silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut.
- Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar ruangan untuk melakukan observasi,
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memberikan tugas yang berbeda pada setiap kelompok,
- Guru menetapkan batas area yang boleh ditempati siswa/kelompok dengan yang tidak boleh ditempati siswa/kelompok di taman agar tidak bergerak keluar area yang ditetapkan,
- Guru membatasi waktu pada setiap kelompok untuk melakukan observasi terhadap materi yang diamati,
- Guru mengatur rotasi setiap kelompok, sehingga keadaan siswa tidak bertumpuk pada satu area.
Cecep Kuatandi
Video ini menggambarkan pembelajaran observasi/Praktikum IPA diluar Kelas, pada awalnya dilaksanakan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Anak diperintahkan mengamati tumbuhan diluar kelas begitu saja tanpa arahan yang jelas dari sang guru, akibatnya pelaksannaan observasi tidak perjalan sesuai harapan karena anak tidak teratur, tidak terkendali oleh guru dengan baik.
Pada bagian kedua dibuat perencanaan sebagai solusi pengorganisasian kelas oleh guru dengan membuat kelompok-kelompok dan diberi arahan serta petunjuk dengan rinci, dilengkapai dengan lembar pengamatan dan akhirnya pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar serta pembelajaran menjadi sangat hidup, bergairah dan bermakna bagi siswa.
Tujuan Video ini adalah memberikan gambaran pada pemeriksa agar membuat perencanaan yang matang dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran terkait.
Proses Pembelajaran pada Video ini akan lebih bermakna jika peran serta anak didik dioptimalkan, sehingga anak akan lebih banyak mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan dan mendalam.
Drs. Kamari, M.Pd.
Pada video tersebut tidak terdapat cara guru membuka dan menutup pembelajaran. Guru langsung melakukan kegiatan inti pembelajaran, Pada video tersebut guru menggunakan metode 5M (saintifik) walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Pada video tersebut tidak ada informasi mengenai tingkat kelas siswa yang melakukan observasi pratikum. Sebaiknya video tersebut memberikan informasi tingkat kelas siswa (kelas bawah atau atas) karena untuk kelas bawah mungkin solusi yang ada pada video ini kurang tepat jika diterapkan pada kelas bawah.
Video tersebut telah mengacu pada kurikulum nasional (kurikulum 2013).
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : FAIZ ILMUTTAQIN
Nim : 858685605
UPBJJ : SURABAYA
Pada Vidio terlihat siswa dalam melakukan praktikum diluar kelas tidak bisa dikendalikan oleh guru sehingga siswa sangat sulit untuk diatur akibatnya pembelajaran tidak dapat dicapai sesuai harapan dan tujuan pembelajaran.
Yang harus diperhatikan dalam pembelajar tersebut
-Memberikan materi disertai dengan lembar kerja atau gambar sehingga membuat ketertarikan siswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum dengan tema pengelompokan akar suatu pohon
– Membentuk suatu kelompok belajar yang disesuaikan dengan jumlah siswa.
-Mengunakan metode pembelajaran yang tepat
Terimakasih..
NAMA : SERY BULAN HARAHAP
NIM : 859868469
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : TAPANULI SELATAN
Setelah menyimak vidio diatas ternyata keterampilan guru dalam menyiapkan dan merancang kegiatan sebelum memulai pelajaran sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. tanpa persiapan yang baik, maka tujuan pembelajaran yang kita harapkan tidak akan tercapai secara maksimal. seperti halnya di video diatas, sebelum melaksanakan perintah dan tugas yang tepat kepada siswa dilapangan, anak – anak menjadi tidak teratur dan tidak terarah.
Ada beberapa cara yang digunakan oleh guru untuk mengatasi siswa yang tidak teratur ketika dalam pembelajaran di luar kelas :
1. membagi siswa dalam beberapa kelompok
2. memberi tugas berbeda kepada setiap kelompok
3. menetapkan batas area yang boleh dilewati dan tidak boleh kepada peserta didik
4. mengatur rotasi kelompok sehingga anggota kelompok tidak menumpuk pada satu tempat
Nama : indah rahmawati
Nim : 856484352
Prodi : pgsd
Pokjar dumai
Hallo teman2 semua , semoga kita selalu diberikan kesehatan dan di lancarkan segala urusan kitaa ^_^
Baiklah saya akan memberika pendapat saya untuk diskusi di sini ,
Berdasarkan video diatas , ada hal – hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan observasi / praktik keluar lapangan , yaitu memberikan materi yang matang ke pada siswa , agar ketika siswa melakukan observasi tentang pelajaran ipa , siswa tersebut sudah tau apa yang harus dilakukan , dan tahap – tahap apa saja yg untuk melakukan observasi , berbeda dengan siswa yg belum memliki pemahaman materi tentang observasi yang akan dilakukan , biasa nya siswa akan cepat merasa bosan ketika sedang melakukan observasi , dengan resiko sisawa akan bermain , menganggu teman untuk mengisi kebosanan tersebut ,
Maka dari itu penting sekali bagi guru untuk memeberikan materi dasar kepada siswa , sebelum siswa melakukan observasi terkhususnya pada pelajaran ipa .
Nama: Rio maulana abda’u
Nim 857924332
Setelah melihat vidio tersebut saya merasa ada beberapa hal yang menurut saya bisa membantu proses pembelajaran oleh bpak guru tersebut yaitu antara lain:
1. Setelah diberikan beberapa solusi, proses belajar mengajar diluar kelas menjadi lebih kondusif. Artinya kita sebagai seorang guru harus bisa mengembangkan diri memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang kita butuhkan. Sehingga proses pembelajaran yang kita sampaikan lebih menyenangkan.
2. Mungkin guru juga mengikuti pembelajaran yang di lakukan oleh siswa di luar ruangan.
Nama : Sriyati
Nim : 857918504
Pokjar : Parakan
Setelah melihat video tersebut dapat diketahui bahwa diawal video terlihat para siswa gaduh/tidak tertib karena kegiatan pembelajaran tidak terencana dengan baik. Setelah diberi beberapa solusi akhirnya suasana kegiatan pembelajaran di luar kelas lebih kondusif, para siswa lebih terarah.
Nama : I-In Dwi Pratiwi
NIM : 859893265
Prodi : PGSD BI
setelah menyimak tayangan video di atas, dapat kita ketahui bahwa guru adalah salah satu kunci terwujudnya keberhasilan proses belajar mengajar di kelas tekait apapun metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru. peran guru sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, baik itu dilakukan di dalam maupun di dalam kelas.
selain solusi atau masukan yang dapat kita petik dari video tersebut, menurut saya ada juga beberapa hal yang dapt kita lakukan untuk membimbing siswa dalam kegiatan praktek di luar ruangan agar kegiatan belajar dapat lebih kondusif. selain mempersiapkan proses pembelajaran yang sistematis, sebelum membawa siswa keluar ruangan, kita dapat memberikan tanggung jawab tertentu kepada masing – masing berdasarkan dengan karakter siswa yang berbeda agar lebih siswa lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, mengingatkan siswa tentang perilaku – perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan khususnya tanaman, disamping itu guru juga harus mendampingi siswa dalam kegiatan observasi karena adanya batas waktu yang telah ditetapkan.
NAMA : KHOLIB FIRMAN SYAH
NIM : 856982704
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : BUMI RATU NUBAN
Menur pendapatan saya setelah menyimak vidio diatas, keterampilan guru dalam menyiapkan dan merancang kegiatan sebelum memulai pelajaran sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. tanpa persiapan yang baik, maka tujuan pembelajaran yang kita harapkan tidak akan tercapai secara maksimal. seperti halnya di video diatas, sebelum melaksanakan perintah dan tugas yang tepat kepada siswa dilapangan, anak – anak menjadi tidak teratur dan tidak terarah.
Ada beberapa cara yang digunakan oleh guru untuk mengatasi siswa yang tidak teratur ketika dalam pembelajaran di luar kelas :
1. Memisahkan siswa yang berpotensial menimbulkan kekacauan
2. membagi siswa dalam beberapa kelompok
3. memberi tugas berbeda kepada setiap kelompok
4. menetapkan batas area yang boleh dilewati dan tidak boleh kepada peserta didik
5. mengatur rotasi kelompok sehingga anggota kelompok tidak menumpuk pada satu tempat
Nama: Dwi ponggo seto
Nim :857702081
Setelah saya menyimak video tentang pembelajaran IPA di luar kelas, ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya diantaranya:
1). Menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran pada siswa
2). Melakukan pendekatan terhadap siswa,
3). Membuat Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan siswa duduk berjam-jam
Nama : Sri Wahyuningsih
NIM : 857154592
Program Studi : PGSD
UPBJJ Jakarta
Setelah menyimak vidio tentang ” Kasus berkenaan dengan tidak teraturnya siswa pada saat melakukan observasi/praktik di luar kelas dengan materi Pengelompokan tumbuhan ” dari vidio pertama siswa-siswi tidak kondusif melakukan observasi di karenakan guru tidak merancang terlebih dahulu apa yang ingin siswa-siswi teliti, serta guru tidak memberikan arahan yang jelas sehingga siswa-siswi tidak kondusif serta dorong-dorongan pada saat keluar kelas,guru tidak membagi siswa dalam beberapa kelompokdan tidak memberikan tugas yang berbeda sehingga mereka dibiarkan dan tidak terarah,guru tidak memberikan batas waktu sehingga siswa terlihat tidak sungguh-sungguh dan santai melakukan penelitian,serta guru juga tidak mengatur lokasi setiap kelompok sehingga keadaan siswa bertumpuk.
tetapi pada saat melihat vidio ke 2 situasi pelaksanaan observasi sudah terlihat kondusif dan teratur di karenakan guru sudah melakukan perubahan serta memiliki solusi supaya siswa lebih aktif dan kondusif dalam melakukan observasi di luar kelas maka dapat disimpulkan bahwa seorang guru harus bisa mempunyai strategi dalam mengajar,kreatif,mengembangkan diri serta memberikan inovasi-inovasi terbaru sehingga tercapainya proses pembelajaran yang sesuai dengan materi yang kita sampaikan. terimakasih
Nama:Putri Purnamawati
NIM :857155032
UPBJJ Jakarta
Setelah menyimak Vidio pembelajaran Outdoor Learning 1 siswa siswi terlihat tidak kondusif ,serta tidak mengetahui arah tujuan pembelajaran sehingga banyak siswa siswi tesebut terkesan hanya bermain dan tidak bersungguh sungguh dalam melaksanakan proses belajar mengajar di luar kelas ,observasi yang di lakukan pun tidak terarah .
Dan di dalam Vidio pembelajaran Outdoor Learning k 2 susah terlihat kondusif karna guru sudah menyusun strategi dalam pembelajaran di luar kelas sehingga siswa dapat fokus dan terarah dalam menjalankan pembelajaran ketika di luar kelas .
Dan dapat si simpulkan bahwa guru tidak hanya kreatif tetapi juga harus menyusun strategi pembelajaran yg tepat serta dapat memberikan inovasi invasi baru serta untuk tercapainya proses pembelajaran .
Terima kasih 🙏