silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama: Dewi Ainunisak
Nim : 857697162
Prodi : S1 PGSD
Pokjar: UPJJ Kedungwuni
– Anak-anak sangat semangat dan antusias untuk mendengarkan penjelasan dan pemaparan dari guru
– Kelemahan, guru tidak langsung menerangkan sendiri ke anak didik
– Kelebihan guru kreatif dalam memotivasi anak untuk mencintai pembelajaran matematika dengan cara mendatangkan pakarnya.
– Hal yang unik yaitu Guru ada ide untuk mendatangkan pakarnya untuk memotivasi anak
– Guru mempunyai banyak ide untuk memotivasi anak agar mencintai pelajaran.
Alangkah baiknya gurunya sendiri yang menerangkan ke muridnya.
Motivasi yang baik, serta di kasih contoh – contoh agar anak semangat dan tertarik dengan pelajaran matematika yang sebenarnya pelajaran matematika itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
nama : rahayu evanora hasibuan
nim: 856037842
pokjar: labuhanbatu selatan
program : pgsd
semester : 6
dari vidio di atas guru yang tidak kreatif dan inovatif dalam mencari alat dan media dalam mengajarkan matimatika.
seharusnya guru harus kreatif dan inovatif dalam mencari media dan hal-hal pembelajaran matimatika sehingga membuat anak lebih tertarik dalam pelajaran matimatika seperti mengajak anak murid belajar berhitung menggunakan media gambar, mengghitung melalui gambar dan mengurangkan melalui gambar apel, kalau guru sudah menggunakan alat dan media yang tepat untuk dalam pelajaran matimatika pasti menarik, dan minat anak mau belajar akan lebih tinggi lagi kerna apa? kerna mereka tertarik dan penasaran. anak murid tidak mau belajar matimatika kerna bagi mereka matikamatika itu sulit dan rumit, nah kita sebagai guru cara mengajarkannya cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara menggudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika. kerna guru sangat berperan penting dalam pembelajaran di kelas jadi kita sebagai guru jangan malas terhadap tugas untuk mengajarkan kepada siswa . Dan media yang pas akan memudah kan kita mengajarkan matimatika kepada anak lebih menyenangkan ,kita juga bisa belajar matimatika menggunakan lingkungan di sekitar kita kalau media sulit di dapat sperti daun bisa kita gunakan dalam matimatika bahan-bahan yang tidak di pakai lagi yaitu botol air minum tutup botol air minum saya rasa banyak media yang bisa membantu kita dalam mengajarkan matimatika kalau kita sebagai guru memnag betul- betul mau membuat muridnya lebih bersemangat belajar.
Nama : Karina Niken Vita Anggraini
NIM : 858909737
Prodi : S1 PGSD
Dilihat dari video pembelajaran, siswa cenderung kurang berminat dalam pelajaran Matematika.Mungkin selain mendatangkan narasumber Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa. dengan menggunakan video pembelajaran diharapkan dapat membuat siswa merasa ingin tahu dan meningkatkan minatnya terhadap pelajaran matematika.
Nama : Sofiyati Awaliya
NIM : 858739484
Prodi : PGSD BI
Semester : Genap
Setelah saya melihat vidio tersebut, saya berkesimpulan bahwa sebenarnya setiap anak punya antusias terhadap pembelajaran matematika. Adapun penyebab ketidaktertarikan mereka pada pembelajaran matematika mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
1. Guru kurang menguasai pembelajaran matematika
2. Metode yang dipakai kurang menarik
3. Guru tidak menggunakan media dan alat peraga
4. Pendekatan pembelajaran yang dipakai kurang sesuai
Dan masih banyak faktor lain.
Jika ditemukan permasalahan seperti itu maka guru harus segera mencari solusi untuk meningkatkan motivasi peserta didik misalnya dengan menghadirkan narasumber seperti Vidio tersebut.
nama : nadia windri.
nnim : 856203456
.
.
matematika kurang di sukai oleh peserta didik mungkin karena anak berfikir abstrak tentang fungsi, penting dan keseruan dalam matematika. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Izin untuk mengometari, setelah menonton vidio pembelajaran, Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika.
Ada beberapa masalah belajar yang di alami siswa,
1. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit.
2. Siswa kurang tertarik mempelajari matematika karena guru tidak menggunakan alat peraga/media
yang bisa menarik perhatian siswa untuk mempelajari matematika.
3. Siswa mempelajari matematika dengan hal-hal yang tidak konktit, guru hanya menjelaskan dan guru
yang lebih aktif sedangkan siswa pasif.
4. Siswa tidak semangat mempelajari matematika karena dari awal pembelajaran guru tidak memberikan
motivasi, serta mengecek kesiapan siswa yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa.
5. Siswa tidak fokus mendengarkan guru menjelaskan materi karena guru tidak melibatkan ke aktifan
siswa ketika proses pembelajaran.
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa, guru dapat mengatur strategi pembelajaran salah satunya adalah dengan mendatangkan narasaumber yaitu seorang arsitek. Dari awal bapak arsitek datang anak-anak sudah sangat antusias untuk mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan, dengan menghadirkan narasumber yang sesuai dengan materi yang di ajarkan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Selaian menghadirkan narasumber masih banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk menumbuhkan semangat belajar para siswa terutama pada mata pelajaran matematika.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa belajar matematika
1. Guru bersemangat ketika mengajar matematika sehingga siswa juga jadi bersemangat.
2. Perhatikan celah materi yang tidak dipahami siswa.
3. Temukan pola atau cara khusus.
4. Memberi tantangan ada siswa.
5. Memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, belajaran dengan hal-hal yang konkrit
6. Ceritakan sejarah terkait.
7. Menggabungkan teknologi dalam kegiatan belajar/ menggunakan media.
Nama : Maryana Puspitasari
NIM : 825966816
Prodi : PGSD S1
UBJJ UT : Palangkaraya
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut hampir semua siswa tidak begitu menyukai pelajaran Matematika, tetapi ketika disuguhkan suatu hal yang berbeda , yaitu tentang rancangan bangunan oleh bapak insinyur, ternyata mereka tertarik.
Jadi kesimpulannya dalam pembelajaran Matematika Guru harus pandai berkreasi dan berinovasi supaya praktek pembelajaran Matematika lebih meyenangkan.
Nama : Intan Destria Ningsi
NIM : 856024774
Semester : 6
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya ada sedikit cara agar siswa menyukai pelajaran matematika yaitu :
1.Kita dapat memperkenalkan matematika sambil bermain
2.Menanamkan pemahaman kepada siswa bahwa matematika itu mudah dan menarik
3.Kita harus bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan
4.Selama proses pembelajaran jangan ada paksaan terhadap siswa sama sekali.
Dari video yang saya lihat, siswa tidak tertarik atau tidak bersemangat mengikuti pembelajaran matematika mungkin dikarenakan cara guru tersebut dalam mengajar terlalu monoton dan menegangkan, sehingga tidak ada ketertarikan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Menurut saya guru tersebut harus bisa membuat suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Mungkin guru tersebut bisa menggunakan alat peraga sebagai media untuk pembelajaran sehingga siswa dapat tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran dikelas.
Tindakan guru dengan cara mendatangkan seorang narasumber sudah sangat tepat dikarenakan dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa belajar matematika itu sangat menarik dan sangat penting diajarkan atau dipahami sejak usia dini, karena matematika juga sangat penting didalam kehidupan sehari-hari..
Nama :Ratna julita
Nim :858056135
Semester:6
Setelah melihat Vidio tersebut kelihatan siswa/anak anak tidak menyukain pembelajaran matematika tersebut.menurut saya cara membuat agar membuat siswa emang dengan pembelajaran matematika tersebut dengan cara -Beri motivasi pada anak,
Dengan memberikan motivasi ini membuat anak perlahan mulai menyukai pelajaran matematika,terang Tatik.
Anak-anak pada dasarnya periang dan suka diberi afirmasi positif. Dengan memberi motivasi, anak dapat berpikir bahwa belajar matematika yang sulit dapat mereka lewati dengan mudah.
-Ciptakan suasana yang tenang,ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Bisa dengan mengatur lampu belajar yang sesuai, hindari suara berisik, tempat belajar senyaman mungkin bagi anak. Dengan suasana yang tenang, belajar pun lebih semangat.
-Beri penjelasan yang mudah dan dimengerti dengan memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami.
Nama Yulia Lamala
Nim 813807631
Pokjar Luwuk kab banggai
Prodi S1 pgsd
Menurut pengamatan sy dari video diatas pada saat proses pembelajaran berlangsung suasana kelas sngat gaduh,siswa tidak fokus untuk menerima materi pembelajaran matematika sepertix siswa kurang antusias dan tdk mnyukai mata pelajaran ini,menurut saya hal ini disebabkan karna guru tdk melakukan persepsi diawal pembelajaran guru tdk memotivasi siswa cara guru mempresentasikan materi monoton,tdk menguasai materi sehingga siswa tdk berkosentrasi