silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Setelah saya melihat video ini, ternyata sangat membantu dalam penerapan dilembaga saya, apalagi dalam pengembangan kognitif agar berinovasi dan tidak monoton menggunakan LKAS. Anak bisa belajar dengan bermain, mengajak anak bernyanyi, dan anak belajar bermain sesuai aturan dan perintah yang diberikan guru.

  2. Nama : Yayah Mahkiyatul Mu’awanah
    Nim : 859673936

    Pada vidio tersebut ibu guru menggambarkan upaya mengenalkan konsep bilangan pada anak- anak. Guru tersebut menggunakan metode dan interaktif yang menarik ,seperti permainan dan lagu untuk membantu mengenal konsep bilangan. Bisa melalui metode bernyanyi, dengan bernyanyi menggunakan irama gerak dan lagu sangat mempermudah anak-anak untuk mengetahui konsep bilangan. Dengan melalui lagu “Dua Mata Saya”, anak -anak secara tidak langsung dapat mengetahui jumlah bilangan melalui lagu tersebut.

  3. Nama : Nur Lailatul Hasanah
    NIM : 857992231
    Judul Video : Anak sulit mengenal bilangan

    Permasalahan anak kesulitan mengenal konsep bilangan kerap kali terjadi. guru memerlukan kepiawaian tersendir untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak tersbut. dari tayangan video diatas adalah beberapa teknik yang dilakukan seorang guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. berikut in adalah beberapa teknik yang di terapkan antara lain:
    1. tehnik membilang bilangan dengan metode bermain
    2. tehnik membilang bilangan dengan metode bernyanyi melalui lagu panca indera, dan gerakan tepuk angka.
    3. teknik pemberian tugas berupa menghubungkan jumlah gambar dengan jumlah bilangan melalui LKA
    4. tehnik pemberian penguatan terhadap anak yang berhasil melakukan tugas yang diberikan oleh guru,
    dengan demikian, anak-anak akan mempunyai minat serta semangat untuk belajar mengenal bilangan.

    Terimakasih

  4. Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Nama : Suhartatik
    NIM : 858755006
    UPBJJ : Surabaya

    Dari video tentang sulit mengenal konsep bilangan saya mempelajari bahwa guru harus kreatif dalam memberikan pembelajaran, terutama yang bertujuan untuk menstimulus perkembangan anak. Seperti yang terlihat dalam video guru melakukan berbagai upaya agar anak dapat mengenal konsep bilangan.

  5. Nama : Ernitaf Aritonang

    NIM : 856576178

    JUDUL VIDEO : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dalam video tersebut guru mengenalkan konsep bilangan dengan menghitung berbagai benda seperti bola dan spidol. Melalui kegiatan menghitung, anak akan mengenal konsep bilangan dengan cara menjumlah benda. Dengan demikian anak mampu memiliki kemampuan dasar matematika. Jika anak mengalami kesulitan maka guru dapat menerapkan metode yang lebih spesifik untuk anak yang tertinggal. Kemudian guru harus membangun rasa percaya diri anak dengan memberikan pujian serta penghargaan jika anak berhasil dengan baik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

  6. Nama : Lenita Exsa Winayani
    NIM :857704759
    Judul : ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”

    Setelah saya melihat video di GPO yang dilakukan guru dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan sudah benar dengan cara kreatif dan inovatif.
    Dari kegiatan tersebut sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk. Dapat juga guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Teknik lain yang dapat dilakukan guru adalah memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel/ stiker bintang di tangannya, Jadi anak tidak merasa bosan pada saat kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan tersebut.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama:Yuinza Adira Chania
    Nim :856273681

    Menurut saya,Video ini memberikan wawasan yang berguna tentang tantangan mengenal bilangan pada anak,metode pengajaran dan contoh yang diberikan sangat bermanfaat, kualitas video dan audio yang baik membuat konten mudah diikuti,Penggunaan bahasa yang mudah dipahami memudahkan semua penonton.Saran saya coba tambahkan lebih banyak studi kasus atau contoh nyata,sertakan elemen interaktif seperti kuis atau pertanyaan serta tambahkan testimoni dari guru atau wawancara dengan ahli pendidikan.
    Sekian dari saya, terimakasih….
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  8. berdasarkan video diatas, guru dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan dilaksanakan secara kreatif dan inovatif. yaitu dengan mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  9. Dalam video diatas diperlihatkan bagaimana cara guru membuat kegiatan supaya anak mengenal konsep bilangan, dengan adanya pemainan mengitung bola dan spidol membuat anak-anak mudah mengenal bilangan dan anak tidak mudah bosan dalam kegitan ini. ini bisa juga menambah wawasan kita dan bisa kita terapan disekolah tempat kita mengajar.

  10. Dari video tersebut kita dapat mengetahui teknik untuk mengenalkan konsep lambang bilangan kepada anak yang mengalami kesulitan, diantaranya :
    – Diawali dengan guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan lagu dan tepuk, atau bisa juga guru memberikan tugas lembar kerja dengan kegiatan memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan.
    – Guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol yang sesuai dengan jumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa reward bintang-bintangan atau sejenisnya.

    Dengan penerapan yang dilakukan sesuai video tersebut kedalam lembaga kita yang dimana kita menemukan anak kesulitan memahami konsep lambang bilangan, maka akan sangat mudah karena kita sudah mengetahui teknik dari video tersebut. Terimakasih videonya sangat bermanfaat bagi kami para guru PAUD.

Leave a Reply