silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Berdasarkan video di atas, secara umum tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
NAMA : MAGDALENA PLASIDIA KETWIN
NIM : 859269658
Setelah saya melihat video pembelajaran yang ditampilkan diatas dari saya kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah terencana dengan baik, anak-anak terkondisi dan penataan ruang kelas juga sudah baik,kegiatan pembelajaran yang berlangsung menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola sudah baik pula.lalu anak-anak diberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang dilakukan sebelum anak-anak diberikan tugas dalam mengenal genre kompilasi,ada beberapa anak yang belum paham dan guru mengamati/mengobservasi mengapa ada anak yang belum paham untuk mencari solusi terhadap anak tersebut.dan untuk anak-anak yang berhasil guru memberikan penguatan berupa reward stempel kepada anak supaya anak merasa senang dan dihargai dari hasil dan pekerjaan tersebut.
Nama : Erosvita Maria Edwin
Nim : 859266082
1.dalam video tersebut anak-anak sangat aktif dan antusias pada kegiatan pembelajaran tersebut dengan aktif menjawab ketika ditanya oleh guru.
2.kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu sebelum melakukan kegiatan menghitung bola,guru tidak mengenalkan angka 1-10 terlebih dahulu kepada anak sehingga ada anak yang belum bisa menyelesaikan tugas yang diberikan guru kepada anak.
3. kelebihan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru selalu memberikan semangat dan motivasi kepada anak yang sudah mampu dan belum mampu dalam menyelesaikan tugas, sebelum memberikan tugas kepada anak guru menerapkan metode demonstrasi kepada anak dengan menjelaskan terlebih dahulu cara mengerjakannya.
4. Hal unik dalam video pembelajaran tersebut yaitu pada saat guru mengenalkan angka dengan teknik bernyanyi dan tepuk terlihat anak lebih mudah mengenal angka dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat belajar anak.
5. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya memperkenalkan angka terlebih dahulu kepada anak sebelum bermain, guru harus menyiapkan beragam media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut,guru merancang dan membuat berbagai macam kegiatan permainan mengenalkan angka yang lebih menyenangkan kepada anak, diakhir pembelajaran guru harus memberikan penguatan dan pesan-pesan kepada anak
berdasarkan video di atas menujukan kegiatan yang menarik dan kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan untuk anak,anak mampu berhitung sesuai benda,gambar,dan jari-jari anak dengan demikian terdapat beberapa kegiatan yang membuat anak aktif bergerak sehingga membuat pembelajaran di kelas tidak membosankan.namun masih banyak lagi konsep pembelajaran yang lebih menarik untuk anak yang akan membuat anak bereksplorasi lebih banyak.
Nama : Aini Kurniati
NIM : 857778437
Pada usia ini anak-anak memang masih kesulitan dalam mengenal bilangan. Setelah menonton video ini ternyata banyak metode yang digunakan untuk mengenal bilangan dengan lebih asyik, jadi anak akan merasa tertarik dan lebih gampang mengingatnya.
Nama : Fitriningsih
NIM : 857664211
setelah saya menonton vidio diatas, saya melihat bahwa vidio ini dengan jelas menunjukkan upaya kreatif guru dalam mengatasi tantangan anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Pendekatan melalui permainan, lagu, dan alat peraga sangat efektif, karena tidak hanya membuat belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga membantu anak-anak menginternalisasi konsep tersebut dengan cara yang menyenangkan. Penguatan positif, seperti stempel bintang, juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak. Ini adalah contoh yang luar biasa dalam pembelajaran awal
Berdasarkan video di atas, secara umum tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
NAMA : DEWI SARTIKA MAKAYASARI
NIM : 859427787
1. Kelemahan pembelajaran dalam video tersebut : Menurut saya, kegiatan ice breaking bisa di kembangkan menjadi 2,3 kegiatan sehingga anak merasa lebih antusias lagi sebelum memasuki kegiatan inti yg akan dicapai.
2. Kelebihan pembelajarandalam video tersebut : Menurut saya, ibu guru sudah mampu mengarahkan anak-anaknya untuk bisa sabar dalam menunggu giliran serta memperkenalkan konsep angka dengan cara yang menyenangkan bagi anak.
3. Hal unik yang terdapatdalam video : Menurut saya Anak-anak sangat antusias, mereka juga mampu belajar konsentrasi dan belajar angka diselingi dengan tambahan pengetahuan bahasa Inggris.
4. Rencana pembelajaran yang akan di lakukan :
Rencana pembelajaran yang akan di lakukan yaitu sebagai referensi kegiatan yang menarik bagi anak selain bisa dilakukan didalam kelas bisa juga dilakukan diluar kelas sebagai kegiatan fisik motorik anak yaitu dengan kegiatan berjalan mengambil jumlah bola sesuai dengan perintah ibu guru.
Terima Kasih
Pada vidio tersebut guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara pendekatan yang interaktif dan menyenangkan agar anak tertarik dan dapat memahami konsep dasar bilangan dengan menggunakan benda kongkret atau benda nyata seperti bola dan memberikan pujian dan motivasi pada anak yang dapat mengenali dan menyebutkan angka dengan benar sehingga dapat memberikan dorongan yang positif dan membangun kepercayaan diri anak dalam belajar. Guru menggunakan metode yang vervariasi dan menyenangkan sehingga anak lebih cepat mengenali dan memahami konsep bilangan dengan cara yang alami dan tidak membosankan.
Nama : Ninayaroh
NIM : 859691364
Prodi : PG PAUD
Menanggapi video mengenai “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”secara umum video tersebut cukup baik, kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan salah satu bagian dari perkembangan kognitif yang harus dikembangkan oleh anak usia dini. Memperkenalkan bilangan pada anak usia dini sebaiknya dilakukan dengan kegiatan bermain atau melakukan permainan, hal itu agar anak merasa senang dan nyaman sama halnya yang dilakukan guru pada video tersebut,beliau mengenalkan konsep bilangan dengan metode bermain serta menggunakan benda konkret seperti menggunakan bola yang mana guru tersebut menyuruh anak bergantian untuk mengambil bola yang ada didalam keranjang kemudian menghitung bola tersebut secara langsung. Selain itu agar anak tidak merasa bosan dalam melakukan kegiatan tersebut guru menggunakan lagu atau tepuk untuk membilang hal ini dilakukan agar anak mudah mengingatnya. Untuk bisa melakukan semua itu dibutuhkan kepiawaian seorang guru, namun sangat disayangkan pada kegiatan ini guru terlalu mendominasi untuk membilang, sehingga menyulitkan mengukur kemampuan anak dalam proses penilaian perkembangan dalam menyebutkan bilangan.
Saran saya guru seharusnya lebih kreatif lagi dalam menciptakan pembelajaran.