silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
dari vidio yang saya amati, kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah bervariasi sehingga mendorong anak agar lebih aktif dalam kegiatandan tidak mudah bosan dalam pengenalan lambang bilangan walaupun ada anak yang masih belum tepat saat pengambilan bola sesuai jumlah yang diminta. penataan kelas pun sudah rapi dan anak sudah tertib selama proses pembelajaran berlangsung. namun alangkah lebih baiknya jika sebelum kegiatan guru menjelaskan terlebih dahulu kepada anak dan memberikan contoh cara menghitung jumlah bilangan yang tepat sehingga anak bisa lebih memahami terhadap pengenalan konsep bilangan yang diajarkan. pemberian apresiasi kepada anak juga sudah bagus karena dapat memicu rasa semangat kepada anak untuk berani mencoba sehingga anak akan lebih senang ketika mendapatkan bintang.
Nadiyya Fadla Oktaviani 857441238
Izin memberi tanggapan dalam video ini.
Menurut pendapat saya dalam video ini berisi tentang bagaimana cara mengatasi masalah anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Adapun cara yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah yaitu dengan mengenal konsep bilangan dg lagu dan tepuk, menghitung objek bersama”, dan memberikan penguatan pada anak
Nama : Abiyyah Alwi Assegaf
Nim : 859289818
Menurut saya reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan yaitu pada saat namanya di panggil untuk bermain mengambil bola, dia sedikit ragu-ragu dalam mengambil bola, dan saat dia mengambil bola tidak sesuai yang di minta guru dia tetap berani mengambil tambahan bola yang kurang.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memperkenalkan bilangan dengan bermain. Anak akan senang dan nyaman belajar sambil bermain, kegiatan pembelajaran yang berlangsung juga menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik. Dan guru juga memberi apresiasi untuk anak.
Kelemahan guru mungkin dari video tersebut terlihat kegiatan anak yang sedang mengambil bola sesuai perintah ibu guru.Tapi dari kegiatan tersebut saya rasa kurang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak,seharusnya ibu guru mencontohkan lebih detail lagi terhadap anak,jangan langsung memerintahkan anak untuk mengambil sejumlah bola,seharusnya contohkan dulu cara berhitungnya secara berulang ulang sampai anak benar benar paham.
Karena masih ada anak masih belum bisa mengenal konsep bilangan dengan benar maka,ada beberapa cara yang ibu guru dapat lakukan.
Contohnya mengenalkan dengan benda konkret, misalnya untuk mengenal konsep bilangan satu, pegang 1 buah sendok. Trus mungkin juga dengan puzzle angka disitu juga anak akan memahami konsep angka, mengurutkan, membilang, dan menghubungkan angka dengan benda.
Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu mungkin lebih menggunakan media yang menarik dan menyenangkan seperti kartu angka bergambar dan membaca buku cerita yang melibatkan angka.
Dalam video pembelajaran tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” saya sangat terbantu dan termotivasi dengan metode yang digunakan oleh gurunya ayitu dengan menggunakan metode membentuk sebuah lingkaran sehingga memudahkan semua anak untuk melihat karena saling berhadapan, kemudian dengan menggunakan bola warna-warni sebagai medianya sangat bagus karena pada umumnya anak-aak sangat menyukai bola apalagi dengan jumlah yang cukup banyak , setelah itu kegiatan ketika anak di beri perintah untuk mengambil beberapa bola sesuai angka yang telah disebutkan gurunya merupakan kegiatan merefleksi anak yang cukup bagus untuk melatih mereka berhitung dengan benar. Walaupun anak satunya belum berhasil karena salah menghitung bola namun kegiatannya sudah bagus dan teratur dilihat dari bagaimana cara gurunya mengajar dan anak-anak tidak mengabaikan gurunya.
Assalam’mualaikum wr.wb
Setelah menonton Video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” saya benar-benar sangat termovivasi dari cara gurunya memeberikan kegiatan pembelajaran sambil bermain bagi anak-anak didiknya.
Di sini guru menggunakan metode denga membentuk sebuah lingkaran, kemudian menggunakan bola sebagai medianya, setelah itu anak di beri perintah mengambil beberapa bola sesuai dengan angka yang disebutkan gurunya, setelah di ambil oleh anak itu, guru juga memberikan umpan balik berupa penguatan lambang bilangan dan konsep bilangan dengan cara menghitung jumlah bola secara bersama-sama sehingga anak-anak akan semakin pintar dalam berhitung.
Kemudian, selain menggukan bola konsep bilangan, gurunya juga menggunakan LKS untuk meyesuaikan lambang bilangan dan jumlah bilangan, Sehingga kegiatan belajar pun berhasil dilakukan dengan aman dan diikuti oleh seluruh anak didik.
sekian dan terimakasih
wassalammualaikum wr.wb
Dari apa yang sudah saya amati melaui video yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, apa yang dilakukan guru sudah baik. Kegiatan yang dilakukan oleh guru sangat bervariasi mulai dari menghitung menggunakan bola dengan melibatkan anak secara langsung, kemudian belajar sambil bernyanyi dan bertepuk tangan, guru menggunakan alat peraga yang bervariasi dalam permainan konsep bilangan, guru memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dengan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
Guru memberikan reward kepada anak atas hasil karyanya, kegiatan tersebut menarik dan menyenangkan bagi anak. Hanya saja dari banyaknya kelebihan ada beberapa kekurangannya seperti pada kegiatan menghitung bole, guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu, misalnya guru menyebutkan angka 3 dan seharusnya guru tersebut mengambil bola sebanyak 3 biji sebagai contoh agar anak tidak kebingungan, jangan langsung memanggil anak untuk memulai kegiatan tersebut. Selanjutnya pada kegiatan memasangkan benda sesuai lambang bilangan, gambar yang di tempel di papan tulis terlalu kecil, seharusnya gambar tersebut bisa lebih besar agar anak dapat melihatnya dengan lebih jelas.
NAMA : JULITA EVRENSI
NIM: 856837957
UPBJJ: BENGKULU
POKJAR: KAUR
MK: KEMANTAPAN KEMAMPUAN MEGAJAR (PAUD4304).
Pada video tersebut upaya yang dilakukan guru sudah tepat dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Guru sudah berperan dalam menumbuhkan inisiatif, dorongan serta tanggung jawab untuk pembelajaran pada anak usia dini. Kegiatan yang dilakukan sangat interaktif dengan melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran diantaranya belajar sambil bernyanyi dan bertepuk tangan, menggunakan alat peraga dalam permainan konsep bilangan, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dengan melingkari benda sesuai lambang bilangannya, serta memberikan reward kepada anak atas hasil karyanya, sehingga menarik dan menyenangkan bagi anak. Adapun cara yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah yaitu dengan mengenal konsep bilangan dg lagu dan tepuk, menghitung objek bersama”, dan memberikan penguatan pada anak.
Nama : Maisarah
Nim: 858291162
Prodi: S1 PGPAUD
Dalam video tersebut menggambarkan usaha seorang guru Taman Kanak-kanak dalam membantu anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Guru menggunakan berbagai metode kreatif, seperti:
1.Mengajak anak-anak membilang dengan permainan, lagu, atau tepuk tangan.
2.Menggunakan alat peraga untuk permainan konsep bilangan, di mana anak diminta meletakkan benda sesuai dengan angka yang ditunjukkan.
3.Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda dengan angka yang sesuai atau melingkari jumlah benda berdasarkan lambangnya.
4.Menyediakan ulasan terhadap karya anak-anak, memberikan penghargaan pada karya terbaik, dan memberikan stempel bintang sebagai bentuk penguatan atau motivasi bagi anak-anak yang karyanya baik.
Upaya ini bertujuan untuk membantu anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Nama: Maisarah
Nim: 858291162
Prodi: S1 PGPAUD
Dalam video tersebut menggambarkan usaha seorang guru Taman Kanak-kanak dalam membantu anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Guru menggunakan berbagai metode kreatif, seperti:
1.Mengajak anak-anak membilang dengan permainan, lagu, atau tepuk tangan.
2.Menggunakan alat peraga untuk permainan konsep bilangan, di mana anak diminta meletakkan benda sesuai dengan angka yang ditunjukkan.
3.Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda dengan angka yang sesuai atau melingkari jumlah benda berdasarkan lambangnya.
4.Menyediakan ulasan terhadap karya anak-anak, memberikan penghargaan pada karya terbaik, dan memberikan stempel bintang sebagai bentuk penguatan atau motivasi bagi anak-anak yang karyanya baik.
Upaya ini bertujuan untuk membantu anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
pembelajaran yang sangat menarik dimana mengenalkan Konsep bilangan dapat diajarkan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Menghitung bola di dalam kelas memberikan pengalaman langsung yang membantu anak-anak memahami angka dengan lebih baik. Saat mereka menghitung objek nyata, mereka bisa lebih mudah mengaitkan angka dengan jumlah yang konkret.