silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Mutiara Ramandha
NIM: 857153551
izin menanggapi video tersebut, dalam video tersebut bagaimana seorang guru berupaya membuat pelajaran matematika lebih menarik dengan menghadirkan narasumber dari berbagai profesi, seperti arsitek, untuk menjelaskan manfaat dan keasyikan belajar matematika.
Pendekatan ini menunjukkan bahwa mengaitkan materi pelajaran dengan aplikasi dunia nyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Misalnya, profesi arsitek yang memerlukan pemahaman konsep bangun ruang dan ketelitian dalam menghitung volume bangunan dapat menjadi contoh nyata bagaimana matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
kekurangan dari video tersebut adalah metode pengajaran yang digunakan masih bersifat ceramah dan berpusat pada guru (teacher-centered). Guru tidak membuka pembelajaran dengan menyenangkkan seperti belum ada pembukaan awal pembelajaran, apersepsi, absensi, serta ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa. Dan Kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses evaluasi atau kesimpulan dapat mengurangi efektivitas pembelajaran.
Sebagai pendidik, penting bagi kita untuk terus mencari cara inovatif dalam mengajar matematika. Mengintegrasikan alat peraga, menerapkan pendekatan kontekstual, dan mendorong partisipasi aktif siswa dapat meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap matematika.
Nama : Anggi Annisa BatuBara
Nim : 856049009
UPBJJ UT : Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
Prodi : PGSD S-1
Semester : 8
Berdasarkan Video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” di atas yang sudah saya lihat, maka berikut hasil Analisis saya terhadap video tersebut, menurut saya Bapak guru Mengundang Insinyur sebagai contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang dimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan Matematika, secara tidak langsung siswa akan memahami betapa pentingnya belajar matematika di kehidupan mereka sehari-hari, cara seperti ini membantu guru untuk memotivasi pada diri siswa sehingga mereka semangat belajar matematika. cara seperti ini juga dibutuhkan dalam mengajar dibidang studi yang lain.
Nama : Lindian Wulandari
NIM : 859888256
Berdasarkan video diatas upaya inovatif seorang guru dalam meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Dengan menghadirkan seorang arsitek ke dalam kelas, guru menunjukkan bagaimana matematika diterapkan dalam profesi nyata, seperti perancangan bangunan yang memerlukan ketelitian dalam menghitung luas dan volume. Pendekatan ini berhasil menarik perhatian siswa dan memotivasi mereka untuk lebih menyukai pelajaran matematika.Namun, beberapa aspek pembelajaran masih dapat ditingkatkan. Misalnya, pembukaan pelajaran kurang melibatkan siswa secara emosional, karena tidak diawali dengan sapaan atau kegiatan pembuka yang menyenangkan. Metode pengajaran masih dominan dengan ceramah, dan penggunaan media pembelajaran kurang variatif, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses belajar.
Nama : Kirana hinditasari sari
Nim : 856088089
UT BATAM
kelemahan : menurut saya menampilkan seorang ahli bagi anak memang sangat menarik akan tetapi untuk guru yang harus mendatangkan seorang profesi seperti vidio tersebut akan sulit direalisasikan setiap hari
Kelebihan : dengan didatangkanya seorang ahli/ proses anak anak jadi belajar nyata langsung mengetahui pengalaman ahli tersebut
Nama:Septi Nur Karomah
Nim:857031661
Kelas:D
Pokjar: Sidomulyo
Setelah saya mengamati vidio tersebut dapat saya simpulkan bahwa:
-Reaksi para siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada awalnya tampak kurang antusias terhadap pelajaran matematika.Namun, setelah guru menghadirkan seorang arsitek sebagai narasumber para siswa menjadi lebih tertarik dan aktif untuk mengikuti pembelajaran.
-Kelemahahan guru yg dapat saya identifikasi dari vidio tersebut adalah kurangnya pembukaan yang efektif, seperti salam,ice breaking dll yg dapat menciptakan suasana belajar yg nyaman .Tidak ada alat peraga yang seharusnya dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam matematika.
-Kelebihan guru adalah menunjukkan inisiatif yang baik dengan menghadirkan narasumber sehingga meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.
-Hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi matematika dengan dunia kerja nyata strategi ini memberikan perspektif baru bagi siswa tentang pentingnya matematika dalam berbagai profesi .
-Upaya yang dapat dilakukan antara lain mulai pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan, menggunakan alat peraga untuk membantu siswa memahami konsep abstrak dalam matematika, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, melakukan evaluasi dan refleksi di akhir pembelajaran.
Nama : Rahmawati Nortriana
NIM : 858021133
Pada visualisasi materi yang disampaikan tersebut ada yang perlu untuk saya sampaikan bahwa pada saat pembukaan perlu ice breaking, menyapa siswa secara interaktif sehingga Kesan pertama siswa friendly dengan guru pengantar.
Mendatangkan praktisi langsung adalah cara yang bagus sekali dalam pembelajaran, siswa mendapatkan Gambaran secara langsung kenapa siswa harus belajar matematika salah satunya karena siswa nantinya akan termotivasi jika belajar matematika dengan baik akan mendapatkan apa yang diharapkan dlm mencapai masa depan.
Nama : Rahmawati Nortriana
NIM : 858021133
Pada visualisasi materi yang disampaikan tersebut ada yang perlu untuk saya sampaikan bahwa pada saat pembukaan perlu ice breaking, menyapa siswa secara interaktif sehingga Kesan pertama siswa friendly dengan guru pengantar.
Mendatangkan praktisi langsung adalah cara yang bagus sekali dalam pembelajaran, siswa mendapatkan Gambaran secara langsung kenapa siswa harus belajar matematika salah satunya karena siswa nantinya akan termotivasi jika belajar matematika dengan baik akan mendapatkan apa yang diharapkan dlm mencapai masadepan.
Nama : Pricilla Delastika Ahoinnai
NIM : 859273705
UPBJJ : Kupang
Pokjar : Kefamenanu
Yang saya amati dalam video di atas guru tidak memulai kegiatan belajar dengan baik seperti sebelum memulai kegiatan belajar harus berdoa, mengabsen siswa, dan setelahnya melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa. Setelah itu terdapat masalah bahwa penyebabnya adalah cara guru mengajar dan siswa menganggap matematika sulit untuk dipahami, sering membuat siswa kebingungan, dan terlalu banyak rumus yang digunakan serta sebagian dari siswa banyak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Selain itu metode yang digunakan masih ceramah sehingga membuat siswa bosan dan jenuh. Namun, adanya upaya guru dalam mengatasi masalah dalam video di atas yaitu mengundang narasumber. Sehingga untuk mengatasi masalah ini siswa, orang tua, dan guru dapat berpartisipasi dalam mendorong siswa dan kemajuan pendidikan di bidang matematika
Nama : Besti Novita Sari
Nim : 856827132
UPBJJ UT : Bengkulu
Pokjar : Curup /Rejang Lebong
Prodi : PGSD S-1
Semester : 8
Izin menanggapi,
pelajaran matematika menjadi problem dalam dunia pendidikan teruma tama untuk anak SD, dan pelajaran Matematika ini salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa terutama siswa SD. Alasannya karena anak-anak menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit untuk dipahami, dan terlalu banyak rumus sehingga siswa malas untuk mempelajari mata pelajaran ini.
Terkait dengan video pembelajaran diatas yang mendatangkan narasumber untuk memberikan motivasi kepada anak agar mau belajar matematika. tetapi menurut saya untuk meningkat motivasi belajar anak pada pelajaran Matematika seharusnya harus di setting sejak awal yang mana dalam kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. yang mana Dalam kegiatan awal ada banyak yang bisa bapak lakukan misalnya apersepsi, mengabsen melakukan Racalling terlebih dahulu, kemuadian menurut seharus nya bapak guru ini terlebih dahulu mengkondisikan kelas jangan sampai terjadi dalam video anak-anak sibuk sendiri apalagi di dalam kelas bapak ini anak muridnya sangat banyak, jadi sangat penting bagi kita seorang guru mengiapkan kelas dan melihat kesiapan anak untuk belajar,
kalau anak di dqalam kelas ribut dan asik sendiri kita sebagai guru jangan langsung masuk kedalam pelajaran inti. ada banyak hal yang bisa bapak ini lakukan agar anak siap mengikuti pembelajaran dan cara mengkondisikan kelas. yaitu dengan cara bapak guru bisa melakukan Pra-Pembelajaran yang Menarik dengan melakukan Ice breaking terlebih dahulu:
misalnya Mulailah pelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan seperti menyanyi, bermain tebak-tebakan, atau tepuk tangan. dalam video bapak guru ingin mendatangkan guest yaitu seorang Insinyur, bapak guru bisa membuat tebak tebakan untuk menarik minat siswa , jadi anak-anak tidak sibuk sendiri, bapak guru bisa memberikan beberapa clue agak anak-anak nanti yang menebak. buat suasana awal menarik dan interaktif. setelah selesai dengan tebak-tebakan makan bapak guru boleh bertanya dengan murid apa itu INSINYUR, apa yang dilakukan oleh seorang insinyur, apa yang di buat oleh seorang insinyur, siapa yang bercita-cita berprofesi sebagai insinyur serta pertanyaan pemantik lainnya. berikan Reward sederhana agar membangkitkan semangat belajar anak. walaupun kita saat itu belajar Matematika tentang bangun ruang. tetapi menurut saya kita sebagai seorang guru bisa mengaitkan dalam kehidupan anak-anak agar pelajaran matematika yang kelak mereka terima bisa relevan dengan dunia nyata.
Setelah kita melakukan kegiatan awal selesai , barulah masuk ke dalam kegiatan inti,, sebaiknya bapak guru selain mendatangkan narasumber juga bisa membuat media belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang inkonvensional dan interaktif serta menutup pembelajaran dengan baik pula.
sekian dan terima kasih
Nama : Besti Novita Sari
Nim : 856827132
UPBJJ UT : Bengkulu
Pokjar : Curup /Rejang Lebong
Prodi : PGSD S-1
Semester : 8
pelajaran matematika menjadi problem dalam dunia pendidikan teruma tama untuk anak SD, dan pelajaran Matematika ini salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa terutama siswa SD. karena anak-anak menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit untuk dipahami, dan terlalu banyak rumus sehingga siswa malas untuk mempelajari mata pelajaran ini.
Terkait dengan video pembelajaran diatas yang mendatangkan narasumber untuk memberikan motivasi kepada anak agar mau belajar matematika. tetapi menurut saya untuk meningkat motivasi belajar anak pada pelajaran Matematika seharusnya harus di setting sejak awal yang mana dalam kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. yang mana Dalam kegiatan awal ada banyak yang bisa bapak lakukan misalnya apersepsi, mengabsen melakukan Racalling terlebih dahulu, kemuadian menurut seharus nya bapak guru ini terlebih dahulu mengkondisikan kelas jangan sampai terjadi dalam video anak-anak sibuk sendiri apalagi di dalam kelas bapak ini anak muridnya sangat banyak, jadi sangat penting bagi kita seorang guru mengiapkan kelas dan melihat kesiapan anak untuk belajar,
kalau anak di dqalam kelas ribut dan asik sendiri kita sebagai guru jangan langsung masuk kedalam pelajaran inti. ada banyak hal yang bisa bapak ini lakukan agar anak siap mengikuti pembelajaran dan cara mengkondisikan kelas. yaitu dengan cara bapak guru bisa melakukan Pra-Pembelajaran yang Menarik dengan melakukan Ice breaking terlebih dahulu:
misalnya Mulailah pelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan seperti menyanyi, bermain tebak-tebakan, atau tepuk tangan. dalam video bapak guru ingin mendatangkan guest yaitu seorang Insinyur, bapak guru bisa membuat tebak tebakan untuk menarik minat siswa , jadi anak-anak tidak sibuk sendiri, bapak guru bisa memberikan beberapa clue agak anak-anak nanti yang menebak. buat suasana awal menarik dan interaktif. setelah selesai dengan tebak-tebakan makan bapak guru boleh bertanya dengan murid apa itu INSINYUR, apa yang dilakukan oleh seorang insinyur, apa yang di buat oleh seorang insinyur, siapa yang bercita-cita berprofesi sebagai insinyur serta pertanyaan pemantik lainnya. berikan Reward sederhana agar membangkitkan semangat belajar anak. walaupun kita saat itu belajar Matematika tentang bangun ruang. tetapi menurut saya kita sebagai seorang guru bisa mengaitkan dalam kehidupan anak-anak agar pelajaran matematika yang kelak mereka terima bisa relevan dengan dunia nyata.
Setelah kita melakukan kegiatan awal selesai , barulah masuk ke dalam kegiatan inti,, sebaiknya bapak guru selain mendatangkan narasumber juga bisa membuat media belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang inkonvensional dan interaktif serta menutup pembelajaran dengan baik pula.