silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Lita Sulistian
NIM : 858175725
Assalamualaikum wr.wb
Setelah melihat video *” sulit mengenal konsep bilangan “*, Menurut pendapat saya
sangat menarik untuk bahan ajar mengajar di TK maupun PAUD karena video tersebut menampilkan cara memberikan kegiatan efektif dan menyenangkan yaitu mengambil bola dengan menghitung sesuai dengan instruksi pendidik. Akan tetapi bisa ditambahkan dengan APE kartu angka supaya anak bisa melihat bagimana bentuk angka misalnya angka 7. Atau dengan memberikan penguatan dengan jari-jari tangan misalnya ” bagimana ya angka 7 jika dihitung menggunakan jari ?” Jika jawaban anak benar bisa diberikan apresiasi pujian .
Sebelum diberikan tugas oleh pendidik anak — anak di latih dengan cara di bimbing menyanyi dengan berhitung. Hal ini sangat berguna dalam membangun rasa percaya diri anak dan melatih koordinasi motorik kasarnya.
Anak juga diberikan kegiatan untuk menstimulasi perkembangan kognitif dengan mengelompokkan gambar sesuai dengan jumlah angka gambar.
Dan yang sangat menarik adalah dengan memberi penguatan stempel ,anak pasti sangat senang dan bangga atas apa yang berhasil anak lakukan.
Adapun Manfaat Bagi Guru PAUD:
Ada banyak faktor Video Guru Pintar Online ini sangat bermanfaat bagi saya yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran, di antaranya guru, peserta didik, serta model dan media pembelajaran yang digunakan. Model Pembelajaran merupakan suatu teknik pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan suatu pokok bahasan tertentu. Pemilihan suatu model harus disesuaikan dengan materi pelajaran, tingkat perkembangan kognitif siswa, dan sarana yang tersedia. Ruang ini menyajikan berbagai video pengimplementasian model-model pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan bagi para guru agar mendapat wawasan yang luas.
Nama : Masirotul Fawaidah
Nim : 858179761
Izin menanggapi video diatas tentang Sulit Mengenal Konsep Bilangan, Video diatas sangat bermanfaat dimana guru di tuntut untuk kreatif, inovatif supaya anak usia dini merasa senang saat kegiatan pembelajaran, Mengenal konsep bilangan dengan bermain menghitung bola, tepuk tangan, bernyanyi dan membuat alat peraga dan sebagainya sangat tepat dipraktekkan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini , memberikan apresiasi berupa stempel ditangan dilembaga kami juga biasanya kami lakukan sehingga membuat anak termotivasi dan senang dengan aktivitas pembelajaran yang mereka lakukan.
Nama : Masirotul Fawaidah
Nim : 858179761
Izin menanggapi video diatas tentang sulit mengenal konsep bilangan
Video diatas sangat bermanfaat bagaimana guru di tuntut untuk kreatif dan inovatif dan menyenangkan saat kegiatan pembelajaran pada anak usia dini, dalam video tersebut anak-anak diajak mengenal konsep bilangan melalui permainan menghitung bola, tepuk tangan , bernyanyi dan membuat alat peraga, dan pada ahir video anak di beri apresiasi berupa stempel gambar bintang dan itu biasanya kami lakukan di lembaga kami yang membuat anak termotivasi juga merasa senang dengan kegiatan yang mereka lakukan.