silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
IMA SUARNI
NIM. 823748227
Upaya yang dapat dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak untuk membantu anak yang sulit mengenal konsep bilangan:1. Memanfaatkan materi yang konkret: menggunakan benda-benda nyata atau manipulatif, seperti blok bangunan, kancing, atau kartu angka untuk membantu anak memvisualisasikan dan merasakan konsep bilangan secara langsung. Guru dapat mengajarkan anak untuk menghitung, mengurutkan, dan membanding jumlah benda-benda tersebut.
2 Menggunakan permainan dan kegiatan yang melibatkan angka: Buatlah permainan yang menyenangkan dan interakt, seperti permainan papan, permainan kartu, atau permainan tangan, yang melibatkan pengalan dan penggunaan konsep bilangan. Misalnya, permainan memasangkan angka dengan jumlah benda yang sesuai, permainan mencocokan angka dengan gambar, atau permainan lompat angka.
3. Menggunakan lagu-lagu dan nyanyian: Lagu-lagu dan nyanyian melibatkan angka dapat membantu anak mengingat dan mengenal konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Guru dapat mengajar anak-anaku-lagu yang melibatkan penghitungan dan pengenalan angka.
Metode yang dilakukan sangat baik dan mudah di pahami anak
Nama: Mar’atus Sholekah
NIM: 859039346
Video tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan pengertian dan memahaman kepada peserta didik dalam mengenal konsep bilangan. Cara yang dapat dilakukan pada video diiatas adalah dengan menggunakan benda yang konkret saat anak anak melakukan pembelajaran berhitung.
Saya Elizabet dengan NIM 856050827 dari UPBJJ Medan. Izin menanggapi video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” yaitu video ini, menunjukkan metode pengajaran konsep bilangan ke anak PAUD tidak dengan metode yang klasikal. Akan tetapi, guru menggunakan metode bermain sambil belajar yaitu dengan mengambil bola sejumlah bilangan yang disebutkan guru. Guru juga menggunakan metode bernyanyi sehingga anak merasa lebih happy. Guru juga menggunakan metode bermain tepuk tangan sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru. Dari video ini, dapat menambah wawasan kita bahwa dalam mengajar anak PAUD tidak hanya bisa dilakukan dengan 1 metode saja. Akan tetapi, kita sebagai guru PAUD harus kreatif dan mempunyai beberapa metode dalam mengajarkan sebuah pengenalan khususnya pengenalan konsep bilangan.
Mengenai video di atas yang berjudul Sulit Mengenal Konsep Bilangan, menurut saya secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut. Cara lain dalam memperkenalkan anak dengan konsep bilangan adalah Berhitung bersama, Penyortiran, Mengukur, Belajar bentuk, dan menumpuk balok bangunan.
Nailu Zukaefa (857702035)
Dari video diatas, guru sudah berupaya membuat beberapa cara atau metode baru yang tidak membosankan sehingga anak mudah memahaminya. Inilah kelas PAUD sesungguhnya, bermain sambil belajar. Feedback atau umpan balik juga sangat diperlukan untuk mengapresiasi hasilkarya murid.
metode dalam vidio kali ini sangat menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak, agar anak dapat dengan mudah mengenal konsep bilangan melalui permainan bola.
Saya menonton video tentang ”Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. Video ini sangat informatif dan memberikan banyak ide praktis yang dapat diterapkan di kelas. Saya suka bagaimana pendekatan bermain digunakan untuk mengajarkan konsep matematika dasar kepada anak-anak. Namun, saya rasa akan lebih baik jika disertakan lebih banyak contoh variasi permainan yang bisa digunakan.
Dari video di atas guru berupaya mengenalkan konsep bilangan dengan permainan bola dan lagu, serta tepuk Angka agar anak merasa dilibatkan dalam pembelajaran dan anak-anak akan senang ketika belajar sambil bermain. dan anak akan lebih mudah mengingat bilangan, karena anak usia 3- 4 tahun lebih sering menyebutkan bilangan tersebut mereka akan mudah mengingatnya, jika menulis masih menebalkan angka saja, belum terlalu mampu mencobtoh tulisan
Dalam video yang bertajuk Susah Memahami Konsep Bilangan, bisa kita ikuti bersama kalau dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak umur dini bisa dicoba dengan metode simpel serta mengasyikkan. Dengan metode yang gampang dimengerti oleh anak, yang dimulai dengan lagu ataupun tepuk yang berkonsep bilangan. Dilanjutkan dengan aktivitas inti hitung simpel dengan contoh barang nyata( perihal ini baik sebab anak umur dini memerlukan media buat bisa lebih menguasai sesuatu pendidikan serta bertabiat pengalaman langsung), setelah itu buat mengasah keahlian hitung anak, bisa dilatih dengan membagikan lembah kerja simpel.
Penguatan pada anak sangat berarti, sebab bisa memotifasi anak buat lebih yakin diri dalam aktivitas belajar.
Demikian asumsi aku atas video pendidikan tadi, terima kasih.