silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,071 Comments

  1. Setelah melihat video tekhnik atau cara mengenal konsep bilangan, guru sudah kreatif dan sangat baik sekali sudah menggunakandengan berbagai alat peraga dan tekhik yang bermacam – macam, untuk membuat anak bisa mengenal konsep bilangan.
    terimakasih

  2. Video di atas sangat membantu dan memberikan contoh kegiatan untuk meningkatkan kemampuan anak untuk berhitung dan mengenal angka dengan cara atau teknik yang bermain dan menyenangkan bagi anak didik yang bisa kita terapkan di sekolah kita masing-masing.
    Dimana upaya yang dilakukan guru tersebut juga sesuai dengan kemampuan dan karakteristik anak usia dini seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian meminta anak untuk meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja, dan mengulas kembali hasil karya anak dan yang paling penting yaitu memberikan penguatan kepada anak yaitu pemberian stempel bintang atau reward bagi anak yang sudah bisa melakukannya.

  3. Nama: Wiwik Dwi Lestari
    Nim: 8457364365
    Judul: Sulit mengenal konsep bilangan

    Dalam video di atas, guru menstimulasi anak mengenai konsep bilangan, dari meminta anak mengambil benda sesuai jumlah yang di minta guru, berhitung dengan bertepuk tangan, dan mengerjaka lembar kerja. Namun, yang saya ketahui tahapan awal dalam matematika khususnya anak usia dini anak di kenalkan nama angka dan quantity atau jumlah benda terlebih dahulu, yang saya amati divideo ini anak mengerjakan lembar kerja dengan menghitung jumlah bendanya lalu melingkari simbol angka, apakah anak tersebut suidah di ajarkan simbol angka seblumnya? mengapa tidak mengerjakan lembar kerja seperti mencocokan jumlah bendanya.
    Dan dalam video ini juga mengajarkan sosial emosional anak seperti anak menjadi percaya diri mengambil benda sejumlah yuang di sebutkan guru, anak juga mau sabar menunggu giliran.

  4. silvani alfionita
    856286434
    Mengenal konsep bilangan pada anak merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak. Pada video tersebut di paparkan Teknik pengenalan konsep bilangan pada anak. pada kegiatan pembukaan guru mengajak anak mengambil bola sesuai jumlah yang disebutkan. langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan lainnya Yaitu : 1. Membilang dengan lagu, permainan dan tepuk. 2. Memberikan tugas pada lembar kerja. Seperti memasangkan benda sesuai lambang bilangan, dan melingkari jumlah benda sesuai lambang bilangan. 3. Memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil benda sejumlah yang diperintahkan tanpa salah, dengan pemberian stempel bintang.
    Stimulasi pengembangan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang ramah, indah, mudah, jelas dan menyenangkan juga tidak membingungkan anak dalam mempelajarinya.

  5. Dalam video tersebut guru dalam mengenalkan bilangan kepada anak sudah bagus dan kreatif .anak diajak main bola disuruh ngambil bola dalam keranjang sesuai yang diminta guru.disini anak melakukan dengan semangat dan antusias sekali.guru juga bermain tepuk tangan dengan mengenalkan bilangan kepada anak .guru juga memberikan lembar kerja kepada anak yaitu dengan melingkari gambar sesuai bilangan ,guru juga menyuruh anak untuk menghitung spidol .setelah anak menyelesaikan tugas ,guru juga mengapresiasikan anak dengan memberikan bintang sehingga anak jadi lebih semngat untuk belajar mengenal konsep bilangan .

  6. Berdasarkan vedio yang saya tonton diatas disana nampak terlihat guru sangat berupaya dalam mengatasi anak yang sulit konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru yaitu sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak guru membuat teknik cara mengenal konsep bilangan melalui permainan tepuk dan lagu supaya anak-anak bersemangat untuk belajar, selain itu guru juga bisa memberikan tugas berupa lembar kerja kepada anak dengan memasangkan nama sesuai bilangan dan kemudian anak melingkari gambar tersebut sesuai lambang bilangannya. Dan untuk mengetahui hasil dari karya anak tersebut yang terpenting guru bisa memberikan penguatan kepada anak berupa pemberian stempel bintang untuk anak yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik dan sempurna.

  7. Siti Anisa
    857221006
    Vidio tersebut menyajikan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak, ini sangat mengedukasi dan memberikan tips untuk guru PAUD yang lain. Dalam penyampain guru dalam vidio tersebut sangat jelas dan juga anak diberi kata pujian dalam melakukan tugasnya. Guru dalam vidio menggunakan benda konkrit sehingga anak lebih tertarik dan menyenangkan.

  8. Kemungkinan Penyebab Kesulitan:
    Anak mungkin belum sepenuhnya memahami hubungan antara angka dan jumlah (korespondensi satu-satu).
    Anak mungkin masih mengembangkan kemampuan motorik halus atau koordinasi yang diperlukan untuk mengambil bola sesuai jumlah.
    Ada potensi bahwa anak mengalami gangguan konsentrasi atau merasa tertekan dalam situasi tersebut

    Metode Pembelajaran:
    Instruksi guru mungkin perlu lebih konkret dan terstruktur. Misalnya, menggunakan alat bantu visual seperti kartu angka atau benda konkret lainnya.
    Anak perlu lebih banyak latihan dalam suasana yang santai dan menyenangkan untuk memahami konsep bilangan.

    Penggunaan Media Visual dan Sentuhan:
    Gunakan alat bantu seperti kartu angka dengan gambar bola yang sesuai untuk membantu anak mengenali hubungan angka dan jumlah.
    Guru bisa memandu anak secara perlahan dengan menghitung bersama.

    Jika anak melakukan kesalahan, berikan bimbingan secara sabar dan positif. Misalnya, katakan, “Bagus, kamu sudah mengambil 6 bola. Yuk, tambahkan 1 lagi supaya jadi 7!”
    Dengan pendekatan yang tepat, anak dapat lebih mudah memahami konsep bilangan, dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu baiklah Saya akan menanggapi video di atas yaitu menurut Saya
    Dalam video itu, guru mendorong anak-anak untuk memahami konsep bilangan dengan cara meminta mereka mengambil benda sesuai jumlah yang diminta. Selain itu, anak-anak diajak menghitung dengan bertepuk tangan. Guru juga dapat memberikan tugas berupa lembar kerja, di mana anak-anak harus mencocokkan nama dengan bilangan dan melingkari gambar sesuai dengan lambang bilangan tersebut. Untuk menilai hasil karya anak, guru bisa memberikan penguatan berupa stempel bintang kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

  10. Nama : Lida Nurlidawati
    NIM : 859686348

    Dalam Vidio tersebut guru sudah bagus dalam mengajarkan mengenal konsep bilangan, seperti guru mengenalkan pola angka sebelum mengerjakan pembelajaran secara tulis, guru memberikan stimulus menghitung benda, jadi anak mengenal konsep hitung benda secara langsung, guru pun memberikan ucapan penghargaan, yang dapat menjadi motivasi terhadap anak, guru juga sudah bagus dalam mengenalkan angka dengan beberapa teknik pembelajaran.

Leave a Reply