silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Rusi Mulyati
Nim : 857164579
dalam vidio pembelajaran tadi, seorang guru meminta anak untuk mengambil sejumlah bola yang sudah di tentukan jumlahnya oleh guru, cara ini mengajarkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan bagi anak.
Nama: sutrowati
Nim : 858681471
Video tersebut diatas menayangkan tentang anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Video tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian batang bintang di tangan.
Dan video tersebut sangat membantu saya dalam mengatasi anak didik saya yang kesulitan dalam mengelnal konsep bilangan.
Guru pada jenjang Pendidikan anak usia dini memang sangat berperan dalam menumbuhkan inisiatif, dorongan serta tanggung jawab untuk pembelajaran peserta didik. Media Pembelajaran yang baik sangat diperlukan untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas tinggi.
Menurut saya Kegiatan yang dilakukan oleh Ibu guru dalam video tersebut sudah tepat dan bagus dalam mengembangkan kemampuan kognitif berupa mengenalkan konsep bilangan. Kegiatan yang dilakukan juga sangat interaktif melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran.
Kegiatan tersebut juga sudah sesuai dengan perkembangan usia anak didik yakni belajar sambil bernyanyi, bertepuk tangan, permainan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang ada disekitar kelas berupa bola dan spidol dan sebagainya. Dilanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja (mencocokkan gambar dengan angka) sehingga menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Kemudian memberikan reward kepada anak yang berhasil mengerjakan tugas dengan benar.
Mengapa kegiatan ini saya anggap sudah tepat? Karena terbentuk keseimbangan antara pengetahuan, proses dan perilaku. Diharapkan bagi kami para pendidik, khususnya saya pribadi kegiatan seperti ini bisa diterapkan dan dipraktikkan secara konsisten, lebih variative dan berpusat pada anak serta disesuaikan dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat tercapai secara optimal.
Nama: FIYA ZAKIATUL MAULA
NIM: 858813312
S1-PGPAUD SMT VIII
Dalam video yang berjudul “Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan” dapat diketahui bahwa:
1. Kegiatan pengenalan konsep bilangan menunjukkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan.
2. Media yang dipergunakan kurang menarik sehingga banyak anak yang tidak memperhatikan.
3. Kurangnya penguatan yang dilakukan oleh guru.
4. Saat kegiatan berhitung dan menebak angka, banyak anak yang kurang faham tentang konsep dan lambang bilangan
Dari keempat masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan diselesaikan adalah kurangnya kemampuan kognitif anak tentang pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan 1-10 karena dikemudian hari akan menimbulkan masalah baru jika masalah tersebut tidak segera diselesaikan. Masalah tersebut terjadi karena media yang dipergunakan guru kurang menarik, sehingga anak tidak memperhatikan ketika guru memberikan pemahaman dan contoh tentang kegiatan yang diberikan.
Kurangnya kemampuan kognitif anak tentang pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan 1-10 dapat diatasi dengan menggunakan media yang lebih menarik, salah satunya dengan media papan angka.
Kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengenal konsep bilangan pada tayangan vidio di atas merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan sejak dini kepada anak karena sangat berpengaruh pada kemampuan anak dalam bidang matematika kedepannya. Pengenalan bilangan ini tidak dapat dilakukan hanya dengan memperlihatkan pada anak bagaimana bentuk angka, bagaimana pengucapannya, dan dikenalkan hanya dengan menulis angka saja karena anak tidak akan mudah paham bahkan akan cepat lupa. Pengenalan bilangan melalui konsep seperti contoh kegiatan yang dilakukan oleh guru pada video di atas merupakan hal yang sangat baik dilakukan saat pembelajaran mengenal bilangan pada anak usia dini. Saya sangat setuju dengan kegiatan tersebut karena di lembaga tempat saya mengajar saya sudah pernah mencoba mengenalkan bilangan dengan menunjukkan angka yang terdapat pada kartu angka pada anak kemudian mengajak anak menyebutkan dan menulis angka tersebut. Namun, ketika ditanyakan kembali banyak anak yang belum mampu menyebutkan angka berapa yang ditunjukkan oleh guru dan ditulisnya. Dengan memberikan pengetahuan melalui pembelajaran konsep bilangan dengan mengajarkan anak berhitung melalui kegiatan bermain dengan media seperti pada video yaitu bola, spidol, dan seperti yang pernah saya terapkan di sekolah yaitu belajar mengenal bilangan dengan media bahan alam, anak akan lebih mudah dalam mempelajari bilangan bahkan anak alan terus mengingatnya.
Nama : Ni Putu Ratnasari Dewi
NIM : 859029431
Jurusan : PGPAUD
Kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengenal konsep bilangan pada tayangan vidio di atas merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan sejak dini kepada anak karena sangat berpengaruh pada kemampuan anak dalam bidang matematika kedepannya. Pengenalan bilangan ini tidak dapat dilakukan hanya dengan memperlihatkan pada anak bagaimana bentuk angka, bagaimana pengucapannya, dan dikenalkan hanya dengan menulis angka saja karena anak tidak akan mudah paham bahkan akan cepat lupa. Pengenalan bilangan melalui konsep seperti contoh kegiatan yang dilakukan oleh guru pada video di atas merupakan hal yang sangat baik dilakukan saat pembelajaran mengenal bilangan pada anak usia dini. Saya sangat setuju dengan kegiatan tersebut karena di lembaga tempat saya mengajar saya sudah pernah mencoba mengenalkan bilangan dengan menunjukkan angka yang terdapat pada kartu angka pada anak kemudian mengajak anak menyebutkan dan menulis angka tersebut. Namun, ketika ditanyakan kembali banyak anak yang belum mampu menyebutkan angka berapa yang ditunjukkan oleh guru dan ditulisnya. Dengan memberikan pengetahuan melalui pembelajaran konsep bilangan dengan mengajarkan anak berhitung melalui kegiatan bermain dengan media seperti pada video yaitu bola, spidol, dan seperti yang pernah saya terapkan di sekolah yaitu belajar mengenal bilangan dengan media bahan alam, anak akan lebih mudah dalam mempelajari bilangan bahkan anak akan terus mengingatnya.
Nama : Destamara Sekar Palupi
NIM : 857929206
1. Model kegiatan yg di gunakan : Model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman
2. Penataan ruangan : Terdapat meja dan kursi anak, Karpet, Lemari penyimpanan mainan, Lemari penyimpanan buku, Tempelan dinding, APE
3. Kegiatan yg dilakukan anak : Menghitung jumlah bola, Mengenalkan konsep bilangan, Mengambil bola dalam keranjang
4. APE : Bola, Keranjang, Stemple, Spidol
5. Pengelompokan anak : Anak-anak duduk melingkar di atas karpet membentuk lingkaran besar
6. Aseesmen yg digunakan : Observasi, Penugasan proyek, Penilaian harian, mingguan, semester, Catatan anekdot, Portofolio
7. Referensi
https://drive.google.com/file/d/16Fyk7I2uuWO532qy4NrefBy3ErNIPJo3/view?usp=sharing
Nama : Hedy Winarni NIM : 857929023
1. Model kegiatan yang digunakan : Model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman
2. Penataan ruangan : Terdapat meja dan juga kursi anak, Karpet, Lemari penyimpanan buku, Lemari penyimpanan mainan, Tempelan hiasan dinding, Berbagai macam APE
3. Kegiatan yang dilakukan anak : Menghitung jumlah bola, Mengenalkan konsep bilangan, Mengambil bola yang ada dalam keranjang
4. APE yang digunakan antara laon Bola, Keranjang, Stempel bintang, Spidol
5. Pengelompokan anak : Anak-anak duduk melingkar diatas karpet membentuk lingkaran besar
6. Assesmen yang digunakan : Observasi, Penugasan proyek, Penilaian Harian, Mingguan, Semester, Catatan Anekdot, Portofolio
7. Referensi https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/06/sulit-mengenal-konsep-bilangan/
NAMA : AULIA NUR FAJARYANA
NIM : 858813383
Video di atas menunjukkan beberapa kelemahan dan kelebihan, diantaranya :
1. Guru tidak menampilkan kegiatan pembukaan, langsung ke kegiatan inti tanpa penutup.
2. Penjelasan dari guru kurang dipahami anak sehingga anak ada yang belum memahami perintah
3. Penggunaan media yaitu bola terbatas sehingga anak mudah merasa bosan
Sedangkan kelebihan yang bisa saya simpulkan ialah :
1. Suara guru dalam menjelaskan sangat lantang dan nyaring sehingga seluruh anak memperhatikan
2. Posisi duduk melingkar memudahkan guru menjangkau anak
3. Penataan ruang kelas dan posisi anak maupun guru sudah tepat.
4. Guru memberikan umpan balik dan kata-kata pujian untuk anak yang berhasil berhitung dengan benar dan memberi motivasi kepada anak yang masih belum berhasil.
Nama : Sumaryanti
NIM : 857930375
1. Model kegiatan yg di gunakan dalam vidio tersebut yaitu model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman. Selain itu juga menggunakan model individu untuk anak yang mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan.
2. Penataan ruangan bermain belajar cukup rapi, terdapat kursi anak maupun meja anak, penyimpanan buku dan alat mainan anak tersedia dan terpisah dengan benda2 tajam,terdapat juga hiasan maupun tempelan.
3. Kegiatan yang dilakukan anak yaitu Melakukan praktik langsung menghitung bola secara individu kemudian dihitung secara bersama – sama. Ada anak yang belum dapat menghitung dengan benar sehingga pendidik melakukan upaya mencari solusi teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak yang efektif dengan berbagai kegiatan yaitu menyayikan sebuah lagu yang mengandung isi tentang bilangan, permainan dan tepuk serta ditambah lembar kerja anak berupa memasangkan gambar sesuai lambang bilangannya, melingkari lambang bilangan sesuai jumlah benda. Selanjutnya pendidik memberikan apresiasi kepada anak dengan memberikan stampel bintang ditangan bagi yang telah berhasil melaksanakan tugas sesuai perintah yaitu mengambil suatu bilangan dengan benar sesuai jumlah benda.
4. APE yang digunakan antara lain Lembar kerja anak, bola, wadah bola, pensil, spidol
5. Pengelompokan anak sesuai umur yaitu 3-4 tahun
6. Aseesmen yg digunakan yaitu observasi proses dan hasil kegiatan, serta hasil karya anak. Ketika proses kegiatan, ada anak yang belum dapat menghitung.
7. Referensi
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/06/sulit-mengenal-konsep-bilangan/