silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar. Salah satu dampak negatifnya adalah krisis moral dan akhlak baik melalui perilaku, sikap, verbal serta fisik yang lebih dikenal dengan istilah perundungan (bullying). Bila tidak segera disikapi melalui pendidikan, maka dikhawatirkan adat dan budaya luhur sesuai dengan niai-nilai Pancasila akan semakin pudar. Penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada anak adalah kunci utama untuk menyiapkan generasi yang berbudi luhur sesuai tahap tumbuh kembangnya. Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk melalui hasil belajar dan menjadi teladan pembiasaan dan perilaku orang tua, guru dan tenaga kependidikan serta lingkungan masyarakat.
Permasalahan yang biasanya muncul pada perkembangan sosial emosional anak dapat dilihat dengan adanya perilaku anak yang kurang tepat, baik di rumah maupun di sekolah, salah satunya adalah perilaku bullying. Bullying mulai muncul di TK. Anak yang di usia dininya terindikasi dan terlibat dalam perilaku bullying, berpotensi untuk menjadi pelaku kenakalan di usia remajanya, tindakan kekerasan, serta terjebak dalam tindakan kriminal. Perilaku bullying seringkali terjadi di sekolah yang kurang pengawasan dari guru, longgar dalam menerapkan aturan, serta pihak-pihak pemegang otoritas tidak memiliki sikap dan pandangan yang tegas terhadap bullying. Pengetahuan guru TK tentang bullying juga dirasakan masih terbatas. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dapat dilakukan dengan program psikoedukasi yang diberikan kepada guru mengenai perilaku bullying.
Gambaran atau contoh konkrit yang dituangkan dalam sebuah tayangan diharapkan menjadi media yang mudah diterjemahkan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mencegah terjadinya bullying. Selamat menyaksikan!
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
- Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
- Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
- Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
Nama : Farihatun Nisa’
NIM : 858743209
Prodi : S1 BI PGPAUD
1. Dalam video diilustrasikan seorang anak yang mendapatkan perundungan secara verbal oleh teman-temannya saat bermain. Menurut saya, perundungan yang dilakukan pada video tersebut sangatlah tidak dibenarkan meskipun itu terjadi pada kalangan anak-anak yang notabenenya masih dalam tahap belajar bersosialisasi. Cikal bakal perundungan terjadi dimulai dari hal yang dianggap sepele seperti yang dicontohkan pada video tersebut. Beberapa dampak yang akan terjadi pada yang melakukan perundungan dan yang dirundung adalah gangguan psikis di hidupnya. Hal ini tentu akan berlanjut dan semakin bertambah parah jika tidak tertangani dengan benar dan tepat.
2. Jika saya berada pada lokasi tersebut dan melihat situasi itu, pertama yang akan saya lakukan adalah menenangkan anak yang mendapatkan perundungan dan memastikan bahwa kondisinya baibaik saja atau sampai dia tenang dan bisa berkomunikasi dengan saya. Setelah itu, saya akan mengajaknya untuk mendekati anak yang merundunginya, dan mengajak mereka untuk saling bermaaf-maafan tanpa harus menghakimi salah satunya. Yang terakhir adalah memberikan nasehat yang tentunya tidak memojokkan salah satu anak, dan memberikan afirmasi positif karena sudah mau meminta maaf dan memaafkan.
3. Mungkin yang dimaksud adalah mika.mika diperlakukan seperti yang diilustrasikan karena dianggap berbeda dengan teman-teman sebayanya saat itu. Dia dianggap bertubuh lebih tinggi dan dianggap seperti jjerapah kemudian karena Mika kalah dalam permainan dan terlihat sedih, maka salah satu temannya mengejeknya dengan ekspresi pura-pura menangis.
4. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang suka membully, yaitu
a) Luangkan waktu dengan anak dan ajak bicara dengan tenang
b) Melakukan sesi curhat untuk mengetahui penyebab atau alasan anak melakukan hal perundungan
c) Bangun kerjasama antara sekolah dengan orang tua
d) Mengurangi penggunaan gadget untuk mengurangi akses tontonan yang memicu perundungan
e) Ajak dan ajarkan anak kegiatan yang memunculkan keahlian yang baru, seperti olahraga
f) Memberikan pemahaman tentang perbedaan sejak dini
g) Pihak orang tua dan guru harus memperhatikan lingkungan pergaulan anak
h) Berikan kesempatan anak untuk berbicara
i) Berikan pelatihan dan pemahaman pada anak dalam mengolah emosinya
5. Jika anak mengalami perundungan, hal yang perlu dilakukan sebagai guru ataupun orang tua yaitu,
a) Tanggapi kejadian itu dengan serius.
b) Hargai dan berterima kasihlah pada siswa tersebut karena telah melapor kepada Anda.
c) Yakinkan dia bahwa itu bukan salahnya.
d) Tunjukkan empati.
e) Bantu anak yang di-bully untuk membela dirinya sendiri – bahwa dia bisa mengatakan tidak suka jika dikerjai oleh temannya.
f) Tanyakan kepada anak tentang apa yang dapat dilakukan untuk membuat dia merasa aman
g) Bicaralah dengan setiap anak yang terlibat dalam situasi ini secara terpisah. Hindari menyalahkan, mengkritik, atau meneriaki di depan wajah mereka.
h) Dorong dan hargai nilai kejujuran.
i) Pertimbangkan peran atau pengaruh ‘kelompok sebaya’. Bullying terkadang dilakukan oleh kelompok. Jika bullying dilakukan oleh seorang anak, dengan bantuan atau dukungan dari anak-anak lain, mereka semua juga harus menanggung konsekuensinya bersama, terutama agar mengetahui dampak perbuatan mereka kepada anak yang dibully, serta meminta maaf.
j) Ambil tindakan kepada pelaku bullying. Beritahu si anak, orang tuanya, dan kelas mengenai perkembangan kasusnya, dengan tetapi menghormati
semua pihak.
k) Tindak lanjuti secara teratur dengan anak tersebut mengenai kemajuan yang dibuat mengenai masalah ini sesudahnya.
l) Jika perlu, carilah bantuan dari pihak eksternal. Ketika Anda menghadapi masalah yang parah atau signifikan yang tidak Anda ketahui cara mengatasinya, laporkan kepada guru konseling sekolah, atau pekerja sosial, atau psikolog.
Nama : estika nur imama
Nim : 858918919
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Menurut saya, bullying adalah tindakan yang sangat tercela. Sekolah adalah tempat belajar dan mencari ilmu, anak tidak boleh membully temannya dengan alasan apapun. Setiap orang berhak mendapatkan ketenangan dalam belajar. Bullying akhir-akhir ini semakin parah terutama bullying verbal, pelaku akan tega mengatakan segala keburukan dan mengkritik dengan bahasa yang kasar kepada pelaku sehingga terkadang pelaku menjadi trauma dan menderita secara mental.
2.Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
Anak itu harus memperbaiki kesalahannya. Misalnya dengan meminta maaf kepada anak yang di-bully, melakukan sesuatu yang baik untuknya agar merasa lebih baik. Berikan dorongan kepada anak-anak yang lebih rentan terhadap bullying untuk berinteraksi secara lebih aktif dan ingatkan teman-temannya untuk membantu ia agar dapat melakukannya dengan baik
3. Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
mungkin karena anak tersebut memiliki penampilan fisik yang berbeda dengan yang lain seperti warna kulit, bentuk tubuh, tinggi seperti jerapah. mungkin juga karena kemampuan perkembangannya yang berbeda dari yang lain, sehingga anak kurang atau berlebihan mengakibatkan anak menjadi manja.
4. Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
Soroti perilaku yang tidak pantas dan tidak dapat diterima dan ingatkan mereka tentang aturan dan pedoman anti-intimidasi yang dibuat di tingkat sekolah/kelas.
Bantu mereka dengan memahami alasan di balik perilaku intimidasi mereka (seperti apakah mereka memiliki masalah di rumah, kurang perhatian, pengalaman intimidasi sebelumnya, dll.)
Tunjukkan empati dan kasih sayang dengan berbagi bagaimana perasaan anak yang diintimidasi.
Terapkan konsekuensi tertentu untuk membantu mereka belajar dari situasi ini. Konsekuensi yang diberikan harus terkait dengan kesalahannya, menghormati anak sebagai pelaku, masuk akal dan logis, serta dapat diterima untuk mengajarkan anak berperilaku lebih baik.
5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
pertimbangkan peran atau pengaruh ‘peer group’. Bullying terkadang dilakukan oleh kelompok. Jika bullying dilakukan oleh seorang anak, dengan bantuan atau dukungan dari anak lain, mereka semua juga harus menanggung akibatnya secara bersama-sama, terutama untuk mengetahui dampak dari perbuatan mereka terhadap anak yang di-bully, dan meminta maaf. ambil tindakan terhadap pelaku intimidasi. selalu beri tahu anak, orang tuanya, dan kelas tentang perkembangan kasus, tetapi dengan rasa hormat untuk semua pihak. tindak lanjuti secara teratur dengan anak mengenai kemajuan yang dibuat pada masalah ini sesudahnya.
Nama : Neneng Khoirunnisa
Nim : 858565909
Pokjar : Batu malang
1. bagaimana pendapat anda mengenai video diatas?
dalam video yang telah saya lihat, ada anak yang melakukan perundungan secara verbal terhadap temannya, hal ini tidak boleh dibiarkan karena hal itu dapat mengganggu psikis temannya, pelaku akan tega mengolok olok, menhina dengan eenaknya sendiri, pelaku tidak akan bisa menghargai dan memahami kekurangan temannya, karena jika diteruskan korban akan mengalami trauma dan kehilang percaya dirinya. banyak sekali anak anak yang sengaja melakukan bully dan tanpa merasa bersalah, oleh karenanya penanaman karakter baik, perlakuan terhadap anak dengan baik harus dilakukan sejak dini agar anak tumbuh menjadi anak yang mudah bergaul dan bisa menghargai dan bersosialisasi dengan temannya dengan baik.
2. jika anda berada dilokasi kejadian, apa yang akan anda lakukan?
kita beri pemahaman yang baik terhadap si pelaku, bahwa yang dilakukannya itu membuat temannya sedih, dan jika si pelaku merasakan hal yang sama bagaimana, kita arakan untuk meminta maaf kepada korban, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, dan ketika tidak sengaja anak kembali mengulangi hendaknya selalu diingatkan, dan apabila anak tersebut sudah tidak melakukannya lagi dan mau berubah berikan reward sebaik mungkin, beri pujian semangat dan apresisasi terbaik untuk dia.
3. apa penyebab joko diperlakukan demikian?
adakalanya dari faktor keluarga yang mungkin kurang nyaman memperlakukan dia, kurang kasih sayang, kurang perhatian, kurang pelukan, kurang dianggap di lingkungannya, atau bisa jadi dia tidak di terima dilingkungannya yang menjadikan joko menjadi seperti itu.
4. bagaimana anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
mengajak anak untuk ngobrol berdua tentang dia di rumah, setelah itu tanya ke orang tua bagaimana dia dilingkungannya, berikan perasaan nyaman dan empati terhadap anak tersebut, berikan konsekwensi dan apresisasi dengan apa yang dilakukan, berikan pemahaman tentang perbedaan satu dengan yang lain, minta kerjasamanya dengan orang tua untuk mengurangi melihat hp, mengurasi untuk tidak bergaul dengan teman teman yang suka melakukan bully dilingkungannya, kita bisa memberinya pembelajaran tuntas emosi atau terapi, dan tanamkan ke anak tentang indahnya dan pentingnya kita berbuat baik.
5. bagaimana anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
tanamkan anak agar selalu percaya diri, libatkan anak dalam setiap kegiatan, ajari tentang saling menghormati, ajak anak unttuk berttindak tegas dan bertanggung jawab, dan membanngun komunikasi aktif dengan anak, menghargai pendapat anak, tanamkan selalu sikap jujur.
Nama : Tiara Dwi Anggraeni
Nim:857659947,
UPBJJ Semarang
1.Vidio di atas merupakan kejadian yang benar-benar terjadi pada saat ini.Sering kita lihat di sekitar lingkungan.Oleh karena itu kita sebagai pendidik harus mencegah anak melakukan bullying pada anak yang lainnya.
2.Jika saya di lokasi kejadian, akan saya cegah dan beri penjelasan pada anak yang melakukan bullying tersebut.
3.Sebab Joko di perlakukan demikian karena faktor dari lingkungan sekitarnya.
4.Agar anak tidak melakukan perundungan/bullying langkah yang saya terapkan adalah melakukan pendekatan secara teratur terhadap anak tersebut serta memberi pengertian dan pemahaman bahwa
hal itu kurang baik.
5.Cara saya mengedukasi anak yang kena perundungan/bullying melakukan pendekatan,agar anak tidak trauma
NAMA : Ellen Fatonah
NIM : 857494854
UPBJJ : Bandung
Prodi : S1-PGPAUD
1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Dari video di atas saya banyak mendapat pengetahuan baru untuk menghadapi anak yang mengalami atau bertindak perundungan terhadap temannya , saya juga dapat pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan dan tindakan pencegahan terhadap perilaku perundungan .
2. Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
saya akan memberitahu temannya untuk tidak berperilaku demikian , dikarenakan setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda2 , dan memberitahu mereka bahwa tindakan seperti itu tidak baik , bahkan meminta pelaku meminta maaf kepada korban .
3. Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
Penyebab Mika diperlakuan demikian karena ia tidak bisa menemukan temannya yang bersembunyi
4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
a. Memberi pelajaran dan pengarahan tentan perilaku perundungan
b. Tidak membeda-bedakan antara siswa satu dengan siswa yang lain
c. Memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berkomunikasi , baik bertanya ataupun ditanya
5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
Memberi semangat kepada siswa tersebut agar tidak berkecil hati dengan perilaku perundungan , bahkan mengajaknya bermain bersama temannya yang lain .
NAMA : Ellen Fatonah
NIM : 857494854
UPBJJ : Bandung
Prodi : S1-PGPAUD
Ijin memberi komentar
1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Dari video di atas saya banyak mendapat pengetahuan baru untuk menghadapi anak yang mengalami atau bertindak perundungan terhadap temannya , saya juga dapat pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan dan tindakan pencegahan terhadap perilaku perundungan .
2. Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
saya akan memberitahu temannya untuk tidak berperilaku demikian , dikarenakan setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda2 , dan memberitahu mereka bahwa tindakan seperti itu tidak baik , bahkan meminta pelaku meminta maaf kepada korban .
3. Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
Penyebab Mika diperlakuan demikian karena ia tidak bisa menemukan temannya yang bersembunyi
4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
a. Memberi pelajaran dan pengarahan tentan perilaku perundungan
b. Tidak membeda-bedakan antara siswa satu dengan siswa yang lain
c. Memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berkomunikasi , baik bertanya ataupun ditanya
5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
Memberi semangat kepada siswa tersebut agar tidak berkecil hati dengan perilaku perundungan , bahkan mengajaknya bermain bersama temannya yang lain .
Terima kasih
NAMA: ARIENDA PUTRI PARAMA SHINTA
NIM: 857844091
1. Dari video di atas saya mendapat banyak sekali penggetahuan atas bagaima mengatasi pembulian atau tindak perundungan kepada anak.
2. ketika saya berada dalam situasi hal tersebut saya akan memberi tahu bahwa hal terseebut tidak baik untuk din lakukan.
3. joko bertindak laku sepeti itu di karenakan di pengaruhi oleh faktor lingkungan dan keluarga.
4. denggan cara memeberitahu, denggan baik2 dan denggan kata yang dapat di fahamin oleh anak. atau denggan cara memutarkan video tentang perundungan kepada anak dan memberitahu apa akibat nya.
5. denggan cara memberikan semangat, dan perhatiuan jangan sampai anak tersebut merasa tertekan dan sendiri. dan mengalihkan perhatian nya
NAMA: DWI RATNA SARI
NIM : 858725755
PRODI PAUDBI
UPBJJ SURABAYA POKJAR GRESIK
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
banyak sekali pengetahuan yang dapat saya ambil dari video tersebut terutama seputar perundungan anak, penyebab perundungan, akibat, penanggulangan/ usaha dalam pencegahan perundungan yang terjadi kapanpun dimanapun dan kepada siapa saja.
2. Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
jika saya berada dilokasi tempat perundungan, saya akan menegur kelompok anak yang melakukan perundungan tersebut dan memberikan sedikit edukasi / penjelasan pada kelompok anak. memberi wawasan dan gambaran bagaimana jika hal tersebut terjadi juga pada diri kita sendiri agar terjadi introspeksi pada diri anak sehingga tidak akan terjadi lagi hal tersebut.
3.Apa penyebab Joko diperlakukan demikian?
penyebab si anak diperlakukan demikian karena ketidakmampuannya dalam menemukan teman yang bersembunyi sehingga dirasa kemampuan anak yang lemah dari anak-anak yang lain.
4. Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
akan saya ajak mereka berbicara dengan pendekatan dengan kasih sayang agar mereka merasa tak terintimidasi dengan mengarahkann mereka untuk tidak melakukan hal semacam itu pada orang lain yang akan membuat orang lain merasa sedih berkecil hati , tidak dihargai, menjadi lemah dan tersakiti. edukasi tentang anti perundungan juga kita lakukan di dalam kelas dengan sedikit penekanan dan waspada serta selalu mengawasi sikap dan tindakan peserta didik kita agar saat muncul indikasi perundungan bisa segera kita antisipasi dengan baik dan tidak berkelanjutan.
5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
memberikan semangat dan dukungan spikologi , membesarkan hati dan menumbuhkan sikap percaya diri anak, mendorong anak untuk dapat lebih berani dalam mengutarakan pendapat atau perasaannya, memberikan rasa aman kepada anak
Nama : Lailatul Farida
Nim : 858169825
1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Dari video di atas saya banyak mendapat pengetahuan baru untuk menghadapi anak yang mengalami atau bertindak perundungan terhadap temannya , saya juga dapat pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan dan tindakan pencegahan terhadap perilaku perundungan .
2. Jika Anda berada di lokasi kejadian, apa yang akan Anda lakukan?
saya akan memberitahu temannya untuk tidak berperilaku demikian , dikarenakan setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda2 , dan memberitahu mereka bahwa tindakan seperti itu tidak baik , bahkan meminta pelaku meminta maaf kepada korban .
3. Apa penyebab Jiko diperlakukan demikian?
Penyebab Mika diperlakuan demikian karena ia tidak bisa menemukan temannya yang bersembunyi
4.Bagaimana Anda mengedukasi siswa agar tidak melakukan perundungan?
a. Memberi pelajaran dan pengarahan tentan perilaku perundungan
b. Tidak membeda-bedakan antara siswa satu dengan siswa yang lain
c. Memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berkomunikasi , baik bertanya ataupun ditanya
5. Bagaimana Anda mengedukasi siswa yang menjadi korban perundungan?
Memberi semangat kepada siswa tersebut agar tidak berkecil hati dengan perilaku perundungan , bahkan mengajaknya bermain bersama temannya yang lain, dan menjadikan pembelajaran yang terbaik untuk kedepannya
1. Dlam Video yang baru sata lihat, sering kita lihat di sekitar kita atau pun disekolah mau pun di sekitar rumah anak didik, dimana saat anak-anak bermain tidak sengaja membully temannya. Perbuatan itu tidak boleh dibiarkan berlangsung lama karena dapat mengakibatkan trauma yang membekas pada anak yang terknena buluy ana dari temannya.
2. Jika pembully ini berada di sekitar kita, maka dari itu kita akan bertanya lebih dahulu kepada anak yang membully itu, permasalahan sehingga kita tidak salah dalam memarahi anak tersebut, Sehingga kita tidak membuat sebuah keputus yang fatal buat anak tersebut. Setelah itu baru lah kita diberikan tahukan akibat dari perbuatnya kerpada temannya lalu kita menyuruh anak tersebut untuk meminta maaf kepada temannya.
3. Terjadinya pembullyan biasanya terdapat dalam bentuk antar lain secara fisik, secara verbal dari temannya.
4. Ada pun cara yang kita lakukan adalah dengan cara memberikan pengetahuan/ mengedukasi kepada anak didik agar tidak ada lagi pembullyan. Kita sebagai guru akan memberikan kata yang positif kepada anak didik bahwa kita semuanya adalah cipta Tuhan, jadi semuanya kita harus mengasih temannya.
5. Ada pun cara untuk mengedukasi anak yang mendapatkan pembullyan kita akan membawa anak tersebut berkumpul dengan teman-temanya bersama-sama bermain, melakukan kegiatan bersama, bermain peran bersama-sama