silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Azizatul Haq Larasati
NIM : 859672357
UT : Surabaya
Pokjar : Sidoarjo
Menanggapi video di atas, menurut saya video pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah tepat. Dalam kegiatan yang dilakukan di dalam video di atas, media dan teknik yang digunakan untuk mengenal konsep bilangan juga bermacam-macam seperti mengambil bola sejumlah bilangan, melakukan tepuk-tepuk sejumlah bilangan, bernyanyi sambil mengenal bilangan. Aktivitas sebelum anak-anak mengerjakan tugas menggunakan lembar kerja siswa, terlebih dahulu mengajar bernyanyi. Tujuannya agar anak-anak merasa senang dan tidak terbebani saat anak mengerjakan tugas di lembar kerja siswa.
Pembelajaran pada anak usia dini dilakukan sambil bermain. Sehingga anak-anak akan senang saat proses pembelajaran.
Nama : Lidiya Nur Vitasari
NIM : 857987903
Dari video di atas saya dapat belajar bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak. di video tersebut anak-anak diajak belajar konsep bilangan dengan cara bermain. selain anak-anak merasa senang, anak-anak juga lebih mudah memahami serta tidak jenuh.
Assalamualaikum,
Nama : Risyandini Cahya Bulan Siregar
NIM : 858868054
UPBJJ : Kota Malang
Dari video diatas saya dapat mengambil pembelajaran bahwa pengenalan konsep angka akan lebih mengena anak jika guru merapkan metode pembelajaran yang tepat. Dalam video guru mengenalkan konsep angka dengan menggunakan media, sambil bernyanyi, bertepuk dan pemberian tugas sebagai penguatannya. Dengan menggunakan media yang menarik dibersamai dengan bermain membuat anak lebih paham dengan apa yang disampaikan guru, karena pada hakekatnya anak usia dini lebih menyukai bermain yang dibarengi belajar atau dengan kata lain belajar seraya bermain. Setelah anak berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, guru memberikan reward pada anak yang membuat anak lebih semangat lagi untuk menyelesaikan tugasnya di kesempatan yang lain.
Nama : Aisyah Mardhatillah
NIM : 859165308
Sulit mengenal konsep bilangan
Menurut saya, pengenalan konsep bilangan yang dilakukan oleh guru di dalam video tersebut sangat bagus, karena metode yang digunakan guru tersebut adalah konsep belajar sambil bermain yang di mana bisa membuat anak-anak mudah dalam memahami pembelajaran tersebut, meliputi berbagai kegiatan, seperti bermain mengambil bola dan pensil warna sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh guru, bernyanyi, bertepuk tangan, serta menggunakan lembar kerja anak yaitu melingkari angka sesuai jumlah bendanya. Setelah itu juga guru memberikan reward berupa bintang atau yang lainnya untuk anak yang berhasil mengambil benda yang sesuai dengan angka yang disebutkan dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS (Lembar kerja siswa) melingkari angka yang sesuai dengan bendanya .
Terima kasih…
Nama : Syifa Mesti Apprikhatin
NIM : 857632293
Mata kuliah : Evaluasi Perkembangan Anak TK
UPBJJ : Purwokerto
Menanggapi video tersebut, menurut saya video tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi pendidik PAUD seperti saya dan teman-teman dalam kegiatan aspek kognitif khususnya mengenal bilangan, beberapa anak didik memang pada awalnya, apalagi saat awal memasuki sekolah sama sekali belum mengenal huruf maupun angka, jadi dengan adanya pembelajaran menggunakan benda (menghitung bola, spidol, objek gambar), menggunakan lagu, menggunakan tepuk dapat melatih anak dalam mengenal angka dan bilangan. Apresiasi memberikan stempel bintang kepada anak seperti yang ada di video sebagai bentuk apresiasi anak yang sudah berhasil menyelesaikan tugas atau kegiatannya dalam mengenal bilangan, hak tersebut juga dapat sebagai motivasi anak didik yang lain untuk bisa mengenal bilangan dan agar samasama mendapatkan stempel bintang seperti temannya
Nama : Miftahul Jannah
Nim : 858307669
#Sulit mengenal Konsep bilangan – Pengembangan Kognitif PAUD
Kemampuan mengenal bilangan anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan. Hal ini dilakukan agar anak memperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran matematika di tingkat yang lebih tinggi. dalam vidio tersebut cara mengatasi anak kesulitan mengenal konsep bilangan sudah bagus, melalui belajar sambil bermain, dan ada beberapa cara lagi dalam mengatasi anak sulit mengenal bilangan seperti, berhitung bersama, penyortiran, mengukur, belajar bentuk, menumpuk balok bangunan dll.
Nama : YANTI
NIM : 858439391
Menurut saya guru tersebut telah menunjukkan cara menstimulasi anak dengan baik , melalui kegiatan bernyanyi, kegiatan fisik, dan kegiatan kognitifnya serta memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil menyelesaikan perintah, sehingga anak merasa bersemangat dan percaya diri akan kemampuannya .
Menurut saya dalam video pembelajaran “Sulit menganal konsep bilangan” Apa yang di lakukan oleh ibu guru sudah sangat baik karena ibu guru mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan metode bermain dan nyayian, karena anak-anak suka dengan permainan dan nyayian lagu maka pengembangan yang dilakukan ibu guru dapat tercapai dengan baik.
Nama : Indah Latifatul Fitria
NIM : 858876882
UPBJJ : Malang
Mengenai video diatas, tanggapan saya adalah fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan itu kerap kali terjadi. Sebagai guru, kita memerlukan kepiawaian tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan.
Berikut adalah beberapa teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak :
– Ajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu atau tepuk.
– Guru bisa juga mengarahkan anak untuk memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan.
– Memberikan penguatan/penghargaan kepada anak yang sudah berhasil mnengenal/memahami sebuah bilangan.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya, dalama video ini mengajarkan saya bahwa sebagai guru TK itu harus selalu sabar dalam mengajarkan anak tentang mengenal konsep bilangan. Dan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak agar anak-anak tidak merasa bosan, kita bisa melakukannya dengan cara bernyanyi; bermain ataupun bertepuk untuk menarik perhatian anak. Jadi tidak hanya terfokus pada satu metode saja, dalam video tersebut saya bisa belajar beberapa metode yang sangat bagus dan menarik untuk anak.
NAMA : RIDA RIASTINI
NIM : 858877021
JUDUL : ANAK KESULITAN MENGENAL KONSEP BILANGAN
Pada video di atas kita diperlihat tentang kondisi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dan yang lain sudah berhasih mengenal konsep bilanagn. itu menunjukkan bahwa perkembangan setiap anak berbeda-beda dan membutuhkan stimulasi belajar yang berbeda. Pada video di atas metode yang dilakukan oleh guru dalam membimbing anak yang belum berhasil sangatlah baik karena menggunkan beberapa kegiatan bermain yang menyenangkan yang menarik anak untuk terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan tersebut guru telah melakukan asesmen otentik pada anak,mengamati anak pada keadaan nyata,menagamati anak pada saat melakukan unjuk kinerjanya menghitung bola sehingga guru bisa langsung membantu anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Guru juga memebrikan apreisiasi pada anak yang secara langsung akan memebuat anak termotivasi lagi untuk terus melakukan kegiatannya yaitu bermin sambil belajar yang nantinya dapat berguna dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
pada video tersebut juga diperlihatkan upaya yang dilkukan guru untuk membantu anak yang kesulitan mengenal bilanagn mellalui bemian hitung bola,menyanyi,memasangkan gambr dengan bilngan yang tepat. Untuk menambah pemahaman anak mengenal simbol kita juga bisa melakukannya melalui permainan tepuk,permmaianan ular tangga yang telah dimodifikasi yang melibatkan anak sebagai pemainnya dalam bidak ular tangga. Video ini sangat bermanfaat untuk kita jadikan sebagai bahan pembelajaran dan acuan ketika kita memilki anak didik yang mempunyai masalah belajar yang sama. Dari viedo terssebut kita juga bisa belajar ntuk membuat rancangan kegiatan bermain yang bermakna bagi anak dengan permaianan yang meneyenangkan dan efektif untuk memabatu meningkatkan keterampilan dan kemampuan anak. sehinagga dapat tercapai tujuan pembelajarannya,bermanfaat pada kehidupan nyata dan penerapan sehari-harinya.