silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Menanggapi video berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan,” upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kelompok terbukti efektif bagi anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Guru merencanakan kegiatan belajar dengan struktur yang jelas, mempersiapkan Alat Peraga Edukatif (APE) dan lembar kerja dengan baik, serta melibatkan anak-anak dalam praktik langsung dengan mengambil sejumlah bola. Selain itu, guru menggunakan bernyanyi untuk mengajak anak bergerak sesuai jumlah yang dinyanyikan dan membagikan lembar kerja untuk melingkari angka sesuai jumlah bola. Dengan langkah-langkah tersebut, guru berhasil mengenalkan konsep bilangan kepada siswa dengan cara yang menyenangkan.
Nama : ni wayah Diah Darmayanti
Nim. : 859035277
Dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara menghitung jumlah bola. Guru sudah memakai alat media hal ini anak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pengenalan konsep bilangan.
Saran saya:
Selain bola bisa juga media alat pembelajaran lainnya seperti mengenal konsep bilangan dari kartu angka atau benda konkret lainnya agar anak lebih antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Nama:Suwarsini
Nim:857772174
Dalam video tersebut tidak dijabarkan secara jelas dari awal sampai akhir.
Dalam video tersebut dijabarkan upaya guru dalam mengenalkan konsep bilangan. Yakni dengan mengajak anak membilang dengan permainan dan lagu, membuat alat peraga permainan konsep bilangan beri tugas berupa lembar kerja mengulas kembali hasil karya anak serta memberikan penguatan pada anak yang hasil karyanya baik dengan cara pemberian stempel bintang pada tangan anak.
Video tersebut sudah bagus namun saya hanya ingin menambahkan beberapa upaya lain yakni bisa menggunakan media seperti biji-bijian atau daun-daunan untuk membantu anak memahami konsep bilangan, dan menjadikan berhitung suatu bagian dari aktivitas sehari-hari.
Assalamualaikum wr.wb.
Menurut pendapat saya, video tersebut sangat menarik, dalam video tersebut memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan, upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut sangat bermanfaat dan dapat ditiru antara lain yaitu : mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
Sekian jawaban dari saya, Terima kasih.
Nama : Alif Aulia
NIM : 858915565
Bismillah….
Izin menanggapi terkait video diatas…
Menurut saya, guru sudah membuat suasana menyenangkan saat pembelajaran berlangsung, belajar sambil bermain, diselingi bernyanyi juga…
Guru memberikan penjelasan konsep bilangan dengan baik, menggunakan peraga dan meminta anak untuk menghitungnya secara langsung. Bagi anak yang bisa, guru memberikan pujian atau apresiasi , sehingga anak terlihat bahagia, senang dan semakin semangat. Guru juga terlihat sangat ceria saat mengajar sehingga berpengaruh positif terhadap anak-anak didiknya.
Terima kasih
Nama saya Alif aulia
NIM 858915565
Bismillah…
Izin menanggapi, menurut saya tentang video diatas, guru terlihat sangat menyenangkan. Guru dapat membuat suasana menyenangkan dalam kelas. Untuk mengenal konsep bilangan menggunakan peraga dan hal yang nyata, sehingga pembelajaran terlihat menyenangkan dan tidak membosankan. Guru juga mengajar dengan bernyanyi, tepuk-tepuk, sehingga anak-anak tidak merasa bosan. Pemberian apresiasi atau pujian pada anak yang bisa menjawab, membuat anak-anak tampak bahagia dan semakin semangat…
Terima kasih
menurut saya vidio ini cukup menarik, kegiatan yang dilakukan guru dalam vidio dapat diterapkan dalam mengatasi anak yang sulit mengenal bilangan. dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. guru memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk anak. yaitu guru mengajak anak berhitung dengan bernyanyi, anak diajak menghitung benda konkret, melakukan penguatan pembelajaran yang diberikan betul/salah. namun menurut saya kegiatan dapat lebih di variasikan dengan menggunakan media yang lebih menarik bagi anak seperti penggunakan media ajar yang lebih variatif
pada vidio dalam mengenal konsep bingan guru sudah memberikan kegiatan yang cukup menarik, seperti mengenal bilangan dengan bernyanyi, berhitung benda konkrit, penguatan dengan bertanya kepada murid benar/salah. namun menurut saya kegiatan yang dilakukan dapat lebih menarik dilakukan dengan menggunakan media ajar yang lebih variatif misal ape berhitung yang dapat dibuat dari stik, kartu angka, ape balok dll
Nama:Nurasma
Nim:855898747
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.izin saya menanggapi tentang vidio di atas ,yang berjudul anak sulit mengenal bilangan.kalau menurut saya guru sudah jelas menerangkan kepada peserta didik tentang mengenal konsep bilangan dengan benda2 berupa bola,dan juga dengan menghitung banyaknya benda-benda secara nyata..saran saya tetap semangat bunda dalam mencerdaskan anak bangsa,walaupun anak didik bermacam -macam tingkah,ada yang menguap atau ngantuk tidak semangat,namanya juga anak paud.belajar sambil bermain.tetap thebest ya bunda.🙏
Nama:Nurasma
Nim:855898747
Dari vidio diatas bahwa guru :
*Sebelum memulai mengerjakan tugas, guru memantik anak dengan lagu, gerak dan tepukan yang berhubungan dengan konsep bilangan. Bisa juga dengan menghitung gambar lalu menghubungkan dengan angka yang sesuai
*Memberikan penghargaan kepada anak yang melakukan dengan benar apa yang diminta dan mengarahkan anak yang belum melakukan dengan benar apa yang diminta agar melengkapi sehingga benar
*Guru menggunakan media yang nyata seperti bola yang dapat Dipegang dan dihitung langsung oleh anak
*Pembelajaran masih berpusat pada guru, karena guru lebih banyak mencontohkan. alangkah baik ketika menghitung bola anak yang berhasil menghitung sendiri.