silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Kiki Fatmala
    NIM : 856113143
    Prodi : PGSD S1
    Setelah saya menonton video pembelajaran seorang guru elum menguasai kelas dalam proses pembeajaran berlangsung dan guru tersebut gaya belajarnya terlau monoton sehingga sebagaian siswa kurang berminat dalam materi pembelajaran matematika. Adapun kelemahan yang terdapat dalam video tersebut guru tidak memulai pembelajaran denagn bermain games ataupun ice breaking bersama siswa sehingga siswa memiiki semangat dalam belajar matematika.
    setelah beberapa upaya cara guru mengatasi minat siswa dalam belajar metematika sehingga guru bersinisiatif mengudang Narasumber dengan mendatangkan berbagai profesi yang menumbuhkan matematika dalam pekerjaan baik itu guru, pengusaha , perusahaan serta matematka sangat penting dalamkehidupan nyata.
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut adapun sarannya Upaya guru untuk membuat siswa menyukai matematika dan menghilangkan rasa malas belajar sangatlah penting dan harus dilakukan dengan pendekatan yang kreatif, relevan, dan suportif. Dengan metode pembelajaran yang menarik, penguatan positif, dan perhatian pada kebutuhan siswa, motivasi belajar matematika dapat meningkat secara signifikan.

  2. Tita Jap NIM : 858081533
    Pertanyaan terkait video diatas yang berjudul : Siswa Tidak menyukai pelajaran Matematika
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban saya: Dalam video tersebut terlihat siswa tidak menyukai pelajaran matematika saat guru memberi perintah untuk membuka buku dan alat tulis semua siswa ribut dan bersikap masa bodo malah ada yang bermain dan bercanda dengan teman dan tidak melaksanakan perintah guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban saya : Dalam video terlihat kelemahan guru dalam memberi pembelajaran adalah guru monoton saat berbicara dan tidak membawa alat peraga atau media yang menarik perhatian siswa, serta guru tidak menyapa siswa dengan semangat dan tidak memberikan apersepsi atau mengajukan pertanyaan yang menarik sesuai materi pembelajaran kepada siswa.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban saya: Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru sudah tepat mengundang narasumber seorang arsitek untuk memberi motivasi kepada siswa untuk semangat belajar matematika dengan membawa contoh hasil karya arsitek tersebut sehingga merubah suasana dikelas yang memberi semangat kepada siswa.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban saya : Hal unik dalam video tersebut adalah guru mengundang nasasumber yang berasal dari walimurid siswa yang tidak disangka-sangka oleh siswa sehingga merubah suasana dalam kelas yang memicu semangat dan motivasi siswa.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban saya : untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas sebaiknya guru :
    a. Mempersiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan seperti membawa gambar atau alat peraga, menayangkan video dengan laptop atau media pembelajaran lain yang menarik.
    b. Pada saat awal pembelajaran sebaiknya guru menyapa siswa dan sedikit bercerita/menjelaskan terkait materi yang akan dibahas dan memancing siswa dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi sebelumnya yang sudah dipelajari dan materi yang akan dibahas, bisa juga guru memberikan sedikit permainan atau games sederhana terkait materi yang akan disampaikan.
    Terimakasih.

  3. Nama : Nur Amelia
    NIM : 857154632
    UPBJJ : Jakarta
    Setelah saya lihat video tersebut, awal nya anak-anak enggan mengikuti pelajaran matematika, tanpa tahu bahwa matematika sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan usaha guru tersebut mendatangkan seorang insinyur yang dimana bahwa matematika itu berguna bagi kehidupan… Dan akhirnya anak-anak pun senang tetapi kelemahan video tersebut adalah tidak adanya pembukaan, doa dan ice breaking.

  4. Nama : Natalia Dwi Cahyani
    NIM : 857028799
    Kelas: C
    Pokjar: Sidomulyo

    Izin menanggapi
    Setelah menyimak video diatas, ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan yaitu:
    Video ini menyoroti masalah nyata yang sering dihadapi di sekolah dasar, yaitu rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika, sehingga relevan bagi guru untuk memberikan gambaran konkret tentang penyebab siswa tidak menyukai matematika, seperti materi yang dianggap sulit, cara mengajar yang kurang menarik, dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Video tersebut juga menyajikan solusi berupa penggunaan media video pembelajaran yang terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil penelitian di beberapa sekolah dasar, hal ini dapat menjadi refleksi bagi guru untuk mengevaluasi metode mengajar dan mencari pendekatan yang lebih kreatif dan menyenangkan.
    Namun, terdapat beberapa kekurangan dari vidio tersebut, yaitu diantaranya cenderung hanya menampilkan sisi permasalahan tanpa memperlihatkan secara detail langkah-langkah praktis yang bisa langsung diterapkan guru di kelas dan kurangnya penjelasan mendalam tentang faktor eksternal lain yang memengaruhi minat belajar, seperti lingkungan rumah atau dukungan orang tua.
    Yang terakhir adalah kita dapat melihat keunikan dari video tersebut, karena video ini mengangkat suara dan pengalaman langsung dari siswa SD yang tidak menyukai matematika, sehingga memberikan perspektif otentik tentang tantangan pembelajaran di kelas, serta menekankan pentingnya inovasi media pembelajaran, khususnya penggunaan video tutorial, sebagai salah satu cara untuk mengatasi kebosanan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika, dan mengajak guru untuk lebih peka terhadap minat dan kebutuhan siswa, serta mendorong perubahan metode mengajar yang lebih interaktif dan kontekstual.

  5. Nama : Nelsa hedchi
    Nim : 857030029
    Prodi : PGSD

    Berdasarkan vidio yang sdh saya tonton,anak-anak kurang tertarik dengan pelajaran Matematika, dikarenakan mungkin selama pembelajaran cara penyampaian
    materi kurang menarik siswa,mungkin diawal pembelajaran Guru mengawali ice breaking terlebih dahulu agar anak-anak terpancing konsentrasinya.
    Guru juga bisa melakukan hal-hal berikut:
    1.Guru mengajak anak” untuk bermain game terlebih dahulu yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
    2. Guru mengajak anak” lebih semangat lagi misal dengan memberikan gambar” menarik dengan menonton vidio
    3. guru dapat mengajak anak” belajar sambil bermain dengan misalkan dengan bernyanyi.
    Mungkin ada banyak lagi cara agar anak-anak lebih menyukai pelajaran matematika, demikian komentar dari saya, terimakasih 🙏🏻

  6. Nama : Winda Ayu Fratiwi
    Kelas : 6 C
    NIM : 856791662
    Setelah saya mengamati video di atas,video di atas membahas kurangnya minat siswa dengan pelajaran matematika. pada video tersebut saya mendapati beberapa kekurangan yang sebenarnya mempengaruhi minat siswa pada pelajaran matematika tersebut. diantaranya kurangnya interaksi kepada siswa sehingga membuat situasi di dalam kelas kurang kondusif lalu keterbatasan media pembelajaran yang digunakan.

  7. Nama : ROUDOTUL JANNAH
    NIM :857036811
    Prodi :PGSD
    UPJJ :BANDAR LAMPUNG
    Tanggapan saya setelah menonton video tentang siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika lalu didalam vidio itu guru yang mendatangkan ahli arsitektur:
    Video ini sangat menarik dan memberikan perspektif baru tentang bagaimana matematika dapat diajarkan dengan cara yang lebih relevan dan menarik bagi siswa. Pendekatan dengan mendatangkan ahli arsitektur adalah langkah yang inovatif dan kreatif. Menghubungkan matematika dengan dunia nyata, seperti arsitektur, dapat membuat siswa lebih memahami pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Ini membantu mereka melihat bahwa matematika bukan hanya sekumpulan rumus abstrak, tetapi juga alat yang berguna untuk memecahkan masalah praktis. Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang bagus tentang bagaimana guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa. Pendekatan ini dapat membantu mengubah persepsi negatif siswa terhadap matematika dan meningkatkan minat mereka dalam mata pelajaran ini.

  8. Nama : Mellyndha Widya Putri
    NIM : 858571515

    Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman matematika yang kuat dari kecil akan menjadi fondasi yang kokoh untuk pembelajaran dan untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun para siswa sebagian besar banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika ini. Seperti dalam video tersebut Siswa tidak menyukai pelajaran matematika namun guru melakukan usaha yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika yang tidak disukai menjadi sangat bersemangat dan antusias. guru menghadirkan narasumber yang berperan dalam pembelajaran matematika, guru berhasil menunjukkan bagaimana matematika relevan dan sangat penting dalam kehidupan nyata.

  9. Nama : Ratih Ernawati
    Nim : 857511262
    Dari video yang disampaikan cukup menarik dengan mendatangkan Narasumber Arsitek. Hanya saja ada beberapa kelemahan yang disampaikan oleh Guru tersebut yaitu kurangnya sapa pada siswa untuk melakukan absensi, ice breaking, dan apersepsi guna menumbuhkan suasana yang nyaman dan semangat siswa, tidak langsung ke penyampaian materi. Penyebab lain yang mungkin siswa tidak menyukai pelajaran Matematika dikarnakan mungkin siswa merasa jenuh dan bosan sehingga menganggap bahwa Matematika itu adalah pelajaran yang membuat pusing karena pelajaran Matematika kebanyakan adalah berhitung. Salah satu solusi yang dilakukan Guru adalah memberikan suatu inovasi dan variasi seperti melibatkan sebuah permainan ke dalam pembelajaran yang membuat siswa antusias aktif di kelas sehingga pembelajaran Matematika menjadi sangat menarik.

  10. NAMA : SITI SUHAIMAH

    NIM : 858080785

    UPBJJ UT : PONTIANAK
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab
    Pada video tersebut tampak siswa tidak menyukai pembelajaran matematika, anak tidak bersemangat untuk belajar dan kurang tertarik untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan guru mengajar tanpa melihat kesiapan siswa untuk belajar. Apalagi untuk pelajaran matematika, hendaknya guru sebelum memulai pembelajaran untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar. Guru juga hendaknya memberikan motivasi agar anak menjadi bersemangat dan menyukai pembelajaran tersebut. Guru juga bisa memberikan pertanyaan pematik yang relevan dengan kehidupan nyata yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asyik dan bermanfaat dalam kehidupan. Namun, setelah melakukan upaya yaitu mengundang narasumber, siswa menjadi tertarik dan antusias serta bersemangat untuk belajar matematika.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran berdasarkan video tersebut yaitu guru mengajar secara langsung tanpa melihat kesiapan siswa. Apalagi ketika siswa yang belajar memasuki jam siang maka banyak siswa yang merasa lelah dan bosan untuk belajar yang mengakibatkan siswa kurangnya bersemangat untuk belajar matematika.
    Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang mengakibatkan murid menjadi bosan dan sulit untuk memahami pembelajaran matematika.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut yaitu guru tidak putus asa untuk mengajar walaupun banyak siswa yang tidak menyukai matematika. Guru tersebut sudah berupaya untuk membuat siswa-siswinya menyukai pembelajaran matematika dengan mengundang narasumber terdekat. Dengan begitu siswa-siswi akan menjadi tertarik, antusias, serta bersemangat untuk belajar matematika.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Dari video tersebut, ada hal unik dan kreatif yang ditemukan yaitu seorangguru yang berusaha untuk membuat siswa-siswinya menyukai pembelajaran matematika dengan menggunakan narasumber terdekat. Kenapa hal itu unik karena tidak banyak guru yang mau dan mampu untuk menghadirkan narasumber yang tepat. Jadi, hal yang dilakukan guru tersebut sangat unik dan dapat membantu memotivasi siswa untuk belajar matematika.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya?
    Jawab
    Upaya yang dapat diusulkan yaitu sebaiknya guru dalam membuka pembelajaran memulainya dengan membuat suasana yang menyenangkan seperti menanyakan kesiapan siswa untuk belajar, melakukan ice breaking, menanyakan kabar, mengabsen siswa, atau memberikan motivasi belajar kepada siswa agar mereka bersemangat untuk belajar. Guru juga dapat membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan pemantik yang relevan dengan kehidupan nyata siswa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asik dan bermanfaat dalam kehidupan. Guru juga dapat memulai pembelajaran dengan memberikan pertanyaan beserta reward kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Hal itu akan membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga mereka akan bersemangat untuk belajar matematika.
    Selain itu sebaiknya guru juga kreatif untuk menggunakan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk belajar matematika dengan begitu siswa akan merasa terbantu dalam memahami materi matematika sehingga membuat siswa menjadi senang dan bersemangat untuk belajar matematika.
    TERIMA KASIH

Leave a Reply