silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama: Aing ASTRIDIANINGSIH
    Nim: 857032119
    Prodi: PGSD

    Izin menanggapi video pembelajaran tentang” Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”.
    Ini adalah beberapa Tips untuk mengatasi permasalah yang terkait siswa tidak menyukai pelajaran matematika.
    1. Mencari tahu apa masalah yang melatar belakangi siswa atau yang dihadapi oleh siswa mengapa mereka tidak menyukai pelajaran matematika.
    2. Guru harus bisa mencarikan solusi dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa menyukai pelajaran matematika tersebut.
    3. Selalu memberi motivasi kepada siswa agar lebih semangat belajar nya.

    Kelebihan Guru dalam video tersebut juga telah melakukan upaya yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika. Dengan menghadirkan narasumber dari profesi lain, guru berhasil menunjukkan bagaimana matematika relevan dalam kehidupan nyata, sehingga siswa menjadi lebih antusias dan aktif. Pendekatan ini sangat efektif karena mampu mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari.
    yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika agar lebih menarik dan menyenangkan.

    Kelemahan yang terlihat dalam video adalah belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absensi ,ice breaking untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
    pengelolaan waktu yang belum optimal serta variasi metode pembelajaran yang terbatas.

  2. Nama: Ai ASTRIDIANINGSIH
    NIM: 857032119
    Prodi: PGSD

    Izin menanggapi video pembelajaran tentang” Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”.
    Ini adalah beberapa Tips untuk mengatasi permasalah yang terkait siswa tidak menyukai pelajaran matematika.
    1. Mencari tahu apa masalah yang melatar belakangi siswa atau yang dihadapi oleh siswa mengapa mereka tidak menyukai pelajaran matematika.
    2. Guru harus bisa mencarikan solusi dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa menyukai pelajaran matematika tersebut.
    3. Selalu memberi motivasi kepada siswa agar lebih semangat belajar nya.

    Kelebihan Guru dalam video tersebut juga telah melakukan upaya yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika. Dengan menghadirkan narasumber dari profesi lain, guru berhasil menunjukkan bagaimana matematika relevan dalam kehidupan nyata, sehingga siswa menjadi lebih antusias dan aktif. Pendekatan ini sangat efektif karena mampu mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari.
    yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika agar lebih menarik dan menyenangkan.

    Kelemahan yang terlihat dalam video adalah belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absensi ,ice breaking untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
    pengelolaan waktu yang belum optimal serta variasi metode pembelajaran yang terbatas.

  3. Nama : Arya Arga Dinata
    NIM : 858071453
    setelah menonton video tersebut, ada kelemahan yang dimiliki oleh guru tersebut di dalam pembelajaran seperti belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absen, serta ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar.
    Ada pun penyebab lain mengenai mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yatu siswa suka mengganggap matematika itu rumit dari sejak awal diperkenalkan pada saat masuk sekolah, padahal jika guru mampu memberikan suatu inovasi dan pembelajaran yang interaktif serta variatif dikelas, siswa akan lebih tertarik pada pelajaran matematika dan akan
    membuat kesan matematika yang sulit itu hilang karena mereka bisa mengerti mengenai konsep matematika dengan hal pembelajaran yang menyenangkan, baik di dalam kelas maupun diluar kelas.

  4. Nama : Arya Arga Dinata
    NIM : 858071453
    Setelah saya menonton video tersebut, saya menemukan ada kelemahan yang dimiliki oleh guru tersebut di dalam pembelajaran seperti belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absens, serta ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
    Ada pun penyebab lain mengenai mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yaitu siswa suka mengganggap matematika itu rumit dari sejak awal diperkenalkan, padahal jika guru mampu memberikan suatu inovasi dan memberikan pembelajaran yang interaktif serta variatif dikelas, siswa akan lebih tertarik pada matematika dan akan membuat kesan matematika yang sulit itu hilang karena mereka bisa mengerti mengenai konsep matematika dengan hal pembelajaran yang menyenangkan

  5. Nama:Nova Noviyanti
    Nim:8580810225
    Setelah saya menonton video tersebut,saya menemukan Tidak adanya pendahuluan seperti salam,menyapa siswa , tidak membahas tentang pembelajran yang lalu serta tidak adanya absensi
    Sebab jika siswa langsung pada inti pembelajaran akan membuat siswa kurang bersemangat dalam belajar serta bisa membuat siswa kebingungan.Dan mengapa guru tersebut harus meminta bantuan kepada guru lain untuk menjelaskan tentang pembelaran tersebut padahal guru tersebut hanya menampilkankan media gambar.

  6. Nama : Yustina Rante Bombang
    NIM : 838079564

    Setelah melihat vidio dapat di temukan berbagai masalah yang terjadi:
    1. Guru belum melaksanakan prosedur pembelajaran diantaranya tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Narasumber tidak memberikan contoh konkrit yang ada di sekitar mereka sehingga pembelajaran tidak bermakna
    3. Siswa terlihat ribut akibat tidak ada kesepakatan kelas, pembelajaran mengunakan paradigma lama yaitu terpusat pada guru dan narasumber
    4. Tidak memanfaatkan Teknologi

    Strategi yang bisa di lakukan diantaranya :
    1. Kontekstualisasi Materi: mengubungkan konsep matematika dengan situasi kehidupan nyata yang relevan dan menarik bagi siswa.
    2. Penggunaan Teknologi: memanfaatkan aplikasi atau permainan edukatif yang interaktif untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
    3. Pembelajaran Aktif: mengunakan metode pembelajaran aktif seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau eksperimen praktis.

  7. Nama : Yogi Pratama
    Nim : 877521773
    Pokjar : Langkat
    setelah menonton video tersebut yang temanya mengenai “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” . dalam video tersebut seorang Guru tidak mengawali dengan pembukaan awal pembelajaran, serta ice breaking supaya mereka para siswa semangat dan dapat menyukai pelajaran matematika tersebut. adapun penyebab lainnya anak-anak siswa tersebut menganggap pelajaran matematika itu adalah pelajaran yang tidak mengasikkan atau membosankan.
    dan adapun cara mengatasi anak-anak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika yaitu setelah mendatangkan narasumber seorang insinyur arsitek, yang disampaikan seorang nara sumber tersebut bahwasannya dalam membuat arsitek bangunan toko, maupun bangunan jembatan maka kita harus pandai dalam matematika.
    kemudian para siswa semangat dalam belajar matematika.

  8. NAMA : Rosa ratnawati zai
    NIM : 859883533
    Pokja : idanogawo
    Saya mau menjadikan vidio ini menjadi bahan praktek say.

  9. Nama : Anggraeni Purmata Sari
    NIM : 858071399
    Setelah saya amati video tersebut, guru tidak membuka pelajaran dengan menyenangkan, tidak ada hal yang menyemangati siswa , tidak ada ice breaking , pak guru tersebut langsung masuk ke pelajaran. Selain itu , metode yang digunakan masih ceramah.

  10. Nama : Anggraeni Purmata Sari
    NIM : 858071399
    Prodi : PGSD S1
    Setelah saya amati terdapat masalah yaitu rendahnya minat siswa dalam pelajaran matematika. Salah satu penyebab nya adalah cara mengajar guru dan juga siswa yang selalu menganggap pelajaran matematika itu susah.
    Dalam video tersebut guru tidak memulai pelajaran dengan ice breaking, tidak mengabsen, juga tidak membangkitkan semangat siswa . Selain itu, metode yang digunakan masih ceramah sehingga siswa bosan. Namun, ada upaya guru dalam mengatasi masalah tersebut yaitu
    dalam video tersebut telah melakukan beberapa upaya diantaranya adalah mengundang Narasumber. Dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi yang membutuhkan matematika dalam pekerjaan mereka, guru berusaha menunjukkan relevansi matematika dalam kehidupan nyata. Hal ini diharapkan dapat memicu minat siswa.

Leave a Reply