silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama: Mevi Andini putri
    Dari video di atas kita bisa mendapatkan metode – metode yang menarik untuk anak dalam mengenal konsep bilangan dengan kegiatan bermain sambil belajar . Dengan berbagai media yang menarik dan mudah di pahami oleh anak serta dapat menarik perhatian anak belajar mengenal konsep bilangan dengan media yang berbeda serta menarik seperti bola warna warni , atau juga bisa dengan media lain seperti batu-batuan dan biji – bijian atau juga bisa dengan menggunakan media gambar dan angka dalam kegiatan mengenal konsep bilangan dari 1 – 10 , dan juga dengan cara pengajaran yang menarik guru juga dapat yang menarik perhatian anak dengan memberikan apresiasi terhadap anak. Sehingga anak merasa bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar tersebut .

  2. Video diatas sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya dalam mengajar, sehingga saya bisa membuat anak senang nyaman dalam berhitung dan belajar sambil bermain.

  3. Nama : Isnaini Sintawati
    Nim : 857752656

    Dalam vidio diatas mengenal konsep bilangan atau angka dapat diterapkan dengan kegiatan yang mudah dilakukan oleh anak-anak misalnya dengan tepuk dan lagu, anak-anak biasanya mudah mengingatnya. Guru harus kreatif dalam memgenalkan konsep bilangan pada anak, dengan membuat alat peraga yang menarik dan berwarna warni yang membuat anak tertarik dan senang untuk mengenal konsep bilangan.

  4. Dari video tersebut sangat bagus dan memberi saya wawasan tentang cara mengenalkan anak untuk mengenal konsep bilangan.
    Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  5. Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
    Dalam video tersebut guru menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan, yakni mengajak anak untuk bernyanyi tentang angka lalu memberikan lembar tugas menghitung jumlah sesuai angka dan memberikan penguatan kepada anak sehingga anak mampu mengenal konsep bilangan dengan baik.

  6. Nama : Nurul Rahmawati
    NIM : 857535261

    Menurut pendapat saya, berdasarkan tayangan video mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan, guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama sama terlebih dahulu kemudian barulah guru memberikan tugas kepada anak untuk menghitung jumlah bilangan sesuai dengan angka yang tepatsehingga dapat memperkuat ingatan anak dan mampu untuk mengenal konsep bilangan dengan baik.

  7. Nama: NURHAYATI
    NIM: 859671631

    Dari video tersebut di atas, guru memberikan materi membilang dengan kegiatan mengambil bola dalam keranjang, kegiatan ini sangat efektif untuk mengajarkan cara membilang karena anak memerlukan pembelajaran yang konkret untuk dapat menyerap materi pembelajaran dengan baik.

  8. Judul: Sulit mengenal Konsep Bilangan
    Video yang di kemas dengan sangat baik dan detail, mengingatkan kita sebagai guru bahwa cara mengajarkan anak tentang bilangan ada banyak cara. Mulai dari bernyanyi, tepuk tangan, mencocokan jumlah dan angka pada gambar, juga anak-anak diberi kesempatan untuk mencoba dengan mengambil bola sebanyak yang di minta ibu guru, sehingga konsep bilangan bisa semakin di mengerti anak. Lewat video ini pun, mengingatkan kita sebagai guru untuk tetap berpikir kreatif dalam mengajarkan anak tentang konsep bilangan, dan mengijinkan siswa untuk terus berani mencoba walaupun sempat salah. Metode-metode pengajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut, tentunya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pengenalan konsep bilangan.

  9. Nama : Tirta Ria Sari
    NIM : 859522214
    Sangat menginspirasi untuk belajar matematika dari nyanyian, interaksi yang menarik dengan menghitung bola, terima kasih atas inspirasinya, saya akan menerapkan juga di TK Surya Pemandu, Jakarta Barat, tempat saya mengajar. Salam

  10. Video ini sangat kreatif dan sangat menginspirasi karena dalam pelaksanaannya mampu melatih motorik halus dan motorik kasar pada anak.

Leave a Reply