silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. VIDEO 1 MENGATASI MASALAH PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PAUD
    SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
    1. Reaksi anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran sangatlah memuaskan dimana semua anak-anak yang hadir dalam kelas sangat senang dan gembira dalam mengikuti pembelajaran, semua anak aktif pada saat guru memberikan pertanyaan.
    2. Kelemahan guru sebelum kegiatan menghitung bola guru tidak mengenalkan angka 1 – 10 kepada anak sehingga ada anak yang belum bisa menyelesaikan tugas diperintahkan guru yaitu menghitung jumlah bola dengan sempurna.
    3. Kelebihan yang dimiliki oleh guru adalah guru selalu memberikan semangat bagi anak yang berhasil menyelesaikan tugas menghitung bola dengan benar dan guru juga tetap memberikan semangat bagi anak yang belum berhasilan menyelesaikan tugas menghitung bola dengan sempurna dengan memberikan anak tersebut kesempatan untuk menyelesaikan tugas menghitung bola dengan benar.
    4. Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran diatas adalah pada saat guru mengenalkan angka dengan teknik bernyanyi dimana dengan benyanyi anak terlihat dapat lebih mudah mengenal angka.
    5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah :
    – Sebelum memulai mengerjakan tugas guru terlebih dahulu mengenalkan angka dengan menggunakan teknik bernyanyi yang dapat dilakukan berulang-ulang agar anak mudah menghafal angka.
    – Dalam proses kegiatan belajar mengajar guru harus menyiapkan APE yang kreatid dan menarik bagi anak yang sesuai dengan kegiatan berhitung tujuannya agar anak dapat lebih mudah mengenal angka dengan mudah.
    – Pada akhir pembelajaran guru mengulang kembali pembelajaran dan juga memberikan tugas menghafal angka di rumah menggunakan poster angka atau kartu angka.

  2. Nama : Prima Ramadhiyani
    Nim : 858458488
    UPBJJ : UT Samarinda

    -Reaksi anak terhadap kegiatan sangat gembira dengan pembelajaran konsep bilangan dengan menggunakan menghitung bola dan anak-anak terlihat aktif saat guru memberikan pertanyaan.
    -Sebenarnya ada banyak permainan yang bisa di gunakan untuk mengenal konsep bilangan seperti mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,ukuran dan warna.
    -Langkah yang di lakukan guru sudah benar untuk mengenalkan konsep sesuai usianya.
    -Hal unik yang saya liat dalam video adalah memberikan apresiasi atau hadiah kepada anak didik dengan cara memeberikan stempel bintang di tangannya.
    -Upaya yang saya usulkan untuk pembelajaran tersebut adalah guru dapat membuat APE sendiri dari bahan-bahan yang ada di sekitar atau guru juga bisa menemukan referensi dari berbagai internet seperti youtube untuk menciptakan APE yang menarik dan menyenangkan saat digunakan belajar dan bermain.

  3. Nama : Nopriani
    NIM : 822488744
    Tanggapan atas Video Sulit Mengenal Konsep Bilangan yaitu pada tayangan video tersebut membahas tantangan yang dihadapi anak-anak usia dini dalam memahami konsep bilangan. Guru memberikan contoh cara-cara mengajarkan bilangan melalui pendekatan yang konkret, seperti menghitung benda nyata, permainan, dan kegiatan multisensoris. Video ini juga menekankan pentingnya pengulangan dan pendekatan visual untuk membantu anak-anak mengenali angka dengan lebih baik.
    Selain pendekatan yang sudah dijelaskan dalam video, berikut strategi lain untuk membantu anak yang sulit mengenal konsep bilangan:

    1. Menggunakan Cerita atau Narasi: Melibatkan cerita dengan alur yang mengandung konsep bilangan, seperti menghitung karakter dalam cerita.
    2. Permainan Interaktif: Game edukatif seperti “Lompat Angka” atau “Puzzle Bilangan” bisa merangsang minat anak.
    3. Kartu Angka dan Gambar: Pasangkan angka dengan gambar benda untuk memperkuat asosiasi antara angka dan jumlah.
    4. Pembelajaran Berbasis Aktivitas Harian: Libatkan anak dalam aktivitas sehari-hari seperti menghitung piring saat makan.

  4. Mohon ijn menanggapi video ini dengan judul “ Sulit mengenal konsep bilangan “
    Ada beberapa aspek yang kami observasi mengenai pengamatan pada guru diantaranya:
    1. Guru dapat mengkondisikan siswa di kelas dalam mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai metode yang digunakan, melalui bernyanyi dan menghitung jumlah bola serta mengambil benda sesuai dengan perintah guru.
    2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu dan memberikan penjelasan aturan mainnya bahwa kegiatan belajar ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan dengan benda yang nyata
    3. Media yang digunakan oleh guru sudah sesuai untuk perkembangan anak usia dini
    4. Guru telah melibatkan seluruh siswa untuk ikut berhitung bersama hasil anak yang mengambil bola, dengan memberikan tugas mandiri kepada anak untuk melingkari bilangan sesuai jumlah gambar
    5. Guru membimbing siswa dan memberikan evaluasi kepada siswa yang mengambil bola ada yang tidak sesuai jumlahnya
    6. Guru memberika n penguatan dan penghargaan sesuai hasil anak dengan memberikan stempel ditangan anak

    Untuk pengamatan terhadap siswa:
    1. Siswa terlibat aktif mengikuti kegiatan selama proses pembelajaran
    2. Siswa melakukan tugas mandiri
    3. Siswa mendapat penghargaan dengan di stempel di tangan oleh guru

    Untuk upaya yang dapat kami simpulkan:
    1. Dalam video ketika anak mengambil bola hasilnya di hitung oleh guru, akan lebih baik jika anak mengambil bola dan dihitung sendiri bola yang diambilnya sambil menghadap ke teman temannya, anak lebih aktif dalam mengenal konsep bilangan
    2. Kegiatan yang dilakukan sudah bagus dalam menyampaikan materi, akan lebih baik lagi dan anak lebih merasa asyik dalam belajar dan bermain kegiatan yang dikonsep itu dibuat 3 kegiatan dengan anak dapat memilih kegiatan apa saja yang akan di pelajai / dilakukan terlebih dahulu, jadi tidak memaksa anak melakukan kegiatan yang sama..
    kegiatan 1: menghitung jumlah bola. Kita sediakan alat dan bahan lebih dari 1 benda , misalnya bola, stik, dan sedotan, untuk bilangan kitas siapkan 3 juga.
    kegiatan 2: menghitung benda dan melingkari angka sesuai jumlahnya
    kegiatan 3 : menghitung jumlah benda sesuai angka
    ini akan lebih terkeksplor dan terarah serta anak senang dengan adanya 3 kegiatan yang bervariasi. Lebih mudah mengenalkan anak dalam konsep mengenal bilangan dengan sambil bermain

  5. Nama : Farida Radiah
    NIM : 858158055
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Tanggapan atas video Seri pembelajaran PAUD , Sulit mengenal konsep bilangan , yaitu dimana Video pembelajaran berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menunjukkan upaya guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan. Berikut adalah tanggapan mengenai video tersebut berdasarkan analisis dan umpan balik yang diberikan oleh beberapa pengamat.
    1. Metode Pembelajaran Interaktif: Guru menggunakan berbagai teknik, seperti permainan, lagu, dan tepuk tangan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Ini membantu anak-anak untuk lebih mudah memahami konsep bilangan
    2. Alat Peraga yang Kreatif: Penggunaan alat peraga dalam bentuk permainan, seperti mengambil bola dan mencocokkan dengan lambang bilangan, terbukti efektif dalam menstimulasi pemahaman anak terhadap angka
    3. Pemberian Reward: Memberikan stempel bintang sebagai penghargaan kepada anak-anak yang berhasil melakukan tugas dengan baik menambah motivasi dan rasa percaya diri mereka
    4. Stempel Penghargaan:
    – Memberikan stempel bintang kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Hal ini meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak dalam belajar konsep bilangan

  6. Nama : Ni wayan Hariyani
    Nim : 859042145

    Ijin Menjawab
    Dari video ,tentang anak yang belum mampu mengenal konsep bilangan ,yang saya amati terdapat anak yang belum mampu mengenal konsep bilangan. Disana peran guru adalah memcarikan Solusi yang bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan kreatif melalui, beberapa kegiatan diantaranya games mengambil bola dan menghitungnya,bernyanyi,bermain tepuk,menghubungkan gambar dan angka,sehingga nantinya anak akan mudah paham dengan konsep bilangan.
    Terimakasih.

  7. Dalam video tersebut, pendidik sudah melakukan metode pembelajaran yang tepat agar anak dapat memahami konsep bilangan, yaitu menggunakan lagu, tepuk dan bermain ambil bola sesuai dengan angka yang ibu guru sebutkan, dan dengan cara yang menyenangkan, penuh semangat, dan menggunakan reward. Setelah itu ibu guru menguatkan kembali dengan memberikan tugas lembar kerja menghitung gambar dan melingkari angka yang sesuai, namun alangkah lebih baiknya sebelum ibu guru memberikan tugas tersebut, ibu guru mengenalkan lambang bilangan 1-10. agar anak dapat mengerjakan tugas dengan baik. kemudian agar anak semakin memahami, ibu guru juga menyiapkan APE seperti puzzle angka, roncean angka, dan lainnya yang berkaitan dengan konsep dan lambang bilangan.

  8. Nama Mustaqillah
    NIM : 859418691

    Bismillah, menurut saya cara guru dalam belajar mengenalkan angka bilangan pada anak anak sangat menarik perhatian anak, sehingga anak anak menjadi semangat saat melakukan kegiatan mengenal angka bilangan, dan dengan pemberian reward seperti stempel bintang, menurut saya hal itu adalah yang paling di sukai oleh anak anak, karena anak yang berhasil dalam mengenal angka bilangan akan merasa bangga jika mendapatkan stempel dari gurunya, dan hal itu menjadi pengalaman menarik baginya dan akan ia ingat terus sampai kapanpun, sehingga dengan cara guru memberi reward pembelajaran akan lebih cepat tercapai tujuannya, yaitu mengenalkan angka bilangan pada anak – anak.

  9. NAMA : CUCU YULIANA
    NIM :859688681
    PRODI : S1 PG PAUD

    Menanggapi video tersebut “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, Upaya yang dilakukan guru yaitu pada metode pembelajaran kelompok tentunya seorang guru sudah benar dalam menerapkan sebuah pembelajaran kepada anak-anak yang sulit dalam mengenal monsep bilangan, dimana dalam video tersebut seorang guru :
    1. Merencanakan kegiatan belajar ny secara terstruktur dengan baik
    2. Dalam video tersebut guru sudah mempersiapkan dengan baik mulai dari APE dan lembar kerja yang yang akan dipergunakan.
    3. Kemudian dalam mengenal konsep bilangan guru tersebut langsung mempraktikan langsung dengan menugaskan anak untuk mengambil sejumlah bola, dan anak ada yang berhasil dan tidak dalam menghitung bola yang diambil sesuai perintah guru.
    4. Selain itu guru juga langsung mengajak mengenal konsep bilangan melalui bernyanyi mengenal anggota tubuh, dengan mempraktekan langsung gerakan sesuai jumlahnya.
    5. Dan yang terakhir guru membagikan lembar kerja dengan melingkari angka sesuai dengan jumlah nya. Dan anak yang berhasil diberi reward berupa stample Bintang.

  10. NAMA : CUCU YULIANA
    NIM :859688681
    PRODI : S1 PG PAUD

    Menanggapi video tersebut “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, Upaya yang dilakukan guru yaitu pada metode pembelajaran kelompok tentunya seorang guru sudah benar dalam menerapkan sebuah pembelajaran kepada anak-anak yang sulit dalam mengenal monsep bilangan, dimana dalam video tersebut seorang guru :
    1. Merencanakan kegiatan belajar ny secara terstruktur dengan baik

    2. Dalam video tersebut guru sudah mempersiapkan dengan baik mulai dari APE dan lembar kerja yang yang akan dipergunakan.

    3. Kemudian dalam mengenal konsep bilangan guru tersebut langsung mempraktikan langsung dengan menugaskan anak untuk mengambil sejumlah bola, dan anak ada yang berhasil dan tidak dalam menghitung bola yang diambil sesuai perintah guru.

    4. Selain itu guru juga langsung mengajak mengenal konsep bilangan melalui bernyanyi mengenal anggota tubuh, dengan mempraktekan langsung gerakan sesuai jumlahnya.

    5. Dan yang terakhir guru membagikan lembar kerja dengan melingkari angka sesuai dengan jumlah nya. Dan anak yang berhasil diberi reward berupa stample Bintang.

    Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa yang dilakukan guru tersebut sudah tepat dengan adanya pesiapan yang matang guru berhasil mengenalkan konsep bilangan kepada siswa.

Leave a Reply