silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Liya Apriani
    NIM : 857842937
    Prodi : PGPAUD BI

    a. Identitas Video :
    – Judul : Anak Sulit mengenal konsep bilangan
    – Nama Pengembang : Netti Hernawati
    – Lokasi : Didalam Kelas
    – Kelompok : TK
    – Ringkasan Materi :
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    b. Apakah guru dalam video sudah menerapkan assesment dan evaluasi?
    jawaban :
    1. Assesment : guru telah memberikan penilaian melalui bintang yang distempel pada tangan, namun guru hanya menggunakan penilaian satu jenis saja, tidak ada abekdot ataupun penilaian lembar kerja yang dapat digunakan untuk merivew sehingga dapat dilakukan assesment lanjutan maupun evaluasi
    2. evaluasi : guru tidak melakukan evaluasi. guru hanya melakukan KBM seperti biasa, pembelajaran sehari hari tanpa meriew ulang pembelajaran yang dilakukan, sehingga tidak tau anak yang sudah dapat mengenal konsep bilangan dengan anak yang belum mengenal konsep bilangan.

    c. Perbaikan dalam proses pembelajaran?
    pada pengenalan konsep bilangan :
    1. Pembukaan
    sebelum duduk atau memulai pembelajaran
    ketika anak anak masuk kedalam kelas, kita bisa mulai dengan berbaris satu persatu sambil menyebutkan angka sesuai nomor urutnya sehingga anak terstimulasi terlebih dulu mengenai angka
    2. Inti
    – penggunaan bola kecil untuk media sangat bagus tetapi lebih bagus lagi apabila menggunakan media yang ada angka nyata. misalnya balok angka, sehingga anak dapat mengenal konsep bilangan sesuai dengan bentuknya, angka 1 seperti pensil, angka 2 seperti bebek dst. tidak hanya bayangan saja.
    -penggunaan tepuk sangat bagus untuk mengajarkan anak konsep bilangan, dengan nyanyian anak akan mudah mengingat.
    – penggunaan lembar kerja sangat bagus, akan tetapi jauh lebih bagus dengan lembar kerja yang berwarna. misalnya : bintang berwarna kuning sehingga selain anak tereduksi mengenai konsep bilangan, anak juga belajar mengenal warna.
    3. penutup
    pada saat mengakhiri pembelajaran alangkah baiknya kita review ulang pelajaran pada saat itu, sehingga kita bisa mengevaluasi pembelajaran apa yang menjadi penyebab anak belum mengenal konsep bilangan dan penyebab anak sudah mengenal konsep bilangan.

  2. Nama: Klara Elisnawaty Kasang
    Nim : 837878484
    Prodi : S1 PG Paud
    Dalam pengembangan kognitif anak ditampilkan video berjudul sulit mengenal konsep bilangan. Menurut saya teknik pembelajaran dalam mengenalkan konsep bilangan ke anak dalam video tersebut sudah cukup baik yaitu dengan menggunakan benda-benda konkret yang ada di sekitar anak (bola) selain itu anak juga dapat dikenalkan dengan berbagai macam warna , mengenalkan bentuk benda seperti bola berbentuk bulat. Mengenalkan konsep bilangan juga dapat dilakukan dengan menggunakan lagu ,permainan dan tepuk tangan, memberikan tugas LKS yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan dan melingkari lambang bilangan sesuai jumlah benda. Kelemahannya: dalam video awal anak masih kurang berkonsentrasi secara baik harusnya guru memulai kegiatan dengan lagu atau tepuk sehingga anak bisa berkonsentrasi. Guru dapat mengenalkan berbagai teknik lainnya dalam mengenalkan konsep bilangan yaitu dengan menggunakan media kartu angka, permainan ular tangga, menghitung dengan batu atau biji-bijian.

  3. Nama : Regar Sarah Dita
    Nim : 858170916
    Prodi: PGPAUD-BI
    menurut saya kegiatan guru pada video sudah menarik. Guru menggunakan berbagai alat peraga dalam mengenalkan konsep bilangan sehingga dapat menarik perhatian anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan. Guru juga sering kali memberi reward berupa pujian kepada siswa yang berani maju kedepan sehingga anak merasa termotivasi untuk berani maju kedepan. Kegiatan yang diberikan guru dalam mengenalkan konsep bilangan juga bermacam-macam dan menarik. Sehingga anak-anak tidak merasa bosan. Namun kekurangan pada video seharusnya guru memberikan contoh terlebih dahulu mengenai pengenalan konsep karena tidak semua anak dapat menerima materi dengan cepat.

  4. Nama : Zuliana Mushoimah
    NIM : 858555908
    POKJAR : Ngunut
    Setelah melihat vidionya, menurut saya anak kurang menyukai cerita tersebut. Sebaiknya guru memberi cerita yang menarik serta membawa gambar atau boneka tangan agar cerita bisa ditangkap oleh anak sehingga anak bisa mengungkapkan isi cerita ketika guru menyuruh menceritakan isi cerita tersebut. apabila anak kurang fokus mendengarkan cerita sebaiknya guru membuat suasana yang menyenangkan dulu sebelum bercerita lagi.

  5. Nama : Irfa
    NIM : 857419666
    Pokjar : Kota bandung

    Setelah menyaksikan video, apa yang telah dilakukan Guru sudah tepat. Pengenalan lambang bilangan menggunakan benda (yaitu bola) dapat dilakukan untuk membantu anak memvisualisasikan kegiatan menghitung dan menghapal urutan angka nya. Selain itu, Guru juga mengajarkan anak untuk menunggu giliran bermain sehingga tidak menimbulkan keributan anak-anak berebut ingin bermain. Kegiatan bernyanyi juga dapat membantu anak mengembangkan aspek seni dimana mereka akan mengenal keindahan suara, gerakan tangan dan menunjukkan minat dalam menikmati kegiatan seni. Adapun ketika anak mengambil bola sejumlah angka yang diminta guru, kegiatan tersebut akan mampu melatih kelenturan tangan anak dalam mengambil benda dengan ukuran yang lebih besar dari genggaman anak tersebut.
    Alangkah lebih baik jika guru menyediakan gambar atau alat peraga yang juga menunjukkan wujud/bentuk dari angka yang disebutkan agar anak bisa mengenal bentuk angka nya (jadi tidak hanya diucapkan guru, tetapi juga bisa dengan menyediakan flash-card angka yang dicetak besar agar semua anak dapat melihatnya). Arahan dari guru yang mengucapkan “jangan dikasih tahu ya teman-teman!” sebaiknya tidak diucapkan, atau kalimatnya diganti dengan “Bu Guru yakin, ananda dapat mengambil bola dengan jumlah yang tepat.. teman-teman bantu Bu Guru dengan duduk tenang ya!”
    Pemberian reward kepada anak juga dapat dilakukan guru agar anak termotivasi dalam kegiatan belajar sambil bermain yang tetap dikemas menyenangkan.

    Sekian, itu menurut saya.. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dari pandangan saya

  6. Nama : Nidaul Hasanah
    NIM ; 859171516
    POridi : PGPAUD
    Dalam Vidio pembelajaran di diatas guru mengajarkan anak -anak mengenal konsep bilangan, dengan menghitung jumlah bola sebagai alat media pembelajaran dan menghitung benda sesuai dengan lambang bilangan dengan menggunakan gambar…serta tak lupa juga menyanyi sesuai dengan jumlah anggota bagian tubuh manusia…namun ada yang kurang dari vidio tersebut di awal pembelajaran seharusnya anak anak di ajak menyebutkan jumlah bilangan secara bersama di sertai dengan kartu Huruf. dan sebenarnya dari menggambar jumlah bolapun lebih epektif dari pada menggunkan gambar lain lagi.

  7. Nama: Nurwahyuni
    NIM: 858451708
    PRODI: S1 PGPAUD

    Menurut pengamatan saya tentang vidio “pengenalan bilangan” kepada anak dengan menggunakan metode beryanyi, bermain, lalu menebak gambar serta menghitung berapa jumlah nya sudah cukup baik, saya juga disekolah mengajar menggunakan teknik ini untuk pengenalan awal bilangan pada anak-anak.
    Kelemahan: pada vidio anak-anak terlihat kurang semangat untuk nyanyian nya, akan lebih bagus lagi jika pada pembukaan kita mengajak anak bernyanyi sambil berdiri terlebih dahulu dan melakukan pemanasan seperti ice breaking agar anak-anak terlihat semangat serta bisa lebih antusias lagi dalam memperhatikan dan mengikuti kegiatan pembelajaran.Jika anak bersemangat akan lebih mudah lagi bagi kita untuk melangsungkan pembelajaran karena mereka ketika sudah semangat rasa antusias mereka pasti meningkat.
    Kelebihan: untuk reward yang diberikan kepada anak sangat bagus, karena dengan adanya pemberian reward seperti ini anak-anak yang lain pasti akan terpancing untuk melakukan kegiatan pengenalan bilangan melalui permainan atau kegiatan yang dibuat oleh guru.
    Saran: ketika akan pulang mungkin lebih bagus lagi jika kita mengulang tentang pelajaran yang telah dilakukan seperti memberikan pertanyaan kembali kepada anak-anak tentang angka dengan memperlihatkan gambar angka pada karton-karton yg sudah kita warnai agar terlihat menarik dan bisa juga dengan menunjukan jari tangan kita lalu bertanya berapakah jumlah nya.

  8. Nama: Nisa Aulia
    NIM: 859171215
    Judul Video: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Pokjar: UPBJJ UT Mataram
    Pengembang video: Netti Hernawati

    Hasil analisis video.
    Kelebihan:
    konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal angka dengan bernyanyi. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan:
    guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

  9. Nama : Wulatul Maslikah
    Nim : 858738547
    Pokjar : Lamongan
    Semester : II- PG PAUD-BI

    a. Identitas Video :
    Judul : Anak Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Didalam Kelas
    Kelompok : TK
    Ringkasan Materi : video tersebut menerangkan tentang seorang guru TK dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya..

    Dari hasil video saya akan memberikan beberapa pendapat saya tentang judul video “Kesulitan Anak Mengenal Konsep Bilangan”
    Kekurangan dari video tersebut:
    dari segi pembukaan:
    Alangkah baiknya saat guru membuka pembelajaran, guru tidak langsung menerangkan tentang pembelajaran, akan tetapi lebih mengajak anak untuk mencairkan suasana dan membangun semangat anak. Misalnya diajak menyanyi, ice breking yang mana nyanyian dan ice breaking itu mengarah pada pembelajaran pada tema yang akan disampaikan pada hari itu.
    Dari segi inti pembelajaran: Guru masih belum menguasai kelas dengan baik. Hal itu dapat murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. Dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.
    Guru lebih berfokus pada tercapainya tujuan dan berusaha mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran materi tersebut. Alangkah baiknya sebelum kegiatan guru memberi pengarahan tentang kegiatan apa yang akan dilakukan hari ini sehingga pada saat anak didik berpraktek mereka tidak bingung.

    Penutup: Sebelum diakhiri pembelajaran pada hari itu guru menenyakan pada anak didik tentang perasaannya belajar hari ini dan guru melakukakan review pembelajaran. Dengan cara bertanya materi kepada anak. Hal itu bertujuan untuk mengevaluasi awal apakah pembelajaran sudah mampu diterima anak didik dengan baik atau belum.

    Kelebihan: Pada lembar kerja siswa sudah sangat bagus tehknik guru menggunakan model yang bervariatif. Dan cara guru mengenalkan konsep bilangan juga sangat bagus yaitu menggunakan benda kongkrit. Hal itu memudahkan bagi anak yang belum mampu untuk mengenal tulisan bilangan.

  10. Nama : Wulatul Maslikah
    Nim : 858738547
    Pokjar : Lamongan
    Semester : II- PG PAUD-BI

    a. Identitas Video :
    Judul : Anak Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Didalam Kelas
    Kelompok : TK
    Ringkasan Materi : video tersebut menerangkan tentang seorang guru TK dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya..

    Dari hasil video saya akan memberikan beberapa pendapat saya tentang judul video “Kesulitan Anak Mengenal Konsep Bilangan”
    Kekurangan dari video tersebut:
    dari segi pembukaan:
    Alangkah baiknya saat guru membuka pembelajaran, guru tidak langsung menerangkan tentang pembelajaran, akan tetapi lebih mengajak anak untuk mencairkan suasana dan membangun semangat anak. Misalnya diajak menyanyi, ice breking yang mana nyanyian dan ice breaking itu mengarah pada pembelajaran pada tema yang akan disampaikan pada hari itu.
    Dari segi inti pembelajaran: Guru masih belum menguasai kelas dengan baik. Hal itu dapat murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. Dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.
    Guru lebih berfokus pada tercapainya tujuan dan berusaha mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran materi tersebut. Alangkah baiknya sebelum kegiatan guru memberi pengarahan tentang kegiatan apa yang akan dilakukan hari ini sehingga pada saat anak didik berpraktek mereka tidak bingung.

    Penutup: Sebelum diakhiri pembelajaran pada hari itu guru menenyakan pada anak didik tentang perasaannya belajar hari ini dan guru melakukakan review pembelajaran. Dengan cara bertanya materi kepada anak. Hal itu bertujuan untuk mengevaluasi awal apakah pembelajaran sudah mampu diterima anak didik dengan baik atau belum.

    Kelebihan: Pada lembar kerja siswa sudah sangat bagus tehknik guru menggunakan model yang bervariatif. Dan cara guru mengenalkan konsep bilangan juga sangat bagus yaitu menggunakan benda kongkrit. Hal itu memudahkan bagi anak yang belum mampu untuk mengenal tulisan bilangan.

Leave a Reply