silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. NamaVideo ini sangat informatif dalam menjelaskan tantangan yang dihadapi anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan. Beberapa strategi efektif yang disarankan termasuk menggunakan permainan interaktif dan alat bantu visual seperti balok dan puzzle angka. Lingkungan belajar yang mendukung dan kolaborasi dengan orang tua juga ditekankan sebagai kunci keberhasilan dalam membantu anak memahami bilangan. Video ini memberikan ide praktis yang dapat langsung diterapkan di kelas untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif bagi anak-anak.

  2. Nama : Rani
    NIM : 858412831
    Video ini sangat informatif dalam menjelaskan tantangan yang dihadapi anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan. Beberapa strategi efektif yang disarankan termasuk menggunakan permainan interaktif dan alat bantu visual seperti balok dan puzzle angka. Lingkungan belajar yang mendukung dan kolaborasi dengan orang tua juga ditekankan sebagai kunci keberhasilan dalam membantu anak memahami bilangan. Video ini memberikan ide praktis yang dapat langsung diterapkan di kelas untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif bagi anak-anak.

  3. assalamualaikum

    menurut saya, video ini sangat bagus sekali untuk guru PAUD dalam menerapkan bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan kepada anak. di dalam video tersebut terdapat beberapa teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak. sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak untuk memulai dengan membilang dengan permainan, lagu, dan tepuk. selanjutnya, guru memberikan tugas dengan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai gambar bilangannya, melingkari benda sesuai lambang bilangannya. teknik lain yang dapat dilakukan guru adalah memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah, berupa pemberian stempel bintang.

  4. NIM : 857208544
    Prodi : S1 PGPAUD

    Jawab.
    Dalam video tersebut terlihat sesi pembelajaran, guru mengajak anak-anak untuk bermain mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan. Tujuannya untuk mengajarkan konsep bilangan.
    Anak pertama berhasil mengambil 4 bola sesuai instruksi. Namun, ketika anak kedua diminta mengambil 7 bola, ia hanya mengambil 6 bola saja.
    Dengan sabar, guru tidak menegur langsung. Guru bertanya kepada anak-anak lain, “Jika ada 6 bola, berapa lagi yang dibutuhkan untuk menjadi 7 bola?”
    Anak-anak lain menjawab “satu” dengan bimbingan guru. Kemudian guru meminta anak yang kurang jumlah bolanya untuk mengambil 1 bola lagi agar jumlahnya menjadi 7.
    Melalui permainan sederhana ini, guru mengajarkan konsep bilangan kepada anak-anak dengan menggunakan benda konkret agar lebih mudah dipahami. Guru juga melibatkan anak-anak lain untuk saling membantu dan mengoreksi.

  5. Nama : Dariah
    NIM : 825448731
    sangat bagus untuk mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  6. ini adalah permainan yang menyenangkan, tetapi guru harus juga menyediakan flash card simbol yang guru tanyakan, ketika anak diminta untuk mengambil 4 bola lalu anak harus mengambil flash card angka 4, dan anak diberikan keranjang kecil untuk menempatkan bola yang mereka ambil. Contoh gambar yang dipapan terlalu kecil. banyak cara untuk mengajarkan konsep bilangan dengan melompat, berepuk tangan, mengedipkan mata semua sesuai jumlah yang guru tanyakan. Overall semua kegiatan menyenangkan

  7. Bismillah
    Alhamdulillah Video pembelajaran pengenalan konsep bilangan di atas sangat bagus dan inspiratif terutama bagi tenaga pendidik Anak Usia Dini yang sedang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, dalam video guru mengajak anak untuk bermain dan bernyanyi saat belajar bilangan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga membantu menciptakan hubungan emosional positif dengan materi pelajaran

  8. Nama: Hasni Mamonto
    Nim :856321625

    Bismillah
    Alhamdulillah divideo ini pembelajaran pengenalan konsep bilangan di atas sangat bagus dan inspiratif terutama bagi tenaga pendidik Anak Usia Dini yang sedang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, dalam video guru mengajak anak untuk bermain dan bernyanyi saat belajar bilangan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga membantu menciptakan hubungan emosional positif dengan materi pelajaran

  9. Nama:Hasni Mamonto
    Nim:856321625
    Bismillah
    Di vidio tersebut dalam pengenalan konsepe bilangan yang di lakukan oleh guru sangat bagus,metode yang di gunakan guru tersebut adalah konsep belajar sambil bermain yang di mana bisa membuat anak-anak mudah memahami pembelaran tersebut.

  10. Nama : Alfi Maziyah
    NIM : 857628895
    UPBJJ: Purwokerto
    Judul Vidio: Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam vidio tersebut dijelaskan bagaimana tekhnik mengenalkan bilangan pada anak dimana guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Selain itu guru juga bs memberikan penghargaan bagi anak yang berhasil menyelesaiakn tugas dengan baik.

Leave a Reply