silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama:Yeni fajar rahmawati
Nim: 858992843
Pokjar : Umbulsari
Berdasarkan vidio yang sdh saya tonton,anak-anak kurang tertarik dengan pelajaran Matematika, dikarenakan mungkin selama pembelajaran cara penyampaian
materi kurang menarik siswa,mungkin diawal pembelajaran Guru mengawali ice breaking terlebih dahulu agar anak-anak terpancing konsentrasinya.
Guru juga bisa melakukan hal-hal berikut:
1.Guru mengajak anak” untuk bermain game terlebih dahulu yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Guru mengajak anak” lebih semangat lagi misal dengan memberikan gambar” menarik dengan menonton vidio
3. guru dapat mengajak anak” belajar sambil bermain dengan misalkan dengan bernyanyi.
Mungkin ada banyak lagi cara agar anak-anak lebih menyukai pelajaran matematika, demikian komentar dari saya, terimakasih 🙏🏻
NAMA : HERNAWATI
NIM : 817163711
Menanggapi vidio diatas, terkait Ketidaksukaan siswa terhadap pelajaran Matematika ini dapat kita lihat dari respon para siswa yang kurang semangat Ketika hendak belajar Matematika.
Didalam video tersebut kita dapat melihat usaha yang dilakukan seorang guru untuk meningkatkan Kembali rasa suka terhadap pelajaran Matematika. Hal yang dilakukan oleh guru merupakan hal yang dapat kita contoh.
NAMA : HERNAWATI
NIM : 817163711
Menanggapi vidio diatas, guru sudah menghadirkan alternafif yang bagus untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Namun adapun hal yang harus ditambahkan dari karakter tokoh jika guru atau sekolah ingin mengundang tokoh sebagai inspirator peserta didik, yaitu toko mestinya memahami karakter peserta didik, karena secara tidak langsung mereka sedang membentuk pengetahuan dengan cara penyampaian yang akan diingat dan bisa saja ditiru oleh peserta didik.
Hasil analisis saya mengenai video siswa tidak menyukai matematika. Ini sangat sering terjadi di beberapa siswa. Mendengar kata matematika saja siswa sudah tidak bersemangat untuk hal ini. Sebagai guru dalam mengajarkan matematika. Bagaimana membuat media mengajar yang akan menarik minat siswa agar, siswa lebih minat dan lebih mudah memahami materi pembelajaran yang akan di berikan.
Nama: Emaria Feby Monika
NIM: 858113156
UPBJJ Pontianak
Hasil analisis saya mengenai video siswa tidak menyukai matematika. Ini sangat sering terjadi di beberapa siswa. Mendengar kata matematika saja siswa sudah tidak bersemangat untuk hal ini. Sebagai guru dalam mengajarkan matematika. Bagaimana membuat media mengajar yang akan menarik minat siswa agar, siswa lebih minat dan lebih mudah memahami materi pembelajaran yang akan di berikan.
Nama : Rizky Rachmawati
NIM. : 877638719
Pembelajaran Matematika sudah menjadi ancaman yang menakutkan bagi siswa. Dari dahulu sampai sekarang pelajaran matematika terkenal dengan pelajaran yang menyusahkan, tidak jarang siswa sangat malas dengan pelajaran ini. Strategi yang tepat untuk mengatasi masalah seperti ini guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, perlu adanya umpan balik antara guru dan siswa. Dengan menghadirkan seorang narasumber salah satu strategi yang menarik, tetapi seharusnya narasumber dapat memahami situasi kelas dan keadaan siswa. Kurang menariknya narasumber tidak akan merubah pembelajaran menjadi menyenangkan. Seharusnya narasumber lebih merespon terhadap siswa sehingga ada umpan balik yang dapat menarik perhatian siswa. Dengan begitu pelajaran matematika tidak lagi menjadi ancaman yang menakutkan bagi siswa, dan pembelajaran menjadi menyenangkan.
NAMA : MEIDIANA NINGTYAS
NIM : 877957643
UPBJJ-UT : SURABAYA
Menurut saya permasalahan utama dari video adalah bagaimana seorang guru menghadapi siswanya yang saat mendengar bahwa akan memulai pembelajran sudah merasa malas karena mereka tidak menyukai pelajaran matematika. Tapi guru segera menindaki dan mencari solusi bagaimana caranya agar siswanya tidak merasa bosan dan bisa menyukai matematika, dalam video guru mendatangkan seorang yang memiliki profesi yang menggunakan matematika dalam pekerjaannya.
Ada beberapa strategi juga yang dapat dilakukan agar siswa dapat menyukai matematika :
1. mengindentifikasi penyebab
2. menciptakan suasana belajar yang positif
3. berkolaborasi dengan orang tua
4. melakukan kegiatan yang menarik
Merespon untuk
Nama : Mita Yuniarsih
NIM : 858941886
19 Oktober 2024.
Terima kasih, analisa yang lengkap sudah Ibu sampaikan, bahkan pada kelebihan dan kekurangannya.
Jika boleh mendalami, kira-kira metode apa tadi yang akan ibu sarankan untuk dipakai?
Setelah melihat video di atas, saya menanggapi bahwa guru berperan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. dalam video tersebut guru berusaha untuk menumbuhkan minat belajar matematika dengan mendatangkan seorang tokoh yaitu arsitektur. dengan begitu siswa tertarik untuk menjadi arsitek akan lebih semangat belajar matematika. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, antara lain : kecerdasan siswa, motivasi siswa, dan minat siswa, serta metode guru dalam mengajar.
Nama : JUMSINAH
NIM : 855717133
A. Perhatikan masalah yang dihadapi siswa.
Pada kegiatan awal pembelajaran siswa kurang antusias dalam belajar.
Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa cepat mudah bosan dalam belajar.
Guru juga tidak menggunakan apresepsi dalam pembelajaran
Guru tidak menggunakan ice breaking dalam pembelajaran karena tujuan ice breaking adalah mengembalikan konsentrasi dan mood siswa sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan lebih fokus pada pembelajaran.
B. Strategi pembelajaran yang menarik. Antara lain
Guru perlu menunjukkan semangat saat mengajar matematika.
Guru juga perlu memperhatikan materi yang tidak dipahami siswa.
Guru dapat memberikan contoh penerapan matematika dalam kehidupannya.
Guru juga dapat menerapkan permainan teka-teki matematika untuk melatih kemampuan berpikir dan bernalar siswa. oleh karena itu guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi.
C. Pada video diatas guru mendatangkan narasumber untuk memotivasi siswa dalam belajar serta cita cita yang di inginkan.