silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama:Annisatus Sholeha
Nim:856502318
Vidio pembelajaran diatas sangat bagus dan menginspirasi mengenalkan bilangan atau angka pada anak usia dini perlu menggunakan trik atau strategi yang berbeda beda bisa dengan cara mengajak anak bermain sambil belajar yaitu dengan memindahkan bola dari tempat 1 ketempat lainnya dengan jumlah bilangan yang disebutkan oleh guru.cara lainnya yaitu dengan mengajak anak anak untuk bernyanyi lagu dan bermain tepuk tangan yang di dalamnya terdapat unsur bilangan juga bisa dengan guru memberikan tugas lembar kertas dengan tugas anak melingkari bilangan berapa banyak jumlah gambar yang ada didalam kertas tersebut
Nama: Fadilah Ulfiana
NIM: 858304394
Bismillah
Video pembelajaran di atas sangat bagus dan inspiratif terutama bagi pendidik AUD yang sedang kesulitan dalam mengenalkan konsep bilangan, dalam video guru mengajak anak bermain sambil belajar seperti saat menggunakan media bola, kemudian guru juga memberikan apresiasi atas apa yang telah dicapai anak.
Selain itu masih banyak cara juga mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak tentunya dengan cara yang menyenangkan seperti mengajak anak untuk memotong kue menjadi beberapa bagian dan meminta mereka menghitungnya.
Fenomena anak kesulitan mengenal konsep bilangan kerap kali terjadi. guru memerlukan kepiawaian tersendir untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak tersbut. dari tayangan video diatas adalah beberapa tenik yang dilakukan seorang guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. berikut in adalah beberapa tehnik yang di terapkan antara lain:
1. tehnik membilang bilangan dengan metode bernyanyi melalui lagu panca indera, dan gerakan tepuk angka.
2. teknik pemberian tugas berupa menghubungkan jumlah gambar dengnan jumlah bilangan melalui LKA
3. tehnik pemberian penguatan terhadap anak yang berhasil melakukan tugas yang diberikan oleh guru,
dengan demikian, anak-anak akan mempunyai minat serta semangat untuk belajar mengenal bilangan.
Dalam Video yang saya sudah saya tonton terdapat upaya atau usaha seorang guru dalam mengatasi anak yang memiliki ksulitan dalam mengenal konsep bilangan, dan guru pun memberikan berbagai cara bagaimana anak tersebut dapat mengenal konsep bilangan.
Adapun kegiatan yang dapat menstimulasi agar anak dapat mengenal konsep bilangan seperti :
* Guru memilih atau media pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan bola kecil dengan meminta anak untuk mengambil jumlah bola sesuai dengan arahan yang diberikan guru, lalu anak menghitung kembali bola yang sudah ia kumpulkan.
* Selain guru menggunakan media pembelajaran yang nyata seperti mengunakan media benda. Guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan menyanyikan lagu anggota tubuh dengan menghitung jumlahnya.
* Guru mengajak anak dengan permainan lagu dan tepuk tangan sesuai dengan konsep bilangan dengan menyenangkan
* Memberikan lembar kerja yang memuat konsep bilangan
NAMA: SISKA ROSIANA
NIM : 858188904
JUDUL: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Beberapa faktor yang mempengaruhi anak belum mampu dalam mengenal lambang bilangan diantaranya: anak kurang fokus pada saat pembelajaran berlangsung, terkadang ada anak yang melamun pada saat proses pembelajaran berlangsung, selain itu terdapat anak yang malas mengerjakan tugas atau kegiatan yang diberikan oleh guru. Kemampuan mengenal angka termasuk pengembangan aspek kognitif di tingkat pencapaian perkembangan pada anak, maka dari itu apabila belum tercapai, tugas sebagai pendidik harus membantu dan memberikan rangsangan yang tepat kepada anak, agar nantinya bisa membantu anak mencapai dan mengembangkan seluruh kecerdasannya, vidio di atas tidak semua aspek di gunakan, selain dengan bernyanyi masih banyak lagi, misalnya:
Beri motivasi pada anak. …
Ciptakan suasana yang tenang. …
Beri penjelasan yang mudah dimengerti. …
Kreatif saat menjelaskan matematika. …
Libatkan anak saat belajar atau memecahkan rumus. …
Memadukan matematika dengan kebiasaan sehari-hari. …
Jangan terlalu serius, sedikit bercanda.
Di Video tersebut guru Mengajak anak untuk membilang melalui permainan dan lagu merupakan pendekatan yang sangat tepat untuk anak usia 3-4 tahun.
Aktivitas ini dapat menarik perhatian anak, meningkatkan keterlibatan, dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Penggunaan metode bernyanyi dan bertepuk dapat membantu anak mengingat urutan bilangan dan memahami konsep dasar. embuatan alat peraga permainan konsep bilangan adalah ide yang baik untuk memvisualisasikan konsep-konsep matematika.
Anak-anak usia dini lebih mudah belajar dengan benda-benda konkret yang dapat mereka sentuh dan manipulasi.
Kegiatan meletakkan benda sesuai lambang bilangan juga dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap hubungan antara jumlah dan angka. emberian tugas berupa lembar kerja memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan adalah latihan yang berguna.
Aktivitas ini membantu anak mempraktikkan konsep yang telah dipelajari dan memperkuat kemampuan visual-spasial mereka.
Namun, perlu diperhatikan agar lembar kerja tidak menjadi terlalu akademis dan tetap menyenangkan bagi anak-anak.
NAMA : RABIATUL
NIM : 858317029
JUDUL VIDEO ANAK SULIT MENGENAL BILANGAN
Di Video tersebut guru Mengajak anak untuk membilang melalui permainan dan lagu merupakan pendekatan yang sangat tepat untuk anak usia 3-4 tahun.
Aktivitas ini dapat menarik perhatian anak, meningkatkan keterlibatan, dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Penggunaan metode bernyanyi dan bertepuk dapat membantu anak mengingat urutan bilangan dan memahami konsep dasar. embuatan alat peraga permainan konsep bilangan adalah ide yang baik untuk memvisualisasikan konsep-konsep matematika.
Anak-anak usia dini lebih mudah belajar dengan benda-benda konkret yang dapat mereka sentuh dan manipulasi.
Kegiatan meletakkan benda sesuai lambang bilangan juga dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap hubungan antara jumlah dan angka. emberian tugas berupa lembar kerja memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan adalah latihan yang berguna.
Aktivitas ini membantu anak mempraktikkan konsep yang telah dipelajari dan memperkuat kemampuan visual-spasial mereka.
Namun, perlu diperhatikan agar lembar kerja tidak menjadi terlalu akademis dan tetap menyenangkan bagi anak-anak.
Video pembelajaran pengenalan konsep bilangan di atas sangat bagus dan inspiratif terutama bagi tenaga pendidik Anak Usia Dini yang sedang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, dalam video guru mengajak anak untuk bermain dan bernyanyi saat belajar bilangan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga membantu menciptakan hubungan emosional positif dengan materi pelajaran. Selain itu, penggunaan alat peraga juga dapat membantu anak-anak memvisualisasikan konsep bilangan secara konkret, yang dapat memperkuat pemahaman mereka. Kemudian masih banyak cara juga mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak tentunya dengan cara yang menyenangkan seperti mengajak anak untuk memotong kue menjadi beberapa bagian dan meminta mereka menghitungnya.
Assalamu’alaikum wr.wb
Dari vidio tersebut saya mendapatkan ilmu yang sangat berguna bagi saya untuk menerapkan dilembaga lembaga saya, tetapi memang pada prakteknya anak tidak seperti yg di inginkan.
Tetapi anak memang sangat senang ketika mengenal konsep bilangan dengan bermain.
Terima kasih ilmunya
Iin sumarlin
859172367
Dari video d atas dapat kita simpulkan bahwa ada bermacam- macam media pembelajaran untuk mengenal konsep bilangan pada anak yang dapat kita gunakan seperti media lagu, tepuk, bermain tebak kata, puzzel, balok. Dari video di atas sangat menginspirasi bagi kami bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut