Dari penjelaskan tersebut para murid akhirnya mengerti tentang pentingnya belajar matematika untuk kebutuhan sehari-hari serta bermanfaat bagi masa depan mereka.
Terimakasi.
Wassalammualaikum wr.wb.
NAMA : EKA MAYASARI HARAHAP
NIM : 878361263
PRODI : S1 PGSD
menurut saya cara mengajar yang disampaikan bapak tersebut sudah sangat bagus, akan tetapi setiap pembelajaran matematika tidak harus dengan mendatangkan narasumber saja sebagai media bahan ajar yang disampaikan bapak tersebut. karena, apabila disaat pembelajaran matematika bapak tersebut tetap mendatangkan seorang narasumber itu sama saja halnya dapat membuat siswa mudah merasa bosan dalam mengikuti kegiatan proses belajar. akan tetapi apabila bapak tersebut dapat menggunakan metode lain sebagai bahan ajar, misalnya langsung dengan praktek ke lapangan ataupun didalam kelas dengan menggunakan bahan seadanya saja dapat meningkatkan rasa semangat dan ingin tahu setiap anak didik terhadap pembelajaran metematika.
(Hasil pengamatan dari video GPO: Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika)
Dari video Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika menurut saya terdapat beberapa kelemahan serta kelebihan yaitu:
Terkadang memang matematika itu merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sangat sulit dan rumit, dimana kita harus berkonsentrasi, bernalar, dan mampu memecahkan masalah.
a. ( Kelebihan dari video yang saya lihat), Dalam video yang saya lihat, inisiatif bapak guru tersebut sudah cukup baik karena dia sudah berinsiatif dengan mendatangkan orang yang lebih mahir lagi dalam bidang tersebut, misalnya pada video dia mendatangkan seorang arsitek, yang mahir ata pakarnya dalam mendesain.
b. ( Kelemahan dari video yang saya lihat)
*karena ini untuk anak SD seharusnya bapak tersebut mendatangkan orang yang lebih sederhana lagi yang cocok atau sesuai untuk anak SD karena kalau dia misalnya seorang arsitek itu terlalu tinggi atau sulit untuk anak SD memahaminya.
* Dan tidak ada penutupan kelasnya seperti berdoa, dan memberi kesimpulan, diakhir pembelajaran.
Nama: Treesye Maria Monintja
NIM: 857131445
UPBJJ: Jakarta
Menurut pendapat saya solusi yang dilakukan oleh guru didalam video untuk menarik minat anak-anak dalam belajar matematika sudah baik, yaitu dengan mendatangkan naras umber. Tetapi solusi ini tidak terlalu efektif karena untuk mendatangkan nara sumber membutuhkan waktu dan beberapa perizinan dan cara ini tidak terlalu efektif. Ada cara lain yang bisa dilakukan oleh guru untuk menarik minat siswa dalam belajar Matematika di kelas, contohnya:
1. Guru dapat menggunakan benda-benda yang ada disekitar untuk melakukan pembelajaran penjumlahan seperti mainan lego, atau guru membawa buah-buahan dari rumah atau mainan mobil-mobilan untuk mengajarkan penjumlahan dan pengurangan.
2. Guru dapat meminta siswa untuk ikut terlibat dalam pembelajaran secara langsung, seperti meminta siswa membawa aneka buah atau makanan untuk pelajaran materi Pecahan. Siswa yang membawa buah/atau makanan akan menjelaskan sendiri didepan kelas bagaimana buah atau makanan itu bisa dipakai untuk menjelaskan sebuah materi tentang pecahan.
3. Guru boleh juga menggunakan metode bermain secara berkelompok, dalam penyampaian materi matematika. jadi guru membangun suasana belajar yang menarik dan tidak monoton.
Dengan ketiga cara diatas, siswa dapat menyukai matematika dan dapat membangkitkan ketertarikan mereka dalam pelajaran matematika.
Demikian tanggapan dari saya.
Terima kasih
Nama : Sidiq Permana Nugraha
NIM : 857402243
Salut Sukabumi
Usaha guru di video di atas sudah baik untuk mengawali ketertarikan murid dalam memandang pentingnya matematika
Di jaman sekarang mungkin dengan penjelasan pengalaman dari insinyur lebih menarik akan lebih bagus ,contoh menggunakan video atau PPT itu pun belum mampu membuat anak konsisten melupakan momok matematika yg sulit dan tidak menarik
Assalamualaikum izin menganalisis video ini ;
Nama : Achmad Farhan
NIM : 857124805
Didalam video tersebut guru kurangnya pendahuluan atau Buat suasana belajar yang menyenangkan dahulu sebelum pelajaran matematika dimulai sehingga dalam kondisi kondusif baik baru Guru bisa menerangkan materi dengan cara Kaitkan dengan kehidupan sehari-hari: Tunjukkan bagaimana matematika diterapkan dalam kehidupan nyata, misalnya dalam keuangan, olahraga, atau seni. Ini dapat membantu siswa melihat relevansi pelajaran.
Karena eranya sekarang sudah era digital/teknologi bisa juga diisi dengan materi teknologi: Manfaatkan aplikasi dan permainan pendidikan yang berhubungan dengan matematika untuk menarik minat siswa. Banyak siswa lebih antusias dengan pembelajaran yang melibatkan teknologi.
Jika siswa aktif Berikan pujian dan penghargaan: Berikan apresiasi kepada siswa yang menunjukkan kemajuan atau usaha dalam matematika. Penghargaan bisa berupa sertifikat, pengakuan di depan kelas, atau sistem poin.
Terima kasih
Nama : Mawaddah Fadillah
Nim : 855839009
Pokjar : Asahan
Setelah saya mengamati vidio di atas adapun kelebihan serta kelemahan nya yaitu :
kelebihan
1. Guru mampu mendatangkan narasumber atau fasilitator yaitu seorang arsitek dari luar untuk membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran Matematika dan anak anak begitu antusias mendengarkan penjelasan dari seorang arsitek pada penyampaian pengukuran bangunan karna menjadi seorang arsitek untuk membuat atau merancang tidak asal ukur maka dari itu seorang arsitek menyampaikan kepada siswa mengapa penting nya kita belajar Matematika, meyakinkan siswa agar tumbuh rasa minat belajar matematika, dan siswa menjadi tertarik apalagi setelah ditunjukkan media atau gambar bangunan rancangan seorang arsitek itu sendiri.
kelemahan
1. Pada saat memulai pelajaran guru langsung menyuruh anak anak untuk langsung buka buku tanpa melakukan kegiatan pendahuluan sebelum belajar seperti salam, berdoa untuk memulai segala aktivitas saat belajar, mengecek kehadiran siswa, bertanya mengenai kabar siswa dan seharusnya sebelum belajar dimulai guru harus menyampaikan kesepakatan belajar agar siswa lebih tertib padahal itu juga penting.
2. kurangnya media atau bahan yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran
3. kurang interaksi antara guru dan siswa dan ini yang membuat siswa jadi kurang aktif
4. dan saran dari saya sebaiknya pertengahan saat pembelajaran dimulai melakukan ice breaking atau sebuah permainan agar siswa tidak terlalu tegang atau gampang bosan untuk belajar.
5. dan pada saat penutupan pembelajaran pun tidak ada penugasan serta membuat kesimpulan yang telah diajarkan dan refleksi atau mengulang kembali pelajaran yang sudah di ajarkan tadi dan salam penutup
terimakasih 🙂
nama : Youlanda
NIM : 855834482
UPBJJ : MEDAN
Prodi : S1 PGSD dalam Jabatan ( In service )
Pada video diatas masalah yang dihadapi oleh guru adalah banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika di kelas. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, misalnya pemikiran siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan, guru yang terlalu kaku dalam mengajar sehingga proses pembelajaran tidak berjalan baik, kurangnya penggunaan media interaktif dalam penyajian materi ajar dan lain sebagainya. Pada video solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah adalah dengan menghadirkan narasumber yang relevan dengan impelementasi pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Narasumber seorang arsitek pada video diatas menjadi solusi cukup efektif untuk menarik minat siswa dalam belajar matematika, dimana arsitek menunujukkan hasil rancangan bangunan yang telah dibuatnya dengan menggunakan ilmu matematika. Karena hal tersebut diharapkan siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar matematika di kelas karena siswa dapat menngetahui bahwa matematika adalah ilmu yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.