silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. NAMA : FATMAWATI
    NIM : 857199223
    Prodei : S1 PGPAUD

    Setelah mengamati video yang berjudul “Sulit mengenal konsep bilangan” menurut saya tindakan guru dalam video tersebut sudah tepat dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak denggan memberikan edukasi seperti bernyanyi, menghitung bola, serta mengitung perwarna dan kegiatan menghitung bintang dengan melingkari jumlahnya, dan anak juga terlibat dalam kegiatan tersebut sehingga anak aktif dan merasa ingin tahunya lebih tinggi apa lagi guru memberikan rewed dengan memberikan bintang kepada anak yang benar menjawab sehingga menarik bagi anak.
    Menurut saya sebagai pendidik agar lebih menyenangkan lagi guru dapat memberikan media yang lebih kongkrit kepada anak sehingga tingkat ke ingintahuan anak lebih ingin tahu lagi dan selain itu guru juga dapat memberikan media yang bervareatif agar kegiatan anak dapat di kelompokan menjadi 2-3 kelpok dalam bermain agar anak bisa bergantian menggunakan media karna saya lihat di dalam video tersebut ada 2 guru yang dapat mengawasi anak ketika bermain. TERIMAKASIH

  2. Nama : LILIS SETIAWATI
    NIM : 847229469

    1. setelah saya melihat serta menyimak isi dari vidio tersebut, dimana seorang yang telah memparkan serta menjelaskan tentang perbedaan hurup, anrata hurup ( p d dan b) serta membaca beberapa kata yaitu kata b, e , l, i , b, u ,k ,u . kemudian digabungkan menjadi dua kata, ( beli buku ).
    2. selanjutnya , guru menanyakan kepada akan bahwa ( siapa yang bisa membuat pola p,d dan b ). kemudian semua anak menujukan tangannya keatas , sambil gurunya meminta siswanya menirukan membuat pola dengan bayang-bayang. sesudah itu , anak diminta untuk maju kedepan dan membuat hurup( p, d,dan b)
    3. dari hasil fidio yang sayang lihat ini. tanggapan saya ,maaf gurunya kurang kreatif dalam memberikan atau mempertkenalkan huruf-huruf , misalnya dalam memperkenalkan hurup kita bisa membuat hurup itu dari tanah liat, paygodh, atau dengan mengajak anak menonton bersama, dengan menggunakan laptop
    jika kegiatan megenalkan huruf dengan metode yang sederhana itu , anak akan merasa bosan , atau kegiatannya akan monoton.
    4. daalm kegiatan trsebut , ada bebrapa perkembangan anak yang sudah berkemabang , seperti .
    1. perkembangan bahasa . dinama anak bertanya serta menjawab pertanyaan dari guru.
    2. perkembangan motorik halus , dimana anak membuat pola hurup dengan bayang-banyang bersama -sama.
    kemudian anak membuat hurup p, d dan b didepan papan tulis
    3. perkembangan kognitif, diman anak , membariskan poster yang berisi kata buku tulis
    4. perkembangan sosial emosioan , dimana anak dapat duduk dengan raptih dalam menunggu antrian pada guru belum memintanya maju kedepan.

  3. Nama saya Yenni Destina Manungkalit
    Nim: 859896712
    Prodi: PG PAUD
    Pokjar: Tapanuli Selatan

    Dalam video seri pembelajaran dengan topik Sulit mengenal konsep bilangan.

    Pertama saya sangat berterimakasih sekali kepada gpo yang memberikan banyak ilmu dan pengetahuan baru bagi saya.dari video diatas saya dapat belajar cara mengajar konsep bilangan kepada anak didik saya dengan metode yang menarik, mulai dari bernyanyi bersama, bertepuk, mencocokkan gambar sehingga anak tidak bosan dengan pembelajaran konsep bilangan tersebut.
    Suasana kelas yg rapi dan nyaman menambah semangat anak untuk belajar.
    Bahasa ibu guru sangat mudah di mengerti oleh anak didik .
    Terlihat ibu guru mengajak anak belajar dengan berbagai cara yang variatif dan tidak terlalu sulit sehingga anak mudah memahami pelajaran.
    Ibu guru juga mengapresiasi anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya.
    Semoga saya mampu menerapkan nya di sekolah saya mengajar 😊

  4. Nama : NAFSIAH
    NIM : 859018249
    Prodi : S1 PG PAUD

    Setelah melihat video pembelajaran “sulit mengenal konsep bilangan’ yang ditampilkan menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah terencana dengan baik, namun terlihat pada permainan bola anak terlihat kuarng antusias, sepertinya kegiatan tersebut membosankan bagi mereka, penataan ruang kelas juga baik, kegiatan pembelajaran yang berlangsung menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas juga sudah terlihat baik.
    Anak diberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum anak diberikan tugas dalam mengenal lambang bilangan, ada beberapa anak yang belum paham dan guru mengamati/ mengobservasi mengapa ada anak yang belum paham untuk di cari solusi terhadap anak tersebut. Dan untuk anak yang berhasil guru memberikan penguatan berupa reward stempel kepada anak yang membuat anak merasa senang karena merasa di hargai hasil dari pekerjaannya tersebut.

    Terima kasih

  5. Nama : Rina Surastati
    NIM : 857471398
    Prodi : PGPAUD

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut yang dapat saya kemukakan adalah untuk dapat mengenalkan bilangan pada anak didik salah satunya adalah dengan melakukan permainan mengambil bola dalam keranjang sesuai jumlah yang diminta. Dalam kegiatan permainan ini guru dapat melihat mana anak didik yang sudah mengenal bilangan, mana yang belum cukup mengenal bilangan dan mana yang belum sama sekali mengenal bilangan, dengan demikian guru dapat memberikan solusi atau cara lain dalam meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan tersebut. Adapun solusinya adalah dengan memberikan permainan edukasi lainnya yang juga dapat diterapkan pada anak didik dalam mengenal bilangan. Permainan-permainan edukasi yang dipilih akan disesuaikan tingkat kesulitannya agar anak didik dapat mengenal bilangan secara bertahap. Permainan edukasi lainnya yang dapat dilaksanakan untuk mengenal bilangan pada anak didik diantaranya adalah berhitung dengan lagu sambil menunjukkan jumlah anggota tubuh dan permainan tepuk yang mengenalkan anak didik untuk bertepuk sejumlah tepukan yang diminta. Cara lainnya selain permainan, untuk dapat mengenal bilangan adalah dengan cara memberi lembar kerja pada anak didik, yaitu dengan memasangkan benda sesuai lambing bilangannya atau dengan melingkari benda sesuai bilangannya. Tahapan-tahapan tersebut dapat dilakukan oleh guru dengan cara semenarik mungkin dan semudah mungkin sehingga dapat dilaksanakan dengan baik oleh anak didik dan proses mengenalkan bilangan pada anak didik dapat tercapai dan terpantau dengan baik.

  6. Di dalam Video tersebut membahas mengenai permasalahan anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Konsep bilangan penting untuk dikembangkan oleh anak usia dini sebab merupakan pondasi matematika. Konsep ini berkembang secara bertahap seiring dengan pengalaman yang diperoleh anak.
    Video diatas ada beberapa teknik yang dilakukan seorang guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. berikut ini adalah beberapa teknik yang di terapkan antara lain:
    1. tehnik membilang bilangan dengan metode bermain
    2. tehnik membilang bilangan dengan metode bernyanyi melalui lagu panca indera, dan gerakan tepuk angka.
    3. teknik pemberian tugas berupa menghubungkan jumlah gambar dengan jumlah bilangan melalui LKA
    4. tehnik pemberian penguatan terhadap anak yang berhasil melakukan tugas yang diberikan oleh guru,
    dengan demikian, anak-anak akan mempunyai minat serta semangat untuk belajar mengenal bilangan.
    Menurut saya, pembahasan pada video ini sangat relevan karena pada dasarnya ini merupakan masalah yang selalu muncul di PAUD. Serta sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD terutama mengenai referensi teknik dan tipsnya dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak.

  7. Pada tayangan video tersebut nampak guru sedang mengenalkan konsep bilangan menggunakan strategi bermain sambil belajar.
    Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah
    1. Dengan melatih anak menghitung bola sesuai dengan yang di instruksikan guru tsb.
    2. Dengan meminta anak anak menghitung jumlah gambar pada lembar kerja yang ada di papan tulis, bersama sama
    3. Dengan meminta anak mengambil spildol kemudian menghitung jumlah spidol tsb.
    Kelebihannya guru pada tayangan video tersebut, penggunaan strategi bermain sambil belajar sudah sesuai namun sebaiknya tidak menggunakan media lembar kerja, bisa di cari alternatif lain dengan menggunakan media barang bekas. Dan kelalebihan lainnya yaitu guru memberikan reward stempel bintang di tangan pada anak yang bisa menghitung tanpa salah sehingga anak anak terlihat senang.
    Guru tersebut juga menggunakan beberapa kata dalam bahasa Inggris sehingga anak anak tersebut bertambah kosakata baru nya..
    Kekurangan guru pada tayangan video tersebut, pada saat pembelajaran beberapa anak terlihat menguap / mengantuk dan ada yang terlihat bosan untuk itu sebaiknya guru memberikan ice breaking sehingga anak anak terlihat semangat lagi.

  8. Nama : ISNA HERDAYATI
    NIM : 858319971

    Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak yang masih kesulitan mengenal konsep bilangan sudah sangat baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru memfasilitasi kegiatan dengan menyediakan berbagai aktivitas menarik menggunakan media pembelajaran yang kreatif, sehingga anak tetap aktif dan mampu memecahkan masalah. Pada awal kegiatan, guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu, memudahkan anak dalam memahami konsep bilangan melalui permainan seperti menghitung bola. Guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk berlatih secara langsung.

    Selain itu, guru mengajak anak berhitung melalui permainan, lagu, atau tepukan, dan memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda dengan lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. Guru kemudian mengulas hasil karya anak dan memberikan penghargaan berupa bintang di tangan bagi anak-anak yang menunjukkan hasil terbaik. Dari awal hingga akhir, kegiatan yang dilakukan guru sudah tepat dalam membantu anak mengenal konsep bilangan, sehingga kemampuan anak dapat berkembang secara optimal.

  9. Nama : ISNA HERDAYATI
    NIM : 858319971
    Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak yang masih kesulitan mengenal konsep bilangan sudah sangat baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru memfasilitasi kegiatan dengan menyediakan berbagai aktivitas menarik menggunakan media pembelajaran yang kreatif, sehingga anak tetap aktif dan mampu memecahkan masalah. Pada awal kegiatan, guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu, memudahkan anak dalam memahami konsep bilangan melalui permainan seperti menghitung bola. Guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk berlatih secara langsung.

    Selain itu, guru mengajak anak berhitung melalui permainan, lagu, atau tepukan, dan memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda dengan lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. Guru kemudian mengulas hasil karya anak dan memberikan penghargaan berupa bintang di tangan bagi anak-anak yang menunjukkan hasil terbaik. Dari awal hingga akhir, kegiatan yang dilakukan guru sudah tepat dalam membantu anak mengenal konsep bilangan, sehingga kemampuan anak dapat berkembang secara optimal.

  10. portal guru pintar online (http://gurupintar.ut.ac.id/)
    seri pembelajaran Kognitif PAUD
    Mengenal konsep bilangan
    dalam video tersebut menggambarkan upaya seorang guru taman kanak –kanan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara;
    1.Anak di ajak bermain dengan bola kecil anak di minta untuk mengambil bola sesuai dengan arahan guru
    2. anak di ajak bernyanyi dua mata saya dari nyanyian itu anak dapat mengenal anggota tubuh dan dapat mengetahui jumlah anggota tubuh yang di sebutan secara tidak langsung anak menghitung anggota tubuh mereka
    3 anak di aajak untuk mengehitung benda sesuai dengan gambar ,anak di minta menghitung gambar dan mencocokannyadengan angka setelah di hitung .
    Setelah anak berhasil megerjakan apa yang guru perintahkan dengan baik anak di beri apresiasi berupa cap di tangan
    Menurut saya pembelajaran yang di terapkan dapat dengan cepat di mengerti oleh anak yang mungkin mempunyai keterlambatan dalam mengingat angka dengan cara bermain ,bernyanyi anak akan dengan mudah untuk mengigat angka ,pembelajaran yang di terapkan video yang saya laihat tadi sudah cukup bagus untuk mengenalkan angka pada anak dengan berbagai macam metede pembelajaran .dan yang membuat anak bersemangat adalah apresiasi yang mereka dapatkan karena sudah berhasil mengerjakan apa yang guru perintahkan .

Leave a Reply