silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : jasmine kinanti putri
Nim : 858288512
Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi guru atau calon guru untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Dalam video tersebut guru yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi berupa menghitung bilangan dengan menggunakan media benda konkrit seperti bola, spidol dan melalui lka bergambar sangat membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan dan didukung dengan bahasa yang jelas dan komunikatif sehingga anak mudah untuk memahaminya. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat interaktif, anak dilibatkan langsung dalam pembelajaran.
Nama : Ovi Ristiyanti
Nim : 857702067
Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi guru atau calon guru untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Dalam video tersebut guru yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi berupa menghitung bilangan dengan menggunakan media benda konkrit seperti bola, spidol dan melalui lka bergambar sangat membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan dan didukung dengan bahasa yang jelas dan komunikatif sehingga anak mudah untuk memahaminya. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat interaktif, anak dilibatkan langsung dalam pembelajaran.
Nama : Kartini
NIM : 857721866
Dari video di atas menunjukkan kegiatan pengembangan kognitif mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan berbagai teknik atau strategi. Kegiatan pertama meminta anak mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diminta akan memberikan pengalaman secara langsung kepada anak untuk mengenal jumlah benda. Kemudian anak diajak untuk menyanyikan lagu jumlah anggota tubuh. Dengan bernyanyi secara tidak langsung anak belajar konsep bilangan seperti jumlah mata, mulut, hidung dll. Kegiatan selanjutnya, anak diajak untuk menghitung jumlah benda yang ada pada lembar kerja dan melingkari lambang bilangan yang sesuai. Dengan berbagai teknik yang digunakan akan semakin memperkuat pengetahuan anak tentang konsep bilangan serta anak menjadi lebih tertarik dan senang pada saat pembelajaran di kelas.
Nama: Laily Febriana
NIM: 858317147
Video yang sangat bagus, sangat inspiratif. Kegiatan di video bisa dijadikan salah satu referensi bagi guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Kegiatan yang interaktif menjadikan anak tidak bosan mengikutinya.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit.