silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. NAMA : SITI SUHAIMAH
    NIM : 858080785
    UPBJJ UT : PONTIANAK
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab
    Pada video tersebut tampak siswa tidak menyukai pembelajaran matematika, anak tidak bersemangat untuk belajar dan kurang tertarik untuk belajar matematika. Hal ini dikarenakan guru mengajar tanpa melihat kesiapan siswa untuk belajar. Apalagi untuk pelajaran matematika, hendaknya guru sebelum memulai pembelajaran untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar. Guru juga hendaknya memberikan motivasi agar anak menjadi bersemangat dan menyukai pembelajaran tersebut. Guru juga bisa memberikan pertanyaan pematik yang relevan dengan kehidupan nyata yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asyik dan bermanfaat dalam kehidupan. Namun, setelah melakukan upaya yaitu mengundang narasumber, siswa menjadi tertarik dan antusias serta bersemangat untuk belajar matematika.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran berdasarkan video tersebut yaitu guru mengajar secara langsung tanpa melihat kesiapan siswa. Apalagi ketika siswa yang belajar memasuki jam siang maka banyak siswa yang merasa lelah dan bosan untuk belajar yang mengakibatkan siswa kurangnya bersemangat untuk belajar matematika.
    Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang mengakibatkan murid menjadi bosan dan sulit untuk memahami pembelajaran matematika.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut yaitu guru tidak putus asa untuk mengajar walaupun banyak siswa yang tidak menyukai matematika. Guru tersebut sudah berupaya untuk membuat siswa-siswinya menyukai pembelajaran matematika dengan mengundang narasumber terdekat. Dengan begitu siswa-siswi akan menjadi tertarik, antusias, serta bersemangat untuk belajar matematika.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    Jawab
    Dari video tersebut, ada hal unik dan kreatif yang ditemukan yaitu seorangguru yang berusaha untuk membuat siswa-siswinya menyukai pembelajaran matematika dengan menggunakan narasumber terdekat. Kenapa hal itu unik karena tidak banyak guru yang mau dan mampu untuk menghadirkan narasumber yang tepat. Jadi, hal yang dilakukan guru tersebut sangat unik dan dapat membantu memotivasi siswa untuk belajar matematika.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya?
    Jawab
    Upaya yang dapat diusulkan yaitu sebaiknya guru dalam membuka pembelajaran memulainya dengan membuat suasana yang menyenangkan seperti menanyakan kesiapan siswa untuk belajar, melakukan ice breaking, menanyakan kabar, mengabsen siswa, atau memberikan motivasi belajar kepada siswa agar mereka bersemangat untuk belajar. Guru juga dapat membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan pemantik yang relevan dengan kehidupan nyata siswa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa merasa matematika itu pelajaran yang asik dan bermanfaat dalam kehidupan. Guru juga dapat memulai pembelajaran dengan memberikan pertanyaan beserta reward kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Hal itu akan membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga mereka akan bersemangat untuk belajar matematika.
    Selain itu sebaiknya guru juga kreatif untuk menggunakan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk belajar matematika dengan begitu siswa akan merasa terbantu dalam memahami materi matematika sehingga membuat siswa menjadi senang dan bersemangat untuk belajar matematika.
    TERIMA KASIH

  2. nama : silvia khoiria
    nim : 859885798
    pokjar : medan

    menurut saya situasi ini sebenarnya adalah tantangan yang sering dihadapi guru, terutama dalam pelajaran seperti matematika yang kadang dianggap “menakutkan atau susah. Dengan menghadirkan narasumber, guru menunjukkan usaha kreatif untuk mengubah persepsi siswa dan membangkitkan semangat belajar. mungkin berbagi cerita atau pengalaman pribadi tentang bagaimana matematika sangat perlu untuk ke masa yang akan mendatang misalnya, sebagai ilmuwan, insinyur, atau bahkan profesi unik seperti desainer video game.

  3. nama : silvia khoiria
    nim : 859885798
    pokjar : medan

    menurut saya situasi ini sebenarnya adalah tantangan yang sering dihadapi guru, terutama dalam pelajaran seperti matematika yang kadang dianggap menakutkan atau susah. Dengan menghadirkan narasumber, guru menunjukkan usaha kreatif untuk mengubah persepsi siswa dan membangkitkan semangat belajar. mungkin berbagi cerita atau pengalaman pribadi tentang bagaimana matematika sangat perlu untuk ke masa yang akan mendatang misalnya, sebagai ilmuwan, insinyur, atau bahkan profesi unik seperti desainer video game.

  4. Nama : Risti Khoirani Simangunsong
    Nim : 859873041
    Menurut saya dari vidio di atas adalah untuk mengatasi permasalah yang terkait siswa tidak menyukai pelajaran matematika.
    1. Mencari tahu apa masalah yang melatar belakangi siswa atau yang dihadapi oleh siswa mengapa mereka tidak menyukai pelajaran matematika.
    2. Guru harus bisa mencarikan solusi dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa menyukai pelajaran matematika tersebut.
    3. Selalu memberi motivasi kepada siswa agar lebih semangat belajarnya.

    Kelebihan Guru dalam video tersebut juga telah melakukan upaya yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika. Dengan menghadirkan narasumber dari profesi lain, guru berhasil menunjukkan bagaimana matematika relevan dalam kehidupan nyata, sehingga siswa menjadi lebih antusias dan aktif. Pendekatan ini sangat efektif karena mampu menjalin materi dengan pengalaman sehari-hari.
    yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika agar lebih menarik dan menyenangkan.

    Kelemahan yang terlihat dalam video adalah belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absensi, icebreaking untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
    pengelolaan waktu yang belum optimal serta variasi metode pembelajaran yang terbatas.

  5. Nur Afifah Fitriyani
    NIM 859669549
    UPBJJ Bandung

    Dalam video tersebut memperlihatkan siswa yang tidak tertarik dalam belajar matematika karna belajarnya terlalu monoton. Lalu bagaimana solusinya?
    Salah satu solusinya dengan merubah model strategi pembelajaran dengan lebih menarik dan juga mendatangkan narasumber yang berkaitan dengan pembelajaran agar dapat memacu motivasi siswa siswa agar kembali semangat dalam belajar.
    Selain mendatangkan narasumber kita juga bisa menggunakan metode lain seperti belajar di luar kelas dengan bertanya kepada pedagang sekitar atau dengan yg lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran matematika tersebut.

  6. MAMA : DITA APRILIA
    NIM :857000209
    PROGRAM STUDI: S1 PGSD
    UPBJJ UT JAKARTA

    Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman matematika yang kuat dari kecil akan menjadi fondasi yang kokoh untuk pembelajaran dan untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun para siswa sebagian besar banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika ini. Seperti dalam video tersebut Siswa tidak menyukai pelajaran matematika namun guru melakukan usaha yang sangat baik dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika yang tidak disukai menjadi sangat bersemangat dan antusias.
    Ada pun penyebab lain mengenai mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika yatu siswa suka mengganggap matematika itu rumit dari sejak awal diperkenalkan pada saat masuk sekolah, padahal jika guru mampu memberikan suatu inovasi dan pembelajaran yang interaktif serta variatif dikelas, siswa akan lebih tertarik pada pelajaran matematika dan akan
    membuat kesan matematika yang sulit itu hilang karena mereka bisa mengerti mengenai konsep matematika dengan hal pembelajaran yang menyenangkan, baik di dalam kelas maupun diluar kelas.

  7. Nama: Fitria Amalia Barnansyah
    NIM: 857503043
    Izin berkomentar..
    Setelah saya mengamati video tersebut, saya melihat ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh guru tersebut, seperti tidak mengabsen, tidak membuka pembelajaran dengan menarik dan membangkitkan semangat siswanya terlebih dahulu, misalnya dengan menyapa anak-anak dan bertanya mengenai kondisi siswanya apakah sudah siap dan semangat untuk memulai pembelajaran hari ini, jika ternyata terlihat kurang bersemangat maka guru tersebut bisa melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat para siswa. Namun untuk mengatasi siswa yang kurang fokus dan kurang bersemangat dalam belajar, guru tersebut mencari solusi dengan cara kreatif agar siswa-siswanya bisa menyukai matematika, yaitu dengan menghadirkan narasumber, dengan begitu siswa jadi bisa melihat langsung bahwa matematika itu punya banyak manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Dengan melakukan pendekatan ini tidak hanya membuat pelajaran jadi lebih menarik, tapi juga membuka pikiran siswa bahwa belajar matematika itu penting dan bisa menyenangkan. Kesimpulan yang bia saya ambil video ini yaitu jika guru bisa menggunakan metode yang tepat dan penuh semangat, dapat merubah pandangan siswa yang tadinya tidak tertarik, merasa tidak penting belajar matematika atau bahkan takut menghadapi pelajaran tersebut, menjadi lebih antusias dalam belajar matematika.
    Sekian dan terimakasih…

  8. Nama: sri lestari gulo
    Nim: 859883447

    Berdasarkan analisis saya dari video ini secara keseluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Namun perlu perbaikan lagi karena dapat kita lihat reaksi awal anak-anak saat mendengar pembelajaran MATEMATIKA saja mereka sangat menunjukkan sikap tidak suka, tidak tertarik maupun antusias terkesan sangat tidak disukai. Hal ini disebabkan oleh beberapa kelemahan guru dalam merancang pembelajaran, kurangnya menciptakan suasana yang menarik diawal pembelajaran dimana guru tidak menyapa siswa saat masuk kedalam kelas dan langsung pada pembelajaran sementara siswa masih dalam keadaan belum siap belajar. Selain itu penggunaan metode dan strategi yang kadang kurang tepat terlihat sangat monoton dan kaku. Guru mengandalkan metode ceramah saja yang justru akan sangat membosankan jika terus diterapkan pada pembelajaran matematika. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kedepannya adalah dengan guru harus mampu menciptakan suasana yang menarik dan rasa ingin tahu siswa misalnya dengan menggunakan ice breaking, bernyanyi lagu yang berkaitan dengan materi, belajar sambil bermain, penggunaan media visual karena media visual ini justru akan sangat membantu siswa menarik perhatian mereka dalam memahami konsep yang abstrak pada matematika, metode pembelajaran yang interaktif dan menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, memberikan motivasi serta menyediakan refleksi baik untuk guru maupun siswa.

    Adapun hal menarik dan kelebihan yang saya temukan dalam video ini adalah guru yang sangat mengedepankan tanggung jawabnya bahkan disaat siswa tidak menyukai pelajarannya guru tetap menjalankan tugasnya bahkan mau bekerjasama untuk mendatangkan seorang insinyur yang akan membantu memotivasi peserta didik. Dan terbukti hal ini mampu mendorong motivasi belajar siswa dan berhasil mengubah pandangan mereka pada matematika bahwa matematika itu sangat penting untuk dipelajari.

  9. Nama: sri lestari gulo
    Nim: 859883447

    Berdasarkan analisis saya dari video ini secara keseluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Namun perlu perbaikan lagi karena dapat kita lihat reaksi awal anak-anak saat mendengar pembelajaran MATEMATIKA saja mereka sangat menunjukkan sikap tidak suka, tidak tertarik maupun antusias terkesan sangat tidak disukai. Hal ini disebabkan oleh beberapa kelemahan guru dalam merancang pembelajaran, kurangnya menciptakan suasana yang menarik diawal pembelajaran dimana guru tidak menyapa siswa saat masuk kedalam kelas dan langsung pada pembelajaran sementara siswa masih dalam keadaan belum siap belajar. Selain itu penggunaan metode dan strategi yang kadang kurang tepat terlihat sangat monoton dan kaku guru mengandalkan metode ceramah saja yang justru akan sangat membosankan jika terus diterapkan pada. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kedepannya adalah dengan guru harus mampu menciptakan suasana yang menarik dan rasa ingin tahu siswa misalnya dengan menggunakan ice, breaking, bernyanyi lagu yang berkaitan dengan materi, belajar sambil bermain, penggunaan media visual karena media visual ini justru akan sangat membantu siswa menarik perhatian mereka dalam memahami konsep yang abstrak pada matematika, metode pembelajaran yang interaktif dan menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, memberikan motivasi serta menyediakan refleksi baik untuk guru maupun siswa.

    Hal menarik dan kelebihan yang saya temukan dalam video ini adalah guru yang sangat mengedepankan tanggung jawabnya bahkan disaat siswa tidak menyukai pelajarannya, guru tetap menjalankan tugasnya bahkan mau bekerjasama untuk mendatangkan seorang insinyur yang akan membantu memotivasi peserta didik. Dan terbukti hal ini mampu mendorong motivasi belajar siswa dan berhasil mengubah pandangan mereka pada matematika bahwa matematika itu sangat penting untuk dipelajari.
    Terimakasih.

  10. Nama: Sri Lestari Gulo
    Nim: 859883447

    Berdasarkan analisis saya dari video ini secara keseluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Namun perlu perbaikan lagi karena dapat kita lihat reaksi awal anak-anak saat mendengar pembelajaran MATEMATIKA saja mereka sangat menunjukkan sikap tidak suka, tidak tertarik maupun antusias terkesan sangat tidak disukai. Hal ini disebabkan oleh beberapa kelemahan guru dalam merancang pembelajaran, kurangnya menciptakan suasana yang menarik diawal pembelajaran dimana guru tidak menyapa siswa saat masuk kedalam kelas dan langsung pada pembelajaran sementara siswa masih dalam keadaan belum siap belajar. Selain itu penggunaan metode dan strategi yang kadang kurang tepat terlihat sangat monoton dan kaku guru mengandalkan metode ceramah saja yang justru akan sangat membosankan jika terus diterapkan pada. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kedepannya adalah dengan guru harus mampu menciptakan suasana yang menarik dan rasa ingin tahu siswa misalnya dengan menggunakan ice, breaking, bernyanyi lagu yang berkaitan dengan materi, belajar sambil bermain, penggunaan media visual karena media visual ini justru akan sangat membantu siswa menarik perhatian mereka dalam memahami konsep yang abstrak pada matematika, metode pembelajaran yang interaktif dan menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, memberikan motivasi serta menyediakan refleksi baik untuk guru maupun siswa.

    Hal menarik dan kelebihan yang saya temukan dalam video ini adalah guru yang sangat mengedepankan tanggung jawabnya bahkan disaat siswa tidak menyukai pelajarannya, guru tetap menjalankan tugasnya bahkan mau bekerjasama untuk mendatangkan seorang insinyur yang akan membantu memotivasi peserta didik. Dan terbukti hal ini mampu mendorong motivasi belajar siswa dan berhasil mengubah pandangan mereka pada matematika bahwa matematika itu sangat penting untuk dipelajari.

Leave a Reply