silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Nurhidayati
NIM : 858305056
Judul video : “Sulit mengenal konsep bilangan”
Menurut saya dalam video tersebut, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pengenalan konsep bilangan. Strategi pengembangan kognitif yang diterapkan oleh guru sudah tepat, guru menggunakan media bola untuk mengenalkan konsep bilangan, guru juga mengajak anak-anak bermain tepuk dan bernyanyi. Guru berupaya untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Saran saya guru jangan hanya memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik tetapi hasil karya anak yang lain juga diberikan motivasi dan bimbingan agar anak lebih semangat lagi membuat hasil karyanya
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Perkenalkan :
Nama : Zahro
NIM : 857988217
Prodi : PGPAUD
Mohon izin menanggapi video tentang “sulit mengenal konsep bilangan”.
Berdasarkan video yang ditayangkan sikap guru sudah baik dalam hal memberikan stimulus kepada anak agar lebih mengenal konsep bilangan. Supaya tidak bosan guru dapat menggunakan teknik mengenal bilangan dengan cara permainan, bernyanyi, tepuk, pemberian lembar kerja tentang memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Guru juga perlu memberikan penguatan atau motivasi anak dengan cara memberikan penghargaan berupa bintang juara bagi anak yang berhasil menghitung jumlah benda yang disebutkan guru. Sangat menginspirasi, semoga saya juga bisa menerapkan beberapa hal yang disampaikan pada video tersbut.
Sekian. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Nama : Sakina Kaler Rosa
NIM : 859175774
Bismillah
Mungkin ada sedikit saran, pada saat memberikan kesempatan anak maju ke depan untuk menghitung bola, sekiranya agar di berikan waktu yang cukup agar anak tidak tergesa-gesa dan panik saat sedang berusaha melakukan kegiatan dan mungkin bisa memberikan dukungan sesekali atau memilih waktu yang tepat saat anak terlihat butuh dukungan, sekiranya ini dilakukan agar tidak menggangu konsentrasi anak saat menghitung bola dengan dukungan yang terus-menerus dilakukan, mengingat karakteristik anak yang berbeda-beda, mungkin ada anak yang kurang bisa berkonsentrasi jika ada suara disekitarnya.
Namun tentu saja semua seri dari video “Guru Pintar Online” sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu dan sebagai referensi yang bisa diterapkan di lembaga khususnya lembaga tempat Saya mengajar sekarang.
Nama: Sakina Kaler Rosa
NIM: 859175774
Bismillah
Mungkin ada sedikit saran, pada saat memberikan kesempatan anak maju ke depan untuk menghitung bola, sekiranya agar di berikan waktu yang cukup agar anak tidak tergesa-gesa dan panik saat sedang berusaha melakukan kegiatan dan mungkin bisa memberikan dukungan sesekali atau memilih waktu yang tepat saat anak terlihat butuh dukungan, sekiranya ini dilakukan agar tidak menggangu konsentrasi anak saat menghitung bola dengan dukungan yang terus-menerus dilakukan, mengingat karakteristik anak yang berbeda-beda, mungkin ada anak yang kurang bisa berkonsentrasi jika ada suara disekitarnya.
Namun tentu saja semua seri dari video “Guru Pintar Online” sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu dan sebagai referensi yang bisa diterapkan di lembaga khususnya lembaga tempat Saya mengajar sekarang.
NAMA : YANTI HANDINI
NIM : 858451034
Pendapat saya tentang vidio tersebut : dari pengamatan saya, apa yang sudah di lakukan guru tersebut sudah maksimal, dimana dalam menyampaikan pembelajaran dilakukan sambil bermain, interaksi yang di lakukan guru sudah dua arah, guru tersebut juga mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, sehingga murid murid sangat antusias dalam mendengarkan intruksi yang di berikan.
melalui menghitung bola, bernyanyi,bermain,dan tepuk, murid dapat mengenal konsep bilangan, apa yang di lakukan guru tersebut sudah sangat baik, guru pandai bertanya,mengelola kelas, menjelaskan dan yang membuat murid murid senang adalah,guru memberi penguatan , penguatan tersebut berupa pemberian stempel di tangan murid yang dapat melakukan kegiatan seperti yang di saran kan oleh guru
Nama : Indrawati
Setelah saya melihat video tersebut saya jadi lebih paham bagaimana cara mengajarkan anak tentang bilangan. Agar anak lebih mudah paham perlu adanya mainan/ alat peraga yang menarik singgung
Nama: Indrawati
Setelah melihat video tersebut saya lebih paham tentang bagaimana cara mengajarkan Konsep bilangan pada anak. Agar lebih memahaminya sebaiknya guru menggunakan berbagai media untuk mengajarkanna. Bentuk kegiatan yang bervariasi membuat anak senang dan tidak merasa bosen sehingga pembelajaran lebih optimal
Nama : Wahida Zurriyati
Nim : 859144178
Upbbj : Mataram
Izin menanggapi vidio diatas enggih yang berjudul #anaksulitmengenalkonsepbilangan
secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Sekian dari saya wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
komentar : Pendekatan yang digunakan oleh guru Taman Kanak-kanak sangatlah kreatif dan interaktif. Penggunaan permainan, lagu, dan alat peraga membantu anak-anak untuk belajar konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan menarik.
masukan : Selain menggunakan permainan dan lagu, guru juga dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak dengan memanfaatkan berbagai media dan metode pembelajaran lainnya, seperti cerita-cerita pendek yang berkaitan dengan konsep bilangan.
Penting untuk memperhatikan kebutuhan individual setiap anak. Guru dapat memberikan bantuan tambahan atau menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahaman dan perkembangan masing-masing anak.
saran: Guru dapat melakukan kolaborasi dengan orang tua untuk memperkuat pembelajaran di rumah. Orang tua dapat dilibatkan dalam kegiatan belajar yang melibatkan konsep bilangan, seperti bermain permainan matematika sederhana atau membaca cerita bersama tentang angka.
Nama: Laily Febriana (858317147)
Video yang sangat inspiratif, bisa dijadikan referensi bagi guru dalam proses pembelajaran terutama pada pengenalan angka. Anak terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan bervariasinya kegiatan serta adanya pemberian reward bagi anak yang menambah motivasi serta semangat belajar anak. Dari video bisa di amati cara penggunaan metode, strategi serta penilaian atau evaluasi yang dilakukan, yang juga bisa guru praktekkan di sekolah masing-masing.